Setelah Chevrolet Kini Ford Motor Indonesia Menyerah Dan Menarik Diri Dari Indonesia?


EcoSport

EcoSport

Kobayogas.Com – Hola lads, berita buruk dari pihak Ford Motor Indonesia mengguncang publik otomotif roda empat.. Pada situs resminya disebutkan Ford mengundurkan diri dari Indonesia lads.. Ada apa ini ya?

Ya,  setelah Chevrolet Indonesia yang menghentikan produksi Chevrolet spin secara lokal di Indonesia, kini menyusul pabrikan raksasa otomotif roda empat asal Amerika lainnya yang menarik diri dari Indonesia.. Ford Motor Indonesia melalui petingginya resmi menyatakan pengunduran diri Ford dari kancah otomotif roda empat di bumi pertiwi ini..

Entah apa latar belakang penyebab salah satu pabrikan raksasa otomotif  roda empat Amerika ini give up, waving white flag dan menyerah dengan kerasnya persaingan di kancah otomotif roda empat Indonesia.. Namun yang jelas keputusan yang diambil oleh petinggi Ford Motor Indonesia jelas mengejutkan kalangan pemerhati otomotif Indonesia.. Spekulasi pasti ada..

mirip aston martin

mirip aston martin

Misalnya,  spekulasi yang kemungkinan hadir adalah baik chevrolet dan kini Ford tak mampu berbuat banyak dalam menghadapi persaingan yang ada dengan pabrikan lain katakanlah, kompetitor terkuat di Indonesia, pabrikan Jepang!

Ya, pabrikan otomotif Jepang baik di roda dua maupun roda empat somehow memang sangat kuat. Namun yang perlu digaris bawahi adalah mereka mendapatkan reputasi tersebut tidak dalam 10 tahun lads.. butuh waktu bagi pabrikan Jepang untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen, tak hanya di Indonesia bahkan di dunia..

Kekuatan dari brand Jepang adalah durabilitas dan reliabilitas yang kemudian dipaketkan dengan harga yang masuk akal.. Sesuatu yang mungkin sulit dicapai oleh brand Amerika seperti Chevrolet maupun Ford.. Ringkih dan spare part mahal adalah pekerjaan rumah yang tidak selesai selesai bagi mereka meski tidak semua produk mengalaminya..

Padahal dari sisi produk, Ford tidaklah kalah, bahkan teknologi pun mereka merupakan salah satu pioneer di papan atas. Contoh saja Ford Fiesta Ecoboost dan Ford Ecosport. Bahkan Big SUV mereka, Ford Everest belum lama ini meluncur di Indonesia.. Sungguh mengejutkan..

Jika Ford Indonesia stop berjualan dan mundur dari Indonesia, tidak demikian dengan Chevrolet, mereka masih berjualan hingga hari ini, hanya kabar Chevrolet Spin saja yang distop berproduksi lokal.. Semoga tidak terjadi pada brand lainnya seperti dari Korea, karena sangat gak enak ketika kita hanya disuguhi produk yang itu itu saja toh?

Padahal siang waktu istirahat tadi , KBY baru saja ngobrol dengan sales Ford cabang MT Haryono, tidak ada statement apa apa tuh, apa mungkin belum tahu ya? Berikut petikan surat pengunduran Ford Indonesia yang bertajuk “Important Announcement” yang didapat dari website resmi ford.co.id. Semoga ini bukan kenyataan, cuma websitenya kena hack aja, ya gak lads?

“Sen, Jan 25, 2016

Hari ini kami telah mengumumkan keputusan bisnis yang sulit untuk mundur dari seluruh operasi kami di Indonesia pada paruh kedua tahun ini. Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford.

Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat terus mengunjungi dealer Ford untuk semua dukungan layanan penjualan, servis, dan garansi hingga beberapa waktu ke depan tahun ini. Kami berkomitmen untuk menyediakan kesinambungan dukungan pelayanan servis dan garansi setelah kepergian kami dan akan menghubungi Anda lagi sebelum proses pergantian untuk memberitahukan mengenai pengaturan yang baru.

Kami berterimakasih atas minat, dukungan dan kesetiaan Anda terhadap merek Ford. Dan kami akan terus mengkomunikasikan perkembangan yang ada melalui website ini dalam melalui fase peralihan ini.

