Honda Blade adalah salah satu cub andalan dari Honda dengan mengusung tema Sporty, kali ini, New Blade datang dengan amunisi sistempengabutan bahan bakar injeksi dan kubikasi yang naik menjadi 125 cc.. Bagaimana performanya?
Kobayogas.com – Bersamaan dengan test ride New Honda Vario 110 PGM-FI Sabtu tanggal 29 Maret lalu, New Honda Blade 125 FI pun ikut diacak-acak oleh para blogger. Dalam satu run, terdapat 6 motor, terdiri dari 3 New Blade dan 3 New Vario, artinya dalam satu kala run, 6 blogger berjalan bersamaan mengitari sirkit mini milik dealer Wahana Jatake Tangerang.
Kali ini, Astra Honda Motor mencoba merefresh produk sporty cub-nya di tahun awal tahun 2014. Seperti halnya Vario 110 FI, tidak banyak ubahan pada desain, hanya sedikit bermain pada kombinasi warna. Red White Blue (RWB) adalah warna baru dan menjadi warna favorit KBY, lucunya saat tes, KBY lupa memilih warna itu 😀
Run pertama, KBY justru menumpak Blade terlebih dahulu (kok artikelnya Vario duluan? Ya kepengen aja 😀 ). Dibelakang KBY adalah sahabat blogger kenamaan, Kang Haji Taufik TMC, baru mau maju ke garis start, sama beliau ditahan, kirain mau didoain, ternyata diminta pasang tali kamera Go-Pro.. “barokah loh”, kata beliau, bisa aja dah 😀
Desain
Tidak banyak ubahan, atau memang tidak ada secara kasat mata, tetap sporty dan galak menurut KBY, kental sekali aura kencangnya. Salah satu desain terbaik dari Honda.
Fitur & Teknologi
Tidak banyak yang bisa diambil dari Honda New Blade ini, praktis hanya perubahan speedometer dan kubikasi mesin serta pengabutan injeksi saja yang jadi andalan sporty cub Honda ini. Tujuannya jelas, mengedepankan performa dari bentuk yang sudah sporty. Opini KBY sih memang sudah seharusnya kencang, tampangnya sudah intimidatif kok…
- 4 liter tangki bahan bakar dengan Fuel Cap Holder
- Tambahan disc brake belakang
- Auto Secure Key Shutter
- Muffler yang tidak pakai chrome lagi
Ergonomi
Jujur saja, KBY lebih merasa nyaman dan pas dengan Blade ini, posisi duduknya dan mengendarainya terasa lebih sporty dibandingkan saudaranya yang sama-sama mengusung 125 cc, Supra X 125 FI. Intinya dari cub satu ke cub lainnya, baik pengguna Blade atau bukan, tidak akan sulit beradaptasi. Posisi footstep pun somehow buat KBY lebih enak Blade ini instead of Supra X, dalam menaikkan maupun menurunkan gigi, lebih mantap Blade.
Performa & Efisiensi BBM
Saat run test, di lap kedua, KBY sempat berhenti di garis start dan mencoba sprint, benar saja, bodi yang lebih enteng namun tenaga sama dengan Supra X membuat Blade mudah dibuat wheelie… akselerasinya cepat untuk ukuran cub non kopling… kecepatan maksimum di gigi satu sebelum tercekek limiter ada di sekitar 45 km/jam (videonya menyusul).
Mesin ini memang serupa dengan milik Supra X 125 FI, menghasilkan tenaga 10,1 PS pada 8000 RPM. Andai saja dibangun dengan memakai mesin CS1, alamat bisa meraja deh di indoprix.
Kenyamanan & Handling
Ini kedua kalinya KBY membawa Blade, dulu pernah pinjam punya staff bengkel kawan ke mart terdekat, gak enak, salah gigi mulu 😀 … dan hentakan tiap giginya terasa apalagi kalau turunin gigi, engine brake nya berasa bingit, khas bebek. Mungkin juga karena sudah cukup lama motornya ya. Nah di New Blade ini perpindahan tiap giginya lebih halus dan engine brakenya tidak sampai mendorong tubuh ke depan. Mungkin saja karena masih baru ya?
Suspensinya cukup lembut, tapi sepertinya itu lebih karena aspalnya yang mulus… yang jelas buat nikung cepat cukup mumpuni, buritan tidak bergeser.. meliak liuk sepanjang trek juga lincah… tapiii somehow KBY lebih nyaman menikung dan meliak liuk memakai Vario, lebih cepat juga menikungnya… gak terbiasa cub kali ya? Pandra MM Blog pun sepemahaman dengan KBY.
Pengereman
Performa rem depan New Blade sangat mumpuni untuk menghentikan bobotnya, praktis KBY yang memang terbiasa mengandalkan rem depan, hanya sekali dua menggunakan rem belakang sebagai pendukung saat akan menikung.
