Holla lads,
Lupa kapan terakhir KBY melakukan retune piggy back dari Dastek yang sudah nempel di si Kuro kurang lebih 4 tahun lamanya. Kebetulan ada “panggilan” dari sahabat KBY, Kang Ronny SS yang akrab dipanggil Siauw Siauw, yang juga owner SS Performance Shop berlokasi di Jl. Supratman No. 40 Bandung.
Masih ingat test ride singkat CB1000R di artikel KBY lalu? Betul sekali, Kang Siauw ini owner CB1000R tersebut. Nah, karena si Kuro lagi dibawa ke Bandung oleh permaisuri, ajakan tersebut langsung diiyakan oleh KBY, dan sang permaisuri pun ‘kena getahnya’ karena oleh KBY diminta bawa Kuro kesana hihihi…
“Beneran nih mang? Ciyusan?” tanya KBY melalui BBM…
“Ciyusan atuh, buru bawa kadieu” jawab Kang Siauw.
Segera KBY minta tolong ke permaisuri melalui BBM untuk membawa si Kuro ke Jl. Supratman No 40 tersebut. Cerita punya cerita, mesin Dyno yang pernah dipesan tempo hari rupanya sekarang sudah terinstall rapih di bengkel tersebut.
Singkatnya, si Kuro sampai di SS dan disambut oleh owner yang juga eks pembalap dan langganan juara Jazz OMR beberapa tahun lalu itu. Melalui tangan kanannya, Kang Teddy Jusman alias Kang Didu yang juga manager tim balap HBC (Honda Bandung Centre), si Kuro mulai dinaikkan ke mesin Dyno dan setting ulang alias retune pun dimulai.
Sebelum mendapatkan hasil akhir, yuk intip sejenak spek yang dimiliki oleh si Kuro sampai dengan saat ini.
Tipe Kendaraan: Honda Jazz i-DSI CVT 2005 (MoTuBa neh :D)
Mesin: Tipe L15A, SOHC 8 valve 87dk @5800 dan 128Nm @2800 (spek pabrik)
Modifikasi pada mesin
– Porting and Polished
– Papas head 0,5mm
– Header dari VTEC 2007
– Down Pipe dari Kansai tipe resonator
– Centre Pipe custom RKK uk 1 ⅝”
– Muffler Greddy/ Trust tipe Beat Max Ti
– Air Filter tipe replacement dari K&N
– Reamer Throttle Body
– Bobok Intake
Dulu, saat pemasangan awal dastek piggy back, dengan spek tersebut di atas plus dastek, hasil yang ditorehkan mencapai 100,3 dk dengan RPM dilihat pada 6000 di RUN 5 setelah sebelumnya sebesar 88,9 dk di RPM 5500 (abaikan angka pada RPM 6000 karena kurvanya sudah menurun).
Sedangkan Torsi maksimalnya sebesar 127,3 Nm didapat pada RPM 4500 setelah sebelumnya hanya 116,1 Nm di RPM 5000.
Nahhh karena tujuan retune ini bukan untuk menambah daya si kuro, namun hanya ‘mengembalikan’ settingan paramater yang mungkin sudah acak acakan selama beberapa tahun kemarin akibat lama tidak dilakukan retune, maka hasil akhir pada power atau torsi bukan tujuan utamanya. Yang penting settingan kembali enak dan yang paling penting lagi, membantu seorang sahabat dalam meracik settingan mapping yang pas, yang tentunya akan berguna ke depannya bagi pelanggan SS Performance.
Berapa hasil test si Kuro setelah di retune oleh SS Performance melalui tangan dingin Kang Didu? Apakah menurun seiring bertambahnya usia si Kuro? Atau tetap? Atau malah meningkat? Akan KBY sharing di artikel selanjutnya ya lads…have a good nite all, and thanks for reading…
Bonus jumat malam (bukan malam jumat :D)
Posted by KobaYogas from WordPress for Android
*1st
SukaSuka
Dua… 😀
SukaSuka
Yuhuuuuuu……..
SukaSuka
Hahhaha dia nongol disini…
SukaSuka
Atuh lain kuro deui ai ungu bodas kitu ma
SukaSuka
Nya eta, poho ngarana wkwkkw…
SukaSuka
Wkwkwkwkek
SukaSuka
selamat pagi semuanya..bukak sithik Jazz..!
SukaSuka
Pagi om Jul….selamat beraktivitas, TGIF
SukaSuka
ah teu beja beja ka bandung teh ;-D
SukaSuka
Ngan murangkalih sareng pun bojo wungkul mang, saya jaga jakarta hehhee…
SukaSuka
Hmmm… Mengenai artikel no comment dah, coz ga punya mobil. Kalo ttg bonusnya, harusnya pake lingerie tuh. Bajunya jelek,jadi kurang pas dibagian breast nya… Musti di fix dikit.. Sekian dan terima kasih 😀
SukaSuka
Huahahaha…Sampeyan jd anak buahne IGun ya? Kekkeek
SukaSuka
Bukaaaaaaaaaannnnnn……
Haiaaaaahhhhh…ciiiaaaatttttt……
Yak dessshh…yak deessshhh….
*nitip jemuran terbaru
SukaSuka
Wkwkwkwk….
SukaSuka
pengen ke ss permformance….
SukaSuka
Sok atuh…hehhee..tune up/servis dan aksesoris lengkap disana mah..