Apabila Anda ada pertanyaan, silakan menghubungi Ford Customer Service kami di 0807-1-90-9000

Hormat kami,
Bagus Susanto
Managing Director,
Ford Motor Indonesia

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Hot Gossip dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

108 Balasan ke Setelah Chevrolet Kini Ford Motor Indonesia Menyerah Dan Menarik Diri Dari Indonesia?

  1. ardiantoyugo berkata:

    wuihs…

    Video review All New CB150R by Kars TV: http://wp.me/p1eQhG-1ws

    Suka

  2. ardiantoyugo berkata:

    aku lagi ngetik…

    Video review All New CB150R by Kars TV: http://wp.me/p1eQhG-1ws

    Suka

  3. RichardGN berkata:

    aduy padahal ford ini sempat punya kelas sendiri.. inget ford ranger ?

    Suka

  4. Bob Dylan berkata:

    Iya makanya bingung, padahal jaringan dealer Ford Nusantara kn bru dibangun besar2an di Indonesia. Dan itu bukn strategi yg ecek2 bkin dealer besar serentak di Indonesia. Yg di Depok aja blum ada kisaran 1 tahun usia dealernya.

    Suka

  5. totok berkata:

    Nyerah juga ngelawan ‘Duo Kaleng’ xeniavanza

    Suka

  6. subaru berkata:

    Hah??? Ga nyangka gw..
    Ford ga laku karena orang indonesia belum siap dengan kecanggihannya….. Dual clutch (walau endut2an), ecoboobs, fitur lengkap…gw kira ranger itu sangat laris di daerah tambang… Mundurnya ga kira2…kirain bakalan fokus CBU kek chevy…
    Padahal pabrikan jepang cem mazda ga ada pabrik disini tapi bisa survive..

    (Untung kemaren2 batal ambil ecopot)

    Suka

  7. Mas Muslim berkata:

    Harga Purna jual turun drastis dong..

    Suka

  8. kawung berkata:

    krn pemerhati otomotif cm merhatiin ford doang..beli mah nggak..hehe

    pdhal ferrari lamborghini yg gak ada
    jaringan servis bisa laris ky kacang ya

    indonesia mmg unik

    Disukai oleh 1 orang

  9. beatfi berkata:

    padahal ngiler sama everest yg barunya :”(

    Suka

  10. Arif Dadot berkata:

    whooooaaaaa Bajaj has cleverly distributed its effect to include Ford in four wheel segment. cuman ini lebih elegan aja pake surat cinta 😆
    kayaknya ford blom memahami karakter orang indonesia, jadi ingat standup-nya bang pandji, orang barat sukanya ukuran, tapi orang kita senengnya jumlah.
    ford fiesta, ford focus gak muat banyak buat orang indonesia tapi harganya udah bisa beli mobil yang muat banyak, dan itu jepang jagonya 😀

    Disukai oleh 2 orang

  11. The Biker Stig berkata:

    memang susah masuk pasar jepang…

    Suka

  12. Red Satellite berkata:

    Sungguh disangkan
    Padahal fiesta, ecospoort sm everest mulai banyak seliweran

    Suka

  13. Elang berkata:

    Ikut kaget walau belum pernah nyicipi

    Suka

  14. rayman95 berkata:

    pabrikan jepang atau pt astra om :v , sorry menggeneralisir hihihi

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      yah bisa dikatakan yang paling besar astra grup, Honda mobil kan dipegang HPM, Mazda sama Mazda Indonesia, Suzuki sama SIS, Nissan sama NMI, Mitsu sama KTB

      Suka

  15. Mungkinkah harus impor ford mustang dulu baru laris??

    Suka

  16. iben berkata:

    keget juga sih, padahal di subang udah seneng liat fiesta sama ecosport sering seliweran walau tentunya disini ga ada dealer nya.

