Rare Bike, Aprilia RS 125 2001 dan RS250 ’97 – All 2 Stroke Engine


 

Aprilia RS250

Kobayogas.com – Masih berada di satu lokasi dan waktu yang sama lads, Kios Bikers Jalan Pungkur Bandung Jawa Barat, setelah puas melihat lihat dan mencoba ergonomi si Aprilia SR 125, kali ini giliran motor yang parkir di sebelahnya yang KBY lihat-lihat. Duo Aprilia RS125 dan RS250 Impression Review…

Kedua motor ini sangat sangat jarang KBY temui di jalan, so sepertinya tidak salah jika KBY mengkategorikan kedua motor ini sebagai ‘rare bike’ alias motor langka. Jarang ditemui apakah karena pada di simpan di garasi kali ya? Mungkin hehe.

DESAIN

RS125

Seperti biasa, motor-motor fairing seperti ini lebih banyak menipunya, maksudnya? Ya jika kita tidak melakukan intip-intip lebih dalam bisa saja sebenarnya motor tersebut adalah motor modif. Begitu pula impresi awal yang KBY dapatkan dari si Aprilia RS125 ini. Saat pertama kali parkir, KBY pikir ini Ninja 250 R yang dimodif sedemikian rupa. Namun setelah mengelilingi dan melihat dengan detail, well.. ini asli Aprilia RS125 lads!

Delta box besar dan tebal membuat sakit saat mencoba di ketok dengan tangan, modelnya sport klasik dengan bagian buritan melandai instead of naik. Kaki kaki kekar depan belakang, mesin kering, speedometer cukup baik walau beberapa cairan dalam LCD nya sudah mulai memudar karena faktor umur atau faktor kualitas?

Saat mencoba melihat knalpotnya, loh kok gada? Kang Iwan yang ada di lokasi langsung bilang, sebelah kiri mang! Kamipun terbahak bersama, termasuk Ivan vanzmotoblog. Ternyata posisi knalpotnya ada di kiri lads, lucu ya, gak familiar. Bantuk knalpotnya sendiri yaaa 2 tak deh, begitu gitu aja, boring.

RS250

Saat melihat sosok sang adik RS125, KBY berpikiran si kakak RS250 akan lebih besar sosoknya, ternyata beti alias beda tipis aka 11-12 saja sosoknya lads. Yang membedakan selain mesin adalah jok belakangnya yang nungging atau naik ke atas plus pada RS250 milik koh Hendra ini knalpotnya sudah side by side pada sisi kiri dan kanannya, dimana standarnya dari foto-foto yang beredar adalah dual muffler pada sisi kanan motor.

ERGONOMI

RS125 & RS250

Saat mencoba untuk di duduki, RS 125 ini bisa dibilang pendek atau rendah, kedua kaki KBY leluasa berpijak pada lantai, hanya tetap saja walau 125 cc, bodinya terasa cukup berat saat dicoba untuk digerakkan. Segitiga ergonominya bagaimana? Ya khas sport lah ya, merunduk dan akan bikin pegal untuk bepergian dalam jangka waktu cukup lama. Begitu pula dengan sang kakak RS250, ergonominya 11-12 juga, harus test jalan untuk mengetahui perbedaan detil dari keduanya. Kapan? Next time kalau KBY sowan lagi ke Koh Hendra hehe…

SPESIFIKASI

RS125

Manufacturer Aprilia
Parent company Piaggio
Production Since 1992
Predecessor Aprilia AF1
Class Sport bike
Engine 124.8 cc (7.62 cu in)
Power 28 bhp (21 kW)[1]
Torque 14 lb·ft (19 N·m)[2]
Transmission Manual
Suspension Front : 40 mm (1.6 in) upside down hydraulic fork. Wheel travel 120 mm (4.7 in)Rear : Cast aluminium box section swingarm with asymmetric members. Hydraulic monoshock with adjustable spring preload. Wheel travel 120 mm.
Brakes 4 piston radial caliper
Tires Tubeless radial. Front 110/70 17-inch; rear 150/60 17-inch
Wheelbase 1,345 mm (53.0 in)
Dimensions L: 1,950 mm (77 in)
W: 720 mm (28 in) at handlebars
H: 1,100 mm (43 in) at windshield
Seat height 805 mm (31.7 in)
Weight 126 kg (278 lb)[2] (dry)
Fuel capacity 14 l (3.1 imp gal; 3.7 US gal)
Fuel consumption 40 mpg-US (5.9 L/100 km; 48 mpg-imp)[2]

