Kobayogas.com – Dear lads, setelah puas melongok-longok dan mencoba ergonomi duo Aprilia RS 125 dan RS 250 milik Koh Hendra Kios Bikers, ternyata koleksinya tidak selesai sampai di situ… jejeran motor langka lainnya menunggu untuk dielus-elus… trio NSR250 berbeda kode dan tahun berjejer bersebelahan…
Ini adalah kunjungan KBY kali kedua ke Kios Bikers dan sungguh beruntung Koh Hendra sang empunya Kios yang sangat down to earth dan gak mau disebutkan sebagai pemilik motor-motor langka ini, berbaik hati mengeluarkan 90% dari koleksinya ke pelataran parkir… setelah Aprilia RS series, kini giliran Honda NSR series yang akan KBY review dari sisi desain dan ergonominya… cekidot.
Ada 3 NSR yang terawat dan berjejer menunggu dipanaskan mesinnya. Ketiganya berkubikasi 250 cc dengan mesin 2 tak. Yang membedakan adalah kodenya, 2 unit MC28, salah satunya SE dan satunya lagi tipe “R” dengan modifikasi livery Rothmans Honda sedangkan 1 unit lagi adalah NSR 250 MC21.
Dilihat secara sekilas, nyaris tidak ada yang beda jika kita bukanlah seorang pemerhati motor yang handal, begitu pula KBY. Semua nyaris terlihat sama, bentuk facia, fairing dan kaki-kaki. Motor yang sering juga disebut motor Andy Lau ini sepertinya sama saja, hanya beda tahun. Namun saat KBY bertanya lebih lanjut, barulah KBY paham mana saja yang signifikan perbedaannya.
NSR 250 MC21
Desain
Kita mulai dari yang paling tua dulu ya lads, NSR 250 MC21. Meski paling tua namun ternyata dia yang paling mudah di modif (masih memakai karbu) dan katanya MC21 lah yang paling kencang. Bentuknya sekilas memang mirip dengan sang adik, MC28…cara membedakannya jika melihat sekilas adalah Gull-Arm Swing Arm yang belum Pro-Arm…lalu jika didekati, masih ada kunci kontak di area setangnya untuk menyalakan mesin serta speedometer masih analog.
Sedikit sejarah, MC21 diperkenalkan akhir tahun 1989 sebagai new model untuk tahun 1990, disebutkan kemunculannya bagaikan badai, dan Honda menunjukkan kepada dunia bagaimana seharusnya 2 tak 250 cc dibuat!! Belum lagi fitur fitur baru yang membuat kompetitornya terguncang.
Menggunakan CDI ECU PGM III yang diambil dari Honda RC30 superbike yang legendaris dimana settingannya mampu membuat mapping yang berbeda untuk setiap silinder. NSR MC 21 ini merupakan “bayangan” dari Honda RS250, swing arm tipe Gull-Arm milik MC21 disebutkan mencontoh Honda RS250 milik Luca Cadalora, begitu pula dengan desain framenya mencontoh RS250 dengan basis tahun 1988-1989 bahkan hingga ke posisi steering damper pun mirip! NSR MC21 ini langsung menjadi best seller di kelasnya di Jepang.
Ada yang unik dari MC21 ini dibandingkan MC28, yaitu foot peg boncengernya lads, jika pada MC28 sudah menggantung sebagaimana motor motor pada umumnya, MC21 foot peg nya tersembunyi di balik bodi belakang. Unik!!
Spesifikasi Mesin
Pada NSR MC21, teknologi ATAC (Automatically-controlled Torque Amplification Chamber) milik Honda yang tersemat pada model MVX250 dan NSR MC11 sudah ditinggalkan kecuali Nickel-Silicone Carbide (Nikasil) coating yang masih digunakan peninggalan teknologi NSR MC11.
