Kekurangan dan Kelebihan Honda Sonic 150 Di Mata Pemakai Satria FU dan Yamaha MX King..


Sonic 150 vs MX King vs Satria

Kobayogas.com – Hola lads, kurang sreg rasanya kalau tidak mendapatkan testimoni atau komentar tentang Honda Sonic 150 dari para rider kompetitor…

Mengapa harus ada sih testimoni macam ini kang? Bukannya nanti malah jadi bahan BC? Oh tenang, insya Allah para responden ini amanah, bukan maniak apalagi fan boys fanatik buta.. Mereka adalah bikers, pencinta dan pemakai roda dua yang memiliki respect terhadap motor merek lain..

Itu yang pertama, yang kedua adalah sebagai two way feedback bagi para pabrikannya sendiri, dengan mengetahui komentar berikut, diharapkan mereka mawas diri dan mau memperbaiki apa yang menjadi kekurangan pada produknya..

Ada 4 responden yang terpilih oleh KBY, dua merupakan karyawan di perusahaan tempat KBY bekerja, dua lagi merupakan teman bergaol cieehh.. Sengaja KBY pilih lebih banyak Satria FU karena secara genre, Honda Sonic 150 memang head to head dengan Satria FU. Sementara Yamaha MX King KBY masukkan sebagai ‘penengah’..

Hadi Susanto (29), Karyawan – Pemilik Satria FU tahun 2013

Desain: Memberikan nilai 8 untuk Honda Sonic 150, kurang suka pada area tengah karena under cowl- nya membuat mesin terlihat rendah sekali dengan tanah

Pengereman: Menurut Hadi, rem depan Satria FU miliknya masih lebih pakem dari Honda Sonic 150.

Performa: Hadi suka akan performa Honda Sonic 150 dari bawah hingga tengah, namun menurutnya dari tengah ke atas, Satria FU lebih ngacir.

Fitur: Speedometernya Honda Sonic 150 lebih lengkap dari Satria FU, bentuknya juga lebih bagus.

Handling dan Kenyamanan: Suspensinya Honda Sonic 150 secara paket lebih baik dari Satria FU, lebih stabil ketika kecepatan tinggi. Sementara dari sisi ergonomi, Hadi bilang Honda Sonic lebih nyaman karena setangnya lebih tinggi sedikit. Catatannya, karena jok yang berkontur naik ke belakang, untuk tinggi 159 cm seperti dirinya, duduknya harus agak maju agar pas.

hadi bersama satria putihnya

hadi bersama satria putihnya

Agus,(27) Karyawan – eks pemilik Satria FU tahun 2011

Desain: Agus memberikan nilai 8,5 hingga 9 untuk Honda Sonic 150.. karena menurutnya desainnya lebih selaras dari depan hingga belakang dibanding FU. Catatan Agus adalah, kalau saja bodi tengah bisa lebih ramping atau tetap seperti itu namun bagian headlamp diberikan windshield pasti akan lebih ciamik..

Pengereman: Baik depan maupun belakang menurut Agus sangat baik performanya.

Performa: Agus sangat terkesan dengan performanya Honda Sonic 150 yang responsif dan padat torsi dari bawah hingga tengah, transmisinya pun sangat halus! ujarnya.

Fitur:  Speedometernya oke, cocok dengan teknologi injeksi yang diusungnya.

Handling dan kenyamanan: Agus bilang Honda Sonic 150 lebih stabil dan rigid saat menikung, melibas belokan lebih mantap. Kalau FU menurutnya suspensinya nyaman dan lembut tapi buat nikung agak bergeser…

agus ngetes sonic

agus ngetes sonic

Trias Permana (26), Karyawan – Pemilik Satria FU tahun 2012

Trias adalah responden yang paling banyak menghabiskan waktu dalam mencoba Honda Sonic 150, lalu seperti apa menurutnya ayago dari Honda ini?

Desain: Beginilah seharusnya Ayago, Honda sudah belajar banyak sejak kegagalan desain CS1. Tapi saya kasih 7.5 deh karena Honda Sonic 150 ini lampu belakangnya ya gitu deh.. Bentuk headlamp bagus, terbagi dalam beberapa part yang lentur di wajahnya, mungkin sengaja agar tidak mudah longgar dudukannya, tapi bisa dijailin orang tuh saking lenturnya.

