Engine Check Yamaha NMax Berkedip Dengan Kode 19, Jangan Didiamkan!


windshield yamaha Nmax baru 4

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Di era injeksi salah satu kemudahannya adalah adanya kode kedipan pada icon engine check..

Tapi itu dulu, sekarang malah lebih canggih lagi lads, tak hanya indicator engine check menyala dan berkedip, namun kode berupa angka pun ikutan muncul. Tujuannya apa? Tentu mempermudah para mekanik/ teknisi mengetahui error maupun kerusakan yang terjadi.. Dengan angka yang muncul, mekanik akan langsung tahu pangkal persoalannya.

Dulu agak sulit, karena indicator check engine akan berkedip sekian banyak, dan mekanik harus melototin berapa kali itu si icon kedip kedip hehehe.. Sekarang tidak lagi lads, sudah lebih mudah.. Nah ini ada salah satu contoh masalah yang terjadi pada mesin atau kelistrikan Yamaha NMax yang dialami oleh Mang Ero yang sharing via email..

Salam kenal om Kobay,

perkenalkan saya Ero saya pembaca setia kobayogas.com dari awal blog, dan sesama pengguna nmax saya ingin tanya. pernah tdk nmaxnya tidak bisa di starter ? (kalau di starter hanya cetek2 saja dan aki normal).

lalu apa pernah nmaxnya mati mendadak ? gejalanya kalau kecepatan kencang lalu tutup gas mesin mati dengan indikator FI berkedip cepat, setelah 3-4x kemudian baru benar2 mati dengan indikator FI terus menyala dengan kode 19.

setelah 2 menit kemudian indikator mati dan motor bisa dinyalakan. kira2 kalau dibawa kebengkel bisa utk di cek dan claim tidak ya ? motor saya masih full standar

terimakasih om Kobay

check engine Yamaha NMax menyala dengan kode 19

Ini adalah kedua kalinya secara langsung KBY mengetahui kalau ada trouble pada mesin (atau kelistrikan) dari Yamaha NMax.. Yang pertama ada pada artikel Yamaha NMax bermasalah dan kena somasi. Disitu sang pemilik juga mengeluhkan sering matinya mesin Yamaha NMax yang dialami oleh beberapa pemilik NMax.. Lalu apa solusinya?

Jawaban KBY kepada om Ero adalah sbb:

halo om ero, belum pernah, NMax saya normal normal saja. Segera bawa ke bengkel resmi Yamaha terdekat, mereka pasti sudah paham dengan kode indikator engine check tersebut dan seharusnya sudah tau apa yang harus dilakukan. Jangan dibiarkan berlarut larut ya…

Singkat dan padat, karena KBY bukanlah mekanik, jadi saran terbaik sebagai sesama pemilik Yamaha NMax adalah segera bawa ke bengkel resmi Yamaha terdekat (iyalah masa bengkel merek sebelah) sukur sukur bengkel yang besar dengan asumsi peralatannya pasti lebih lengkap.. Para teknisi Yamaha tentu sudah diberikan tutorial akan trouble pada mesin mesin Yamaha.. So no worries..

Sebagai tambahan dari om Jack:
– Kode 19 berhubungan dengan switch standar samping
– Kode 46 berhubungan dengan kelistrikan suplai ke injeksi (bisa accu dlsb)

Buat om Ero, kalau sudah teratasi boleh disharing kembali ya hasilnya.. Biar para pemilik Yamaha NMax termasuk KBY jadi tahu jika suatu saat mengalamai hal yang sama, yaitu engine check berkedip dengan kode error 19.. Ya mudah mudahan sih kagak lahhh..