    Suka

  17. hmsmotoblog berkata:

    Siap menanti secondnan ford harga terjun bebas wkwkwk

    Suka

  18. vario Sumedang berkata:

    Astra Daihatsu juga lagi krisis kang, saya salah satu korban nya, phk masal buat kontrak 1 sama kontrak 2,, udah jalan dari november sampe ramadan depan (info internal),, jadi yang bikin duo kaleng cuma karyawan tetap aja, nggak tau nanti gimana nasib project, tetep jalan apa nggak,

    Suka

  19. Little wing berkata:

    Padahal mobil dngn penumpang lebih dari 5 bahaya lhoo. Coba lihat ada gk di Eropa, Amerika, Australia yg mobilnya dngn kapasitas lebih dri 5 orang.
    Mobil besar pun bagian belakang buat naruh barang, bukn penumpang.
    Karena sasis dan suspensi tdak mendukung utk >5 orng.
    Makanya orng Jepang demi Indonesia mempertaruhkan keselamatn penumpang dngn ‘membuat’ mobil utk lebih dri 5 orang.
    Population Does Matter.

    Suka

    • dream_theater berkata:

      @little wing: Ada chevrolet zafira om…7 seater di Eropa :
      “The Opel Zafira, also as the Zafira Tourer since 2011,[1] is a compact MPV produced by the German car manufacturer Opel, since January 1999. The third generation launched in 2011.[2].
      It has also been marketed under the Vauxhall marque in the United Kingdom, the Holden marque in Australia, as well as under a number of other market-specific brands and names.
      The Opel Zafira has seven seats arranged in three rows, the back row of which can be folded into the floor to create more space, individually or together, rather than requiring that the extra seats be physically removed from the vehicle. The system was named Flex 7.” (wikipedia)

      Disukai oleh 1 orang

    • baris93 berkata:

      lha merci ada yg bisa ngangkut puluhan orang.

      Suka

    • lg berkata:

      mobil amerika ga ada yg lebih dari 5?
      pasti belum pernah ke ngeropa / ngamerika.
      kalau susah mau kesana, nonton film saja.
      noh, banyak mobil2 minivan >5 penumpang seliweran di film holiwud.

      Suka

    • 4nd1 berkata:

      Mosok sih ???

      😛

      Suka

  20. cekuash berkata:

    Belom sempet beli focus hiks hiks

    Suka

  21. dewa berkata:

    negara kita bukan negara maju.penjualan mobil dibanding jumlah penduduk masih kecil.kalo kemampuan pembelian mobil baru kurang,otomatis pasokan mobil dgn pertambahan penduduk juga kurang.coba sensus berapa banyak mobil bekas dari Kota hijrah kekota kecil.artinya Pasar Bekas selera Masyarakat Kota kecil.akhirnya Mobil Japan bekasnya laris,efeknya yg beli Mobil luar Japan mikir kalo bekasnya jatuh.orang kota dikontrol orang kampung.Ngoahahaha.

    Suka

    • bocah_koplak berkata:

      Sepertinya diatas sudah ditulis, durable dan reliable dibungkus harga masuk akal.
      Nah beli mobil kl buat alat transportasi bebas lah pilih mana saja, 2-3 Th ganti.
      Kl beli mobil buat yg penting punya, sewaktu2 butuh tinggal bejek, ga cengeng … you know the answer.

      Disisi lain ada orang yg sampai di tahapan capek gonta ganti mobil (selalu saja kurang dan modif), akhirnya memutuskan beli mobil ‘bahan’ yg punya reliabilitas hingga diatas 20 th, beresin interior, kaki-kaki, mesin dst hingga benar2 nyaman.
      Wong saya pernah naek daihatsu charade yg lebih nyaman dari sedan 500-600 jt kok. Hehehehe

      Suka

  22. handoyo berkata:

    maaf bila ngak nyambung, pada akhirnya pasar dan rakyat indonesia yang rugi, dengan beberapa merek dominan anda akan di suguhi produk teknologi rendah, karena tidak ada persaingan yang sehat (apalagi lokal kita punya mati aja), ingat kasus Pulsar dan Honda +yamaha, untuk mobil Ford Focus telah membuka mata saya akan piranti keselamatannya di hantam kecelakaan di cikampek terbalik berulang kali dihantam kendaraan lain, mereka selamat tanpa cacat , janga harap mobil Jepang seharga atau sekelas focus , yakin Mati adanya- maaf bila anda tak sependapat.

    Suka

  23. dream_theater berkata:

    Chevy kurang niat jualan disini. maunya untung cepet aja, padahal bisnis otomotif disini pertama yg dilihat konsumen itu jaringan 3S-nya…tapi dia masih jualan, hanya mindahin pabrik spin, karena target produksi tidak tercapai. Padahal sebenernya Spin lebih bagus dari Mobilio. JIka pilihan makin mengerucut pada 2 pabrikan besar, yg dirugikan konsumen, karena persaingan memacu kualitas.