125 cc 2 stroke dengan ouput 28 bhp…. wowww sudah masuk kategori spek racing ini menurut KBY, hanya 125 cc loh lads. Belum lagi bobotnya yang hanya 126 kg dalam keadaan kosong. Biarlah spek yang berbicara…you just cant go wrong 🙂

RS250

Menurut penuturan sang pemilik, koh Hendra Kios Bikers, motor ini ditebus dari sahabatnya yang tinggal di Surabaya, koh Wandi. Koh Wandi sudah memodifikasi sang RS250 sebelum dipindah tangankan ke koh Hendra. Simak modifikasi yang sudah dilakukan pada Aprilia RS250:

Spek RS250:

-clutch bernett racing rs250
-head VHM
-Samco Hosekit
-RCS 19 brembo master rem
-Ohlins steering demper
-selang rem hell
-ban pirelli supercorsa
-rantai RK O ring
-painting and cutting sticker by Caprin Racing
-handgrip Domino
-Tyga stainlessteel sidebyside exhaust
-HID
-footstep tyga
-sproket belakang Tyga
-windscreen ori, fairing ori, inner fairing ori (bbrake
-exhaust valve cover pair GOLD tyga
-rizoma stopper
-rizoma tangk fluid oil brake

Sedangkan spesifikasi standarnya adalah sbb:

General information
Model: Aprilia RS 250
Year: 1997
Category: Sport
Rating: 67.1 out of 100. Show full rating and compare with other bikes
Engine and transmission
Displacement: 249.00 ccm (15.19 cubic inches)
Engine type: V2, two-stroke
Power: 56.00 HP (40.9 kW))
Torque: 46.00 Nm (4.7 kgf-m or 33.9 ft.lbs) @ 9800 RPM
Top speed: 200.0 km/h (124.3 mph)
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type,
final drive:
Chain
Chassis, suspension, brakes and wheels
Front brakes: Dual disc
Rear brakes: Single disc
Physical measures and capacities
Dry weight: 141.0 kg (310.9 pounds)
Power/weight ratio: 0.3972 HP/kg
Seat height: 690 mm (27.2 inches) If adjustable, lowest setting.
Other specifications
Starter: Kick

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

So, itulah impression review dari KBY yang baru pertama kali melihat dan menyentuh langsung salah satu karya seni motor balap asal Italia yang patut diperhitungkan bahkan oleh motor modern saat ini sekalipun…

Thanks for reading mangga digeber lads…

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Aprilia, Rare Bike dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

104 Balasan ke Rare Bike, Aprilia RS 125 2001 dan RS250 ’97 – All 2 Stroke Engine

  1. orong-orong berkata:

    motor kencang

    Suka

  2. hard berkata:

    ciri khas aprillia, rantai dikanan euy!

    Suka

  3. Nanang berkata:

    Oleh motor motor keren terus mas😉

    Suka

  4. umar shidiq berkata:

    joss..motor jambakan bencong hhmmmm :v

    Suka

  5. cuplis berkata:

    motor yang paling bagus namanya, Aprilia cantik dan feminim.