Model shroud penuh mengesankan berotot sayangnya rakitannya kurang presisi, dan andai bagian leher Honda Sonic 150 ini kena cat pasti terlihat lebih bagus lagi.

Pengereman: Rem depan maupun belakang Honda Sonic 150 sangat mengesankan.. hanya bentuk handlenya sepertinya kurang ergonomis buat tangan saya, lumayan bikin pegal soalnya jika riding lebih dari sejam.

Performa: Mantap.. mau di RPM berapapun tenaga Honda Sonic 150 ini selalu terasa berisi..Gada ngeden-ngedennya, akselerasi juga laju benerrrr..Kalau top speed? Wah saya gak berani kang.. tambahnya. Catatan saya hanya engine brake pada gigi 1 terasa terlalu besar/ banyak, seperti dijorogin dari belakang 😀

Fitur: All Digital, bagus sih tapi saya pribadi lebih suka RPM analog dengan jarum, lebih mudah dipantau mata…Lampu LED juga terlihat mewah dan modern, terangnya lumayan..

Handling dan Kenyamanan: Stigma ayago itu pegal, tapi entah kenapa di Honda Sonic 150 ini saya tidak menemukan hal itu, kalaupun ada masih dalam batas wajar jika dikomparasikan dengan tunggangan saya sehari hari, Satria FU 2012.

Mungkin akibat setang jepit yang lebih lebar dan lebih tinggi, sehingga saya merasa lebih nyaman dalam mengendarai Honda Sonic 150. Sayang, joknya keras – tambahnya, padahal suspensinya sudah sangat pas settingannya, lembut tapi gak mengayun dan stabil. Menikung juga pede – yang menurut saya karena paket sasis dan suspensi yang baik.

Trias juga memberikan tambahan info berupa konsumsi bbm yang menurutnya sangat irit untuk kelas ini, 1 liter untuk 45 km ya bagus banget ujarnya.. Beliau memang yang menghitung sendiri konsumsi bbm Honda Sonic 150 ini. Masukkan dari beliau adalah seharusnya Honda bisa meningkatkan lagi build quality-nya karena secara paket si Sonic ini sudah sangat baik.

trias motorna doang nongol :D

trias motorna doang nongol 😀

Ahmad Lazwar (Away – 26), Karyawan – Pemilik Yamaha MX King Movi Star tahun 2015

Desain: Away memberikan nilai yang mengejutkan bagi Honda Sonic 150.. ya, cukup 5 saja baginya 😀 Menurut karyawan Agung Podomoro Group ini, desainnya kurang banget dari tampak depan dan belakang.. kurang gahar, terlihat seperti motor biasa saja..

Pengereman: Bagus, pengereman saat menikung juga oke. 7.5 nilainya 

Fitur: Speedometernya oke, bentuk lampu juga pas dengan desainnya. Kayaknya gak harus dimacem-macemin lagi untuk sisi ini.

Performa: Meski Away memberikan poin 5 untuk desain Honda Sonic 150, tapi untuk performa dirinya menilai lumayan bagus..akselerasi awal bagus, spontan gak ngempos.. sampai gear 5 juga enak. Tapi mulai gear 5 ke 6 udah mulai menurun powernya.. Saya kasih nilai 8 .. ujar Away

Handling dan kenyamanan: Handling Honda Sonic 150 cukup bagus, 7.5 poin dari away. Sementara untuk kenyamanannya (ergonomi) setang agak rendah, jadi terasa berat pas nikung, ya mayan bikin pegel juga tambahnya.

Dibanding dengan MX King? Handlingnya MX oke, kenyamanannya juga. Tapi lumayan pegel di area (maaf) bokong karena joknya turun. Tangan sih aman karena setangnya nyaris sejajar dengan pengendara. Tapi wajar sih, kan King masih bebek sementara Honda Sonic 150 udah ayam jago, hahaha.. kekehnya.

Away juga motorna doang ada

Away juga motorna doang ada

KBY ucapkan terima kasih banyak kepada AHM dan dealer Wahana Artha Group, juga para responden di atas, semoga hasil pada artikel Honda Sonic 150 vs kompetitor ini dapat memberikan pencerahan dan manfaat kepada para pengunjung blog..

