Test Drive BMW 528i E39 1998 – Mewah, Bongsor, Lincah dan Kencang!


BMW 528i E39 kobayogas

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Meskipun tipenya sudah uzur namun tipe dari merek yang satu ini selalu menarik untuk di bahas.. BMW 528i E39 1998..

Pada satu kesempatan tugas dari kantor ke luar kota, gak jauh cuma ke Bandung, KBY pergi bersama klien yang memiliki BMW 528i E39 buatan tahun 1998. Ini yang kedua kalinya, biasanya disupirin empunya, namun kali ini KBY berinisiatif mengemudikannya..

DESAIN

Salah satu BMW dengan desain terbaik selain seri 318i E36 M43 menurut KBY. Desainnya long last, evergreen dan forever! Meski sudah berusia 18 tahun namun lihat sendiri, betapa aura mewah dan gagahnya masih bersinar hingga saat ini. Mantap kan sosok BMW 528i E39 ini?

Diluar dugaan, dengan bodi bongsor yang lebar dan panjang seperti itu ternyata para desainer BMW sudah sangat sukses membuat pengemudi tidak merasa terintimidasi oleh size nya ketika berada di dalam kabin. BMW 528i E39 ini tetap terasa ringkas, hanya seperti membawa mobil dengan ukuran medium seperti Toyota Altis atau Honda Civic. Kalaupun ada yang terlihat besar adalah ukuran setirnya.

sayang setirnya menurut KBY kebesaran

sayang setirnya menurut KBY kebesaran

HANDLING KHAS BMW!

Sayangnya, velg standar berukuran 15″ sudah dilengserkan dan diganti dengan ukuran 20″ yang sayangnya lagi, bukan tipe yang ringan. Akibatnya jelas, tenaga BMW 528i E39 buatan tahun 1998 yang sebesar 193 HP tersebut terasa dikebiri terutama di akselerasi. Terasa berat dan menghilangkan sensasi 1G pada kepala.. What a pity..

sayang larinya agak berat akibat ban dan velg lebar

sayang larinya agak berat akibat ban dan velg lebar

Yang bisa dikatakan luar biasa adalah handlingnya, meskipun bobot setir sudah menjadi lebih berat akibat pengaplikasian velg masif ukuran 20″ namun untuk berzig-zag, nyalip tipis serta berbelok cepat, bodinya penurut, diam tidak oleng, kaki-kakinya pun mantap.. Pengaruh dari adanya ASC (Automatic Stability Control) jelas memberikan dampak nyata terhadap kestabilan BMW 528i E39 ini..

handlingnya cukup lincah lads.. stabil yang jelas

FITURNYA BERLIMPAH

Kita bicara mobil buatan tahun 1998 lads, tapi soal fitur jangan ditanya deh.. Banyak banget kontrol elektronik di dalamnya. Jok BMW 528i E39 bagian kiri dan kanan sudah elektris, hanya tanpa memori. Pengaturan setir sudah teleskopik dan tilt juga dengan elektronik.

Fitur keselamatan BMW 528i E39 terdiri dari 4 buah Air Bags, ABS dan EBD plus ASC. Sudah ada MID, termasuk real time dengan tipe analog. AC digital Auto dual climate control. Yang unik tahun segitu Audionya memang masih menggunakan tipe kaset, belum CD hehe..

Interior BMW 528i E39 1998 ini khas mobil mewah eropa, plastik lembut dimana mana, dashboard dihiasi kayu walnut yang mewah.. Ergonomi? Jangan tanya lah BMW mah, driver oriented banget! Duduk di belakang juga enjoy. Bantingan suspensi mantap.. meski rim nya sudah 20″ dan ceper ternyata suspensinya masih bisa dikatakan halus.

Dalam keadaan sehat wal afiat, BMW 528i E39 bisa ditebus dengan harga antara Rp. 80-90 jutaan.. Memang bicara value produk sang BMW 528i E39 1998 ini lebih baik dari sebuah LCGC terbaru sekalipun. Hanya seperti biasa, mobil tua, eropa pula, perawatannya tentu tak semurah mobil baru yang nyaris bebas biaya hingga 2-3 tahun..

BMW 528i E39 kobayogas 5

Spesifikasi BMW 528i E39

Brand BMW
Model 5er
Generation 5er (E39)
Engine 528i (193 Hp)Edit data of this car
Doors 4Edit data of this car
Power 193 hpEdit data of this car
Maximum speed 240 km/hEdit data of this car
Acceleration from standstill to 100 km/h 7.5 secEdit data of this car
Fuel tank volume 70 l
Volume of engine 2793 cm3 Edit data of this car
Max power in 5500 rpm.Edit data of this car
Torque 280/3500 NmEdit data of this car
Fuel System Multi-point injectionEdit data of this car
Valvetrain DOHCEdit data of this car
Position of cylinders InlineEdit data of this car
Number of cylinders 6Edit data of this car
Bore 84 mm.Edit data of this car
Stroke 84 mm.Edit data of this car
Compression ratio 10.2Edit data of this car
Number of valves per cylinder 4Edit data of this car
Fuel Type Petrol (Gasoline)Edit data of this car
Wheel Drive Rear wheel driveEdit data of this car
Number of Gears (manual transmission) 5Edit data of this car
Front suspension WishboneEdit data of this car
Rear suspension
Front brakes Ventilated discsEdit data of this car
Rear brakes DiscEdit data of this car
ABS yesEdit data of this car
Power steering Hydraulic SteeringEdit data of this car
Fuel consumption (economy) – urban 13.6 l/100 km.Edit data of this car
Fuel consumption (economy) – extra urban 7.2 l/100 km.Edit data of this car
Kerb Weight 1500 kg.Edit data of this car
Max. weight 2040 kg.Edit data of this car
Tire size 225/60 VR15WEdit data of this car
Wheel rims size R15

