Pojok History: Cintaku Pada Honda Berawal Dari Mobil Ini…


Cielo VTEC

Ini dia si terong

Honda Accord Cielo VTEC… Siapa yang tidak kenal salah satu mobil kencang dengan teknologi VTEC pertama di Indonesia ini? Besar, mewah, nyaman, handling dewa dan kencang tentunya, walau seperti mobil Honda lainnya, bantingan agak sedikit firm dan minim fitur dalam kabin…

Kobayogas.com – KBY menemukan foto ini saat sedang bongkar-bongkar foto dari memory card blackberry.. ahhh jadi teringat lagi cerita si Cielo Ungu ini… Warna ngejreng ungu terong adalah pilihan Nyonya… KBY miliki dulu saat si sulung masih berusia satu tahun, jadi sekitar tahun 2004…

Pilihan kepada Cielo bukan tanpa alasan, dari kecil sudah dijejali Yoyoda sama ortu, karena kebetulan saat ortu masih aktif jatah mobilnya selalu Yoyoda, sebut saja dari mulai DX 83 (seken), Starlet XL 1.0 (gres), Twincam 1.6 SE Limited (gres), Corona Absolute 2.0 G (gres) dan terakhir Altis G non VVT-i juga gres. Belum lagi si babeh sempat ada Kijang Rover SX, Kijang Grand Extra, Kijang Kapsul dan Avanza.. gimana gak eneg coba? Tau enak dan gak enaknya Yoyoda dah.

Nah saat punya duit sendiri, KBY ogah Yoyoda lagi, bosen dan serasa ada yang ga sreg dari semua karakternya… Pilihan pertama adalah Galant Lele, kenceng pasti.. sayang, mundur teratur karena spare parts yang gak kena di dompet, having compared to Accord Cielo, ternyata spare parts nya lebih masuk akal.. Cari tahu banyak dan hunting, dapatlah si Cielo Ungu tersebut…

cielo1

Pemilihan pada Cielo tahun 96′ juga bukan tanpa dasar, teknologi VTEC adalah alasannya, seingat KBY inilah mobil jepang pertama di Indonesia yang menyematkan teknologi bukaan katup variable pada mesinnya… ngowoh dan hokcay lah pada VTEC mah…

cielo2

Dan benar saja, KBY langsung jatuh cinta pada semuanya, pada Honda, karakter seperti ini yang KBY cari, yang tidak didapat pada produk Yoyoda, handlingnya itu loh, dewa deh, bersama-sama dengan Mitsubishi dan Mazda, Honda memang terkenal selalu mendewakan handling dan performa pada setiap produknya. Asal kaki kaki sehat, kemana pun setir diputar maka rodanya akan segera merespon… nikmat… gejala limbung sangat minim, performa mantap… buat yang suka kenyamanan dan bantingan empuk, jelas gakan suka..

ilustrasi

ilustrasi

Performa mesin VTEC dari mesin F22B1 SOHC over stroke, sanggup berlari 190 km/ jam tanpa susah payah, bisa 200 asal nyali kuat saja. Sasis dengan kode CD jaminan kehebatan karena terbukti di ajang JTCC (Jepang). Kaki-kaki double wishbone di keempat roda menjamin kestabilan mantap. Ini sekilas info mesinnya:

Kode Mesin : F22B1
Tipe mesin : 4 in-line SOHC, 16 valves V-TEC
Kapasitas : 2156 cc
Bore x Stroke : 85.0 × 95.0 mm
Kompresi : 8.8:1
Tenaga Maksimum : 145 hp @ 5500 rpm
Torsi Maksimum : 199 Nm @ 4500 rpm

Tapi bukan tanpa kelemahan, suspensi double wishbone memang jos, tapi ya kalau saatnya harus diganti tidak murah juga… Interior tanpa AC digital, padahal jaman Maestro, AC digital sudah standar… Sayang foto-fotonya di Bandung belum ketemu lagi… Ahhh jadi pengen lagi miara… tapi gak boleh egois, keluarga nomor satu bukan? 😀

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

125 Balasan ke Pojok History: Cintaku Pada Honda Berawal Dari Mobil Ini…

  1. onk berkata:

