First Ride Piaggio MP3 Yourban 300ie – Sensasi Berbelok Dengan Tiga Roda


Piaggio MP3 kobayogas 2

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Ketemu lagi dengan artikel test ride nih lads.. Kali ini yang akan KBY bahas adalah Piaggio MP3 Yourban..

DESAIN

Piaggio MP3 Yourban 300ie merupakan model terbaru dari klan Piaggio MP3, modelnya sekilas terlihat lebih langsing dibandingkan model lawas yang pernah KBY temui dulu. Padahal secara dimensi MP3 Yourban tetap besar loh meski tak sebesar dahulu..

baca: First Impression Piaggio MP3 250ie

Setang yang dulu terpisah kini menyatu dengan headlamp di Piaggio MP3 Yourban, artinya dia akan bergerak mengikuti kemana setang bergerak. Kisi kisi/ air flow yang dulu terletak di bawah kini sudah pindah ke atas. Windshieldnya termasuk berukuran mini dibanding Piaggio MP3 tipe lawas.

dulu terlihat lebar dan chubby

dulu terlihat lebar dan chubby

Beralih ke bagian buritan, kesan eklusif dan lux justru lebih terlihat di model Piaggio MP3 Yourban 300ie terbaru ini, meskipun kesan bongsor dan lebar jadi tersaru akibat bentuk stop lamp yang kini lancip dan menyudut menyiratkan desain eropa yang kental

Piaggio MP3 kobayogas 6Bicara kualitas material, Piaggio MP3 Yourban 300ie ini memiliki kualitas cat dan material plastik yang masuk kategori sangat baik.

ERGONOMI

Tubuh dengan tinggi kurang dari 170 bisa mabok kalau niat mau menurunkan kedua kaki ketika berhenti 😀 Tinggi joknya MP3 Yourban ini mungkin hanya 780 mm, tapi joknya yang lebar memaksa kedua paha terbuka lebar ketika kaki diturunkan.

Meskipun ketika diam si Piaggio MP3 Yourban ini stabil tapi tetap saja berat lads. Jok serta suspensi yang tinggi memang membuat jinjit balet bagi rider mungil. Itu mengapa suspensi paralleogram khas MP3 yang dapat dikunci sangat berguna ketika harus berhenti lama.

Cukup geser ke kiri tuas berlogo suspensi di setang bagian kanan, maka serta merta sang suspensi berubah menjadi kaku dan diam alias terkunci gerakannya. Alhasil kaki bisa naik ke atas dek tanpa harus kuatir si Piaggio MP3 Yourban 300ie ini ambruk hehehe..

geser tuas ke kiri untuk aktifkan suspension lock

geser tuas ke kiri untuk aktifkan suspension lock

Duduk di atas joknya Piaggio MP3 Yourban yang lebar dan empuk ternyata sangat nyaman, posisi berkendaranya rileks meski sedikit lebih sporty dari model lama.

PERFORMA

Mesin Piaggio MP3 Yourban 300 cc ternyata sangat responsif, throttle harus dibuka perlahan/gradual agar tidak terlalu terasa menyentak. Di atas aspal berpasir pada lokasi Parjo 2016 lalu ban belakangnya mudah spin ketika gas coba dihentak sekaligus..

Torsi besar memang diperlukan terutama untuk bergerak di kemacetan maupun jalan padat, jika harus memutar gas lebih banyak untuk membuat Piaggio MP3 Yourban ini bergerak ya selain membuat pegal rider, bahan bakar pun pasti lebih boros jadinya..

Area test yang kecil dan sempit tentu membuat KBY tidak dapat berbicara banyak di sektor performa, yang jelas mesin responsif, torsi terasa besar dan performa rem depannya sangat baik.

HANDLING

Nah ini yang membuat KBY mendahulukan artikel first ride Piaggio MP3 Yourban 300ie dibandingkan Piaggio Beverly 250ie hehehe.. Pasti pada penasaran kan bagaimana rasanya berbelok dengan roda berjumlah dua di depan?

