Honda CBR 150R K45: Lebih Dari Sekedar CB Street Fire Sarungan…


DSC_0201

Kobayogas.com – Dear lads, tidak sedikit yang berkomentar dan menilai skeptis bahwa si All New Honda CBR 150R K45 lokal ini merupakan versi Honda CB Street Fire yang dipakaikan baju alias sarungan…benarkah seperti itu?

Tidak 100% salah namun juga tidak 100% benar, yang salah itu jika menganggap CBR 150R ini benar-benar hanya menambah fairing saja, karena sedjatinya, CBR 150R ini cukup banyak bedanya dengan CB Street Fire meskipun banyak pula persamaannya. Tidak percaya? Yuk kita bedah saja sekalian hitung-hitung memperkaya pengetahuan kita…

PERBEDAAN & PERSAMAAN CBR K45 vs CB STREET FIRE

Pada saat sesi product knowledge, tim teknis AHM menginformasikan kepada kami seputar Un-Similar Parts antara CBR CBU KPP, New CBR 150R K45A dan CB Street Fire K15A. Meski artikel ini membahas perbedaan antara New CBR K45 dan CBSF K15, namun mengingat slide dengan CBR CBU KPP satu kesatuan plus mesin CBR K45 dan CBSF K15 adalah satu platform dengan CBR CBU jadi sekaligus saja infonya disatukan ya…silakan disimak

DSC_0119

1. Frame

Ada beberapa perbedaan pada frame antara CBR K45 dengan CBSF K15 meskipun serancang dan sebangun. Jika pada CBR CBU jelas perbedaannya, maka antara CBR K45 dengan CBSF K15 lads harus melihat pictnya…

2. Muffler

Terdapat O2 sensor pada CBR K45 sedangkan pada CB Street Fire tidak ada sama sekali.

3. Suspensi Belakang & Pillion Step (Step Belakang)

Disaat CBR CBU tidak menggunakan suspensi belakang bersistem Pro-Link alias masih konvensional, CBR K45 dan CBSF sudah menerapkannya. Efek yang KBY rasakan sih joss ya handlingnya…Pada milik CBR K45 pillion step nya terpisah dengan body alias detachable (dapat dibuka – in case balapan). Milik CBSF malah seperti milik CBR CBU, di las pada bodi

4. Regulator Rectifier dan Kapasitor

Baik CBR K45 maupun CBSF K15 keduanya memiliki bentuk rectifier yang sama, dengan output 3 phase, full wave. CBR K45 sama dengan CBR CBU tidak terdapat kapasitor, artinya jika batre habis/ soak ya sudah, tamat, the end, selesai. Sedangkan CBSF memiliki kapasitor.

5. Throttle Body dan Kabel Throttle

TB milik CBR CBU drumnya memiliki satu lubang, sementara CBR K45 dan CBSF sudah mengadopsi drum dua lobang untuk mendukung kinerja 2 sistem kabel gas (?). Disaat CBR CBU masih mengandalkan satu sistem kabel throttle, CBR K45 dan CBSF K15 sudah mengimplementasikan sistem 2 kabel yaitu push and pull, sehingga putaran gasnya lebih ringan/ enteng.

6. Fuel Pump dan ECM

Untuk fuel pump, CBR K45 berbeda sendiri yaitu filter atau saringan BBMnya berada di dalam Fuel Pump dimana CBR CBU dan CBSF sama sama mengadopsi saringan BBM diluar. Sedangkan untuk ECM, ketiganya tidak ada yang sama meskipun jika dilihat secara fisik bentuk ECM CBR K45 dan CBSF K15 ada kemiripan.

Namun ada satu yang KBY rasakan masih kurang sreg, yaaa perbedaan karakteristik tidak dapat KBY uraikan dengan valid karena untuk CBSF sendiri KBY belum pernah mencobanya lebih jauh dari parkiran kantor…penasaran sih dengan handlingnya…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com

KobaYogas from WordPress for Android

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, New Product, Sharing dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

88 Balasan ke Honda CBR 150R K45: Lebih Dari Sekedar CB Street Fire Sarungan…

  1. ipanase berkata:

    mana sarungnya?

    Suka

  2. ninja150ss berkata:

    wah seru bakar2an di grup td…
    situ baca gk mang?
    kl baca pst ngakak guling2

    πŸ˜€

    Suka

  3. otogadjet berkata:

    Wah, dikirain artikel meriding series πŸ˜€

    Suka

  4. prasetyo676 berkata:

    Wah.. joss.. ini nih yg saya tunggu dari kemarin bang Kobay..