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Sharing, Yamaha dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

62 Balasan ke Engine Check Yamaha NMax Berkedip Dengan Kode 19, Jangan Didiamkan!

  1. ardiantoyugo berkata:

    Salam…

    Gelar ke 10 Rossi dan apesnya Dovi: http://wp.me/p1eQhG-1DF

    Suka

  2. ardiantoyugo berkata:

    Dadi angka keramat nmax…

    Suka

  3. Younose berkata:

    Pengalaman share nmax sy ngadat, mutung susah di stater, padahal aki normal, di charge juga ok, setelah di bongkar, arang brostel (bener gak ya namanya) nya dinamo stater abis. Padahal km nya masih 6000 lbh dikit. Akhirnya ganti arang punya mio j (klo gak salah). Dan sekarang udah cek jreng langsung.
    Gejalanya saat tekan tombol stater, ada jeda untuk motor stater start, sampai akhirnya ga bs jalan sama sekali dinamo stater nya, yg bunyi cuma relay aja click click…
    Berhubung cm bisa servis hr minggu, ngga oakai klaim garansi dah, yg penting lanjut bisa jalan lg.
    Semoga membantu

    Suka

  4. permen berkata:

    perasaan sering bgt dah kasus nmax mati mesin mendadak atau gamau hidup. tanya kenapa ?
    bahkan dulu pernah saya baca dimedia online ada loh didaerah mana gtu saya lupa. perkumpulan nmax menggugat yamaha indonesia karena nmax beberapa anggotanya sering mati mesin. tapi entahlah gimana kelanjutan berita tersebut.

    Suka

  5. irsyad berkata:

    KLEP nya bermasalah

    Suka

  6. denmaz berkata:

    Penyakit turunan dari era 2tak-nya yamaha.. kalo panas mati mendadak.
    solusinya minggir dibawah pohon 15 menit sambil beli es… biar adem ekekekeke… :mrgreen:
    piiisss om..

    Suka

  7. Rizal Iman F berkata:

    OOT

    Dlu pas awal peluncuran NMax ada satu blogger yg bahas NMax punya takometer,ehh ternyata enggak

    Suka

  8. eko354 berkata:

    @denmaz: Mesin 2-tak zaman dulu memang sering “ceket” (jam kalo mesin panas). Zaman tahun 76-an dulu, punya temen2 Yamaha L-2G dan Suzuki A-100 pernah “ceket”. Kalo motor 2-tak saya Yamaha Trail DT-100B tahun 76, belum pernah ceket tapi pernah pistonnya bolong.

    Suka

  9. cbsf lemot berkata:

    itu kode error ko 46….rossi dong yg trouble…wkwkwkwk

    Suka

  10. oke berkata:

    klo pcx gimn om??
    apakah penah ngalamin???

    apa beda???

    Suka

  11. Nova Sonic Rider berkata:

    emangnya di buku manual ga ada penjelasannya bang?

    Suka

  12. cadoxs berkata:

    Mulai bermunculan

    Suka

  13. goozir berkata:

    jawaban yang lugas padat dan berisi ….
    joss… itulah seharusnya… bawa ke beres aja…

    http://goozir.com/2016/04/kerjasama-ktm-dan-bajaj-garap-pasar-indonesia.html

    Suka

  14. joni_hack berkata:

    kmrin di grup fb nmax ada yg muncul kode eror 46 kirain… motor spesial edition muncul kode VR 46.. kekekkk ternyata kode eror 46 tuh ada masalah sma tegangan yg menyuplai ke sistem FI, dan setelah di cek ternyata akinya soak..,,,

    Suka

  15. joni_hack berkata:

    klo kode error 19 coba cek switch standart samping…

    Suka

  16. Archiee berkata:

    Itu cepet dipasangin mang ..
    Lumayan 2 angka di belakang ..kalo nembus kan lumayan ..
    Udh diberi petunjuk tuh sama motornya 😀

    Suka

  17. Dion berkata:

    19 – error on the incoming signal from the ECU (short circuit or disconnected sensor side footboard) – – self diagnosed line D: 20;

    kemungkinan sensor side footboard. kotor switch standard samping.