    Ep Be Ha tulen,, Mangga digeber (hihihi)

    Suka

  2. KomMotor berkata:

    Edasss… aralus mobilna Kang.. 😀

    Suka

  3. warungasep berkata:

    Tatangga saya Polisi,mobilna kitu kang sami,velgna sabelah 18,sabeulah 14,gelo hahaha… 😀
    http://warungasep.wordpress.com/2014/04/07/☂-bukti-otentik-di-warungasep-bahwa-pengemis-itu-tidak-miskin/

    Suka

  4. cahyadip berkata:

    VTEC = variable technic 😉
    http://cahyadip.wordpress.com

    Suka

  5. enoanderson berkata:

    Wah namanya cielo ya, berarti ane umur 10 taun-an waktu pertama naik acco’ cielo ini…. Heheee 😀

    Suka

  6. Red Satellite berkata:

    Coba aja ini RWD, pasti ada sensasi over steer jadi yg terlupakan 😀

    Suka

  7. macantua berkata:

    Nambah we mang

    Suka

  8. ipanase berkata:

    wew honda
    honda itu motor

    Suka

  9. wahhh kalo aku estilo mas….pas kuliah kayaknya cewek cewk demnya yang model gini jadi pengen beli….yang bikin jos harganya itu loh dari dulu sampai sekarang tetep 90 jutann

    Suka

  10. jauaeotz berkata:

    SOHC superior ini mah

    Suka

  11. danisubject berkata:

    tabah turbo seting kipas ex gede biar boost rpm bawah pas masuk 5000 dah bunyi ngiing tambah mantep .kalo rwd kalo ngepot ngepot aja lah 😀 drifting under steer

    Suka

  12. motobikerz berkata:

    Ini dia.. Donimoto Motorcycle Aparel asli karya biker Indonesia
    http://motobikerz.com/archives/1917

    Suka

  13. fachruldeanca berkata:

    Dijadiin bahan modif jdm om ngeheheh :mrgreen:

    Suka

  14. wahyu berkata:

    lebih suka maestro last model yg 4WS dan ada climate controlnya mas
    mesin lebih besar dengan 2400cc bertenaga sama tapi torsi lebih nampol

    😀

    Suka

  15. Mas Dani berkata:

    mantap emang honda yg satu ini, yamaha blm berani pake VTEC..
    *lho eh

    mampir kang

    Bajaj Pulsar UG3 Kanibal Kampas Kopling Scorpio, Perhatikan Hal-Hal berikut (Bagian 2)

    Suka

  16. cHUrutZZ berkata:

    Ane dlu pernah punya kakanya si maestro tahun 90, emang enak mob7lnya pdhal tmasuk mobil tua,,,,sayang ane nemunya yg matik jd lambat naiknya, pdhal msh suka tp apa daya bbmnya lumayan bikin kantong bolong (udah 2000cc matik lg :mrgreen: ) akhirnya dipindahtangankan boilnya

    Suka

  17. Maskur berkata:

    wuzzzz
    garasiku jadi kurang kalo masukin mobil ini, … motor ama sepeda nggak ada tempat…
    accord Prestige, Maestro, cielo dst kok puanjang bodynya

    Suka

  18. ridertasik berkata:

    wanjjrrriiiiittt,,ieu mah mirip mirip si juragan ikan,FBY dari keluarga FBT 😆

    beginilah jalan di tasik selatan

    Suka

  19. ridertasik berkata:

    wanjjrrriiiiittt,,ieu mah mirip mirip si juragan ikan,FBH dari keluarga FBT 😆

    beginilah jalan di tasik selatan

    Suka

  20. ridertasik berkata:

    salah nulis anu fby mah 😀 da eweuh mobil yamaha mah 😆

    Suka

  21. Gokil sekali berkata:

    Lampunya keren,,

    Suka

  22. aRya berkata:

    pernah coba ngejar pake gd3 vtec MT, ngga dapet2 bisa nempelin aja susah bener.
    lokasinya di cipularang.
    yaudh masuk rest area deh.hehehehe.

