Mengobati Penyakit Lawas Klotok-Klotok Di New CB150R dan Sonic 150R..


kiri newcb150r milik mas Lis

kiri newcb150r milik mas Lis

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Produk baru, penyakit lama.. Entah apa yang terjadi nih sama mesin K56A turunan dari K45A dahulu.. bunyi berisik mirip klotok klotok masih saja hadir..

Mesin K56A adalah kode mesin milik Honda Sonic dan juga Honda New CB150R, keduanya merupakan turunan dari mesin K45A milik Honda CB150SF dan New CBR150R K45G.. Seharusnya dengan terbarukannya mesin ini maka beberapa keluhan seharusnya sih suda dieliminasi dong oleh AHM. Tapi kok masih terjadi bunyi klotok klotok tersebut?

sonic 150

PENYEBAB BUNYI KLOTOK KLOTOK

Sebelum mengangkat isu ini, KBY mempelajari dulu penangkalnya atau cara mengatasi bunyi tersebut. Biar sekalian ngasih obatnya bagi pengunjung blog. Kebetulan New CB150R milik juragan roti bakar Mas Lis langganan Mang Rama Otoborn mengalami hal tersebut. Bunyi seperti klotok klotok pada mesin motornya..

Berjanji untuk memberikan update seputar permasalahan bunyi klotok pada New CB150R, akhirnya mang Rama pun selesai tugasnya, artikelnya sudah jadi tuh di www.otoborn.com. Jadi apa penyebab bunyi klotok pada mesin New CB150R yang juga dialami pada mesin Honda Sonic 150?

begini bentuknya Lift Tensioner

begini bentuknya Lift Tensioner

Lifter Assy Tensioner

LAT merupakan singkatan dari Lifter Assy Tensioner, ya menurut mekanik AHASS yang menangani keluhan motor mas Lis ini, itulah biang pangkal permasalahan bunyi klotok klotok pada mesin New CB150R dan Honda Sonic tersebut lads..

Nama lainnya di dunia perbengkelan yaitu stut keteng, tensioner rantai keteng, tonjokan keteng, kamvrat  dan sebutan lainnya. Yang pasti meskipun istilah berbeda, antara mekanik satu dengan lainnya paham kok komponen yang dimaksud. LAT ini sudah automatic adjuster dan lebih praktis dari model manual adjuster yang dapat distel sendiri sesuai kebutuhan ketika terdengar suara gemericik di area rantai keteng. – sumber Otoborn.com –

Secara singkat, LAT ini memiliki kekurangan pada kualitas pembuatannya yang membuat kinerjanya tidak lagi optimal yang membuat ketegangan/ kekerasan rantai keteng tidak terjaga seperti seharusnya, simpelnya, rantai keteng selalu kendur sehingga menimbulkan bunyi. Begitu kesimpulan yang KBY ambil. Tidak semua bermasalah namun dari sekian puluh ribu produksi LAT pasti ada yang kurang presisi.

posisi lift tensioner

posisi lift tensioner

Cara Mengatasi Keluhan Klotok Klotok

Selain mengganti LAT (tensioner lifter – Lift Assy Tensioner) ke bengkel AHASS terdekat selama masa garansi 3 tahun ada pula beberapa cara yang KBY sarikan dari blog ipan pertamax 7. Mangga dikenyot…

menutip pernyataan mekanik ahass yang tak mau di sebutkan namanya kepada otomotifnet menjelaskan

“Memang ada, itu berasal dari tensioner lifter keteng,”

Kalau stok tensioner lifter kosong, maka mesti inden dulu 14 hari kerja. Kalau ready paling 30 menit selesai,” 

masih dari otomotifnet pak Wedijanto Widarso, GM Technical Service Division PT Astra Honda Motor menganggapi hal tersebut

“Bisa dibawa ke AHASS terdekat biar dianalisa penyebab part bermasalahnya,

“Kan ada garansi 3 tahun, selama rutin servis di AHASS pasti dicover garansi dan gratis,”

Selain diganti tensioner keteng ini juga bisa perbaiki (teringat tensioner honda GLpro series megapro tiger kalau lemas di gulung ulang) seperti pejelasan om Agustinus P. dari bengkel Nero Speeddi Jl. Jatisari, Purwokerto.