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di BMW, Test Drive dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

40 Balasan ke Test Drive BMW 528i E39 1998 – Mewah, Bongsor, Lincah dan Kencang!

  1. ardiantoyugo berkata:

    pengen due mobil…

    Subtitusi kabel kopling pas putus mendadak: http://wp.me/p1eQhG-1BP

    Suka

  2. Indomoto berkata:

    Beli atuh …

    Suka

  3. GandemLover berkata:

    motuba lawas yang berkelas memang bmw tapi kok ndak sabar ngurusnya dimana info beredar sparepart langka nan mahal ditambah buoross IMHO CMIIW

    http://gandem21.wordpress.com

    Suka

  4. rezaholic berkata:

    om yogas makin keliatan tua euy, wkwkwkwk

    Suka

  5. ardaisme berkata:

    Mang, kalo ada komunitasnya dan hidup dalam arti aktif terus, masa iya masih susah (dan mahal) perawatannya? soalnya bayanganku kalo ada komunitasnya ada aja yang paham buat ngakalin spare part biar lebih ekonomis tapi tetap josss 😀

    Suka

  6. dewa berkata:

    biar barunya dulu suspensi terlalu empuk dan kecepatan tinggi steer terlalu ringan ditambah bila ban standart kalo kecepatan tinggi diatas 120 terasa mengayun,roda terasa kurang lengket,ganti Velk dan Ban bikin lebih stabil.yg paling menyenangkan Transmisinya.tetap lebih enakan Mercy.mungkin jaman itu ATPM BMW memilih versi PaHe yg dibawah Mercy.kalo sekarang sudah berimbang.

    Suka

  7. pikolo berkata:

    Mobil boros tapi raos 😀

    Suka

  8. goozir berkata:

    service mumet tenan klo yang pas pasan duitnya

    sepeda motor listrik namanya kaok aneh Due R dan Due X, tapi jangan disepelekan bro.. >> goozir.com

    Suka

  9. COCODOT berkata:

    Cocok nih buat nyarter abg ke puncak

    Suka

  10. ali * 32 berkata:

    enakan yg 325i e46 apalagi yg udah facelift tahun 2004.. bodinya lebih enteng, tapi mesin gede.. 180 km/h doang di tol mah ga kerasa..

    #racun
    #borostapiraos
    #masukmallmasihdibukainpintu

    Suka

  11. jerryadipradian berkata:

    salah satu BMW yang paling ane demen, selain e46 sama e30 😀

    Suka

  12. sucahyoaji berkata:

    Bukannya ASC itu mengurangi liarnya pengendalian ? jadinya mestinya pengendalian jadi makin pasif bila ada ASC? Atau paling tidak ASC tidak membuat mobil makin lincah.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/03/07/oli-standar-yang-disediakan-bengkel-resmi-itu-bisa-kurang-bagus-untuk-mesin/

    Suka

  13. siapa bukan sih berkata:

    cmw emang disainnya oke meskipun mobil udah berumur

    Suka

  14. Ki Bromo berkata:

    M40 direview dong kang..catatan si boy

    Suka

  15. Archiee berkata:

    Itu di poto yg lagi nyetir mukanya tegang banget ..
    Kaya anak kecil nunggu panggilan sunat 😀

    Suka

  16. Justanotherbiker berkata:

    Mobil mantap inii
    Sayang velgnya kebesaran udah gitu model velg gx pas sama bentuk e39
    Harusnya 18″ bakal keliatan lebih pas
    Atau 19″ tp kasi tambahan add on bodykit biar gx terkesan cungkring…
    Pengen elegan tp sayang malah jd kaya ricer
    Yah tapi balik lagi ke selera pribadi masing2 aja XD

    Suka

  17. si.eta.tea berkata:

    velg nya ori apa kw tuch?

    Suka

  18. benmotor berkata:

    fc na boros teu mang hehe 6 silinder gitu hehe

    Suka

  19. ecky berkata:

    punya tmn 528i taun 97….matic tp untuk dapet 200km/jam nggak pake lama om….emang mantappp

    Suka

  20. Thom train berkata:

    om gk ada artikel test drive Range rover evoque ? first impresion,fitur,spek lengkap. autobild berat buka versi mobilenya om.

    Suka

  21. DOHC dah pasti kenceng bro

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s