KBY – Hola lads…Kebetulan foto-foto lama ketemu, ada yang lagi bawa Subaru Impreza WRX STi, Audi Q5, BMW X1 s.d VW Golf TSI. Alhamdulillah ketemu, jadi bisa sharing walau kejadiannya sudah cukup lama juga. Dengan sisa-sisa ingatan yang ada, kali ini KBY mau sharing seputar impressi berkendara bersama Subaru WRX tahun 2011. Mariiiii 🙂
Subaru Impreza WRX STi berwarna putih ini milik sahabat KBY di Bandung, juragan bengkel modifikasi SS Performance Shop yang terletak di Jl. Supratman No 40. Masih ingat CB1000R yang KBY tes tempo hari? Betul, pemilik yang sama dengan Subaru Impreza WRX STi ini.
KBY tes seputaran Jl. Supratman dan Ciganea Bandung. Posisi mengemudi ajib lah, jok rendah dan lurus nyaris selonjoran, namanya juga mobil spek balap. Setir berat dengan feed back ban ke setir sangat sangat baik, kemanapun setir di arahkan, rodanya sangat penurut. Handlingnya superb, melakukan zig zag sedikit atau banyak, body roll sangat sangat minim, body seakan akan menyatu dengan jalan.
Nothing special pada bagian interior, Subaru ini mirip mirip Mitsubishi kalau soal desain interior, sederhana, tidak banyak tombol dan kesan mewahnya kurang di dapat, jadi mengemudi mobil ini ibarat membawa great corolla dengan chassis, mesin dan kaki-kaki super yang siap melaju luar biasa kencang. Bantingan terasa keras jika tidak mau dibilang ‘sangat keras’, namun ya itu tadi, handling-nya jadi sangat luar biasa. Bagi yang suka kenyamanan, maka Subaru ini bukanlah pilihan.
Mesin, apa perlu dipertanyakan? Spesifikasi mesinnya adalah 2500 cc DOHC Boxer 4 silinder dengan penggerak All Wheel Drive. Output mesin 305 hp pada 6000 RPM dan torsi gede sebesar 393 Nm pada 4000 RPM siap mendorong kepala anda ke sandaran jok dalam seketika. Walau saat itu KBY tidak bisa merasakan total keganasan mesinnya karena jalanan yang sangat padat, namun tenaganya bisa dirasakan di atas 3000 RPM, ibarat menunggangi mesin 2 tak ber Super KIPS atau Reed Valve, jenggutan syaiton siap didapat.
Namun turbo lag-nya cukup terasa, saat kita injak gas ‘pedal to metal’, ada sedikit jeda dan ngeden sebelum mobil benar-benar melesat, itu terjadi di bawah 3000 RPM. Singkatnya, saat stop n go, si Subaru akan terasa lemot dan sangat penyabar. Satu lagi catatan penting, mobil ini bertransmisi manual 6 kecepatan dengan kopling racing yang akan membuat kaki kiri lads gemetaran di kemacetan.
Begitulah sisa-sisa ingatan KBY akan impresi Subaru WRX ini… cekidot foto yang KBY ambil pada tanggal 26 Desember 2011 lalu. Cuma ada dua euy.
Mangga digeber and thanks for reading lads… 🙂
KobaYogas from WordPress for Android
aseeeemm.. kereeen… 😀
Dynotest Knalpot Racing on Pulsar 200NS
SukaSuka
Lumayaaann…
SukaSuka
Turbonya nguing jesss nguingg jesss ngga om?
SukaSuka
Iya dong…ngooongg ncussss…
SukaSuka
Wich mobil idaman semua 😀
SukaSuka
Heheh sama…
SukaSuka
edan men,car tesnya keren2 om 😀
ngakak baca jenggutan syaitonnya hehe
btw itu diesel ato bensin om?pakenya bensin pertamax kali yah?
kalo AWD sama 4WD bedanya apaan om?
SukaSuka
Isinya bensin, minimal ron92 kalau gada Ron 95.
AWD itu setau saya, gada transfer case atau persneling terpisah, dikontrol secara elektronik 4 wheeldrive nya, kapan dibutuhkan baru akan berputar.
Kalau 4×4 kan ada transfer case/persneling tersendiri.
SukaSuka
jadi itu ga pake batang gardan atau gmn om?
apa setiap roda bisa muter ndiri gitu maksudnya?
btw harganya berapaan itu om?sama lancer buas mana om?
SukaSuka
Karena lom liat langsung jd ga tau, tp secara logika, harus ada batang gardan utk memutar ban belakang.
Masih buasan lancer X katanya sih.