“Dibongkar saja dan plat penegang di dalamnya dipotong sedikit, lalu digulung ulang agar dorongannya lebih kuat,”

Nah, semoga bermanfaat lads.. Semoga Honda juga memperhatikan hal hal detail seperti ini, bukan begitu lads?

seperti ini per/ pita tensioner, di potong sedikit agar lebih keras/ kencang

seperti ini per/ pita tensioner, di potong sedikit agar lebih keras/ kencang

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

116 Balasan ke Mengobati Penyakit Lawas Klotok-Klotok Di New CB150R dan Sonic 150R..

  1. Ki Bromo berkata:

    Copot radiator biar mkin kencang mesinnya.

    Suka

  2. ardiantoyugo berkata:

    Gawan bayi..

    Honda CBR Repsol yang terlalu mainstream: http://wp.me/p1eQhG-1Cy

    Suka

  3. Xclub berkata:

    Bahaha udah suara gearsetnya kemrosak kalau gak rajin dirawat, mesinnya juga rawan klotok-klotok tek tek tek. AHM makin suram aja nih bikin motornya jadi kaya ngasal aja gak sepenuh hati, yg penting cuma jualan jualan dan jualan aja. Kalau gini terus yakin konsumen setianya bakal berpaling ke merk lain kaya mang kobay contohnya #eh

    Suka

  4. Sontoloyo berkata:

    Vendornya mah tinggal buat sesuai spek dari AHM … Mintanya murah ya dibuatin yg murah lah …
    Motor baru selesai inreyen, tak lama berselang musti berkunjung ke klinik ahass..

    Suka

  5. ardiologi berkata:

    jadi mirip penyakitnya Satria F karbu :v

    Suka

  6. beno berkata:

    motorr kejarr tayang.. motor bru kok mesinnya penyakitan, bisa sihh claim ke ahass.. tp ya bkin repot konsumen donk.. wong konsumen jg punya ksibukan sendiri.. BISA GK SIHH AHM BKIN MOTOR YG BERKWALITASS.. supra 125 di rumh ajh masih sehat mesin adem hmpir tanpa suara.. knp makin ke sini makin ancurr ya motor honda..

    Suka

  7. dewa berkata:

    kalo yg punya Motor tidak ada yg melayangkan Somasi berarti pemilik Motor ndak mempermasalahkan karena dapat pelayanan yg baik.kalo seperti kasus NMax yg sampai diSomasi dan kasus mesin Vixion yg cyl blok/piston set dipermasalahkan pemilik,berarti pemilik KECEWA.

    Suka

  8. dewa berkata:

    kasus LAT tidak parah,suara akan kasar tapi Motor masih bisa jalan,dan rantai tidak akan lompat sehingga mesin rusak,otomatis kebengkel kecuali rantai yg Cacat.diakali dan diganti LATnya(gratis) BERES!!!kalo Cyl Blok/Piston set kwalitas jelek harus turun mesin diganti(mahal) beli sendiri.Ngoahahaha.

    Suka

  9. beno berkata:

    motor bosokkkk, motor baru kok penyakitan ..

    Suka

  10. yudy berkata:

    Jadi ingat waktu tahun 2013 dulu mau beli CB150 salesnya malah suruh ambil new megapro aja gara2 waktu itu ada yg ambil CB150 baru 2 bulan udah masuk ke bengkel..pas ditanya kenapa si sales jawab, suara CB150 nya jadi kayak mesin jahit mas,.gara2 itu ya jadi ambil New Vixion ane jadinya..

    Suka

  11. Praja berkata:

    Sebenarnya hal ini tidak besar apabila konsumen merasakan keluhan tidak wajar pada sepeda motornya langsung ke beres bukan koar2 di medsos. apalagi dibumbui “bc-bc” yang makin bikin panas. Mesin jenis k56 merupakan mesin terbaru yg mungkin belum 100% siap dipasarkan. Sebaiknya Honda lebih tanggap dan waspada efek kedepannya.

    Suka

    • jrda berkata:

      komentar ala sales.
      kalo masih komplain tapi tetep gak ada tanggapan juga masih diem aja?
      yg gak boleh koar2 di medsos cuma berlaku buat motor honda ya?

      Suka

      • Praja berkata:

        Sebenarnya saya bukan sales mas.Saya hanya menyampaikan pendapat, Konsumen cerdas harusnya ke beres, Kalo belum ditanggapi kan baru koar2. Hak konsumen mesti dan harus diperjuangkan, cuma jadilah konsumen yang cerdas. Herannya menyarankan yang baik kok dibilang sales, ANDA SAKIT…!!!!!

