Mengulik Kejar Kejaran Data AISI Vixion dan New CB150R, Vixion Unggul Mutlak..


new-cb150r-vs-vixion-advance

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Data AISI antara Yamaha Vixion series dengan Honda New CB150R sudah keluar, ternyata New CB150R bulan Januari ini masih belum mampu berbuat banyak..

Menurut Data AISI sektor sport Januari 2016 yang dikerucutkan lagi menjadi data distribusi antara Yamaha Vixion versus Honda New CB150R, terlihata bahwa menurut data AISI pada bulan Januari 2016, distribusi NCB hanya berada di angka 5076 unit, kalah jauh oleh Vixion yang berada di angka 13.340 unit. Sang raja masih berkuasa!

Menurut KBY distribusi unit dari pabrik ke dealer yang dimasukkan ke dalam data AISI setiap bulannya ini bukanlah hitung-hitungan sembarangan. Para jago hitung dari masing – masing pabrikan bisa bisa tipis rambutnya jika setiap bulannya harus mengotak atik data distribusi ini. Tapi itu memang sudah tugas mereka sih..

Bagaimana tidak? Data distribusi akan jelas masuk ke hitungan Data AISI, kirim banyak jelas akan menaikkan jumlah, namun di sisi lain – yang akan ngejengkang jika terlalu banyak pengiriman ya para kepala cabang/ dealer lads, karena mereka akan pusing bagaimana cara agar stok yang numpuk akibat kiriman bulan sebelumnya segera terjual/ berkurang..

Jadi hitungan distribusi unit tersebut sebisa mungkin dilakukan jangan sampai membebani para dealer agar dealer secara finansial tetap sehat..

Nah, karena sebenarnya ini merupakan hitungan kirim kiriman bukan merupakan penjualan beneran, maka kedua pabrikan maen pinter pinteran hitung kirim barang ke dealer deh…Menurut KBY paling tidak ada 4 hal mengaapa Vixion naek sementara New CB turun..

1. AHM mencoba menahan unit di pabrik, agar dealer sehat, sambil melihat perkembangan unit motor yang terjual. Hal yang sama juga pernah dilakukan Yamaha pada akhir tahun 2015 lalu.
2. Kali ini YIMM bisa jadi merasa panas, jadi unit yang ditahan akhir tahun kemarin dikirim banyak ke dealer dealer, alhasil terlihat jumlah distribusinya banyak padahal belum tentu stok dealer sudah menipis. Hal yang sama bisa juga terjadi pada Honda akhir tahun lalu.
3. Bisa jadi memang demand Vixion lagi tinggi
4. Bulan depan bisa jadi giliran Honda yang geber, Yimm yang nahan karena stok masih banyak akibat distribusi bulan ini hehehe

Pun begitu, satu hal yang sangat pasti, nama Vixion itu sudah melegenda, dan legenda dengan reputasi baik tidak mudah dipatahkan. So kemungkinan demand Vixion masih tinggi ya sangat mungkin terjadi sehingga distribusi tetap besar/ banyak.

Namun kerja keras Honda sendiri tak bisa dianggap remeh, meski belum banyak banget terlihat di jalan, namun perlahan lahan, jumlah New CB150R saat ini sudah mulai meningkat..

Bener pa gak nya kita liat bulan depan yah hehe, namanya juga analisa lads..

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Diskusi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

70 Balasan ke Mengulik Kejar Kejaran Data AISI Vixion dan New CB150R, Vixion Unggul Mutlak..

  1. yusuf ubaydillah berkata:

    Serem banget kang ampe rambut menipis hehehe

    Suka

    • Darmo ganteng berkata:

      Jangan fokus disitu kang..
      Tapi fokuslah pada rasio penjualan (distribusi) bulanan antara CB vs Vixion..

      Sewaktu era CBSF vs NVL, saya perhatikan rasio penjualannya rata-rata 1 : 4.. Artinya dalam satu bulan, ada 4 NVL terjual vs 1 CBSF

      Bandingkan dgn era NCB.. Meski baru tiga bulan, rasionya pernah 1 : 1 atau yg paling buruk bulan lalu 2 : 3

      Not bad kan??

      Suka

      • Kobayogas berkata:

        Ay pikir gakan pernah ada yg mikir kesana hehehe…

        Suka

      • dazz berkata:

        3 bulan pertama seh masa spike ga bisa dibandingin..Nmp karbu aja dulu juga bisa jawara diawal. Cbsf nempel ketat diawal.
        Tinggal dilihat, nafasnya panjang apa pendek..