Baca juga artikel lainnya seputar Honda Sonic lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Komparasi dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

90 Balasan ke Kekurangan dan Kelebihan Honda Sonic 150 Di Mata Pemakai Satria FU dan Yamaha MX King..

  1. ardiantoyugo berkata:

    Tadaa…

    Wisata kebun teh Nglinggo, Kulon Progo: http://wp.me/p1eQhG-1o4

    Suka

  2. fifauzi berkata:

    Sektor performa sepertinya nyaris sempurna

    Disukai oleh 1 orang

  3. threeazz berkata:

    Buset….
    Jam 00:00 teng…..

    Ijin nyimak…..

    😀

    Suka

  4. ardiantoyugo berkata:

    Rata rata pada bilang akselerasi oke… Emang bener sih…
    Build quality emang perlu diubah, bukan ditungkakan lagi… :mrgreen:

    Suka

    • threeazz berkata:

      Kalo diubah… Kan kalimatnya ngambang Om…
      Bisa diubah jadi buruk… Atau jadi baik..

      Nah, ditingkatkan… Kalimat positif Om
      Arahnya baik…
      Hehehe..
      #ngeles……

      Saya appreciated kok..
      Dengan adanya ini.. Mau gak mau FU beneran Refresh.. Kagak ganti striping,batok,etc doang…

      Hehehe…
      2005-2015 gitu-gitu aja.

      Suka

  5. SletingDoll berkata:

    Dari triaz doang yg masuk akal..
    Kl dt penunggang mx king sih kyknya ada faktor merk deh….

    Suka

    • siapa bukan sih berkata:

      hahah kirain ane doang yang mikir begini, disain dikasih 5, yah selera sih tapi masa 5 ya ane juga yg nggak tertarik sama ayago bisa bilang disain sonic sangar daripada fu/mxking 😀

      Suka

      • iim atmodjo berkata:

        Dia bukan fanatik merk kok bro.. Koleksinya ada satria juga ama piagio.. Hehee..

        Suka

  6. racing boy berkata:

    Sruput kopi lagi…begadang part 2..gaspooll

    Suka

  7. sapei berkata:

    makin jelas kekurangan n kelebihannya. good job.

    Suka

  8. jarwo berkata:

    itu semua cuma opini, apa lg penunggang mx king, keterlaluan. klo sonic 5, mx king nilainya 2.5 saja.
    klo secara data ,iwan banaran sdh mengadu head to head dg fu. hasilnya d semua rpm sonic unggul. apa lg cuma mx king. dikepret 7 kecamatan

    Suka

    • Hahaha berkata:

      Ngoceh aje brooh. Dikejurnas kemaren mana yang katanya bisa 178km/j? Dikepretin MX KING! Hwehwehwe.

      Orang berotak juga tau secara model lebih catchy MX king daripada sonic.

      Suka

      • pembaca blog otomotif berkata:

        itu dikejurnas mas,,ni kn yg di adu setingn standar pabrik,,beda kelas juga sih klo sm mx king,,klo design sih lebih cakep mx king(kn bebek),,nunggu yamaha bikin lagi ayago,,

        Suka

    • kompor berkata:

      data iwbadut dijadiin pegangan 😆
      tes rangka rigid pk cara berboncengan, klo supsensi nga turun artinya rangka rigid 😆
      lawakan abad ini 😆
      eniwei ud liat grafik akselerasi tmc blun antara sonic n mxking ?
      lebih kredibel tmc atau iwbadut ya ?
      atau keduanya sama” lenong ? :mgreen:

      Suka

      • Roman Xclub berkata:

        Orang susah kaya lo yg gak pernah jajal motor2 berkelas mending main coc aja haha
        Tunggangan paling cuma sekelas smash / revo / vega (itupun kalau punya) pake koar2 bahahaha

        Suka

      • Hahaha berkata:

        Motor underbone 150cc dibilang berkelas? Hwehwehwe.
        Kalo udah bawa >250cc baru komen tong. Motor maenan aje dibanggain. Hwehwehwe.

        Suka

      • kompor berkata:

        harap dimaklumi kan sudah kelihatan mentok di kelas apa 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆 😆

        Suka

      • dendy berkata:

        Wkwkwkwk udej udeh jgn berantem nanti dapet permen dari om nij

        Suka

  9. iim atmodjo berkata:

    GGDF si away…. (Ganteng2 Ga Di Foto) 😀 …Tambahan om.. Away juga mantan user satria fu..