        Suka

    • bdt berkata:

      karn ayg jadi objek motor honda, kalu motor suzuki, yach ngak rame lah, dianggap biasa saja

      Suka

  12. Mase berkata:

    Mau beli sonic jd mikir mang

    Suka

  13. who i am?? berkata:

    simple aja…klo mau yg bagus made in jepang asli…klo merknya jepang….dan juga yg lainnya….wkakkaaboerr
    daripada ngeluh kok gini kok gitu…mending kumpulin duit belii yang bagusan…hehe

    Suka

  14. tiyawann berkata:

    Juozz klotokz-klotokz

    Suka

  15. yookee berkata:

    Ownernya lbh berisik dr pd motornya ini mah. Hehehe.. Mesinnya RR Mono juga berisiknya minta ampun, tapi ownernya ngga sebawel owner NCB. Wkwkwkwk..
    Ada beberapa mesin yg memang karakternya berisik spt itu. Makanya jangan emosi kalo mau beli motor generasi baru. Liat dulu progress jualannya, pahami karakteristik asli bawaannya. Pilihlah dengan bijak dan ketika sudah beli ya adaptasilah dengan segala kekurangan dan kelebihan motor pilihannya. Nyari kesempurnaan gak ada habisnya mas bro. Jangan fikir moge ratusan juta itu less trouble. Wkwkwkwk.

    Suka

  16. numpang_lewat berkata:

    om…mnt info
    tv lokal ada yg nyiarin formula 1 gak nih..???
    mau liat rio berlaga besok minggu

    Suka

  17. HondaBoy berkata:

    MS sudah dominan dari tipe matic & cub.. sekarang ceritanya mau ekspansi ke tipe sport, tapi ya seperti komen2 yg diatas itulah.. “KEJAR TAYANG” sehingga berdampak kepada kualitas, baik itu mesin, detail finishing, material dsb…
    Jaman ay kuliah dulu naek gl-pro neotech 1600 dipake tempur & gak dirawat, mesin alus2 aja, skr hari2 pake motor bapak2 “NMP” juga baek2 aja.. entah kenapa semenjak keluar old cb150 kualitas dari honda utk tipe tertentu menjadi turun..
    IMHO

    Suka

  18. dewa berkata:

    AHM bukan Pabrik ecek2 dan Honda bukan Brand murahan.Pemilik Motor tunggu tanggal mainnya,ndak lama lagi.yg kaga punya Motornya jangan Berisik melebihi suara mesin sembahan lo yg katanya memang ciri dari sononya.Ngoahahaha.

    Suka

    • vario125 berkata:

      wuihhhhh berarti yang udah punya saat ini beneran jadi ‘bahan percobaan’ dong wkwkkwkwwk. yang tabah ya bagi yang udah punya dan punya pengalaman seperti judul

      Suka

  19. B lmp berkata:

    21. AHM bukan Pabrik ecek2 dan Honda bukan Brand murahan.Pemilik Motor tunggu tanggal mainnya,ndak lama lagi.yg kaga punya Motornya jangan Berisik melebihi suara mesin sembahan lo yg katanya memang ciri dari sononya.Ngoahahaha. Suka Bydewaon 18/03/2016 pada 08:46

    ================

    Bukan pabrik ecek” dan brand murahan tpi kualitas kek mocin engine blm 1thn dah banyak keluhan..
    Kualitas matrial kek mocin

    Suka

  20. Dhna berkata:

    Wow… bang kobay.
    Artikelnya bikin marah ahm.

    Trnyta bener motor ahm suka klotok2.
    Ogah beli…. honda.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Kok marah? Kenapa harus marah?

      Suka

      • anonymous rider berkata:

        Iya, ga akan marah kok.. Yang suka marah cuma FB grup sebelahnya itu.. Yg kalo baca artikel maunya denger kalimat yg halus2 doang

        Suka

      • Praja berkata:

        Kang Kobay juga tau Fans Boy manayang mudah marah dan tersinggung kalo produk pabrikannya cacat hahaha? itu tuh yang paling sempurna dan anti cacat. Heran ada golongan kaya gituh

        Suka

  21. Pam berkata:

    Dri gl 200 sampe cb series,mslahnya itu2 aja..tensioner…hrgnya jg lmyan tp kualitasny krg..

    Suka

  22. apriga berkata:

    produk gagal ini udah dikasih tw temenku yg petani jangan beli cb atau cbr, kalau matic sih ok. hajar terus mas produk2 gagal biar gak ada yg kena tipu

    Suka

  23. *D* berkata:

    Bang Kobay …. ada yang bilang suara tek tek di di rantai keteng itu cuma ganggu berisiknya aja, tapi nggak ngaruh ke performa … apakah betul begitu ? … lalu apa akibat jangka panjangnya bila tidak segera ditangani, pengaruh ke mesin enggak ?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      menurut saya yang awam dari sisi teknis, namanya rantai kendur pasti berpengaruh ke performa, kurang lebih mirip dengan rantai ban yang kendur kan bikin performa kurang mantap/ tidak normal.