- Tipe mesin: MC16E 90° V-Twin Liquid Cooled 2 Stroke Crank case Reed Valve Induction
- Karburator: Keihin TA Series
- Bore x Stroke: 54mm x 54,5mm
- Kapasitas: 249 cc
- Kompresi: 7,4:1
- Ignition/ Pengapian: CDI PGM III
- Kopling: Basah (tipe R), Kering (SE dan SP)
- Tenaga dan Torsi: 45 PS/9500 dan 33,34 Nm/8500
- Suspensi depan dan belakang: Teleskopik dan Gull-Arm dengan Pro-Link
- Rem depan dan belakang: Floating disc – Axial – 4 Piston depan dan 1 piston belakang
- Berat kosong: 132 (R), 134 (SE), 133 (SP)
- Tinggi jok: 770 mm
- Velg dan Ban: (R) Enkei 110/70/17 depan – 150/60/17 belakang dan (SP) Magnesium Magtek 110/70/17 depan – 150/60/17 belakang
NSR 250 MC28
Desain
Seperti yang sudah KBY utarakan di atas, tidak ada perubahan signifikan alias major change dari sisi desain antara MC21 dan MC28, hanya bagian buritan milik MC26 sedikit lebih meruncing dan ramping dibandingkan milik MC21. Kalaupun ada pembeda signifikan adalah dari sisi penerapan swing arm Pro-Arm yang mengadopsi RC30, serta pengadopsian speedometer digital plus adanya “smart card” – pertama dan satu-satunya pada motor Honda – untuk menyalakan mesin yang dinamakan PGM IV… jadi sudah tidak menggunakan kunci kontak lagi lads.
Tujuan penerapan kartu pada MC28 ini awalnya adalah untuk memudahkan para rider dalam menggonta ganti settingan motor dengan cara mempunyai beberapa kartu yang berbeda settingan, khususnya untuk balapan. Asik juga sih ya, mau irit pake Kartu I, mau kencang pake Kartu II… mau ganteng? Operasi plastik sana 😀 Sayangnya dengan penggunaan PGM IV ini, NSR MC28 justru menjadi NSR termahal dan tersulit untuk dimodif.
Spesifikasi Mesin
Basis mesinnya masih sama dengan MC21 jadi tidak ada perubahan signifikan di area mesin. Hanya tenaganya justru dikebiri dari 45 PS menjadi 40 PS akibat peraturan pembatasan, begitu pula dengan torsinya.
- Tipe mesin: MC16E 90° V-Twin Liquid Cooled 2 Stroke Crank case Reed Valve Induction
- Karburator: Keihin TA Series
- Bore x Stroke: 54mm x 54,5mm
- Kapasitas: 249 cc
- Kompresi: 7,4:1
- Ignition/ Pengapian: CDI PGM III
- Kopling: Basah (tipe R), Kering (SE dan SP)
- Tenaga dan Torsi: 40 PS/9500 dan 33,36 Nm/8500
- Suspensi depan dan belakang: Teleskopik dan Pro-Arm dengan Pro Link
- Rem depan dan belakang: Floating disc – Axial – 4 Piston depan dan 1 piston belakang
- Berat kosong: 138 (R), 138 (SE), 137 (SP)
- Tinggi jok: 770 mm
- Velg dan Ban: (R) Enkei 110/70/17 depan – 150/60/17 belakang dan (SP) Magnesium Magtek 110/70/17 depan – 150/60/17 belakang
Itu dia lads, sedikit penjelasan dari Honda NSR 250 yang KBY lihat. Semoga dapat menambah sedikit wawasan seputar Honda NSR250 MC21 dan MC28 ya…
Sumber literature: http://www.nsr-world.com
Mangga digeberrrrrr….
Itu motor partnya gimana ya om
SukaSuka
test ride om kobay
izin sharing liputan media workshop Triumph Motorcycle
http://monkeymotoblog.com/2014/08/20/media-workshop-for-the-ride-philosophy-with-triumph-motorcycle-indonesia-the-best-of-british-is-here/
SukaSuka
wow motor andy lau. #moment of romance
SukaSuka
bukan “Moment of Romance”… setau gw judulnya “Full Throttle” brooo.. balapan antara dua pebalap beda generasi yg sama2 pakai NSR250 😀
Kalo moment of romance motornya ada logo Suzuki tapi ntah kenapa ada tulisan “Ninja” khas Kawasaki *bingung*
CMIIW
SukaSuka
Kayanya bakalan ada lagi motor langkah yang direview ya kang?
dites ngebut dong..
SukaSuka
ada nanti terakhir justru 4 dan 2 tak ayago hehe…
tes jalan insya Allah next visit, yang punya sudah kasih lampu hijau 🙂
SukaSuka
ane tebak…honda nova dash ama nova sonic..
kl gak cagiva stella,yamaha tiara,honda tena,suzuki raider,rk cool
nebak banyak amat ya ….ngahahahaha
SukaSuka
dua duluan yang disebut hehe
SukaSuka
Josss…ane dulu dah pernah pny nova dash….bli IU d surabaya….jaman tahun 2000an…
SukaSuka
padahal kalau di kukut (piara) jos tuh, kenapa di lepas?