    Disukai oleh 1 orang

  24. azizismailblog berkata:

    Udahan? Ecosportnya belum kebeli 😦

    Suka

  25. Fahri berkata:

    Berani ganggu kerajaan astra dan bukan sesama jepang, maka bubar/dibubarkan/kabur/dikaburkan, apalagi ford yg semua lineupnya ngejek produk astra
    Yg udah2:
    -spin ganggu avanza
    -pulsar ganggu mgpro/tiger/suprax
    Ancaman ford:
    -fiesta 1000cc ngentutin yaris
    -focus ngentutin altis/prius, 86 jg diisengin
    -ecosport ngentutin rush
    Bubarkan sblm pembullyan berlanjut:
    -new ranger vs new hilux
    -new everest versi paling murah vs new fortuner versi paling atas
    (Blm sampe bahas detil harga dan fitur yg menang telak)

    Suka

  26. okkydimaz berkata:

    jangan2 cuma ganti manajemen
    Ford mundur untuk kemudian di-take over oleh Astra grup

    Suka

  27. PemadamKebakaran berkata:

    “Kekuatan dari brand Jepang adalah durabilitas dan reliabilitas yang kemudian dipaketkan dengan harga yang masuk akal.. Sesuatu yang mungkin sulit dicapai oleh brand Amerika seperti Chevrolet maupun Ford.. Ringkih dan spare part mahal adalah pekerjaan rumah yang tidak selesai selesai bagi mereka meski tidak semua produk mengalaminya..”
    Sebutin dong produk amerika yang ringkih ituuh……
    Produk jepun reliabilitas? Ituh mobil jepun apa yah yang baru beberapa bulan dah banyak komplain dan petinggi mereknya senga.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      yang ringkih? lha yang lagi dibahas ini masbro hehehe..
      orang amrik nya aja punya sebutan Forever in Road Dead buat Ford hehehe..
      Ford Focus di sini bermasalah mulu, boleh lah tanya ke yang punya.. Sori bukan BC tapi bicara kenyataannya ya begitu. Kalimat ay lebih kepada pecutan biar bisa lebih baik kalau mereka comeback (itu juga kalau comeback).
      Masbro ini kayak baru tau mobil jepang setaun dua taun, kita gak bicara mobil jepang yang saat ini doang ah.. gimana sih hehe..

      Tau gak kenapa mobil amerika kayak masuk keluar masuk keluar dibanding merk eropa (jerman)? Padahal bisa disebut GMC, Chevy adalah pemain lama di Indonesia sejak jaman belum merdeka? Karena DURABILITAS dan RELIABILITAS.. Jepang membuktikan produk mereka tahan banting, sesuatu yang orang sini suka banget.. You cant deny laaahh..

      Suka

      • PemadamKebakaran berkata:

        Yang ane quote ituh maksudnya statement itu dah terbalik sekarang.
        Seperti ford dan chevrolet sekarang memiliki durabilitas dan reliabilitas yang sudah setara ama produk jepun dan harganya pun masuk akal.
        Nah jepun justru terbalik sekarang dimana produknya gk value to money. Orang beli mobil jepun cuman ngejar merek dan harga jual kembali. (Ane gk masalahin ituh, pilihan ditangan anda. No offence. )
        Moga ngerti klo ane cuman sental sentil

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        tenangg heheh paham kok 🙂

        Suka

      • bocah_koplak berkata:

        Soalnya belum liat ford atau chevrolet tua (kecuali chevrolet luv 80an) yang masih hidup di th 2000an kl bangkai ford telstar banyak dipinggir2 gang.
        Berbeda dgn nasib kijang kotak, hijet zebra, katana, bahkan colt ‘gundul’ dll masih sering ketemu dijalan kl keluar kota.
        Mau mobil dgn reliabilitas seperti diatas?

        Ya kemungkinan dimiliki sama mobil2 jepang 400 jt keatas. Ngarep mobil < 300 jt kayanya sulit. Wong udh kaya kaleng semua.
        Kl yg dinilai mobil 100 – 250 jtan ya miris, krn bagi merk jepang mereka adalah tambang uang (semua fitur dan kualitas dikurangi) ngandelin nama besar dan…… LAKU
        Bagi merk negara lain, kelas 100 – 250 jt adalah kesempatan utk membuat product yg sedikit melebihi jepang dan diklaim sekualitas.