SukaSuka
keknya menurut saya masing2 roda bisa muter ndiri.jadi semisal sebelah roda selip ga bisa muter.yg sebelah masih bisa muter gitu keknya.
kalo yg roda biasa kan roda sebelah gerak yg roda sautnya juga gerak gitu.mungkin 🙂
lancer evo 1 M,yg biasa sekitar 400an keknya
SukaSuka
Iya, independen, gak konek langsung antara ban satu dengan lainnya.
SukaSuka
Evo X
SukaSuka
kapan ya bisa nyetir
wow boxer
eh awdnya subaru pakai hidrolis kah ?
SukaSuka
Mksdnya hidraulis gimana yak?
SukaSuka
Hanya bisa test drive di need for speed aja..hadewwwww..lawan sebanding evo x nh.
SukaSuka
Iya, di dunia rally gontok2an…
SukaSuka
wadoh subaru rek
SukaSuka
Juoss gandos
http://chakim92.wordpress.com/2014/01/25/harga-yamaha-r25-dipatok-dibawah-kawasaki-ninja-250fi/
SukaSuka
mantep…
SukaSuka
kyny rata2 mobil sedan karakterny gtu x ya? mgkn rasio gigi akhir lebih berat jd dbawah 2000rpm agak lemot. btw, kl sm pug ane koplingny berat mn om?
SukaSuka
Berat ini kemana mana, kopling set kompetisi/racing soalnya. Atau Pugnya dah diganti juga?
SukaSuka
Msh standar. Kbtulan pug sy yg cbu prancis lbh berat koplingny dr yg ckd. Org bengkel seh nyaranin ganti sachs spny bmw biar lbh enteng. Tp koplingny biar ud lm dan smpet ngebul di nagreg smp skr msh bgus aj.
SukaSuka
Buatan luar materialnya masih oke yah
SukaSuka
Bukan cm dashboardny, model exteriorny jg ga kelihatan biasa aj, tp ini mg mobil impian pecinta speed.
SukaSuka
Hehhee begitulah…eksteriornya masih gantengan evo
SukaSuka
Ga bs buat pamer kl mudik. Tar sm org kampung dikatain, mobil mahal koq ditumpaki ora penak. Hehehe..
SukaSuka
Wkwkkwkwk bener juga
SukaSuka
mobil rally kan?
SukaSuka
Mobil rally versi jalan raya…
SukaSuka
Yg rally-nya WRC ini WRX
SukaSuka
oh makasih infone. tapi tetep bengis nih tenaga mobil ini 🙂
SukaSuka
iyah heheheh..
SukaSuka
wow… Mesin boxer nih… Mantap…
SukaSuka
Ngomongin Subaru selalu bikin keinget sama Colin McRae, sayang udah dipunya Toy ota..
SukaSuka
awarahum kan beliau
SukaSuka
He’em, heli crashed taun 2007..
Oia, kenapa cm ada sedikit mobil yg pake mesin boxer? Pdhl keuntungannya banyak bgt dibanding mesin dgn konfigurasi susunan silinder tipe inline atau v?
SukaSuka
Lebih ke kemudahan perawatan
SukaSuka
boil keren 😎
SukaSuka
Makasih (sambil ngaca). Nah ini FB nya dah nongol wwkwkwk
SukaSuka
masih kenceng si kuro 🙂
SukaSuka
ora mungkiinnn 😀
SukaSuka
kalo si kuro di derek sm mobil F1 gmn om?
SukaSuka
Rusak si kuronya 😪
SukaSuka
Mobil paling super di Initial D stage 5 😀
http://wongndeso1994.wordpress.com/2014/01/24/kebiasaan-penyebab-hp-rusak/
SukaSuka
Iya ya?
SukaSuka
Iyo kang. Ɑ̈ ̣̣̥̲̣̣̣̥kυ̲̣̥ lagek nyadar hari kamis pas diceritain temenku 😀
SukaSuka
Sipppp…
SukaSuka
nyimak bang…. besok mau bikin artikel mobil juga aaahhh… coz, ada yg baru di garasi si boss
SukaSuka
Wahhh kayaknya keren nihhh… Ditunggu ya
SukaSuka
wah ini, mobil impian 🙄
saudara jauuuuuuuhnya astrea impressa 😆
SukaSuka
Ngahahhahaha
SukaSuka
Mobil kegemaran mas tomy soeharto.dulu mobil baru d pake rally udah d ancurin.kmana y skr mas tomy?krna dia ada motogp d sentul.hee
SukaSuka
Masa? Wow proyeknya beliau ya?
SukaSuka
wah harusnya pas ngetest sekalian test topspit kang
SukaSuka
Kudu ke tol 😀
SukaSuka
mobil sport ini
SukaSuka
woh sangar subaru! 😀
SukaSuka