Tes Ketangguhan Suspensi Yamaha Xabre Di Jalan Berlubang.. Tetap Mantap..!


mang uis aka wisnu in action, kok gak pake helm sih :D

mang uis aka wisnu in action, kok gak pake helm sih 😀

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber..Suspensi depan Yamaha Xabre memang sudah mengaplikasikan model inverted fork alias upside down.. Bagaimana impresinya ketika dibawa mengarungi jalan yang rusak?

Pada dasarnya, suspensi Yamaha Xabre memang diset agak stiff atau firm, namun tidak sampai mengganggu kenyamanan, padu padan kekerasannya antara suspensi depan yang sudah upside down dengan bagian belakang yang monocross dengan link sudah pas.

Berbagai macam permukaan jalan sudah KBY coba lewati bersama Yamaha Xabre ini, meskipun 80% diantaranya jalan mulus, namun begitu ketemu undakan maupun lubang, suspensinya bekerja dengan mantap, tidak terhempas maupun terasa terpental.. Good job menurut KBY mah.

Melewati polisi tidur juga ajeb, mantap, ya tentunya selama si poldurnya gak tinggi-tinggi amat lah ya.. Tanpa harus mengerem, dapat dilewati dengan mantap tanpa merasa terlontar. Apalagi kalau kita mencoba melewatinya dengan posisi berdiri di atas foot step Yamaha Xabre, ya ala ala off road dikit lah, lebih tidak terasa lagi tuh lads..

sambil berdiri lebih tak terasa di tangan

sambil berdiri lebih tak terasa di tangan

Tapi ada satu yang masih bikin penasaran, gimana kalau jalan jelek atau berbatu-nya lebih panjang jaraknya? Masihkah cukup nyaman dilalui oleh suspensi upside down milik Yamaha Xabre? Ataukah malah terasa keras hingga menyiksa? Nahhh kebetulan tak jauh dari rumah KBY ada satu jalan yang entah sampai kapan dibiarkan berbatu, berlubang dan gerinjal gerinjul 😀

Jalan sepanjang kurang lebih 300 meter tersebut cukup pantas lah untuk mewakili kinerja suspensi upside down dan monocross link milik Yamaha Xabre.. Tak hanya KBY yang sudah mencoba, namun sengaja KBY mintakan beberapa sahabat blogger D’Gujubar lainnya untuk merasakan kinerja suspensi milik Yamaha Xabre 150 tersebut..

KBY mencoba berkonsentrasi terhadap kinerja suspensi depan Yamaha Xabre, karena menurut KBY disitulah sumber daya pikat dan kelebihan yang dimiliki oleh Xabre 150.. Apa sih yang terasa perbedaannya dengan model telescopic fork alias suspensi konvensional?

test suspensi Xabre kobayogas

Ternyata memang terasa cukup signifikan perbedaannya, ketika melalui jalan jelek tersebut, terasa tangan kita yang bergerak mengikuti kontur jalan, alias setangnya yang naik turun, namun dengan pengalipkasian suspensi upside down seperti pada Yamaha Xabre ini, gerakan mengayun tersebut dibatasi, otomatis getaran pun terasa berkurang.

Terasa juga ban yang bergerak naik turun lads, sementara setang relatif diam di tempat, jadi bukan tangan/ setang motor yang bergerak mengayun, namun batang suspensi sang Yamaha Xabre bagian bawah yang bergerak. Dengan demikian getaran sampai tangan pun dapat diredam.

Apakah berarti shock konvensional jelek dan tidak dapat sebagus upside down ini? Ya tidak berarti begitu juga, tergantung settingan serta dalemannya si shock juga kok.. Hanya untuk upside down milik Yamaha Xabre ini sudah terbukti memang mantap..

Semoga bermanfaat lads.. Bagaimana menurut user lainnya? Biarkan mereka komen di artikel ini ya hehe..

Mang Faisal in action

Mang Faisal in action

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Review, Yamaha dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

62 Balasan ke Tes Ketangguhan Suspensi Yamaha Xabre Di Jalan Berlubang.. Tetap Mantap..!

  1. debelleh berkata:

    wow….aja.

    Suka

  2. debelleh berkata:

    Sudah punya gelar teknik suspensi nih bisa bahas up side nya Xabre

    Suka

  3. di duren sawit ya ngujinya? 😀

    Suka

  4. Kang ari berkata:

    helm mana helm

    Suka

  5. gilaroda2ga berkata:

    Harga gak bohong ya 15jeti… Eh salah ya…

    Suka

  6. zuroichi berkata:

    Geber lads

    Suka

  7. Elang berkata:

    Lah piye helm kok ditinggal?

    Suka

  8. Warung Biker berkata:

    nggak safety tuh,.. nggak pakai helm,..

    Suka

  9. coey91 berkata:

    mantap….. dan untuk kondom bagian tangki gmn mang pas,lewat jln jelek kriet2 ngk…..

    Suka

  10. Engine berkata:

    Coba di test stoopie tuh USD kuat gak

    Suka

  11. mottobiker berkata:

    Wow,, transformasi jadi motor trail kah hehehe..

    Suka

  12. ardiantoyugo berkata:

    buat ngetril coba…

    Jadwal F1 musim 2016: http://wp.me/p1eQhG-1Ay

    Suka

  13. Hahaha berkata:

    Itu pertanda. KBY cocoknya pake KYB. Hwehwehwe.

    Suka

  14. coba di tabrakin ke truk, patah gak kek vixion? soale yg sebelah gak patah katanya

    :v

    *fbhgoblogpengenbloggermati

    Suka

    • GHOST berkata:

      buakaka

      setuju nih

      coba mang tabrakin ke truck ato mobil ato ketembok ato ke tank kalo ada

      fbh sering kan bilang cuma suspensi honda itu anti patah walo tabrakan

      :v

      Suka

  15. hobilari berkata:

    buat boncengan dong….