Harga
Apakah harga Rp. 15,350,000 sepadan dengan unit yang dibeli? Menurut KBY sih YES ya walau kurang mantap YES nya soalnya fiturnya minim, mungkin karena sporty oriented.
Fakta
Tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Special Racing Edition, Sporty RWB dan Winning Red. Untuk tipe Single DIsc Brake hanya tersedia untuk RWB dan Winning Red.
*special thanks: Pandra MMblog atas foto2nya 🙂
Bonus
Lanjutin artikel primavera yg tadi atuh kang….
SukaSuka
Sabar yah… Digodok dulu. Pendingan artikel banyak bingit 😦
SukaSuka
Mantep om
http://warungasep.wordpress.com/2014/03/30/hurup-ghaib/
SukaSuka
Lumayan mang….hehe
SukaSuka
Wow… podium 😀
SukaSuka
harusnya bagian lampu (depan belakang) dan tebeng bagian bawah di revisi, imho kurang enak dipandang bagian itu.
SukaSuka
Gada perbedaan sama yang lawas yah
SukaSuka
nah itu, kuduna mah rombak saeutik2 mah meh kaciri bedana
SukaSuka
Teuing kunaon tah wkkwkwkwk
SukaSuka
bahaha, Om Kobay mah tetep aja biar rada kagok naek bebek tapi corneringnya cepet banget, kang taufik aja mpe keteteran ngubernya, xixixixi
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/30/review-honda-vario-110-fi-tampilan-menarik-fiturnya-asyik/
SukaSuka
Kang haji mah sengaja kali, kalau deket2 tar dia gak keliatan di kamera hehee….
SukaSuka
absen saja om…
http://78deka.wordpress.com/2014/03/30/jawaban-lin-jarvis-terhadap-tuntutan-lorenzo/
SukaSuka
sy kok g da?
SukaSuka
ada, di rumah 😀
SukaSuka
klonan dulu ach dingin nich
SukaSuka
Juara stripingnya hihihihi
Adu Honda Vario 110 Fi Vs Yamaha Soul GT (compare, review, kelebihan dll) http://t.co/mBrP5L7Uoi
SukaSuka
absen malam
SukaSuka
suaranya berubah…ato masih cempreng kayak blade sebelume?
SukaSuka
Masih sama….
SukaSuka
itu blade 110 ya?
SukaSuka
cepek jigow
SukaSuka
Mantabbbb 😉
SukaSuka
wew…… kapan-kapan test 1 grup ama om kobay ah… yakin ane yg di depan…
http://mazped.com/2014/03/30/bikin-indiglow-spido-fino-fi/
SukaSuka
Yamaha donk wkwwkwk
SukaSuka
sama supra handlingnya bagusan manaa kang?? http://adiezz86gasspoll.wordpress.com/2014/03/30/elf-vant-vert-10-50-oli-mantab-buat-motor/
SukaSuka
Kan ada di artikel
SukaSuka
Wah bang Kobay nikungnya miring2.. hehe..
SukaSuka
Efek kamera 😛
SukaSuka
Hehehe..
SukaSuka
hadir kang.
SukaSuka
harusnya bagian mika lampu ritingnya dibikin agak smoke biar lebih garang. Selain itu juga biar ada sedikit perbedaan dengan versi yang lama.
SukaSuka
Itu sama aja ya? Gak merhatiin banget sih, lebih ke Vario hehehe
SukaSuka
masih jinjit aja nih…yg salah pasti motornya
http://masshar2000.com/2014/03/30/adam-vr-46-mobil-rancangan-valentino-rossi/
SukaSuka
Pastinya 😀
SukaSuka
Kang. ngetes nya di mana ? jatake tangerang kah ?…
SukaSuka
Iya…lah ini array bocah setengah sedeng eh kopling kah? Hehehee
SukaSuka
Iya kang…
Kmren saya kerja. Jadi gk bisa ikut…
Pdhal bisa x ikut . .
SukaSuka
Sayang… undangan dah dapat padahal ya?
SukaSuka
Om, blade ini apa ada socket charger juga?
SukaSuka
Naahhh si om ga baca tuntas artikel nih hehhee… Gada om…
SukaSuka
telat nyimak, abis sibuk liburan ttrims om kobay uda rilis artikelnya. 🙂
SukaSuka
Jooosss libur panjang
SukaSuka
asyemm.. aku dijadiin Bonus..
http://tegean.wordpress.com/2014/03/31/yamaha-r15-livery-motogp-bikin-tambah-naksir-aja/
SukaSuka
Wakakakakaka…..
SukaSuka
knp gak yg jilbab item ajah 😀
SukaSuka
Ah biasa sekali itu… 😉
SukaSuka
Lumayan lah..