        Suka

  2. denmaz berkata:

    yak.. tahan… tahan.. tahaaaaann bruuuttt 😆
    lega… ekekeke :mrgreen:

    Suka

  3. DUDU FANSBOY KRIDITAN berkata:

    gak ada data wholesales ya? data unit yang terjual dari dealer ke end-user?
    keknya dari dulu data aisi muluk yang notabene adalah retail sales

    kayak gaikindo yang selalu ngasih data lengkap, retail sales dan wholesales

    Suka

  4. COCODOT berkata:

    Tahun 2013-2014 mah nyentuh di angka 30rb unit perbulan vixion teh

    Suka

  5. dudie wae berkata:

    Ane perhatiin rata2 dijalan yg pake NCB platnya bulan 11. 2015. Untuk desember dan januari ane belum pernah lihat..sonic juga langka di jalan..malah nmax yg semakin sering berjumpa… terlebih nmax putih yg sering lawan arah pas mw nyebrang rel kereta volvo / bakin ps. Minggu arah st. Kalibata 😅😅😅

    Suka

  6. Kang ari berkata:

    SWAT kojel2 atuh…
    perlu ditraining lagi

    Suka

  7. adpri21 berkata:

    Nyimak aja ah

    Suka

  8. ardiantoyugo berkata:

    tim sawat perlu diruwat…

    Video review All New Honda PCX: http://wp.me/p1eQhG-1zS

    Suka

  9. Aluvimoto berkata:

    data itu bisa dikarang 😆

    Suka

  10. Hahaha berkata:

    Hey mang kobay, ane bisa ngeramal loh.
    Kan konon katanya minggu ini supra 150r mau rilis.

    Ramalan 1: Semua blogger rame2 nulis berita ttg supra 150r beserta sejuta keunggulan & kesempurnaan si bebek super. MX King akan dibuat seolah pakai teknologi jadul ga berdaya lawan DOHC yang katanya “superior”. Langsung rame2 ganti banner dikiri kanan blog mereka dengan gambar si bebek. Hwehwehwe. Artikel diulang2. Mulai dari liputan launching, impresi fisik, impresi riding, bahas fitur, perbandingan dengan kompetitor, dsb buat bangun hype.

    Ramalan 2: 3 bulan kemudian muncul data aisi Supra 150r mengalahkan MX King 3 bulan berturut2. Jagat blogsphere heboh & rame2 nulis berita yang sama. FBH sorak sorai bergembira karena MX King tumbang.

    Ramalah 3: Entah kenapa data aisi dibulan ke 4 penjualan si supra 150r melorot sedangkan si MX King terus menorehkan prestasi diberbagai kejurnas. Anehnya blogger2 semua pada diam seribu bahasa ga ada yang bahas. Entah ga tau ato pura2 bego.

    Segitu dulu terawangan ane. Kalo dapet wejangan nanti ane tambahin. Hwehwehwe.

    Suka

  11. Arid T.S.T. Bubut berkata:

    Makin padet aja jalanan mang

    Suka

  12. steven william berkata:

    Para pembeli sport 150cc skrng malah banyak yg beralih ke nmax mnrt saya,, di jalan udah mlai bejibun sering banget lihat soalnya

    Suka

  13. T.S.T BUBUT & CORTER berkata:

    Jalan jadi penuh mongtor mang 😀

    Suka

  14. eko berkata:

    Sekedar info….
    Untuk vixion memang banyak dipajang di dealer2 yamaha…untuk cb rata2 hanya memajang 1 motor…

    Suka

    • azizismailblog berkata:

      Nah ini nih bener bgt

      Suka

    • YIMM,Mfg berkata:

      Logika dong.. dealer yamaha pjang bnyk unit yamaha vixion bkan itu numpuk.. ya krna bnyk prmintaan jd nyetok bnyk.. dealer ttep ga rugi.. nah dealer honda cuma pjang 1 unit ncb.. 1 unit aja ga laku2 msa mau nyetok lg.. ya rugi dealer brang 1 blum ke beli2.. hehe

      Suka

    • blade-in berkata:

      Boleh jadi dia majang dikit karena peminatnya dikit, kali. 1 aja dah sebulan gak kejual !!! (belajar lihat dari dua sisi… xi xi xi)

      Suka

  15. adic berkata:

    ditempatq malah sebaliknya lo. kebanyakan ncb yg dipajang didepan dealer honda. sedangkan didealer yamaha kebanyakan majang metic doang. kalo mau bukti liat aja sendiri didealer2 kalsel dan kalteng

    Suka

  16. el diablo berkata:

    Ancb motor cakep nih,,dh lihat beberapa di kota ane,,lampu belakangnya cakep dilihat klo malem,,,kecil sipit berkarakter,sama knalpotnya mantep.

