Test Ride Yamaha New Vixion Lightning (NVL) – Pantas Menjadi Raja Sport 150 cc!


Vixion Lightning

Kobayogas.com – Hola lads, KBY sempat menghabiskan satu hari bersama Yamaha New Vixion Lightning (NVL), bagaimana impresi dan reviewnya?

Test ride Yamaha New Vixion Lightning (NVL) berwarna hitam ini adalah milik Andika, sahabat seruangan di kantor. Kami bertukar pakai kendaraan ketika KBY dipinjamkan New CB150 oleh AHM via dealer Wahana Artha Group untuk direview selama 7 hari. Jadi si CB dibawa pulang Andika, dan NVL nya KBY yang pakai.. Menghabiskan kurang lebih 24 km, apa yang didapat?

baca juga: Testimoni Pemakai NVL akan New CB150…

DESAIN

NVL memiliki desain yang modern dan sporty yang disukai banyak kalangan terutama anak muda hasil pengembangan lebih lanjut dari Yamaha Vixion (Old Vixion)… Disaat para bapak-bapak saat ini lebih memilih menggunakan skutik karena simple dan mampu memuat banyak muatan, sementara New Mega Pro sudah terlihat terlalu kuno bagi para remaja dan CBSF kalah desain karena desainnya saat itu diperuntukkan melawan Old Vixion.

Itulah mengapa perpindahan dari Old Vixion ke NVL begitu smooth dan terasa mudah bagi Yamaha untuk mempertahankan penjualannya.. Ya itu tadi, skutik Honda moncer karena lelaki (baca: bapak-bapak) pemakai motor kopling sudah beralih sementara remaja dan yang lebih dewasa lebih memilih desain milik Old Vixion dan penerusnya, NVL!!

Kualitas buatan, material plastik serta pengecetannya pun bisa dikatakan sangat baik, NVL maupun NVA (New Vixion Advance) sama baiknya di sektor ini.

Jika ada keluhan dari sisi desain NVL, mungkin hanya dari wajah yang kurang enak dilihat karena headlamp nya chubby hingga disebut ‘muka shinchan’ dan juga dari sisi belakang spakbornya terlalu lebar dan panjang seperti pelepah pisang…

plastik ini kena cat bagus kualitasnya

plastik ini kena cat bagus kualitasnya

HANDLING

Meskipun tidak jarang di bully kalau delta box-nya tidaklah murni aluminium, namun tak pelak, selain memperindah bentuk sasis, menyembunyikan kekopongan mesin 150 cc yang terekpos pada Honda CBSF dan New CB150, delta box NVL ternyata memang mumpuni dari sisi handling…

Menikung, swivel, zig-zag, mampu dilayani dengan baik oleh NVL, selama tidak terlalu ekstrim ya. Hanya unit test KBY sudah menggunakan box di belakang yang jelas mengganggu handlingnya terutama ketika harus berpindah jalur dengan cepat.. efeknya membuat limbung karena titik beratnya menjadi berubah

ERGONOMI dan KENYAMANAN

Bicara sisi ini, NVL layak diberikan jempol, joknya memiliki busa yang empuk dan nyaman untuk diduduki. Posisi duduk alias ergonominya bagi pemula mungkin memang sedikit bikin pegal, karena meskipun jarak raihan ke setang tidak sejauh New CB150 namun posisi setangnya sedikit lebih pendek. Dengan adaptasi semuanya bisa teratasi.

Suspensinya sendiri sangat lembut..dalam posisi diam, lads dapat mengayun ayunkan bodi NVL dengan mudah.. Membuat kita berpikir jangan-jangan ini motor gak stabil dan limbung di tikungan cepat. Ternyata NVL menjawab keraguan tersebut lads, seperti pada bahasan handling di atas.

PERFORMA

Ini dia yang menurut KBY menjadi senjata rahasia andalan NVL, mesin 1PA-nya mungkin ‘hanya’ berteknologi SOHC (Single Overhead Camshaft), namun justru disitulah keunggulannya, torsi yang sangat baik yang sudah terasa di RPM awal khas SOHC sangat cocok untuk menjadi andalan untuk kendaraan komuter (perkotaan).

Mesin NVL terasa bertenaga dan berakselerasi cepat dari bawah hingga ke tengah dan terasa menurun ketika mendekati red line..namun itu sudah lebih dari cukup jika lads lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kota yang penuh dengan kemacetan dan stop and go.

Bicara top speed atau kecepatan di RPM atas, andai dia bergigi 6 maka getaran yang dihasilkan bisa dieliminir dan selain itu kecepatan maksimumnya bisa bertambah meskipun sedikit saja jika diasumsikan gigi 6 nya hanya sekedar overdrive belaka. Sementara sektor pengereman sudah mumpuni untuk harian.