    Suka

  18. Mase berkata:

    Buruan ke AHASS

    Suka

  19. kodok berkata:

    Kalau ga salah sepertinya tidak bisa diklaim ke beres karena yang dijamin adalah kualitas material bodynya (plastik) Dan finishing pengecatannya saja. Mengingat mesin disini fungsinya sebagai pelengkap (asesoris) saja. Namun tidak ada salahnya dibawa ke beres terdekat, siapa tahu ada kebijakan.

    Suka

  20. bdt berkata:

    khan fby maunya bajungya kinclong, mesin yach ngak bisa sma lah, emang mau harga brp?

    Suka

  21. ali * 32 berkata:

    harap dibaca sampe abis mang kobay…

    ane juga pake nmax dan pernah punya masalah sama, lagi jalan tau2 mesin mati dan engine check 19 trus gak bisa distarter. terpaksa dorong ke bengkel, untung gak jauh2 amat.

    singkatnya setelah masuk bengkel mekaniknya bilang “switch standar samping bermasalah” kalo mau gaNti harganya 95 ribu. nah sambil nunggu mekanik ambil barang ane penasaran, konektor switch standar samping (warna biru) ane colokin lagi.

    ladalah, pas dikontak engine check 19 udh hilang dan motor bisa distarter biasa. ane lgsg bilang ke mekanik udh ga usah ganti, mgkn tadi konektornya lepas. trus ane pulang ke rumah tanpa masalah.

    besoknya ada masalah serupa, lagi jalan mesin tau2 mati. tapi masih bisa distart lagi. cirinya setiap kena guncangan atau jalan lubang. disitu ane mikir kayanya konektornya yg gak beres (bad connection) kaya kabel antara nempel atau nggak.

    singkatnya karena konektor itu bad contact jd ngebaca seolah2 standar samping turun (yang berarti bikin mesin mati) padahal standar samping masih naik..

    solusinya…

    jumper (dihubungkan) 2 kabel yg dari switch standar samping itu. jadi akan selalu terbaca standar samping lagi naik. itu udah ane lakukan dan berhasil. skrg gak pernah ada masalah lagi mesin tau2 mati dan keluar engine check 19..

    tapiii….

    ada minus nya, yaitu “side stand switch” jadi gak aktif, jadi walaupun di standar mesin tetap hidup. ya tapi mending gitu kan daripada mesin mati2 melulu..

    semoga bermanfaat..

    Suka

  22. ali * 32 berkata:

    harap dibaca sampe abis mang kobay…

    ane juga pake nmax dan pernah punya masalah sama, lagi jalan tau2 mesin mati dan engine check 19 trus gak bisa distarter. terpaksa dorong ke bengkel, untung gak jauh2 amat.

    singkatnya setelah masuk bengkel mekaniknya bilang “switch standar samping bermasalah” kalo mau gaNti harganya 95 ribu. nah sambil nunggu mekanik ambil barang ane penasaran, konektor switch standar samping (warna biru) ane colokin lagi.

    ladalah, pas dikontak engine check 19 udh hilang dan motor bisa distarter biasa. ane lgsg bilang ke mekanik udh ga usah ganti, mgkn tadi konektornya lepas. trus ane pulang ke rumah tanpa masalah.

    besoknya ada masalah serupa, lagi jalan mesin tau2 mati. tapi masih bisa distart lagi. cirinya setiap kena guncangan atau jalan lubang. disitu ane mikir kayanya konektornya yg gak beres (bad connection) kaya kabel antara nempel atau nggak.

    singkatnya karena konektor itu bad contact jd ngebaca seolah2 standar samping turun (yang berarti bikin mesin mati) padahal standar samping masih naik..

    solusinya…

    jumper (dihubungkan) 2 kabel yg dari switch standar samping itu. jadi akan selalu terbaca standar samping lagi naik. itu udah ane lakukan dan berhasil. skrg gak pernah ada masalah lagi mesin tau2 mati dan keluar engine check 19..

    tapiii….

    ada minus nya, yaitu “side stand switch” jadi gak aktif, jadi walaupun di standar mesin tetap hidup. ya tapi mending gitu kan daripada mesin mati2 melulu..

    semoga bermanfaat..

    indahnya berbagi..