    Suka

  10. hamon berkata:

    Beda user beda selera

    Suka

  11. New Bonn Djovy berkata:

    org di kantor udh tau semua om, klo smpean seorang blogger? hihihi

    Suka

  12. Fandy berkata:

    Ketiganya saya g suka dengan desain headlampnya…utk ayam jago saya lebih suka yg model thailand baik FU ato Sonic…utk MXking headlampnya kurang tipis terlalu lebar..!!

    Suka

  13. mirzazzurri berkata:

    Ane sih pengen sonic,tapi kok mx king juga menggoda,gmn dong bang kobay hehe

    http://akucintaitalia.blogspot.in/2015/08/rx-king-sang-jambret.html

    Suka

  14. Leopold S berkata:

    temen2nya kok kebanyakan umurnya 20an ya, selisih jauh sama om Kobay. Salah gaol nih

    Suka

  15. rider kampung berkata:

    sonic emang jos di kenyamanan sih, sebagai mantan pengguna mbit (hihihi) walau beat jok nya lebih empuk tapi malah bikin bokong lebih panas dibanding sonic, buat punggung juga beat bikin pegel sedangkan sonic malah gak pegel (sama2 buat perjalanan 2 jam)
    mungkin postur ane cocok dengan sonic, 171/80 😀

    Suka

  16. dwi berkata:

    kesimpulannya, aksel oke cuma kualitas body harus ditingkatkan, oke bang catet
    kalau masalah design kyaknya relatif ya dari 5 mpek 9

    Suka

  17. Noob rider berkata:

    Terdereksi pada foto sepeetinya sedang dilakukan adu drag dimana mxking paling depan disusul satria ke 2 dan sonic trakhir

    Suka

  18. takol berkata:

    liat poto paling atas noh,, mx.king lah yg d dpan…

    Suka

  19. coey91 berkata:

    yess stuju kualitas cat mx king 2 tingkat f atas sonic

    Suka

  20. coey91 berkata:

    yess stuju kualitas cat mx king kayaknya 2 tingkat d atas sonic

    Suka

  21. MACHINE CHASER berkata:

    di forum sebelah juga pada ngomel2 sama build quality sonic

    tapi gpp jd kan sijuki mau bikin FU baru tuh

    mx-king mah nyantai aja secara beda genre
    (kecuali SWAT ahm idiot yang selalu bandingin sama bebek mx-king)

    Suka

  22. Dubes berkata:

    apanya yg perlu ditingkatkan, dari jaman revo abs bulid quality AHM sampah. bahkan makin kesini makin hancur. tuch liat standar samping sonic, per nya aja oglek dan kendor2. kyak bkin asal2an.

    Suka

    • threeazz berkata:

      Keyword “Ditingkatkan”
      Kritik membangun Om….
      Hehehe

      Bukan sekedar menghujat……

      Bukan kah kritikan lebih bisa dicerna dibanding hujatan?

      IMHO..

      Suka

  23. sucahyoaji berkata:

    Sonic ini kalau di foto kelihatan wah tapi kalau ketemu di jalan kok seperti biasa biasa saja ya? Dari jauh lampunya seperti honda beat. Tidak terasa berbeda seperti halnya satria fu ataupun mx king

    https://kupasmotor.wordpress.com/2015/10/06/sebelum-spedo-digital-jadi-cerah-penuh-warna-ini-cara-agar-tampilan-hitam-putih-tidak-terlalu-membosankan/

    Suka

  24. Setia Budi berkata:

    Koq di antara responden ga ada yg komentar soal jok sonic yg keras laksana papan setrikaan ya? Padahal para responden pasti ngerasa tuh….secara jok motor tunggangan mereka (satria fu dan mx king) joknya jauh lebih empuk. Jadi begitu ngetes motor yg joknya lebih keras udah pasti pada nge-bathin…..

    Suka

  25. Jakwir berkata:

    sing numpak MexKaing ngepbeye radikal

    Suka

  26. Conan berkata:

    Sekilas mxking cat-nya paling cling

    Suka

  27. RF berkata:

    Mantap juga sonic.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

    Suka

  28. Ask berkata:

    Kualitas plastik khas honda

    Suka

  29. orong-orong berkata:

    beda banget ya komentarnya ketahuan kalau yang pernah punya/pakai ayago pasti bilang bagus tapi ketika pengguna bebek memberikan nilainya kok beda ya. Apa karena memang karakter mengendarai ayago dan bebek itu jauh banget………….. entahlah






    http://orongorong.com/2015/10/08/bocah-bernyali-besar-dungu/

    Suka

  30. Ahmad Lazwar berkata:

    aloha semua… hahahah sory-sory sonic saya kasih 5 pointnya dari segi Design.. saya naikin deh jadi 5.5 ya.. dah ya jgn ribut lagi #Ruuuuuunnnn….!!!!