Jika pada skutik, Yamaha butuh semacam gimmick untuk menaikkan pamor teknologinya seperti YMJet-FI, bluecore dan VVA untuk menggulingkan Honda, maka justru di sektor sport, Honda lah yang berjibaku memperkenalkan nama DOHC sebagai keunggulan mesin sport karena SOHC Yamaha pada NVL sudah terbukti mumpuni dan sakti.

baca juga: tes top speed NVL vs New CB150

Mesin Ngebul

Testing is believing, KBY memang sekali dua melihat NVL yang ngebul knalpotnya dari belakang.. tapi mengalami sendiri? Baru kali ini terjadi. Adalah bro Adit yang menginfokan kepada KBY ketika sedang membawa motor Andika dan dia tepat mengikuti di belakang..

Ini adalah fenomena aneh dan sudah umum di kalangan pemakai NVL, somehow knalpot yang ngebul tersebut tidak membuat mesinnya menjadi rusak tuh, 1PA tetap terbukti ketangguhannya. Solusinya sudah pernah KBY bahas tentang mengatasi knalpot/ mesin yang ngebul. Trik berikutnya ya seperti yang Andika lakukan, rutin ganti oli sebulan sekali.

NVL ngebul

THE VERDICT

Yamaha seharusnya bangga karena rival terkuatnya, Honda, begitu getol ingin mendekati perolehan market share di kelas sport, itu artinya Yamaha dianggap sebagai ‘musuh’ yang kuat.. sementara Honda pun patut berbangga, karena menghadapi kompetitor yang sangat tangguh di kelas sport…

Apakah Yamaha butuh DOHC untuk mempertahankan kejayaan kelas sportnya? Jika kita bicara trik marketing ya memang dibutuhkan lebih sebagai nilai jual dan poin keunggulan.. Selain itu seharusnya Yamaha bisa mempertahankan harga jual Vixion series dengan tidak menaikkan harganya. Karena dengan basis mesin dan sasis yang sama setiap tahunnya, cost production alias biaya produksi tentu sudah jauh lebih murah..

Ya memang kita belum bicara biaya marketing seperti promo dan sejenisnya.. tapi kalaupun harus naik, sedikit aja lahh 😀 .. Yamaha Vixion, dengan segala kebihannya memang pantas menjadi raja sport 150 cc

Vixion Lightning

Baca juga artikel lainnya ya lads, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Review, Yamaha dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

81 Balasan ke Test Ride Yamaha New Vixion Lightning (NVL) – Pantas Menjadi Raja Sport 150 cc!

  1. Supra_Fit berkata:

    soal knalpot Nvl ngebul, ane kira cuma bc dri FBH. eh gak lama pernah liat langsung. seketika ane langsung kaget “loh ternyata benerran yak” ngebulnya pasti pas akselll

    Suka

  2. Supra_Fit berkata:

    soal knalpot Nvl ngebul, ane kira cuma bc dri FBH. eh gak lama pernah liat langsung. seketika ane langsung kaget “loh ternyata benerran yak” ngebulnya pasti pas akselll :v

    Suka

  3. cadoxs berkata:

    Semua motor ya ngebul 😂😂😂

    Suka

  4. ardiantoyugo berkata:

    Lawane ko…

    Kualitas plastik All New CB150R kewer kewer: http://wp.me/p1eQhG-1nM

    Suka

  5. ariefsupriyadi90 berkata:

    Asal gk berlebihan gk ap2

    Suka

  6. Fandy berkata:

    Dari harga 18,75jt dalam 7tahun sudah bengkak jadi 25jt….itu aja kekurangannya..hehe

    Suka

  7. wahyu_eastmagz berkata:

    kok sepi lik

    Suka

  8. Speed Man berkata:

    Jupi MXku juga ngebul mang kalo digeber. Vario 125ku juga sama kalo tak geber pasti keluar asapnya. menurutku itu bukan seperti asep motor 4tak yang rusak. pernah liat kan mang motor 4tak yg ngebul sampai putih? yg kbanyakan bilang itu troubel di piston. tapi enggak sperti itu, yg ini asepnya lebih nyemprot keluarnya, enggak fogging. dan warnanya putih keabu”an agak hitam seperti debu knalpot. tapi dua”nya nggak pernah rusak sampai sekarang. nggak pernah ada trouble semuanya. tetap alus semua. tapi kejadiannya hanya ketika pas geber aja, selain itu jarang” bgt. Yg penting perawatan dijaga aja.