    Honda New CBR 150R vs Yamaha YZF R15 – Adu Genuine Aksesoris dan Spesifikasi Motor | prasetyo676.com
    http://prasetyo676.com/2014/09/11/honda-new-cbr-150r-vs-yamaha-yzf-r15-adu-genuine-aksesoris-dan-spesifikasi-motor/

    Suka

  5. prasetyo676 berkata:

    Tinggal performa real saat dipakai riding, biar makin lengkap.

    Suka

  6. baha berkata:

    perasaan sama saja

    Suka

  7. java36 berkata:

    mang, kalo make underyoke mentok fairing gak?

    Suka

  8. danisubject berkata:

    sayang fairing depan kurang nunduk . kabar pulsar 200ss pie yak πŸ˜€ satu lagi . spakbor kolong kaburrr

    Suka

  9. cuplis berkata:

    sarungan
    dan pake jilbob

    Suka

  10. warungasep berkata:

    more than just sarung πŸ˜€

    Suka

  11. New bonn djoovy berkata:

    Tes Moge udah biasa, tes cbsf pernah tpi blm maksimal… Addohh

    Suka

  12. sijidewe berkata:

    nunggu mazped modifikasi pasang kapasitor bank

    Suka

  13. vanz.motoblog berkata:

    meskipun saya sndiri agak kurang sreg sama body belakangnya (terutama swing arm yang terlihat pendek), tapi salut karena sempet was2 juga kalo cuma streetfire dikasi fairing malah bakal aneh.. *nunggu sabtu ini

    share diecast ducati streetfighter:
    http://vanzmotoblog.com/2014/09/11/diecast-ducati-streetfighter/

    Suka

  14. cah ndeso berkata:

    siiip..! nambah pengetahuan..

    Suka

  15. bikeaddict14 berkata:

    Pertamax ngga ya?

    Suka

  16. kompor berkata:

    NGAHAHAHA!!!
    Teknologi RCV kaya gitu bisa bikin overweight 14 kg dr cbsf ?!?!?!? πŸ˜†
    C’mon where is ur common sense ? 😈

    Suka

  17. cadoxs berkata:

    Nah klo dohc baru DNA motor gp #eh πŸ˜€

    Suka

  18. siapa bukan sih berkata:

    om kobay nomer 4 maksutnya gimana ya bisa dijelaskan nggak??? ane nggak begitu paham teknis soalnya

    Suka

    • wtf170 berkata:

      maksudnya capasitor bank bro…kayak matic
      honda…jadi seumpama aki kolaps masih bisa di
      engkol/dorong….tau kan kl sistem injeksi pke
      fuel pump yg membutuhkan arus listrik…

      Suka

      • Kobayogas berkata:

        sudah dijawab dengan baik, thanks, sori baru liat komennya hehehe

        Suka

      • siapa bukan sih berkata:

        owhhh oke makasih ya penjelasannya bro… ngerti skrg, jadi harus bener” perhatikan aki dong ya?? soalnya ane ada minat sama ini motor, jadi pengen tau kekurangannya juga

        Suka

      • wtf170 berkata:

        Yup…motor tanpa capasaitor bank kayak matic yamaha /matic honda gak termasuk…..harus sekali2 ngecek aki….

        Suka

  19. wtf170 berkata:

    maksudnya capasitor bank bro…kayak matic honda…jadi seumpama aki kolaps masih bisa di engkol/dorong….tau kan kl sistem injeksi pke fuel pump yg membutuhkan arus listrik…

    Suka

  20. menurut saya dimensi cbr150dohc lokal itu kebesaran untuk motor 150cc…

    ada juga buat sebagian orang (fansboy) besar itu gagah beraura moge (katanya)…

    tapiii begitu hasil test aksel cbr150dohc lokal beda sangat tipis dengan r15sohc lokal, ada beberapa komen fansboy yang tadinya mengatakan senang gagah dengan dimensi besar cbr150dohc lokal, malah berbalik menuding “biang keroknya” aksel cbr150dohc lokal unggul tipis dari r15sohc lokal > dikarenakan bobot dan body bongsor cbr150dohc lokal lebih berat dan besar dari r15sohc lokal (sebelumnya dibilang gagah)…

    “dan beberapa fansboy tadi berujar, cbr150dohc lokal berdimensi besar saja sdh unggul dari r15sohc lokal, apalagi kalo dimensinya dan beratnya sama > bisa kalah telak tuh r15…!”

    hmm…

    sepertinya ahm mempelajari tabiat konsumen matic yang suka dengan big size (vario125) dan mencoba menerapkan pada konsumen di kelas sport fairing 150cc…

    “ini lohh kelebihan cbr150 lokal lebih gambot dari versi cbu dan kompetitor…!”