    Suka

  17. mbah_anom berkata:

    awas mang aya si eko prabonyok deui :v ngahahahahaha

    dia pasti ngomong
    ‘giliran ncb yg naik di data aisi gak ad tuh bahasa “ini hanya data distribusi”
    seperti di bberapa blog lain 😆

    Suka

  18. dewa berkata:

    kalau 1type bisa mengalahkan type lain seSegmen dari pihak lawan sedang MS total tidak beranjak(26persen VS 69persen)maka ada Type yg tertekan.seperti kita ketahui M3 pasarnya ada dibawah BeAt dan Vario125.tapi bulan ini Anjlok kebawah Scoopy dan Vario150.padahal kalo Pasar Entry level(M3,BeAt,Revo,Vega)kalo sudah turun susah naik(sedikit pergerakannya).kalo pasar Sport memang bisa naik turun tajam(sedikit).intinya M3 sudah hilang tajinya.

    Suka

  19. bocah_koplak berkata:

    Mungkin kepolisian dan tni datengin vixion utl kendaraan operasional lagi. Kalau setiap koramil/polsek dapat jatah 3 – 5 biji hitung sendiri dah berapa ribu unit itu.

    Suka

  20. blade-in berkata:

    Inilah kelas 150. Kelas konsumen rasional. Mereka tahu motor apa yang mereka butuhkan. Kencang dan desain bukan segalanya Tapi kebandelan mesin, kualitas material, finishing dan build quality suatu motor jadi pertimbangan. … Lo bisa bayangin, jika pabrikan baru 2 tahun oprek mesin …. mindset apa yang ada di kepala konsumen ???
    (Ini yang sepertinya gagal difahami AHM)

    Suka

  21. fifauzi berkata:

    analisa mengenai penjualan ncb fifauzi lebih ngeri dibanding kobay
    silahkan mampir di fans page fifauzi

    Suka

  22. pengamat berkata:

    Tim sewot magabut..
    Bhahaha

    Suka

  23. tiyawann berkata:

    didaerah ane ncb jarang sekali terlihat, senentara nva seliweran.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      wah kalau ay sih gak smp sana mikirnya, hanya bilang kalau bisa dihitung sesuai kepentingan pabrikan masing masing.. selama gak bikin dealer teriak karena overstock

      Suka

      • bdt berkata:

        kaya r25 dong?
        gede karena politik , sekarang brp yach?

        ngak usah bawa si jombl;o, karena ndak jualan lagi

        Suka

  24. Achmad Hasyrul berkata:

    Mo goyang Vixion? Ngga bisa sekali gebuk pake NCB. Sama kasusnya kayak Satria vs Sonic. Dua bulan awal emang booming, selanjutnya? Harus sabar, pelan2 ubah mindset orang yang terlanjur taunya Motor Street Fighter ya Vixion…Motor Ayago ya Satria…hehehe

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Kalau saya jadi Yamaha, saya gakan diem aja, Vixion itu darah saya, yg laen bisa lebih bagus, tp Vixion harus lbh bagus lagi.. Kalau ay sih gitu.. Wong tulang punggung penjualan je..

      Suka

      • Achmad Hasyrul berkata:

        Setubuh Kang…!!! YIMM kudu siapin peluru bwt ngelawan NCB…misal Vixion SOHC+VVA, Delta box, 6 Speed, Full Digital meter cluster apalagi bonus USD…tapi desain ngga segila Xabre

        Suka

  25. kenthoet berkata:

    seperti kebiasaan konsumen indonesia lbih suka beli motor yg punya harga jual kmbali tinggi,.. 😀

    Suka

  26. Arief Sujatmiko berkata:

    Mungkin harga terpaut jauh, karena new cb 150 r hampir di angka 26 jutaan sedangkan new vixion advance di angka 24,5 jutaan lumayan beda 1,5 jutaan bisa bikin orang mikir…

    Suka

  27. Felix berkata:

    Stok banyal cb di cirebon hehehe

    Suka

  28. pik berkata:

    masalahnya klo menurut ane emang desain vixion secara keseluruhan lebih bagus dr ncb. kecuali untuk lampu depannya vixion kurang enak dilihat alias agak culun,ekekekekek. terus untuk harian jelas vixion dgn mesin sohc udh terbukti bagus dan murah perwatannya. jd wajar vixion masih belum kalah ama ncb.

    Suka

  29. Ping balik: Tetap Kokoh, Ini Dia Tiga Titik Dimana Yamaha Vixion Merajai Penjualan.. | KobaYogas.COM

  30. Ping balik: Data AISI Kelas Sport Februari 2016, Nothing Can Stop Yamaha Vixion! | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s