    Suka

  9. juli berkata:

    ‘yg ngerti mesin’ kalah banyak jadi ya nvl laris.
    kojel2 tuh ‘pakar mesin’.

    Suka

  10. kenthoet berkata:

    sing penting perawatannya mudah, sparepart gampang, mau inden pun jelas kapan datengnya

    Suka

  11. denmaz berkata:

    Jiah…. ngebull… maklum masih keturunan RK king.. :mrgreen:

    Suka

  12. COCODOT berkata:

    NVL saya tahun 2013 dan odometer sudah 5500km sesekali di geber hingga limiter 10500san alhamdulilah gak terlihat ngebul, ya mudah2an jangan ah, kalo NVL temen kang kobay udah berapa km ya odometernya takutnya NVL saya ikutan ngebul di km yg sama

    Suka

  13. RF berkata:

    Jozz banget untuk harian.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic

    Suka

  14. COCODOT berkata:

    waduh takutnya NVL saya ikutan ngebul di 15000km ey, mudah2an jangan

    Suka

  15. motomazine berkata:

    Cuma getaran dan suara mesin yang mustinya bisa diredam di generasi baru nanti
    http://motomazine.com/2015/10/03/modifikasi-yamaha-nmax-pakai-knalpot-ninja-250-fi-keren-banget-ndes/

    Suka

  16. 8ball berkata:

    datar banget kata katany mang….oiya fbh sih…..wkwkwkwk piss mang

    Suka

  17. brigade jalan raya berkata:

    ngebul memang gak ngefek pada performa. tapi itu tandanya ada oli yang menguap melebihi normalnya. ya wajar lah, blog 1PA beda ama blog vixion lawas. 1PA ada strech gitu. celah itu bisa terisi oli dan akhirnya terbakar.

    Suka

  18. supra 2002 ku awet rajet berkata:

    Sepakat sekali. Saya selaku penikmat bebek supra selama 13 tahun menilai memang SOHC msh sangat pas digunakan sbg kendaraan komuter. Mengingat ciri khas Yamaha yg berkarakter stop and go dan SOHC yg memang unggul di putaran bawah membuat kepercayaan diri pengendaranya bertambah dikala harus berkojel2 eh bermacet ria dijalanan. Berbeda dgn DOHC yg kadang brebet ketika harus melayani jalan yg tengah asik merayap, tak jarang mesin pun terpaksa sering mati ato kadang harus bleyer2 biar putaran tetep diatas. Dikira ngajak brantem padahal yahhh emang gitu dehhh….

    Suka

  19. frunze berkata:

    hmmm… penyumbang kabut asap kah?

    Suka

  20. pikolo berkata:

    Kalo NVL ngebul saya baru liat 1x, itu juga yang bawa main RPM tinggi terus. Punya saya alhamdulillah Km udah13rb ga da masalah mesin sama sekali. Kekurangan paling dari kualitas baut body yang warna silver. Dibuka susah bener, sekalinya di paksa malah coak. Yang tadinya baut plus malah jadi baut bintang.

    Suka

  21. Rider tamvan berkata:

    Artikel ini memang sesuai ekspentasi saya sebagai pengguna Nva . . Masalah ngebul si au ah gelap
    *btw stelah beli n max blog ini kok bhsa nya ada rasa netral netral nya gtu yak . .

    Suka

  22. threeazz berkata:

    Wih…
    Mantap….
    Sportif……….

    Lanjutkan persaingan ini…
    Biar makin lama makin okeh….

    Spedo Digital,Lampu LED,Ban Gambit, cakram belakang, desain modern,etc

    Yg untung… Ya konsumen juga
    Ruginya paling jalan tambah macet
    😀

    Suka

  23. Bocah berkata:

    Ngebulnya nvl jelas ga wajar,…karna warnanya cenderung putih,dan asepnya kelihat jelas,….jelas jelas ada oli yg ikut kebakar,..klo motor normal,ga akan sejelas itu asapnya,…pernah beriringan diblakang nvl,jalan sekitar 40 an,…keliatan bgt asapnya,apalagi kalo dari nutup trus buka gas,….jelas ada yg cacat,karna ga semua ngebul,hanya beberapa biji

    Suka

  24. blade-in berkata:

    Ngebul? Lhaa dari dulu Yamaha kan terkenal dengan knalpot ngebulnya! (baca : mesin 2 tak) he he he ….