SukaSuka
Iya…sekarang nyesel….padahal kl cm sport 150cc 4 tak jaman sekarang mah ences ngatasinnya…2tak 125 cc sih…
Dl nyari spare part nya harus order ke thailand…
SukaSuka
dulu masih merasa ribet ya…
SukaSuka
Pol…sekarang yg ribet2 malah d cari
SukaSuka
pakai kartu pintar pula 😎
SukaSuka
wow ada bu abe juga…
#kabur bawa pirelli
SukaSuka
cbr250rr ga punya ya om…
SukaSuka
cbr 150 adanya… sisanya 2 tak semua.. kecuali sonic
SukaSuka
super….
SukaSuka
tumben masuk spam nih si om
SukaSuka
klo ngetest nsr nya kasih info yah
SukaSuka
wokeehh mau hadir emang? Hehhee
SukaSuka
Tes topspeednya mang
SukaSuka
edan, masih pengen liat cewek cakep saya mah
SukaSuka
Kamsute??? pesimis aja amang nih
SukaSuka
top speed mah pasti bisa 180-190… wkwkwkwk
SukaSuka
masa cman 40hp kang??…..
yg nasir 150sp aja 39hp
kyk nya lbh dri itu dech
yg jelas yg punya eksentrik bgt keluar dri pakem
#real_men_ride_two_stroke
wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk……. 😆
SukaSuka
iya sumbernya mengatakan demikian, powernya di restrict karena peraturan….
SukaSuka
Iya sich karna regulasi jepang mengharuskan demikian pdhl sayang bgt aprilia rs 250 aja 55hp
SukaSuka
benullll
SukaSuka
(y) yuupzzzz….. 😉
SukaSuka
jos
SukaSuka
Joss, Cuma bisa ngiler mang…. *Hiks
SukaSuka
mongtor kentjang… bikin pengeen, ngidam nsr150sp aja g pernah kesampaian hehe
SukaSuka
Coba dibawa pelan lads…endut endutan dehhh..
Amburegullll
SukaDisukai oleh 1 orang
wah bikin samidaun donk
SukaSuka
ni motor emang titanigo semua
SukaSuka
Motor seram2 power to weight rationya. Horsepower tembus 40 tapi bobot vixion cb. Sering2 main kesana bro biar review nya banyak dan jd ngerasa nyoba juga hahaha
SukaSuka
hehe… insya Allah dikasih buat test …
SukaSuka
koleksinya bnr2 ajiibbb….
ngileerrrrr…..
SukaSuka
sama hehe… cuma 2 tak nya itu sudah gak terlalu suka,kalau dulu sih mungkin
SukaSuka
motor “andi lau”
antara dilema dan galau…..
*bagi yg melototin pastinya
😀
SukaSuka
wakakakaka
SukaSuka
Sadis juga ya… Ganti settingan cukup ganti kartu aja 😀
SukaSuka
teradvance di kelasnya hehe
SukaSuka
wow… Josss artikele kang…
SukaSuka
…swing arm tipe Gull-Arm milik MC21 disebutkan mencontoh Aprilia RS250 milik Luca Cadalora
—
Cadalora seingatku tidak pernah nyemplak Aprilia RS250, tunggangan beliau di tahun 1990 adalah Yamaha YZR250 di team Marlboro Roberts(saat itu rekan setimnya, John Kocinski yang jadi juara dunia GP250),kemudian 1991 hijrah ke team Rothmans Honda dan menjadi juara dunia GP250 1991 dengan NSR ‘MC21’ (belum pro arm), di 1992 dia juara dunia lagi dengan NSR yang mirip MC28,saya sebut mirip karena rantai NSR GP250 pro arm ini rantainya ada di kanan,sedangkan mass product ada di kiri.
Setelah Cadalora juara dunia 1992 dia pindah ke GP500 bergabung kembali dengan team Yamaha Roberts (karena slot di team Rothmans Honda GP500 sudah penuh),dan penerusnya di 1993 adalah Max Biaggi yang gagal membawa NSR “MC28” kembali juara dunia,juara dunia 1993 adalah Tetsuya Harada dengan Yamaha TZ250
just share saja Om..hehehe
SukaSuka
iya om gpp…tq sharingnya… itu berdasarkan sumber dari NSR-world. Ada linknya dibawah om, mangga klik, tar balik lagi ya… kira2 gimana itu…tq
SukaSuka
sekedar koreksi aja mas, itu yg dimaksud artikel NSR WORLD adalah Honda RS250 bukan Aprilia RS250. meskipun kodenya sama tapi designasinya beda. yg 1 motor khusus GP yg 1 motor jalanan.
yg diturunkan ke MC21 cuma rangkanya aja, plek ditiru. sampe dudukan steering dampernya jg sama. sisanya ga ada samanya sama sekali.
sepertinya artikel di NSR WORLD jg entah perlu direvisi ato gimana, karena setau saya dulu semua motor balap GP Honda namanya NSR, baru dirubah ke RS tahun 2003 (dan kemudian RSW) karena muncul peraturan dari Dorna bahwa motor GP harus prototype dan ga boleh beredar secara umum.