SukaSuka
Wasyem, ra nguati tenan bonuse
SukaSuka
Amin yang gak kuat yah hehehe
SukaSuka
wah ada yang mau tumpah. hahahahhaa. wah setiap mau tune up bawa ke bandung ya.
SukaSuka
Gak kok, di jakarta juga ada langganan, tp emg kebeneran aja anak bini lg pd liburan disana, jd sekalian hehe. Kalau emg pas lagi di bandung n kebetulan saat servis, pasti ke SS…
SukaSuka
bonuse lama2 b**il neh….kebiasaan pake blogspot sih yg punya lapak…
SukaSuka
Kekekke..gak lah bugil mah, buat koleksi pribadi aja wkwkkwwk..
Eh gagal paham nih, emg knp kalo blogspot mas?
SukaSuka
haloo om kobay,
itu udh papas head berarti udh non subsidi yah om??
intake manifold blm di bobok yaa om??
#nunggu update selanjutnya tentang si kuro ahh.
SukaSuka
Oia lupa, intake dah di bobok, tar di update deh…
Nahhh asiknya pake dastek, ada mapping yg bisa di set utk premium hehehe…tetep cihuy tarikannya. Singkatnya mappingnya memang diset utk pengisian premium, disesuaikan…
Tapi tetep paling cihuy ya pake Ron 95…tapi khusus nyentul aja settingan itu mah hehe…tinggal geser tuas aja.
SukaSuka
bobok intake dmn om??
efek yg dirasain dr bobok intake ituh apa yaa??
mau coba oprek gd3 juga nih om.hehehe
SukaSuka
Di RS Tuning lestari motor veteran jakarta…ya nafasnya lebih panjang dan enteng hehee
SukaSuka
Jadi lupa apa yang habis dibaca setelah scroll ke bawah.. Aada yang mau tumpeh-tumpehhh… Aseeem..
SukaSuka
Hayaaahhh…
SukaSuka
mantep nih mas, si Kuro jadi tambah mantep larinya
SukaSuka
Jadi lebih enak lagi aja sebenernya…karena disetting ulang hehe
SukaSuka
Honda Jazz,,, dulu bpk pernah mau beli tp suspensi anjlok. Gak jd,
SukaSuka
Suspensi anjlok gimana maksudna…
SukaSuka
Ya itu lo kang… Dinaikin sekeluarga 4 orang, terlalu lemes suspensinya jadi “nggasruk parah”…
SukaSuka
Tahun berapa? Sapa tau shocknya dah lemah…
SukaSuka
itu whp atau hp? habis berapa bro?
SukaSuka
Hp mzbro….
Hehehe free buat temen 😀
SukaSuka
BHP tepatnya…
SukaSuka
tambah kencang
SukaSuka
Hehhehe…nanti di artikel selanjutnya
SukaSuka
request bro..review utk old cbr remasol nya jg boleh brow..jgn lupa si remasol nya sdh jajan apa aja. Mantab khan ?
SukaSuka
Boleh deh, mumpung masih agak fresh di ingatan hehehe….nanti ya di draft dulu
SukaSuka
ya ampun dua silinder
SukaSuka
numpang nyimak mas Kobay… Yg penting hadir… Hehe…
SukaSuka
Siappp…makasih, ini makanannya mangga diraosan 😀
SukaSuka
ga gitu ngeh ma artikelnya, nonton bonusnya aja! Suegerrr!
SukaSuka
Mangga maaaang
SukaSuka
Gk ngerti soal R4 om… cuma ngerti bonusnya aj wkwkwk..
SukaSuka
Gpp yang penting haderrr hehhe
SukaSuka
absen siang.
SukaSuka
Mase maseee…
SukaSuka
masih menunggu updatenya si kuro om,hehehehe
SukaSuka
Oia..dah ada hasilnya, nanti dibikin yah…hehhee
SukaSuka
Dapet brp detik om 402 mtr ? hasil dyno mbl ane hampir mirip mobil ente..kira2 dgn HP dan torsi segitu dapet brp detik ya ?
SukaSuka
Saya gak pernah ikutan drag om… Kurang suka hehhee…kalau best lap sih 2:12…
SukaSuka
Om, mo nanya,,, masang dastek skr kena brp ya kira2?? Btw, pake piggyback bisa minum premium tetep ngerak kan di ruang bakar? Sering carb clean ngga om? … Ane tiap hari lewat ss ngiler pngen masang piggy blm ksampean mlu,, mantep soalnya harganya,,hhehe. Tp overall worth ga om masang piggy buat harian?
SukaSuka
Sekarang? keknya 6,5 juta tipe Q+….
Tentu, namanya pakai premium pasti keraknya akan lebih banyak dari Ron 92 atau Ron 95…
worthy bingit pasang PB mah menurut ay…
SukaSuka
wow, mantap harganya,,hhehe…
brarti kalibrasi PBnya tiap 4 taunan ya?
klw retune gtu kena brp biasanya om?
pasang PB bsa naik 12dk an ya.. mantep dah..
SukaSuka
PB murni tanpa ubahan apapun paling 4-5dk…
Ga juga sih tergantung duitnya ada pa gak,mau 6 bulan skali juga gpp hehhe
SukaSuka
Ping balik: Mencoba Yamaha NMax Pakai BBM Pertalite, Kok Ga Enak? | KobaYogas.COM