First Impression: Kupas Tuntas All New Toyota Sienta 2016, Memang Eye Catching!


all new toyota sienta kobayogas

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Akhirnya tuntas sudah rasa penasaran tersebut. Dengan mata kepala sendiri KBY akhirnya dapat melihat sosok All New Toyota Sienta!

All New Toyota Sienta KBY temui di ajang Indonesia International Motor Show 2016 di hari Sabtu lalu lads, All New Toyota Sienta 2016 menjadi salah satu daya tarik KBY untuk pergi ke sana… So bagaimana impresi awal ketika melihat mobil berjenis MPV 7 tempat duduk terbaru milik Toyota tersebut?

DESAIN

Eye catching! Bentuknya begitu funky lads.. Segar dan menarik! Tapi disinilah pilihan konsumen dipertaruhkan, yang suka desain All New Toyota Sienta banyak, tapi yang gak suka juga tidak sedikit! Love or hate it.. KBY termasuk yang suka.. Bagi konsumen yang karakternya ‘dewasa’, biasanya gak suka desain aneh aneh begini, mereka akan ambil desain yang aman dan cenderung timeless..

Salah satu yang gak suka adalah bojone Iwan Banaran, menyebut bentuk dan desain All New Toyota Sienta ini bagaikan kodok mangap wakakaka.. Tapi menurut opini pribadi KBY sih desainnya unik.. Can’t complain dari sisi desain eksterior.. Lalu bagaimana dengan sisi interior?

Ibarat lukisan abstrak, begitulah desain interior All New Toyota Sienta lads. Terlihat tidak beraturan namun sebenarnya cukup ergonomis, undakan yang tak lazim alias dual layer hadir di area dashboardnya. Well, actually gak jauh dari desain dashboard milik Honda Freed yang juga bertingkat sih..

galeri foto all new toyota sienta ada di http://www.sakahayangna.com ya..

KUALITAS MATERIAL

Nah bicara sisi kualitas material interior dari All New Toyota Sienta, disini lah KBY mulai mengerenyitkan dahi, kualitasnya biasa saja kalau tidak mau dikatakan buruk lads. Bahkan KBY berani bilang dari sisi plastik dashboard dan trim, All New Avanza punya lebih baik dari Toyota Sienta! Plastiknya mirip dengan milik Toyota Limo.. dengan jahitan palsu di bagian door trim. Untunglah perakitannya solid. Itulah yang membuatnya lebih baik dari Honda BRV jika ingin dikomparasikan ya..

Plastik keras membalut sekujur dashboardnya, kebetulan yang KBY  itu adalah All New Toyota Sienta tipe V CVT.. tidak ada bagian yang terlapis busa empuk.. Yah, kirain bakal ada seperti pada Honda HRV misalnya. Bahkan All New Honda Jazz saja kini dilapisi soft pada pada beberapa bagiannya lads, seperti pada All New Mazda2..

Pilihan kombinasi antara warna hitam dan cerah (fromage) pada unit tipe V CVT malah seperti blunder, membuat plastiknya All New Toyota Sienta terutama yang cerah terlihat cheap. Mendingan tipe G deh yang dilabur hitam coklat..Bagusnya ada 2 pilihan warna dashboard untuk tipe V dan Q..

plastiknya.. biasa aja

plastiknya.. biasa aja

ERGONOMI

Duduk di bagian pengemudi, yang langsung terasa kurang adalah visibilitas ke depan.. Nyaris seperti Honda Freed, panel speedometernya terhalang oleh setir kecuali kemudinya kita turunkan maksimal dan tempat duduk All New Toyota Sienta kita naikkan. Tapi kalau begitu, posisi mengemudinya jadi aneh euy.. Mana cuma bisa tilt steering doang pula.. Dalam hal ini Sienta hanya cocok untuk orang jangkung 😀

Bentuk jok All New Toyota Sienta lumayan, tapi kurang mendekap/ memeluk tubuh pengemudi.. Soal beginian memang selalu menjadi kekurangan Toyota nih.. Sementara semua tombol lumayan dapat di raih dengan cukup baik oleh tangan tanpa harus mencondongkan badan ke depan..

speedometer terhalang setir

speedometer terhalang setir

AKOMODASI dan KENYAMANAN

Beralih ke tengah dan belakang, KBY bersimulasi menjadi penumpang All New Toyota Sienta.. Duduk di tengah tidak ada masalah, joknya cukup baik menopang tubuh. Ruang kaki juga terasa lega ke depan. Hanya kalau diisi bertiga memang terasa sempit sih lads, kecuali badannya kecil kecil semua hehe..

