Komparasi All New PCX 150 vs Old PCX 150, Mana Lebih Value?


PCX

Kobayogas.com – Hola lads, sudah selayaknya jika produk baru sebagai suksesor pendahulunya hadir dengan lebih baik, lebih lengkap dan lebih value. Honda PCX yang sudah wara wiri sejak tahun Juni 2010 lalu dengan menyematkan mesin berkapasitas 125 cc lalu menjadi 150 cc, kini tampil dengan lebih lengkap. Benarkah ia kini lebih baik?

PCX memang fenomenal dengan gayanya sendiri, terjual lebih dari 11.882 unit sejak kemunculannya di Indonesia Juni tahun 2010, kini saatnya membandingkan antara sang ancestor dengan suksesornya… KBY coba telaah satu persatu sesuai dengan data yang KBY miliki…

DESAIN/ DIMENSI

Tidak ada kegagalan dari sosok penampilan PCX sebelumnya, meskipun yang namanya desain adalah balik lagi ke selera, namun secara keseluruhan desain Honda yang diterapkan pada generasi PCX dapat diterima oleh semua kalangan terutama pencintanya.

Ada beberapa bagian dari New PCX yang mengalami perubahan dibanding Old PCX, seperti misalnya bagian dari lampu sein belakang kini ikut dilaburi cat, sedangkan Old PCX hanya berwarna plastik hitam. Namun ada juga yang pada Old PCX dilaburi cat sewarna bodi, pada New PCX malah dihilangkan, yaitu pada bagian dalam dari “boss feature”. Namun menurut KBY, justru hal tersebut merupakan langkah cerdas Honda untuk meminimalisasi terjadinya goresan akibat alas kaki yang digunakan pengendara saat menggunakan fasilitas boss feature tersebut.

PCX

plastik hitam lebih aman dari goresan

Bagian behel atau back handler juga berbeda, kini lebih panjang dan lebih lebar dibanding old PCX. Yang masih serupa adalah sama-sama dilaburi cat sewarna bodi. Behel berukuran besar ini juga membuat efek gambot semakin terlihat.

Jika dilihat kasat mata, sosok All New PCX terlihat lebih masif dari yang lama, baik dari sisi tebeng/ sayap, maupun buritannya. Bagian buritan yang lama garisnya mengecil dari depan ke belakang, mengesankan lebih ramping, sedangkan New PCX lebih rata lebarnya hingga ke lampu rem. Efeknya, kesan gambot lebih di dapat pada New PCX dibanding Old PCX terutama jika dilihat dari belakang. Padahal dari sisi lebar, old PCX lebih lebar 1 mm dari New, tapi bicara panjang dan tinggi, New lebih panjang 14 mm dan lebih tinggi 9 mm dari Old.

TABEL PERBEDAAN DIMENSI ALL NEW PCX vs OLD PCX
Tipe Panjang (mm) Lebar (mm) Tinggi (mm) Ground Clearance (mm) Seat Height (mm) Wheel Base (mm) Berat Net
All New PCX      1.931          737      1.103          138  759.5        1.315 131 kg
Old PCX      1.917         738      1.094          140        1.315 129 kg

literature: buku manual New PCX dan berbagai sumber

FITUR

Menurut KBY, selain faktor desain baru dan perubahan mesin, penambahan fitur juga menjadi sangat krusial bagi sebuah produk baru yang menjadi suksesor pendahulunya. Jika tidak lebih baik atau bahkan berkurang, yaaa berarti kemunduran lah yang dialami.. Bagaimana dengan New PCX terhadap Old PCX?

Tercatat oleh KBY, New PCX unggul 13 fitur dari Old PCX, 12 fitur sudah KBY sebut pada artikel sebelah sini, dan kelupaan 1 fitur lagi, yaitu jam 😀 Simak 13 fitur baru yang dimiliki oleh New PCX lads…