    Suka

  23. prasetyo676 berkata:

    Wah, Accord Cielo, salah satu mobil favorit. Tampilan gampang dibikin keren.. joss bang Kobay..

    http://prasetyo676.wordpress.com/

    Suka

  24. Aluvimoto berkata:

    cinta pertamaku pada honda nova wonder
    sampe sekarang belom kebeli :mrgreen:

    Suka

  25. bebed berkata:

    Cocoknya emg 7 seater sih lu ler..anak udh gede2 gitu..captiva diesel yg facelift aja..joss..163hp/300Nm..harganya msh diatas 200jt

    Suka

  26. jonfis fandy berkata:

    Coba dulu belinya beneran dapet galant lele atau malah hiu, bisa2 malah jadi FBM

    Waduh lupa ganti nickname..

    Suka

  27. RPMspeed berkata:

    wah wah 😀

    —————————————-
    Tips Agar Rem Makin Dahsyat

    Tips Agar Rem Cakram Makin Pakem

    Suka

  28. nelvian berkata:

    yeah… VTEC powaaah !!!

    senang waktu jamannya H tegak sesuai jati dirinya… IMO paling terakhir seperti itu cuma civic fd… bukan yang fb (failed breath)… 😆

    Suka

  29. nelvian berkata:

    senang dengan fun to drive ala adnoh…
    bahkan di beberapa tipe mereka mungkin lupa, kalau jok belakang isinya orang bukan roll cage… 😆

    Suka

  30. terong? kaia mobil om peyek… jangan jangan….

    Suka

  31. nelvian berkata:

    ingat satu quote abadi…

    “Old hondas never die, they just get faster…”

    Suka

  32. Ada deh berkata:

    Hedon cong

    Suka

  33. Ade Astina berkata:

    Jadi ingat maestro 4ws, kendaraan pertama hasil keringat sendiri. handling mantap dan tenaga kuat harus mengalah pada 7 seater. bagaimana nasibnya sekarang ya… hiks…

    Suka

  34. ndesoedisi berkata:

    keren, semoga bisa kebeli sodara-sodaranya 🙂

    Selamat Mencoblos

    Suka

  35. nbsusanto berkata:

    accord memang nyuss buanget..apik, kuenceng, lega dan mahal.. :mrgreen:
    tapi honda yang bener-bener di angan kalo aku masih civic series..genio dan fd..modelnya ciamik tak lekang oleh waktu.. 😎

    http://dolanotomotif.com/2014/04/07/mumpung-ada-test-ride-vespa-gts-250/

    Suka

  36. pandahitam berkata:

    cielo emang joss gan 2000cc vtec pada jamannya,,, sayang kalo keluar garasi mepet banget bodinya lebar dan panjang. 😀
    lebih nyaman ipik kalo buat harian and tinggal di perumahan yg jalannya sempit 😀
    http://pandahitam.wordpress.com/

    Suka

  37. Mase berkata:

    dewanya mobil…

    Suka

  38.  

    dulu ane biar bisa pdkt sama bokin sampe nubrukin jazz ke swiftnya…
    akhirnya lama2 jadian deh…

     

    -terima kasih honda-

     

    :mrgreen:

     

     

    Suka

  39. Orang gila berkata:

    Denger denger pernah punya bmw juga ya? 😀

    Suka

  40. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    kenceng mana ma jazz om?

    Suka

  41. rezaholic berkata:

    Mobil ini gilak.. gigi 2 nya ampir 100, wkwkwkwk :mrgreen

    Suka

  42. Aa Ikhwan berkata:

    FBH yeeuuh :mrgreen:

    Suka

  43. ari berkata:

    kalau keluarga ane hampir semuanya pake toyoda….termasuk ane 😀

    Suka

  44. Achmad Sya'roni F berkata:

    Meski sekarang saya pegang sedan toyota, tapi saya mengakui kalo nyetir sedan honda lebih nikmat

    Suka

  45. bardolo berkata:

    Honda mobil, jos. Honda motor gawean AHM? Kualitas payah…bodi getar tar tar..

    Suka

  46. TiCtAc berkata:

    nah panduan nih
    nice article kang

    Suka

Tinggalkan Balasan ke nelvian Batalkan balasan