SukaSuka
Mantep, makasih koreksinya mas nanti diubah ya biar gak rancu…
SukaSuka
jadi inget film andy lau
SukaSuka
liverynya legend semua…. cuma kurang livery no 4 merah doohan
SukaSuka
rencananya buat yang SE, sayang keduluan orang katanya hehehe
SukaSuka
kenapa motor nya pada mulus mulusss 2 silinder kopling garing 😀 god i want that . 2 tak 2 silinder
SukaSuka
ban nya gembos ya
SukaSuka
kemaren2 dibahas nih sejarahnya sama mbah dukun….termasuk bahas blogger primavera juga yang kata mbah dukun… 😀
SukaSuka
ssttt jangan bilang bilang 😀
SukaSuka
yang punya Honda lover ya om? hehe
SukaSuka
bisa dibilang gitu, satu satunya Yamaha dia punya yang 50cc… ada tuh pernah saya buat artikelnya hehehe
SukaSuka
wah ra ajak2
http://orongorong.com/2014/08/20/new-honda-scoopy-thailand-bertema-monyet/
SukaSuka
banduuung hahaha
SukaSuka
abis naik pasti gemeter kakinya, kayak perjaka abis malam pertama wkwkwkwkwk
SukaSuka
Looking forward to it hehhee….
SukaSuka
kang kok pdo mbahas film” andi lau karo nsr 250.
emang film e judul e opo lek?
SukaSuka
Full Throttle katanya….
SukaSuka
How About TZM?
SukaSuka
dia gak punya hehe
SukaSuka
bang, saya mau tanya. detail2 yg bang kobay tulis diatas, bang kobay catat waktu berkunjung atau berasal dari literateur nsr-world? kom lengkap banget ya? kalopun hanya diingat ingat pasti butuh kemampuan ekstra untuk mengingat detai sebanyK itu. tolong dijawab ya…. anda semakin menginspirasi saya 😀
harga r15 naik bro
SukaSuka
Halo om ferboes, salam kenal…
Saya ini pelupa akut kecuali terhadap wanita cantik, jadi saat berkunjung saya segera buat draft atau garis besar yang penting-penting plus foto fotonya yang sekiranya penting untuk diangkat.
Melihat foto itu bisa merefresh ingatan, buat saya loh. Jadi teringat lagi yang mau diangkat.
Nah untuk spek resmi dan historynya ya harus dari sumber yang kompeten, NSR-World adalah pilihan saya. Sedangkan detil modifikasi dan ubahan sumbernya ya dari si empunya 🙂
Semoga mencerahkan…
SukaSuka
Oh… begitu ya…??? Saya garis bawahi bagian wanita cantiknya 😀
Jadi pada saat di tkp, hal2 yg sekiranya penting langsung dicatat sedangkan untuk hal yg lebih penting mengutip dari sumber yang lebih valid. Gitu ya bang? Terima kasih sharingnya, sukses selalu ya… 😉
SukaSuka
Benul, kalau utk spek lengkap biasanya lbh mudah dicari melalui google….kalau nanya sama yg punya biasanya ya gak apal…
SukaSuka
Ok siip… terima kasih atas jawabannya bang.. anda ruarr biasaaaa 😆
SukaSuka
Memang 😂
SukaSuka
berarti kalo kepanasan tinggal nyalain ekstra fan dong?
SukaSuka
salah, kalau kepanasan ya berteduh atau nyalain AC, gimana sih…
SukaSuka
tangkinya sdh rata
SukaSuka
woahhh !!!