    Suka

  6. Bro_Jol berkata:

    Yg RS 125 sdh ada yg 4 taknya…yg gw bingung yg RS250 4 tak nya kagak muncul2 padahal gw dah nongkrongin dari kapan tau..NGAREP

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Kalau ada beli yak…uhhh maknyussss

      Suka

      • Bro_Jol berkata:

        dulu pernah ada informasi katanya namanya bakalan RSV2 250cc 2 silinder V..manaaa? cuman kabar burung..ternyata

        Suka

      • Jeremy Clarkson berkata:

        power restriction buat learner rider eropa. ini motor jaman sebelum restriction. jadi si 250 setelah peraturan keluar langsung berhenti proyeknya. si 125 2tak yg eropa aja cuma 15hp on crank yg restricted. itu kenapa juga mereka buat 125 4 tak. euro3 sama power restriction masalahnya.

        Suka

      • Bro_Jol berkata:

        terjawab sudah..noted and thank you Bro…

        Suka

  7. otojurnal berkata:

    Ane denger2 motor ini 7speed yak… Cmiiw
    Ane pernah coba yg 125, tp ga bisa nyoba top speed d gear terakhir @lenteng agung… Rame…..

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Mending, saya cuma denger suaranya aja..eh sesuai spek mah 6 speed om…

      Suka

    • wtf170 berkata:

      yg 7 speed cagiva mito kan?

      Suka

      • otojurnal berkata:

        Thanks to bro wtf170.
        Iya cagiva mito yg ane cobain itu, lupa namanya bukan aprilia, yg tampangnya mirip ducati superbike jadul….. Dan ane juga sempet nyobain yg versi nakednya juga cagiva planet.
        Tp ga nyobain speed k 7-nya cuma sampe gigi 4 aja, jalan yg di depan petronas lenteng agung udah abis dan rame…

        Suka

  8. threeazz berkata:

    Pengen satu,bodong gapapa deh,
    buat pajangan diruang tamu,,,
    😀

    Suka

  9. initial_d berkata:

    wew…..semoookkk skalee……..

    Suka

  10. FЭЯƔ berkata:

    mani buleud kitu om ente 😯

    Suka

  11. agun berkata:

    FC berapa nih FC???

    zxzxzxzxzxzx

    Suka

  12. lao2x berkata:

    klassik kang… Si buntut tawon…
    Saingannya Mito ini…

    Suka

  13. wtf170 berkata:

    artikel titipan nya si Roy ne…..2tak ….
    tp Roy jarang mantau blognya sis kobay ya

    Suka

  14. genbuz berkata:

    regone jelas nggilani yo kang…

    Suka

  15. Jeremy Clarkson berkata:

    dulu si 125 swingarmnya buat sembako modif. tapi karena rante nya di kanan, masuk ke motor biasa harus bubut. dan karena sebelah kiri melengkung buat knalpot, setelah dipasang jadi keliatan kosong. si 250 twin dulu pernah mau beli second 60 juta. tapi sekarang secondnya 80an. gila dah ni motor. sebulan oli samping bisa butuh 2-3 liter. hahahha. top speed 215 km/h on spido spek standar

    Suka

  16. inline4 berkata:

    info tambahan kang kobay:
    aprillia rs250 ini menggunakan mesin suzuki rgv250 segelondong utuh….

    tenaga rs125 memang dasyat 28hp,tapi sayang yang versi 4tak terbaru cuma 15hp

    Suka

  17. danisubject berkata:

    fastest 125 cc bike . 😀 yg 250 dua silinder kopling kering ya edannn moto 250

    Suka

  18. gilaroda2 berkata:

    PWR-nya mantab! sayang gak nyoba masbro, jadi pengen tau karakter tenaganya gmn? langsung galak dr bawah ato cm galak diatas kayak ninja rr?

    Suka

  19. asemb ketipu, tadi di fb kirain hayabusa 😀
    Honda cb150r itu dua silinder bro 😀
    http://ferboes.com/2014/08/20/honda-cb150r-itu-dua-silinder-karena-mesinnya-dohc/

    Suka

  20. RPMspeed berkata:

    motor murah :mrgreen:
    —————————–
    Apa Itu Porting Polish
    http://rpmsuper.com/2014/08/20/arti-porting-polish/

    Suka

  21. nivikoko berkata:

    motor kencang suara senyap handling sangat mumpuni di kelas dan jamanya

    http://nivikoko.com/2014/08/20/welcome-samsung-galaxy-s5/

    Suka

  22. wongserut berkata:

    kapan di gasss???