      Suka

      • Arief Sujatmiko berkata:

        pengalaman saya harian sudah 30.000 km lebih menggunakan cbr150r fi thailand biasanya kalau habis digeber memang muncul suara kayak klotok-klotk gitu tapi halus seperti timing klep kurang presisi mungkin karena rantai kamprat memuai, mungkin efek DOHC jadi timingnya seperti melar gitu om dan katanya motor yg bunyi klotok-klotok malah performanya lebih bagus dulu di zaman cb150r…

        tapi memang saat baru cbr150r fi saya mengalami klotok-klotok yg benar-benar cacat produksi dan kalau pas berhenti di lampu merah atau pom bensin sampe malu sendiri karena terasa cukup keras, klaim agak sulit sampai lewat email customercare ahm langsung direspon dan diganti baru camshaft dan bbrp part secara gratis dan sampai sekarang normal, kalau habis digeber bunyi klotok-klotok halus tapi kalo ga benar-benar sepi ga kedengeran..

        kalau yg klotok-klotok baru ini apakah kerasnya sampe kedengeran pas antri bensin atau lampu merah ya om?

        Disukai oleh 1 orang

      • Kobayogas berkata:

        Soal bunyi kadang tiap org punya standar sendiri sih mang… Itu yg sulit

        Suka

  24. H3ndR1 berkata:

    Btw ad efek ke performa gak mank kobay? Ane typical orang yg simple g mo ribet jd ada suara bgitu biarin aj. Toh dibw riding msh enak2 aja. Memang agak malu jg klo lg brenti di lamer ato kemacetan?! -_-

    Suka

  25. dewa berkata:

    bagi pemilik Motor bermesin K56A yg Bunyi kasar dibawa kebengkel.kalo mau mengakali dgn mengulung ulang memotong Plat Pegas ndak masalah,yg perlu diProtes kalo Klaim pelayanan diminta BAYAR.mohon dibagikan kalo ada Beres resmi yg tidak bagus pelayanannya dan minta bayar ongkos ganti LAT.yg tidak punya Motornya,urus Motor lo sendiri.Ngoahahaha.

    Suka

  26. aganwidodo berkata:

    Kirain petinggi hondiah mau ngomong: wajar, semua motor kalo digeber akan bunyi klotok-klotok.

    Soalnya dulu ada petinggi yamhayam yg ngomong: ngebul itu wajar, semua motor kalo digeber 8000rpm akan ngebul dan haus oli.
    🙂

    Suka

  27. Nova Sonic Rider berkata:

    rame dah kalo artikel ginian

    Suka

  28. otoborn.com berkata:

    Mantaaf… trims yak
    Eh btw ncb mas Lis belum selesai kang, masih inden part. Gw cuma share letak sama apa aja kerjaaan LAT aja di artikel itu…
    http://otoborn.com/2016/03/17/fungsi-dan-letak-lat-atau-lifter-assy-tensioner-pada-mesin-motor/

    Suka

  29. GHOST berkata:

    udah ai bilang ampe berbusa

    liat forum user/ grup fb vixion n CB150R mana yg lebih banyak keluhan

    cuma di kolom komen yg teriak2 vixi ngebul,

    nyatanya di nva udah ada perbaikan

    cebong ? masih sama aja

    :v

    Suka

    • Arief Sujatmiko berkata:

      ga ada yg teriak om selain di komen, cuma banyak blogger yg owner langsung bikin artikel dan setelah motornya diotak-atik karena ngebul dan muncul fitur tap oli otomatis dijual terus ganti matik.. 😀

      Suka

  30. rico berkata:

    Klo NCB masalah clear mudah tanpa keluar kocek….klo new pigson ngebul gampang tinggal ganti blok set old pigson masalah clear+garansi angus wkwkwkwk,,,

    Suka

  31. Archiee berkata:

    Kalo engibe brake bunyi kretek ..pertama ngeri ..kayak rante mau putus ..
    Lama2 bodi amat

    Suka

  32. syahron berkata:

    Kalo di supra x 125 saya ulir nya diganti dg bautt yg panjang shg gaa pake ulir itu lagi. Mesin halus lagi…