SukaSuka
Kaya snowy aja woah woah wkwkwk
SukaSuka
lagian gitu amat koleksinya, keknya dr awal si mister koko emg sengaja beli cuma buat koleksi apa ya? 😀
SukaSuka
Itow betoel adanja
SukaSuka
waaaaaooooooowwwwww amazing bike..
andai ada duit saya mau juga nawar tu motor hahaha..
tapi sparepart nya dapat dimana ya tu motor
SukaSuka
Banyak, salah satunya FJB Kaskus dan Ebay
SukaSuka
ooohh ternyata ga susah” amat juga ya sparepartnya..
mantap tu motor sayang duitnya yg ga mantap hahaha
SukaSuka
Koleksinya maknyusss bingiitsss
SukaSuka
Pengen njajaaaaaalllll :ngiler:
———————————
Green Turbocharger 😀
SukaSuka
Mantappp
SukaSuka
Dimasukin kartu ATM keluar duitt …..oowwh senengnya kalo ada motor kaya gitu .. 😀
SukaSuka
Mbah mu 😂
SukaSuka
suarnya gimana kang ?
———————————–
Review Safety Riding Gear
http://rpmsuper.com/2014/08/21/review-helm-nhk-dan-glove-madbike/
SukaSuka
yang NSR gak sempet dinyalain, ay keburu pulang dah sore… Aprilia sih ada. Tapi 2 tak mah ya gitu2 aja kalau msh langsam hehehe
SukaSuka
ya garing atau apa gitu 😀
SukaSuka
trung truuung…hehehe
SukaSuka
ini nih motor 250 cc yg wajib minum bensin.. kompresinya sm supra x pun msh tinggi supra x je
SukaSuka
iya hahahaa
SukaSuka
yg pake kartu itu kayanya cocok jadi kndaraan seseorang yg trkenal dgn sistem kartu nya
kartu jekarda sehat kartu jekarda pintar
telinga ada 2 yg kiri dan kanan dst dst
you know what i am saying ?
🙂
SukaSuka
i know exactly what u mean 😀
SukaSuka
ciamiks neh reviewnya….
SukaSuka
Makasih brooo hehe
SukaSuka
jangan lupakan nsr250sp tanpa restrictor bertenaga 60hp kang…top speed 215km/jam, lebih kenceng dari aprillia rs250…..
SukaSuka
Naaahh itu dia, ada beberap sumber yg sebut 60 HP, tp krn saya cuma niat ambil dari NSR World (asumsi saya terakurat soal NSR) jd cuma yg 45 hp
SukaSuka
setahuku memang ada 2 versi om, versi reguler bertenaga 45hp dan versi special production bertenaga 60hp.
versi regular lebih kecil tenaganya karena dipasangi restricktor pada saluran isapnya karena tuntutan regulasi..
IMHO
😀
SukaSuka
benul… termasuk itu kartu perdana PGM IV wkkwwkk
SukaSuka
kapan bahas honda ns50 kang?
SukaSuka
kapan-kapan ya, hehe. saya lebih sreg kalau ada barangnya langsung euy, jadi feel dan soulnya dapet, halahhhh
SukaSuka
nah itu fungsi asli swing arm pisang/banana buat memberi ruang knalpot
SukaSuka
Blm paham banget sih sbnrnya ruang knalpot gmn dan tepatnya bagian mana dr knalpot.bagian bawah kali ya?
SukaSuka
ditekukan armnya buat knalpot
SukaSuka
soalnya R15 keknya gak rumit2 amat2 knalpotnya hehe
SukaSuka
wah dibelakang foto2 itu ada nyengel r25, itu motornya om kobay pasty
selamat kang, ini ninja fi ane juga baru masuk kandang wkwkwkwkwk
SukaSuka
Wkwkwk duh amin di doain…makasih ya
SukaSuka
Ping balik: Firts Impression Review: Glove Alpinestars S-MX2 Untuk Tes CBR K45 « KobaYogas.COM
Ping balik: OOT – Belanja Kebutuhan Gadget di Bandung? Sambangi Saja Net One Com Lads… « KobaYogas.COM
Ping balik: Test Ride Rare Bike – NSR 250 Atau Aprilia RS250 Atau Keduanya? | KobaYogas.COM
Ping balik: Test Ride NSR 250 MC28 ’94 Jambakannya Memang Luar Biadab!!! | KobaYogas.COM
Ping balik: Ketika Motor Kesayangan Harus Dilepas – Dijual Honda NSR 250 SP MC28, Serious Buyer Only | Sakahayangna.COM
Wow istimewa bikin klepek2,anda saja aq punya uang
http://akucintaitalia.blogspot.in/2015/09/sabre-500cc-v4-legend-yang-terlupakan.html
SukaSuka
Itu nsr 250 nya di jual brp semua nya…
SukaSuka
gak dijual, dia kolektor hhehehe
SukaSuka