    Suka

  23. Arlong berkata:

    yg kolektor gitu soal spare parts apa merek pesan langsung ke pabriknya Aprilia di Italy sana om?

    Suka

  24. Arlong berkata:

    *mereka. sorry typo

    Suka

  25. ninja150ss berkata:

    bang snalpotnya dibikin 2-1 bs gk tuh,,,lha drpd 2 kiri kanan?
    biar suaranya ajibbbb…

    Suka

  26. rizkyrm berkata:

    dari dulu pengen cuma kehalang di perut aja..
    ______________
    http://kidutblog.wordpress.com/2014/08/20/modifikasi-honda-vario-130cc/

    Suka

  27. pai berkata:

    Yg rs250 msh axial caliper kayanya blm radial yah..? #nyimak artikel kmrn2 😀

    Suka

  28. Asep Juga berkata:

    duluuuuu, pny poster aprilia rs250 dr tabloid otomotif waktu harganya kalo gak salah Rp 1.500,- …taun kapan yak? #tua bener gue

    Suka

  29. Ping balik: Impression Review: Rare and Legendary Bike – Honda NSR 250 MC21 & MC28… « KobaYogas.COM

  30. Om Gasat! berkata:

    buntek gitu, tapi berotot 😆

    Suka

  31. haryudh4 berkata:

    Pernah beberapa kali liat RS125, bodinya lumayan besar dan lebar. Persis supersport CBR 600 kali ya kira2…

    Suka

  32. Jin galon berkata:

    Gak cuma knalpot yang kebalik. Gear sama rante juga kebalik. Ada di kanan. Ini yang bikin ribet klo arm RS125 mao dipake buat modif. Kudu coak buat mindahin rante ke kiri biar gak gesrek arm.
    Sama pelek belakang juga kudu dibalik. Jadi baling2nya kayak pacul. Hahahaha.

    Suka

  33. erwin rosedale berkata:

    ajiiiiib anti mainstream

    Suka

  34. bikerkampung86 berkata:

    buat yg eksentrik n out of the box
    2stroke passionnya bikin beda dri yg lain
    real men ride 2stroke
    wkwkwkwkwkwkwkwkwk……. 😆
    #kaaaboorrrrrr

    Suka

  35. andikakusumaharyanto berkata:

    lhoooo ada inazuma nyempil tuh wekekekekeke

    Suka

  36. Farrel berkata:

    Woow bener2 langka.

    Suka

  37. ukin berkata:

    kang fotonya jgn terlalu kecil2 sih…kalo liat dr hp kan bikin jereng

    Suka

  38. gaplek mania berkata:

    pernah ketemu dijalan.waktu digas suaranya garing dan nyaring serta naiknya rpm alus banget..lebih garing daripada ninja rr

    Suka

  39. Leopold S berkata:

    collectible items

    Suka

  40. Ping balik: Firts Impression Review: Glove Alpinestars S-MX2 Untuk Tes CBR K45 « KobaYogas.COM

  41. Ping balik: Test Ride Rare Bike – NSR 250 Atau Aprilia RS250 Atau Keduanya? | KobaYogas.COM

  42. Iqbal berkata:

    Wah.. RS250 nya di jual g ya.. jadi pengen punya nih.. hahahah

    Suka

  43. imam berkata:

    125cc =28hp
    Setara ninja rr(150cc)

    Luar biadab,ehh.

    Suka

  44. Ping balik: Test Ride Special: Aprilia RS250 2001 – Italian Flava Dalam Rasa Mesin 2 Tak.. | KobaYogas.COM

Tinggalkan Balasan ke monkeymotoblog Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s