Kemudian pindah di baris paling belakang, positifnya pelipatan jok tengah All New Toyota Sienta 2016 ini begitu mudah.. Penumpang belakang tidak akan kesulitan mencapai baris ketiga.. Hop in dan.. dengkul nyentuh jok tengah! Alamak, padahal KBY cuma 165 cm (163 cm versi meteran rumah sakit). Memang gak sampai mentok, hanya menyentuh saja.

Kalau kita longgarkan kedua kaki ya aman.. Padahal jok tengah itu sudah maksimal digeser ke depan loh.. Begitu jok tengah direbahkan sedikit untuk lebih nyaman, maka penumpang paling belakang yang bertinggi di atas 165 cm bakalan agak suffering.

Dan jok All New Toyota Sienta paling belakang paling nyaman memang untuk berdua, bisa sih dipaksain bertiga untuk jarak dekat sepertinya tidak akan terlalu mengganggu.

baris ketiga dengkul mepet

baris ketiga dengkul mepet

FITUR

Varian dan Fitur New Toyota Sienta

  • Variannya terdiri dari tipe E MT, G MT/CVT, V MT/CVT, dan Q CVT
  • Pada varian Q CVT dilengkapi dengan headlamp LED Bi lamp + auto levelling
  • Varian Q CVT dilengkapi pelek 15″ two tone, warna jok cokelat tua, dan MID LCD TFT ukuran 4,2″
  • fitur safety all varian dilengkapi dua airbags + knee, ISOFIX, ABS+EBD+BA (Q dan V only), pretensioner seatbelt, dan seat belt disemua bangku termasuk penumpang tengah baris kedua + headrest
  • Kecuali tipe E, semua tipe dilengkapi HU touchscreen 5,6″ dgn fitur CD, DVD, USB, AUX, miracast, dan air gesture.
  • Pada tipe V dan Q tersedia keyless + start/stop button, pintu geser elektrik di sisi kiri kanan, AC digital
  • AC double blower tidak tersedia pada tipe E
  • immobilizer (kecuali tipe E)
  • pelek 15″ Alloy (kecuali tipe E dgn cover/dop)
  • Ban serep tipe space saver
  • halogen projector (kecuali tipe Q)
  • MID monokrom (kecuali tipe Q)
  • Custom door trim (pilihan warna bebas)
  • VSC (Vehicle Stability Control) dan Hill Assist hanya ada pada tipe Q

HARGA ALL NEW TOYOTA SIENTA

Pada situs resmi Toyota, belum ada harga resmi dari All New Toyota Sienta, masih prediksi sbb:

  • Tipe Q CVT Rp. 300-310 juta
  • Tipe V MT & CVT Rp. 285 – 295 juta
  • Tipe G MT & CVT Rp. 260 – 270 juta
  • Tipe E MT Rp. 230 juta atau lebih

PERFORMA MESIN

KBY memang belum melakukan test drive, spesifikasi resmi pun belum ada namun bocorannya mesin All New Toyota Sienta menggunakan tipe 2NR-FE dual VVT-i dengan tenaga 107 HP dengan torsi ± 139 Nm.

THE VERDICT

All New Toyota Sienta merupakan lawan yang tangguh bagi Honda Freed, diluar nama Toyota, New Sienta memiliki segudang fitur yang lebih baik dari Freed, terutama tipe Q, seperti Hill Assist, Knee Airbags, lampu LED, VSC dan transmisi manual 6 speed serta 7 speed untuk CVT.

Kualitas material interior serta akomodasi bangku baris belakang mungkin bisa jadi isu utama, namun dengan rentang harga 230-310 juta, bisa menjadi pilihan yang lebih dari cukup.. dan ini adalah Toyota anyway..

lebih enak ini diliatnya sih :D

lebih enak ini diliatnya sih 😀

Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Toyota dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

60 Balasan ke First Impression: Kupas Tuntas All New Toyota Sienta 2016, Memang Eye Catching!

  1. Rideralam berkata:

    Jangkung ya

    Suka

  2. babe_umar berkata:

    desain sih emang selera Mang … tapi ane sepakat dgn komen Nyonya IWB … front facia mirip kodok mangap … ngoahahaha

    Suka

  3. RichardGN berkata:

    Brrti karakter om kob gak “dewasa” dong :/

    Suka

  4. ChUrUtZz berkata:

    Entah kenapa smakin ane liat detail bodynya ane smakin ga bs nikmatin n malah smakin aneh , mkin ane trmasuk yg ga suka mang,…kcuali gambar yg paling bawah itu, smakin dliat smakin suka….ngoahahahhaa

    Suka

  5. RichardGN berkata:

    Benelan dah om kob. Cara foto spg gmana ? Perlu izin dulu atau ?