Ketika melaju, MP3 Yourban ini terasa normal, namun ketika berbelok barulah terasa unik! Ban berjumlah dua buah di depan sebenarnya manut aja ketika berbelok, hanya karena belum terbiasa, si motor seakan akan mau ambruk lads.. Radius putar yang cukup besar juga membuat skutik 3 roda ini kurang gesit ketika mencoba melintasi kun yang tersedia di area test ride.

Sayangnya, karena area test ride terbatas, gaya menikung miring dengan cepat agak sulit di lakukan..padahal kepingin tahu kinerja suspensinya. Suspensi yang ada pada ketiga roda MP3 Yourban 300ie ini bantingannya ternyata terasa nyaman, pas, malah dapat dikatakan lembut lads..

nikungnya unik

nikungnya unik

FITUR

Bicara fitur, ternyata MP3 Yourban tidak terlalu mengesankan, selain fitur standar kelas big skutik seperti bagasi besar yang memuat dua helmet dan keunikan suspensinya, fitur speedometernya bahkan masih kalah oleh Honda New PCX.

Tidak ada konsumsi bbm tertera di sana, hanya trip A dan B, volt meter. Mungkin info tegangan accu dirasa lebih penting daripada konsumsi BBM ya? Tapi fitur lain seperti pass beam, lampu hazard, engine cut off tetap dipertahankan oleh Piaggio MP3 ini.

speedometer Piaggio MP3 Yourban

THE VERDICT

Bagi bikers yang duitnya berlebih atau memang sudah nabung dan niat kepingin punya motor unik, Piaggio MP3 Yourban 300ie seharga Rp. 210 juta ini pantas dilirik, paling tidak sebelum naik kelas ke can am spyder yang sama sama memiliki 3 roda hehehe..

Spesifikasi Piaggio MP3 Yourban 300ie

Tenaga: 16,6 kw/7,500
Torsi    : 24 Nm/6000
Kapasitas mesin: 278 cc
Tipe Mesin: Quasar 1 silinder 4 langkah 4 katup, pendingin air
Tinggi Seat: 780mm
Kapasitas bbm: 11,5 Liter
Ban depan: 110/70/13 – tubeless
Ban Belakang: 140/70/14 – tubeless
Berat isi: 231 kg

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Piaggio, Test Ride dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

22 Balasan ke First Ride Piaggio MP3 Yourban 300ie – Sensasi Berbelok Dengan Tiga Roda

  1. kampret heroes berkata:

    Lho pertakol….keren mang…

    Suka

  2. Fahri berkata:

    Voltmeter penting bgt lads biar ga ada cerita mogok terus dorong motor gegara aki soak.

    Ga ada info konsumsi bbm? Ini motor 200jt lads, tinggal liat fuelmeter, sisa seperempat langsung cus pom bensin, jgn kaya org susah 😀

    Suka

  3. kagak asik neeh motor. aneh beloknya. mendingan bervely dah. wkwkwkwkw….

    Suka

  4. yu erni darling berkata:

    Sya juga pake roda 3.. bahkan di pakai buat ngarit di sawah, buat bawa belanjaan, buat kirim” galon.. hahaha..
    *maksudnya tossa

    Suka

  5. zeze berkata:

    Bagi fby akut nih motor pasti copyan yamaha tricity, pokoknya selain merk yamaha adalah follower dan tukang jiplak. Ngah ngah ngah ngah

    Suka

  6. subaru berkata:

    Bagusan yang lama ah, lebih keliatan berkelas depannya

    Suka

  7. ariefsupriyadi90 berkata:

    Gk ada bagus bagus nya

    Suka

  8. ariefsupriyadi90 berkata:

    Yang bikin terinpirasi sama becak . .. Kadang inspirasi datang dari mana aja

    Suka

  9. sucahyoaji berkata:

    motor begini kaki nggak nyampai tanah nggak masalah. tapi nggak enak juga kalau sudah kebiasaan berhenti menurunkan kaki.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/03/19/penjelasan-kode-busi-untuk-bosch-denso-dan-ngk-beserta-tabel-konversi-bila-ganti-merek/

    Suka

  10. Archiee berkata:

    Kalo lagi nikung kepencet tmbol kuncinya apa akibatnya ?

    Waktu itu liat orang modif honda beat roda 3..suspensi depannya mirip2 kayak gini ..
    Sayang ane mau poto susah ..

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s