    Suka

  31. yang penting perawatannya berkelanjutan..

    Suka

  32. gilaroda2 berkata:

    suka2 sesuai selerah! 🙂

    Suka

  33. RichardGN berkata:

    yg user mxking dari bahasanya kaya calon panglima fby tuh wkwk

    Suka

  34. rudy berkata:

    Kalau menurut ane sonic itu lebih nyaman dr satria kalau sisi ergonomi. Untuk tarikan bawah menengah memang jago sonic belum coba tarikan atas soalnya milik temen Lagi inreyen jadi lum berani geber putaran atas, bbm hemat sonic banget, body kalau sonic kayaknya lebih bagus tengahnya dicopot lebih keren penampakannya, ane pengguna satria dan nvl jd ane pengguna netral 150cc itu kalau pendapat ane mang kby. Edisi galau inden ncb mending corat coret deh.

    Suka

  35. santai berkata:

    Lumayan obyektif nih kang,, awas gak dipinjemin lagi, ngadirin banyak orang

    Ekekekekek

    Suka

  36. idadzzz berkata:

    andai build qualitynya bagusan dikit motor 21 juta ngga murah lho.

    Suka

  37. vaisal berkata:

    mang kobay penilaian harga motor masing-masing juga dong, supaya imbang. kan terpaut jauh tuh harganya

    Suka

  38. brigade jalan raya berkata:

    next artikel “bagaimana new honda sonic di hati pemakai suzuki satria fu?” 😉

    Suka

  39. aha berkata:

    udah pernah liat sonic di bandung, designnya terkesan biasa aja,buntut ky supra x pdhl warna udah merah merona.. klo mx king di photo biasa aja, klo liat lgsg mah cetar nih yg movistar.. jd galau nyari pengganti c meong yg udah geol2, beli nva / mx king / atw nunggu cbr baru.. g beli2 ini mah kebanyakan galau nya..

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      MX king itu buntutnya juara banget…suka ketipu kirain R15/R25 kalau liatnya dari jauh…
      Cuma ya gagal di depan kata ay… Terlalu bebek…kalau lampu ala blade pst nyossss…

      Suka

      • aha berkata:

        eta pisan mang.. buntut + ban kombinasi sempurna, apalgi klo g pk spakbor, kaya alexis texas :v berlaku untuk yg movistar aja ya mang, klo warna lain krng greget, harus di teuleuk2 dlu.. betul mang lampu depan kurang sreg, terlalu mengkotak, kurang lancip.. tp klo kaya blade lampunya dmn mang? susah klo d tebeng, klo mw nya’angan sesuatu hrs ngalieuk sa awak2.. klo sonic epek wow nya kurang, kesan racy nya g dpt..

        Suka

  40. Ping balik: AHM Akan Bermain di Kelas Niche Dengan Lokalkan Honda CRF150F?? | KobaYogas.COM

  41. Ping balik: Bebek Sport 150 Dari Honda, Performa Super Dengan Desain Sporty.. Katanya | KobaYogas.COM

  42. Ping balik: Headlamp Honda Sonic 150, Terang Sih Tapi… | KobaYogas.COM

  43. Ping balik: Honda Sonic 150 Repsol Edition Siap Launching, Sporty Livery Khas Repsol.. Dijual Berapa? | KobaYogas.COM

  44. Ping balik: Foto-Foto Honda Sonic 150 Repsol Edition – Memang Terlihat Lebih Sporty | KobaYogas.COM

  45. NOONA berkata:

    desain body nya hampir menyerupai SUZUKI Satria FU, sehingga banyak yang menilai bahwa HONDA Sonic meniru niru Satria FU.
    semoga ke depannya HONDA dapat mengeluarkan produk dengan desain yang lebih istimewa tanpa terkesa meniru produk lain.

    Suka

  46. Ping balik: Penampakan Asik Suzuki Satria FU Injeksi Livery MotoGP SYuting Iklan Di Sentul.. | KobaYogas.COM

  47. Ping balik: Harga Suzuki Satria FU 150 Injeksi, Top Speed Gigi 5 Tembus 138 km/jam di Sentul!.. | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s