    ^jadi berasa naik moge dong… πŸ˜† :mrgreen:

    (maksa banget)

    xxiii…

    γ€€

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      a big bike feeling … memang itu jargon dan tujuannya…
      kalau gw yang beli, gw akan bikin mesinnya lebih powerful lagi biar sesuai bodinya…walau standar aja yang tadinya underestimate dan siap2 kecewa, n anggap AHM cuma koar2 doang.. malah jadi malu sendiri…dont judge book by its cover happened to me…

      Suka

    • kalo buat settingan khusus test di parkiran sih gampang lah dibikin enteng…

      gak honpreett gak yakamprett sama aja ngibulnya soal unit test…

      πŸ˜† :mrgreen:

      γ€€

      Suka

      • Kobayogas berkata:

        kalau soal itu, diluar urusan tester, tester tidak bertanggung jawab atas ketidaksamaan antara unit tes dan unit jual (apabila ada).
        Kita datang, hadir, tes, selesai dan testimoni, gak ngeset apa apa gak bongkar apa-apa… hehehe

        toh kalau emang kotor, akan ketauan juga…udah ada contohnya kan?

        Suka

      • kompor berkata:

        NGAHAHAHA !!!
        klo ini gw setuju, herannya blogger papan atas ampe bawah belum belajar πŸ˜‰
        Ud liat spek shet dan test ride masih “belum tercium aroma fishynya” 😈

        Suka

      • kompor berkata:

        tester bertanggung jawab menyebarkan aroma fishy πŸ˜‰
        jangka panjangnya tester cuma jd tempat titipan pesan sponsor, bukan citizen journalism lg..
        enga ada bedanya dengan tabloid dll 😈

        Suka

  21. nyempluk berkata:

    handlingnya lumayan

    Suka

  22. zuroichi berkata:

    lebih nya sarungan doank yaa bang hahahahahk

    Suka

  23. bikerkampung86 berkata:

    ane kpn ya???…….

    Suka

  24. Lovemotobike berkata:

    cbsf+remap ecu+O2sensor+beli gear belakang ukuran 46 = bukan cbsf sarungan

    vixion+rasio6 speed + gear depan belakang rubah + remap ecu+ banana arm = vixion sarungan??

    fby kambuh*

    Suka

  25. bikerkampung86 berkata:

    berarti cbr lokal tinggal ditemplokin stiker satu hati semakin didepan hahahahahahaha…….. πŸ˜† πŸ‘Ώ

    Suka

  26. darmo modar berkata:

    klaw menurut pendpt ane beda bro kta perhatikan bentuk lekuk tangkinya dlu.cb 150 ama cbr 150 lokal basic bentuk tangkinya jelas2 beda.lekukan tangki cbr 150 lokal mrip2 sang kakak cbr 1000 rr sedangkan cb 150 ada pembatas sekat buat shorud tangkinya skrg kesimpulany klaw yg sarungan tangki masih mirip cb 150 tinggal tambahin pairing it bru namanya sarungan dan dipasang buntut model cbr thai.nah skarang kt beralih ke area buntut cbr lokal sma cbr thai beda .klaw cbr lokal agk gelembung kluar dan lancip sampai ke ujung lampu rem blakang.kesimpulanya in mtor gak gk photogenik buntut tangki dan pairing sangat proposonal.nah skrg kt beralih ke produk tetanga reok 15 tangki reok 15 masih mengadopsi tangki vixsion lama.buntut terlalu nungging gk manusiawi kta mas iwan loh pairing kegedean banyak yg bilang kyak lele dumbo hidrospalus la dan lain2 nah kesimpulanya r 15 bisa kta katakan mtor sport vixsion lama yg di sarungi pkai pairing ..dan jadilah r 15 reok skrg ..

    Suka

  27. Ping balik: All New Honda CBR K45 vs CBR CBU.. Mana Yang Lebih Value? + Video « KobaYogas.COM

  28. Ping balik: Honda Kuasai Pasar Sport, New CB150 Salip Vixion, Efek Nmax, MT15 Atau Asap Nih? | KobaYogas.COM

Tinggalkan Balasan ke sijidewe Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s