    Suka

  6. ardiantoyugo berkata:

    Kumise kui lo…

    Drag race Tesla Model S VS Boeing 737: http://wp.me/p1eQhG-1DN

    Suka

  7. pecel_basi berkata:

    Toyota ma sodara kembarnya Daihatsu emang lagi suka bikin desain mangap2 spt ini. Liat aja pada Avanza/Xenia ma Kijang Innova

    Suka

  8. Cicak berkata:

    Itu disc brake 4 roda cuma ada di tipe Q apa semua tipe om? Sayang amat tipe E belom doble blower. Avanza aja udah semua tipe doble blower. Ini fitur wajib buat mpv yg ada di indo.

    Btw ulasan civic turbo ga ada om?😁

    Suka

  9. rifz berkata:

    desain mah 11-12 ma freed,, mungkin menang fitur dikit sama akomodasi seperti tempat botol dan penyimpanan (laci bawah jok nya mantap) serta model pelipatan kursi yang keren

    nunggu freed facelift dulu saran ane

    Suka

  10. subaru berkata:

    Ini toyota ya? Kok gw suka 😆
    Dari biasanya yang ga punya soul jadi bisa berkarakter walaupun love/hate pasti hampir seimbang 😆

    Suka

  11. Burgaz berkata:

    Melihat yang satu ini, disitulah aku harus menjadi sosok manusia yang kuat, ya kuat, kuat lahir – bathin.

    Suka

  12. Inline4 berkata:

    Wah kalo ukuran kualitas interior diukur dengan ada tidaknya lapisan empuk pada dasbor berarti kualitas interior timor sohc termasuk yang terbaik dong kang kobay?
    Karena dibagian atas dashboard nya dilapisi kulit dan busa yang empuk kaya mobil mewah😮😮😄😄😅

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      mobil era timor emang masih pada bagus, jaman lapisan dashboard masih diselimuti soft pad.. era plastik di mobil afaik dimulai pada New Corolla 1.6 sebelum yg 1.8, corolla tergagal di pasaran

      Suka

      • ancdriver berkata:

        Bukan gagal kang, corolla 1.6-1.8 itu lahir pada waktu ekonomi global dan indonesia krisis, produk nya laris kok di negara2 lain, dan variannya banyak, cuman di indonesia aja 1.6 dan 1.8 terbatas dari seri xli, Seg, scruise (pengguna all new corolla)

        Suka

  13. robotic_munky berkata:

    lho? deret tengah bukan captain seat ya?

    Suka

  14. miirr berkata:

    Kalo mau meluk tubuhnya joss mah bukan joknya atuhh.. Tahh spgnya om wkakaka:v

    Suka

  15. Red Satellite berkata:

    Mobil yg bentuknya mirip sneaker dengan jahit”an palsu 😂

    Suka

  16. Fandy berkata:

    Ciee bahasanya halus……” karakter Dewasa ” bilang aja ” Selera Tua “…….wkwkwkwk

    Suka

  17. Archiee berkata:

    Mau lega ..
    Beli Hiace .. Bisa kayang di dalem mobil 😀

    Suka

  18. Speed man berkata:

    Kalau sampeyan disuruh milih, milih RUSH/TERIOS atau SIENTA?

    Suka

  19. DmNc berkata:

    denger2 mesinnya seragam sama avanza bener ga mang?

    Suka

  20. the "S" berkata:

    kelas mobil ini apaan sih mang

    mazda biante
    nissan evalia
    honda freed
    nissan serena
    toyota nav1 (eh udah gak ada ya)
    daihatsu luxio/granmax MB

    +toyota sienta

    masa 1 kelas karena pintu geser mang

    Suka

  21. andri berkata:

    menurut Autobild, rentang harganya antara Rpa 230~295 juta.

    Btw, desainnya memang unik, bukan selera semua orang.
    tapi desain unik seperti ini biasanya justru bertahan lama, tidak cepat terlihat usang.

    Suka

  22. satriabergetar berkata:

    Kalau mobil ini gerak roda depan…lalu apa kata sales avanza ?

    Suka

  23. koplak berkata:

    muka lele sesungguhnya

    Suka

  24. dudie wae berkata:

    Saya pribadi cukup sulit menerima sisi eye catching nya ini mobil dimana ya?.
    Jujur masih lebih manis freed…meskipun saya tidak menyukai kategori mpv…

    Suka

  25. wellmy berkata:

    Dari samping mrp R3 bngt mbl gado2…

    Suka

  26. aangmunawar berkata:

    Kok keliatan cheapy yah om… Buat ane mending freed kemana-mana padahal asli ane dah mau ganti boil keluarga dan minat mau minang freed tapi nunggu sienta nongol ternyata mirip kodok mangap masa iya dari marmut (yasir) ganti ke kodok aje gile…

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s