    Suka

  16. budi.rahadian11@gmail.com berkata:

    Mantaps infonya….
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

    Suka

  17. mas jum berkata:

    tega amat tuh motor di gang bang rame2!

    Suka

  18. Supra 2002 ku Awet Rajet berkata:

    Kirain stangnya Diem, pantatnya yg goyang. Tarik mangggg….

    Suka

  19. Bonsai Biker berkata:

    nggih
    ..

    .
    .
    Ternyata hayalan Visordownpun tertuju pada motor ini!

    Saat Visordown Ngayal Pesaing Xabre Motor Ini Yang Mucul

    Suka

  20. michael berkata:

    suspensinya memang juozzzz om, puas banget

    Suka

  21. sucahyoaji berkata:

    Ngetesnya dipakai menerjang polisi tidur. kalau nggak mental ya suspensinya bagus. Kalau motor sekelas 150cc, rasanya suspensi belakang tetap saja pakai yang murahan

    Alasan mengapa skok bagus bisa bikin melewati polisi tidur di kecepatan tinggi tidak mental

    Suka

  22. ardiologi berkata:

    ga ada uji tabrakan kayak mobil-mobil keluaran baru gitu? nanti liat dapet rating berapa bintang? :v

    Suka

  23. +,,nnn berkata:

    Jos tenan ……

    Jalanya…hihihi

    Suka

  24. yookee berkata:

    Kalo di kalkulasi harga upside down nya, sepertinya worth juga harga segitu Mang. Let say harga vixion 25 juta + shock depan tuker upside down + swing arm tuker banana + semua lampu tuker LED + spidometer tuker all digital = 29,8 juta.
    Lagian tujuannya Xabre bukan ngegantiin vixion, tapi ngejagain vixion di range harga atas. Apalagi we know sbnrnya YIMM gak dpt jatah development R15. Susah ngelawan CBR head to head krn updatenya R15 nunggu india. Jadi inilah win win solution yg dikasih Yamaha Jepang buat biker Indo. Ngga ush ngarep r15 lagi.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Serius r15 gak dpt lampu ijo?

      Sbnrnya sih bisa lebih murah itu gak semata mata itung Part per part..

      Tp lebih ke strategi bisnis aja.. Kaya nmax misalnya.. Biar laris lah.. Ambil untung gak terlalu banyak..

      Tp karena ini bukan buat lawan siapa siapa maka keknya strategi harga spesial gak berlaku. Beda sama nmax yg tujuannya hajar vario dan pcx

      Suka

      • yookee berkata:

        Dalam sejarah Yamaha kurun wkt 10 thn terakhir, kyanya blm ada yg pusat development nya dipindahin kya Honda yg bs mindahin development CBR dr Thailand ke Indonesia.
        Byson + R15 sejak awal milik India. Sampe hari ini, refreshmentnya ya India dulu, baru Indonesia dan ASEAN kebagian.
        Xabre/Mslash jatah asean, India silakan ngiler.
        Nmax jatah Indonesia, yg lain silakan ngiler
        Tricity jatah Thailand, walau YIMM mampu produksi, ttp wae cuma boleh ngimpor dr Thailand.

        Back to R15, kalo sampe YIMM bisa bikin R15 versi lokal, ya mungkin India sama Thailand akan teriak2 ke Jepang.

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Jatah lah ya.. Bagi bagi.. Tp salut juga sama AHM bisa dpt lampu ijo development cbr.. Pdhl itu ranahnya Thailand

        Suka

    • yookee berkata:

      Mindset motorsport DOHC yg ada di fikiran biker Indo ya dimanfaatin sama YIMM aja skalian. Kalo mau motorsport ya beli CBR aja 32-33 juta. Kalo mau motor laki harian ya gak harus DOHC, single cam aja, ada tuh Xabre 29 jutaan.

      Jadi yg berkembang skrng lbh adil.
      Xabre SOHC 29 jutaan
      CBR DOHC 32 jutaan

      Gak ush BC-BCan lagi, harganya beda dan pasarnya beda.

      R15 gak ush lagi dibawa kesini. Gak cocok lah sama market sini.

      Suka

    • Fa74 berkata:

      Baru kepikiran jg r15 india punya.. trus yg kemaren katanya ditest di internal sirkuit apaan?

      Suka

  25. The Biker Stig berkata:

    cocok buat jalanan Jakarta. wkwkwkwk

    Suka

  26. anggiwirza berkata:

    Padahal kl mau test suspensinya tinggal ke kalimalang. Cocok tuh buat test suspensi, secara lg bangun jalan layang. 😓

    Suka

  27. dazz berkata:

    Johnhendry, kobayogas, warungasep lagi ribut di artikel test pramusim on iwb.. 😀 kelakuan para fb. 😀

    Tuh yg disono kw brapa on kobay..??? 😀

    Suka

  28. Jildhuz berkata:

    Upsedown sama banana arm mempengaruhi kenyamanan om

    Kudunya mt25 yg pake usd. Biar keren.

    herbal bebas kimia? pembodohan nyata

    Suka

  29. Ping balik: Test Ride Harian Yamaha Xabre 150, Di Jalan Raya Keluar Wataknya Aslinya! | KobaYogas.COM

  30. Ping balik: Video Suara Mesin Yamaha Xabre vs Honda New CB150R, Mana Yang Paling Cocok? | KobaYogas.COM

  31. Ping balik: Test Ride Yamaha New Soul GT125 BlueCore LED 2016.. Busa Joknya Lembut Tapi | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)