    Suka

  25. silent reader berkata:

    itu jalan busway ya mas? saran aja mas untuk jadi rider yang mematuhi norma berkendara. itu hak orang lain soalnya mas 🙂

    Suka

  26. goozir berkata:

    dan akhirnya mang kobay mengakuai VIXION sebagai raja sport..

    begini nih rendering Yamaha R1 versi WSBK 2016

    http://www.goozir.com/2015/10/rendering-yamaha-yzf-r1-versi-world-superbike.html

    Suka

  27. hamon berkata:

    Ane akan milih nva kalo aja tuh mesin diganti, masak beli yg cuman “ganti baju” doang, beli skarang ragu rumornya mesin dohc yamaha lagi dikembangin kata lek iwb

    Suka

  28. Red Satellite berkata:

    Kalo dari mesinnya sih mending OVI, digeber rpm tinggi masih aman” aja 😀

    Suka

  29. marno berkata:

    lampunya om, mantepan mana sama new cb kalo turing ke pelosok yg gak ada lampu jalannya?

    Suka

  30. marno berkata:

    kalo bersifat masall begini harusnya recall, di indo kyknya sengaja didiamkan. jadi mekanik awam ditanya jawabnya emang dari pabriknya bgitu 😀

    coba lapor perlindungam konsumen, biar bertanggung jawab yamaha.

    pabrikan lain harusnya ya bgitu

    Suka

  31. arh thea berkata:

    hadirr 😀

    Suka

  32. eriwijaya berkata:

    Dulu NVL saya juga sempat ngebul kang , saya ganti ring pistonnya pakai punya Vixion 3C1 akhirnya sembuh sampai akhirnya saya bore up , gejala ngebul saat over revs pun hilang hingga detik ini , hehehe ..

    Suka

  33. spx berkata:

    alhamdulillah nvl ane th2013 warna sama kayak bang kobay test.. odo udah 25rb an.. sekali2 pas pagi ane geber sampai redline gak ngebul sama sekali.. kayak si old vixi.. tp berbeda dgn punya temen nva udah ngebul padahal masih ratusan km.. dan kayak punya abang ane nvl merah jg ngebul.. apakah faktor inreyen mempengaruhi.. 😀 soalnya ane inreyen gak suka geber2.. cukup ganti oli trus pemakaian normal.. bodo amat klw larinya bakal lemot.. lawong lari 80kpj aja udah ngeri.. hehe

    Suka

  34. skidrow berkata:

    Test triumph udah, mv udah, honda big bike udah, legendary 2strokes udah, ducati udah,

    NVL baru sekarang? Ngoahahaha 😀

    Suka

  35. dudie wae berkata:

    NVL memang enak klau bicara aksel..tapi ketika gaspoll nvl sering kojel2 sama old vixion ya plus old vixion gak pake asep ketika high rpm.
    Kira2 Penyakit berasep dan haus oli masih menyambangi NVA ga ya?

    Suka

  36. ade berkata:

    Diatas disebutkan torsi keunggulan sohc…seandainya ada 2 mesin bore x stoke sama kompresi sama jumlah klep sama maping ecu sama yang membedakan satu dohc satu sohc …yang menang torsi pasti yg sohc dan tg menang power yg dohc? Mohon pencerahanya tehniknya

    Suka

  37. rider14 berkata:

    NVL ane belum ngebul tuh 😀 sering dipake di sirkuit kenjeran sebelum tutup 😀 stabil buat tikungan gak limbung ini yg ane suka dari NVL

    Suka

  38. DmNc berkata:

    ane pernah megang vixion lawas (2008) sampe 5 taun KM terakhir di +/-28000 ga pernah ngebul. bawa sruntulan depok – kemang lwat lt. agung kl sepi bisa dpt 128kpj mentok. oli yamalube sport+iridium denso+ferrox. jadwal servis rutin 2 bulan 1x. apa emang cuma di NVL ? kalo NVA gmn?

    Suka

  39. dj berkata:

    Mana ada motor bensin ngebul di bilang normal, wkwkwk
    Kecuali tu motor 2tak
    Kalo mesin diesel wajar agak ngebul itu juga pas akselerasi aja keluar asap hitaam karena lebih banyak suplai bahan bakar ketimbang udara yg masuk ke ruang bakar
    Kemungkinan sjh emang nvl ini lemah ring pistonnya atau kurang presisi antara cyl. Block sama piston jadi oli pelumasan naik ke ruang bakar yg bikin dia ngebul

    Suka

  40. Ping balik: Honda New CB150 versus Yamaha Vixion Advance, DOHC vs SOHC Jilid Sekian | KobaYogas.COM

  41. Ping balik: Test Ride Harian Yamaha Xabre 150, Di Jalan Raya Keluar Wataknya Aslinya! | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s