SukaSuka
Ping balik: Acara khusus blogger "Ridding Experience New Blade 125 FI dan New Vario 110 FI” - MotoBikerz.com
gak di ketok2 bodinya om
SukaSuka
Diketok ketok tapi gada yang nyahut, lagi pada pergi keknya
SukaSuka
kayak wak haji itu untuk mengetahui tebalnya plastik body
SukaSuka
hahahah iya… sempat tapi gak divideoin…
SukaSuka
Kalo berdasar pengalaman saya, bebek honda paling pas buat saya itu New Blade 110. dibanding supra125 dan supra helm-in, masih enak New Blade. Posisinya menyenangkan, gak terlalu santai dan gak terlalu kaku. Handling dan rem mantab (dibanding bebek honda lainya, jgn bandingkan dengan merek lain apalagi kawasaki hehhhe). pokoknya riding quality diatas rata-rata bebek honda. Minusnya cuma di mesin yg cuma 110 sebenarnya cukup sih kalau buat komuter, krn akselerasinya lumayan nampol, tp kalo sudah masuk 70-an kmh mulai berat, jadi kalo pas jalan sepi malah bikin emosi hahha. Mungkin karena alasan ini honda mengganti mesin New Blade. Karena hampir semua aspek sempurna, kecuali sektor pembangkit daya. Dan kenapa knalpotnya malah diganti ya? padahal bentuk dan suaranya lain dari yg lain.
fyi spek saya TB 176 BB 72. 😀
SukaSuka
Lingkar dada berapa om hhehehee
josss makasih sharingnya
SukaSuka
Ping balik: Ekslusif…Video Official Test Ride – New Honda Vario 110 FI dan New Honda Blade 125 FI | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
suaranya mirip supra x 125 kah??
SukaSuka
Hadeeeehh ternyata di Jatake tho?! Tau gt nyelinap masuk, gara2 3 hari menutup mata & hati dr two wheels blog jd ketinggalan bingiiit 😦
Ehh suara senalpotnya masih suka maki2 orang ga oom (bunyinya : goblok..goblok..goblok.. gitu terutama pas engine braking), kl bodi emg uda dr dulu dikasihtau kalo gada refreshment, mukanya masih katak pohon aja, wkwk
SukaSuka
hahahhaa katak pohon…
wah bener bener ketinggalan yak. iya di jatake….
Suara knalpotnya aman hehehe
SukaSuka
Bebek kencang… Speedonya aja sampe 160 kpj ?
SukaSuka
berarti bisa dimaksimalkan
SukaSuka
Bisa ngepretin 150 cc dong ? Hehehe
SukaSuka
tidak ada yang tidak mungkin hehehehe
SukaSuka
lampunya kok mirip r15 ya 😀
SukaSuka
Hahahhaa
SukaSuka
tuh kann sperti yg ane prnh bilang, gmpang dajak wheelie 🙂
SukaSuka
iya, lebih mudah dari supra hehehe
SukaSuka
Ping balik: Video: Riding With Vespa Primavera 2014 | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
Ping balik: Kehadiran Yamaha MX King Akan Dilawan Dengan Honda Super Blade 150?? | KobaYogas.COM
Hahahaha….. Alhamdulillah dapat batangan kayak gini…. STNK cus keluar 17 April 2015. Langsung impressive Bekasi – Monas 26 April 2015 (Keliling gak jelas Gatsu – Tebet), sayang sih pembangunan FO Kuningan yg bikin nyeselin, gak serasa seperti dulu. Padahal kemarin nembus 101 km/j di Gatsu tuh (GPS 95 km/j-an, Speedo sepeda tau dah, wkwkwkwk)…..
Tinggi Badan 158cm, Berat Badan 120kg. Kalau ngatur throttlenya pas, bisa nembus 110 km/j dengan berat segitu. Bisa buat konvoi-konvoian tuh.
Barengan touring cus Bekasi – Semarang via Banyumas yuk bareng ane om.
SukaSuka
120 kg lek? syed 🙂
SukaSuka
Ping balik: Test Ride Honda CBR 150R K45: Bye Bye CBR CBU, R15 Inilah Lawan Sepadanmu…! | KobaYogas.COM
Ping balik: Bebek Sport 150 Dari Honda, Performa Super Dengan Desain Sporty.. Katanya | KobaYogas.COM
Ping balik: Bebek Super Dari Honda Itu (Konon) Dinamakan Supra X150! | KobaYogas.COM
Ping balik: Kenapa Honda Supra X 150 Memilih Posisi Lampu Utama Di Setang? | KobaYogas.COM
Ping balik: Email Pembaca: Ingin Pertahankan Motor Bebek, Karena Lebih Tangguh.. | KobaYogas.COM