    Suka

  33. jildhuz berkata:

    Cada paling praktis sih jual cbnha buat dp cb500. Wkwkwkwkw

    http://jildhuz.com/2016/02/21/testimonial-bukanlah-bukti-khasiat-produk/

    Suka

  34. sucahyoaji berkata:

    mungkin sudah bakat begitu. yang dulu diperbaiki, keluar lagi dari bagian lain. Kalau perbaikannya efeknya bisa awet ya bagus.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/03/15/sekarang-jaman-susah-karena-terpaksa-memilih-motor-dari-kelemahannya-bukan-dari-kelebihannya/

    Suka

  35. yasin berkata:

    Blog e sampean gek koyok blog e kang iwan kang seng komen g onok seng mbangun, komene samapah kabeh… 😦

    Suka

  36. komentok berkata:

    Makanya ahasnya rame,… barang baru wajib klotok2….. kemudian masuk ahas.

    memang dibuat gini,.. biar serpis apter selesnya bisa hidup….

    Suka

  37. komentok berkata:

    makanya ahasnya rame….. barang baru wajib klotok2…kemudian masuk ahas

    ini cara untuk menghidupkan…bengkel2nya

    Suka

    • Arief Sujatmiko berkata:

      selama masih garansi kalo ada kerusakan gratis om, jadi ahass ga diuntungkan, mungkin terbiasa kalo motor ke bengkel meski masih garansi bongkar mesin harus bayar… 😀

      Suka

  38. Bhendjol berkata:

    Jiahahahahahahahahahahahahahahaha

    Ono motor sprot klotok2!!!!

    Suka

  39. werkudoro berkata:

    Menurutku. Dari sekian banyak model LAT ini yg paling bagus sistemnya dan canggih adalah miliknya kawasaki kaze. Enggak pernah bermasalah dan sangat presisi

    Suka

  40. Fbhy berkata:

    Kok Jadi ragu beli cbr 250rr nanti
    😦

    Suka

  41. pik berkata:

    seharusnya ada update nih untuk produk ini dari ahm klo alergi ama yg namanya recall. karena bagaimanapun juga kepuasan konsumen harus benar-benar diperhatikan klo gak mau pindah ke kompetitor.

    Suka

  42. bang aril berkata:

    klotok2 itu itu kelebihan hodah yg di banga2in fbhomo yg terinpirasi dari traktor jg di hilangin , apalagi kalau di tambah fitur ngebulnya yamaho yg terinspirasi dari ninjah rr, kalau di kolaborasikan akan tercipta motor kentchang yg bisa gasruk tanah…

    Suka

  43. bang aril berkata:

    klotok2 itu itu kelebihan hodah yg di banga2in fbhomo yg terinpirasi dari traktor jg di hilangin , apalagi kalau di tambah fitur ngebulnya yamaho yg terinspirasi dari tinjah rr, kalau di kolaborasikan akan tercipta motor kentchang yg bisa gasruk tanah…

    Suka

  44. jerryadipradian berkata:

    Ini penyakit udah ada dari jaman ane pake cbr karbu kayaknya.

    Suka

  45. Evan berkata:

    kyaknya udah jd Ciri Khas AHM skarang, The Klothok Engine all series,wkwkwk , AHM downgrade dmna2, g kyak yg dlu ( H star punya kk’ gw aj msh bgs,suara jg g klothok2),klo gene jd tambah ilfil aj gw,nmanya jg ngejar kuantitas,bukan kualitas

    Suka

  46. SiR berkata:

    kalo klotok yg dulu kan karena holder camshaft yg gak presisi kang. yg skrg karena stelan kamprat?

    Suka

  47. petirabang berkata:

    Kalo motorku bukan klotok2 mang, tapi kletek2 di knalpot, kalo habis di pake ada suara tek tek tek…. kenapa hayoo…..

    Suka

  48. putra berkata:

    Mungkin LATnya ncb/sonic bukan pakai yg kode kpp(thailand) kya ocb & cbrk45, secara kualitas jga beda… Bisa jga sekalian riset mesin agar allnewcbr minim keluhan krn nama besar cbr dipertaruhkan disini hahaha

    Suka

  49. Ibnu berkata:

    Handa cek balance sebelum rilis kurang mantap, apa karena kejar target?????

    Suka

  50. Age Tampan berkata:

    motor sekarang dah kaya hape tiap bulan keluar, mending pake motor lawas, lebih bandel, klo jaman sekarang konsumen dijadiin barang percobaan, kesiaaaaaaan

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s