        Maaf no off ya….bukan belain mantan penjajah hehehe…tapi di th 2050 nanti kl msh ada umur saya pengen lihat mobil2 buatan 2010-2015 mana yg masih jalan?
        Apakah fortuner/pajero (menjadi hardtop nya 2050) atau everest?
        Apakah innova (menjadi kijang lgx sekarang) atau spin yg msh hidup…begitu saja.

        Disukai oleh 1 orang

    • Roman Xclub berkata:

      Om kalau cuma punya mbit udah lah gak udah ngomongin mobil apalagi kalau sim A aja belum punya.
      Sini duduk manis dan nonton aja sama aku..
      hik hik

      Suka

      • PemadamKebakaran berkata:

        Ya gpp lah kita komen, asal gk komen kotor aja.
        Belum waktunya aja punya mobil.
        Sini liat dompet ku nangis *hik hik

        Suka

    • ken39 berkata:

      setuju deh. japs skrg gak ad yg bisa dibilang durable bahkan untuk level mid sekalipun… tp klo RELIABILITY, yes is true, ini wajib di bold, underscore dan double quote. bengkel pinggir jalan aja pada bisa benerin mobil jepang. bahkan dengan trik trik kacrut sekalipun, dimana beres matok harga 18jt ganti part, bawa ke pinggir jalan abis 500rb, cuman ngurut wiring doank

      jadi ya wajar klo japs disebut tahan banting, tapi bukan berarti awet yah, beda lho. ato bahasa jermannya “BANDEL”

      Suka

  28. handoyo25 berkata:

    Kalo baca pengumumannya kok bernuansa “frustasi” ya…..
    “…… menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford.”

    Chevy masih lumayan, dimulai dari grafik menurun disisi pabrik, akhirnya tutup produksi, tapi masih tetep jualan dan support after sales service.
    Lah ini, ujug2 langsung declare “tutup dan bye.. bye……”, makanya nggak heran kalo muncul pemikiran nakal di sebagian kalangan soal sebab tutupnya Ford Indonesia.

    Terlepas dari kondisi ekonomi nasional (bukan global ya) yg makin tidak pasti (lihat komentar vario sumedang diatas), memang faktor persaingan juga turut kontribusi.

    Dan kalau ada yg khawatir “monopoli” menimbulkan produk berteknologi rendah (yg itu-itu aja), saya sih sudah denger ini sejak 10 thn lalu bahwa spek dari RnD Jepang memang sengaja diturunkan utk market Indonesia demi jangkauan daya beli masyarakat (inipun sudah dibantu perang diskon sama sales leasing). Produk full spek ori dari Jepang, meskipun dibuat dg quantity mass-pro, harganya tetep nggak kejangkau sama masyarakat disini.

    Suka

    • niceguy berkata:

      Sebenarnya ada kok pabrikan jepang yg produknya betul2 bagus dan bisa head to head dgn pabrikan amerika, contohnya mazda 2 vs ford fiesta. Sedangkan honda jazz dan toyota yaris, sorry to say… fitur yg ada kalah telak dibanding mazda dan ford. Tapi market di Indonesia menentukan lain, walaupun kalah fitur tapi terbukti jazz dan yaris adalah penguasa pasar.

      Suka

  29. bescorpio berkata:

    asli komentarnya keren2,,,,, bagi orang awam langsung berfikir bahwa produk otomotif Amerika gak akan bisa bertahan di mari

    Suka

  30. kompor berkata:

    heran baca komen disini
    asu trah dilawan ? ya harus dilawan cui..
    dikasih barang” downgrade dengan harga upgrade masih pada mo beli ?
    yg beli yg oon dah 😆
    Chevy kemarin tutup alasannya dapat komponen” dari rekanan asu trah dengan harga “tinggi” sehingga walaupun produksi di indon tetap kalah bersaing dengan di impor CBU !!!
    Bajaj u know lah teknologi 2 busi 3 busi 😉
    Ford ntah ditekan apa lagi ama si asu trah ini 😉

    Suka

  31. kompor berkata:

    tambahan lg protong yg setahun jual nga sampe 1000 unit bisa survive, kenapa si ford / chevy nga bisa ya ?
    Mungkin si protong tidak bergabung dgn sarang penyamun yg bernama gabungan induk kirik se indonesia sehingga bebas dari tekanan asu trah 😉

    Suka

    • PemadamKebakaran berkata:

      Kurs dollar dah jauh, ditambah pajak import naik.