    Suka

  23. ali * 32 berkata:

    intinya gak usah parno kalo engine check 19 keluar.. itu hanya masalah standar samping seperti yg ane bilang di atas.. solusinya yang simpel tinggal jumper kabel doang, dan jangan mau kalo disuruh ganti switch standar samping, karena ane yakin alat itu umurnya lama gak mungkin cepet rusak..

    semoga bermanfaat..

    Suka

  24. Leopold S berkata:

    Koneksi sensor ke side stand switch perlu diperiksa

    Suka

  25. petirabang berkata:

    Ada yg salah ni keknya, semua sdh tahu kalo 46 itu kode Vale, nah kalo 19 ngga tahu deh ada nggak,…..

    Suka

  26. Karunggoni berkata:

    Jangankan Nmax, BMW R1200GS yang mahal gitu, yang terkenal sebagai motor petualang sejati, juga pernah kena issue side stand switch. Cuma memang harusnya investigate, berapa kejadian serupa, lakukan recall. Karena sudah menyangkut keselamatan ketika sedang riding.

    Suka

  27. inot berkata:

    coba ganti punya embit series… pasti tokcer awetnya… ngoahahaha…. mbit dari jaman jebot gak ada yg komplen tuh…

    Suka

  28. Speed man berkata:

    Weleehh cuma switch standar aja sampai ada kode errornya? sepele bgt ya. emang ngaruh bgt ya mang?
    Btw oke juga tuh, jadi kaya komputer atau smartphone. Untung nggak kaya printer dsb ya, error kode brp itu kudu beli catridge original baru. Ngah ngah ngah… boro2 diganti eh malah pada dimanipulasi pake software resetter sampe usang catridgenya 😀

    Suka

  29. sdj3u8kljlreh berkata:

    Ah bikin rempong nih matik…Balik pake win cepek aja lah..

    Suka

  30. anggiwirza berkata:

    sorry to say, bisa ngirim email tapi gak bisa baca panduan pemilik motor.

    kalo baca buku panduan pasti disana ada keterangan jika motor kondisi standar pasti masih ada garansi mesin.

    ngapain capek-capek email kalo dibuku panduannya ada semua? wkwkkwkwkw.. :mrgreen:

    Suka

    • Aero berkata:

      maaf nih om, ane pemilik mtr tsb. dari awal beli sdh baca bumannya

      motor standar pasti ada garansi mesin, kelistrikan, umum, dll. tapi garansi tsb tdk mencakup keseluruhan motor, spt kelistrikan tertentu mesin bagian tertentu. garansi umum (kyknya keseluruhan) hanya berlaku selama 6 bulan (6000km), mengingat motor sy udh lewat 6 bulan ya saya bertanya lah utk minta 2nd opini

      sorry to say, ngapain saya capek2 kirim emali kalo mmg di buman itu ada semuanya wkwk

      Suka

      • anggiwirza berkata:

        masa gak ada keterangan bisa claim garansi? ada lah pasti apalagi kondisi motor standar kalo indikator fi yang nyala hampir 60% pasti masalah disistem mesinnya.. jarang yang dari kelistrikannya. kalo gak dicoba sendiri gak bakal tau,,,

        Suka

  31. sucahyoaji berkata:

    Motor dengan sensor agak sensitif. sensor nggak penting bisa bikin mesin mati juga. ini repotnya kalau motor mengandalkan sensor.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/04/15/motor-matik-olinya-wajib-pakai-oli-khusus-matik-cuma-berlaku-di-indonesia/

    Suka

  32. panji berkata:

    lo kok sama ya masalahnya…kode 19 muncul pada kendaraan saya yamaha mt25, hampir saya celaka 2 kali pada saat kecepatan tinggi hendak mendahului mobil…eh lakok mesin mati pet….untungnya kendaraan didepan mau mengalah kalau nggak…pasti tinggal kenangan saya…ihik..ihik.ihik…sedih saya…

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s