      Suka

      • kompor berkata:

        ford impor dari thailand om 😉
        harga metal / minyak terjun bebas dibanding kurs dan pajak naik mana yg lebih besar ? 😉

        Suka

      • bdt berkata:

        yg punya pabrik di ina, tdk kena pajak,

        misal astra impor fortuner dari thai, ngak kena pajak, karena toyota punya pabruik di mareh

        ford impor dari thai kena pajak,

        yach kali aja unitnya, terasa lah

        kalu harga metal dan minyak turun, khan biaya produksi blm tentu turun om?

        Suka

      • kompor berkata:

        iya brp persentasenya om dibanding harga koomoditas yg terjun bebas ? 😉
        biaya produksi bisa naik ditengah pasar lesu dan penangguran yg bertambah banyak ? :mrgreen:

        Suka

      • bdt berkata:

        persentase tdk tau,

        tapi hal itu khan tdk bisa terus menerus dan selamanya, kecuali ford bikin pabrik dimareh

        biaya produksi bisa saja naek walu pasar lesu, makanya banyak pabrik yg tutup

        Suka

      • kompor berkata:

        ngahaha
        ini sebenarnya buka borok asu trah jg..
        produksi dalam negri nga kena pajak, komoditas turun mo naikin harga ?
        :mrgreen:

        om bikin mobil, perlu ngecor blok mesin dan ngelas kan ?
        Klo mo ngecor blok mesin panasin baja atau aluminiumnya pk minyak atau gas kan ? Klo minyak dan gas turun biayanya gimana ? 😆
        Ngelas pk listrik klo harga listrik turun gimenong ? 😆
        Om mo minta gaji naik ? banyak yg nanggur neh berani ? 😆
        Banyak pabrik tutup karena produksinya tidak terserap pasar AKA stok numpuk digudang jd inget siapa ya ? 😉
        Jadi masih berani naikkan harga lg ?
        Ngahhaha

        Suka

    • bdt berkata:

      mbuh yach, minyak turun,

      kebutuhan pokok juga kagak turun,

      malah naek

      saya juga bingung

      Suka

      • kompor berkata:

        enga usa bingung, itu namanya ulah PDG
        PDG nya bisnis gaya mafia kaya asu trah malah disupport ama “customer” yg oon dah 😉
        ngahahaha

        Suka

  32. niceguy berkata:

    Huasuuu…. baru pake fiesta setahun lha kok malah kabur???

    Suka

  33. NuKasev berkata:

    Masa cuma gara2 HRV dan RV RV yang lain si koboy langsung tutup buku.. gak seru ah 😦

    Suka

  34. sucahyoaji berkata:

    Oh iya, bukannya Chevrolet di Indonesia masih jualan secara resmi? Beda sama Ford yang memutuskan tidak lagi berjualan / impor resmi.

    Suka

  35. petirabang berkata:

    Tenang kang… Ford mundur, ntar Yamaha masuk, ekekeke…..

    Suka

  36. resha_warblo berkata:

    padahal mobilnya bagus2, ditunggu cuci gudangnya

    Suka

  37. kodokijo berkata:

    Ini yg bikin image produk non-Jepang jadi jelek. Bentar masuk bentar minggat. Konsumen udah jadi takut duluan mau beli. Gak heran kl produk Jepang tetep berjaya di market sini, karena komitmen jangka panjang, dan ini yg bikin konsumen jadi tenang.

    Suka

  38. dewa berkata:

    Sienta yg berMerk Toyota aja masih ragu dijual disini.habis baca komen gue diartikel Sienta diwarung ini petinggi TAM takut Kualat sama aki2,jadi masih dipelajari lagi kemungkinan Produksi.nyombong dikit napa.Ngoahahaha.jadi jualan Mobil diIndonesia jangan kePeDean patok Target Jualan.Ngoahahaha.

    Suka

  39. DmNc berkata:

    jangan sampe produsen korea ikut2an cabut, ntar balik jaman jahiliyah lg cyinn 😀

    Suka

  40. indoautoblog berkata:

    Chevy nggak angkat kaki dari negeri ini, om. Mereka ‘cuma’ nutup pabrik, masih jualan barang impor.
    Kalo ford 100% tutup bisnisnya di Indonesia, termasuk layanan purna jual.

    Suka

  41. tony berkata:

    Kt pepatah : proses tdk mengkhianati hasil. Yaa klo mlht sepak terjang menerjang (hahaha) pabrikan jepun d indonesia yaa pantas lah mrk bertahan.. semua merk jepun memulai industri otomotifx jg ga bs dblg gmpg,klo menyimak sjrh otomotif dunia,produk merk jepun dianggap konyol,krn memakai kubikasi mesin yg kecil,sdgkn merk usa n eropa pk kubikasi bsr utk produkx. Lalu merk jepun mempopulerkan jns mobil kecil klrg,ehh pabrikan lain ngikut. Intix inovasi ada d tangan pabrikan jepun. Bs dikatakan mrk menang scr adil,mrk lbh dlu berinovasi mngikuti selera psr kdpn. Jd sy rd bingung dgn ad yg mgtkn produk jepun dr kaleng,lalu mgtkn mesin jlek lah,pmbodohan konsumen lah,konspirasi lah.. tlong deh lht sejarahx.. pabrikan jepun mjd spt skrg itu bkn spt membalik telapak tangan. Dlu pabrikan usa & eropa yg mnguasai psr,pabrikan jepun bru mulai diperhitungkan pd awal 1990 an..

    Suka

  42. Ping balik: Ford Hengkang Dari Indonesia?? Wait… Jangan Khawatir.. Ngga Semua Kok !!! | imotorium

  43. imotorium berkata:

    ford hengkang?? ah cuma salah satu penjualnya saja ternyata 😀
    masih aman mang kob

    http://imotorium.com/2016/01/26/ford-hengkang-dari-indonesia-wait-jangan-khawatir-ngga-semua-kok/

    Suka

  44. Ping balik: Wahai Para Pemilik Ford, Jangan Kawatir, Perawatan dan Warranty Tetap Terjamin Kok..! | KobaYogas.COM

  45. subaru berkata:

    Jepang durable kan reliabilitynya tinggi karena = SEDERHANA
    beda sama eropa atau amrik yang beribet di elektronik. Didukung oleh kebiasaan orang indonesia yang hampir 70% sukanya make doang dan kalo benerin selalu bandingin harga sparepart jepang kw 200 dengan sparepart asli eropa/amrik.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      yoih… dulu jaman kuliah sempet takut punya Honda, karena sering dibilang spare part nya mahal… setelah ditanya tanya kenapa sih mahal? ternyata dibandinginnya Civic sama kijang, jiaaahhhhh

      Suka

  46. Inline4 berkata:

    http://www.consumerreports.org/cars/highlights-consumer-reports-2015-annual-auto-reliability-survey

    Hasil penelitian consumer reports amerika menempatkan mobil2 amerika di ranking paling bawah…bahkan kalah reliable dibanding mobil korea..
    Ini adalah penelitian empiris tentang mobil mana yang paling banyak dikomplain konsumen karena mengalami kerusakan sebelum waktunya.

    Suka

  47. Inline4 berkata:

    ford ranger itu adalah mazda bt50 yg di rebadge?
    jadi cuma sebuah mazda bt yang di facelift dan diganti merk menjadi ford ranger
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/Mazda_B-Series

    apa itu rebadge?
    jawabnya disini http://en.m.wikipedia.org/wiki/Badge_engineering

    mau tau mobil jepang lain yang dirubah jadi merk amerika?

    dodge stealth yang aslinya adalah mitsubishi 3000 gt gto
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/Dodge_Stealth

    chevrolet trooper aslinya adalah isuzu trooper
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/Isuzu_Trooper

    chevy luv aslinya adalah isuzu faster
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/Isuzu_Faster#KB

    mesin duratec ford adalah sebuah mesin mazda l series
    http://en.m.wikipedia.org/wiki/Mazda_L_engine

    Jangan khawatir…tinggal beli sukucadang mazda

    Suka

  48. Ping balik: Test Drive: Review Ford Fiesta S 1600 cc DCT 2013, Andalan Ford Di Kelas Kejam | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s