  1. Lampu LED, Full…!! Mau dimana? Depan? Belakang? Sein depan? Sein Belakang? Lampu senja? Lampu plat nomor? Semuanya LED… dan ini OEM alias dari sananya loh.
  2. Average Fuel Consumption, alias konsumsi BBM rata-rata. Kini hadir di tengah dashboard/ speedometer. Jujur, saat memutuskan meminang New PCX ini, KBY belum tau apakah ada atau tidak fitur ini. Semua foto yang ada di internet tidak menampilkan foto fitur average ini. Begitu pula orang-orang yang KBY tanya, tidak ada yang tahu. Sukurlah ternyata ada 😀
  3. Fitur Lampu Hazard… Ini fitur moge lads… entahlah dengan skutik non jepang lainnya, apakah kelas 150 cc mempunyai fitur Hazard ini? Jelas sangat fungsional.
  4. Penahan Jok; Kini jok dapat dibuka dalam dua versi, setengah atau full. Saat setengah pun kini ada penahannya, jadi tangan bebas tidak harus memegang jok lagi…praktis kan?
  5. Lumbar Support; kini letaknya tersembunyi dengan bentuk lebih lebar. Jika dilihat seperti tidak ada tonjolan di jok, namun ketika dipegang dan diduduki, baru terasa tonjolannya. Membuat berkendara lebih nikmat lads…
  6. Power Outlet on The Go; Kehabisan batre HP/ Gadget? Tinggal colok… no worries
  7. Laci Baru; dengan fitur soft opener dan kantung lebih dalam.
  8. Anwer Back System; Seakan tidak ingin kalah dengan saudara-saudaranya yang lahir terlebih dahulu, answer back kini menjadi fitur standar
  9. Alarm LED Indicator; kini saat alarm aktif terdapat lampu LED yang menyala seperti Vespa series, paling tidak akan membuat si maling berpikir dua kali
  10. Auto Shutter Key; saat kita mengunci setang dan melepas anak kunci dari rumah kontak, maka otomatis kunci akan tertutup dengan sendirinya.
  11. Bigger Luggage; lebih panjang namun tidak lebih dalam dari yang lama, kapasitasnya 28 liter.
  12. Bigger fuel tank; kini isinya bisa memuat 8 liter, artinya, more miles to go..
  13. Jam Digital; Kini lads tidak perlu lagi mengangkat tangan dan melihat jam untuk mengetahui waktu. Lebih konsentrasi.

Jelas sudah, di sisi ini Old PCX full Knock Out oleh New PCX… 😀

jam dan average bbm absen di old PCX

kini tersedia jam dan average bbm

SPESIFIKASI MESIN

Dari sisi mesin, All New Honda PCX tetap mengaplikasikan mesin eSP (Enhanced Smart Power) 150 cc terbaru yang semakin meningkatkan performa mesin. Skutik premium ini memiliki tenaga besar yaitu 10kw/8500 rpm (13,6 PS), teknologi minim gesekan, efisiensi pendinginan mesin serta sistem transmisi untuk performa terbaik di kelasnya. Penerapan teknologi PGM-FI terkinipada All New Honda PCX membuat skutik ini tetap hemat bahan bakar dan ramah lingkungan karena sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 3.

Yang KBY rasakan dari mesin eSP racikan terbaru Honda ini untuk tarikan awal atau bawah, dorongannya lebih terasa, ini diakibatkan oleh naiknya torsi sebesar 0,9  Nm dari 13,1 menjadi 14 Nm. Lebih nampol dari Old PCX sehingga gas cukup dipuntir sedikit saja motor sudah lari. Performanya seperti apa? Akan KBY bahas terpisah ya lads.

TABEL PERBEDAAN SPESIFIKASI MESIN ALL NEW PCX vs OLD PCX
Tipe Kapasitas Tenaga Torsi Kompresi Bore x Stroke Isi BBM
All New PCX 152,9 13,6 PS 14 Nm 10,6:1 58,0 x 57,9 mm 8 Liter
Old PCX 152,9 13,1 PS 13,1 Nm 10,6:1 58,0 x 57,9 mm 5,9 liter

 PCX

KONSUMSI BBM

Pada hasil pengetesan Old PCX milik AHM beberapa bulan lalu, KBY mencatat konsumsi BBM-nya adalah 1:38,75 liter. Sedangkan untuk All New PCX konsumsi BBM-nya berdasarkan MID average yang ada di speedonya, konsisten menunjukan 1:43-45 liter, keduanya dengan kondisi ISS On. KBY sudah menyiapkan artikel perhitungan konsumsi BBM secara manual dengan metode full to full, ditunggu saja terbitnya ya…

MID PCX

HARGA & VERDICT

AHM menawarkan harga terbaik All New Honda PCX kepada para pecinta skutik premium di Tanah Air yaitu Rp 38.800.000,- (on the road DKI Jakarta).‎ Dibandingkan harga Old PCX saat itu yang Rp. 37,900,000, jelas Old PCX terasa sangat overpriced, terutamanya adalah minim fitur yang membuat harganya tidak sebanding dengan valuenya. Kini dengan hanya menambahkan Rp. 900 ribu saja, lads mendapatkan yang terbaik dan terlengkap dari All New PCX.

Faktor pindahnya production based ke Vietnam pastinya ada pengaruh pada kebijakan harga. Namun KBY juga berpendapat, harga tersebut tidak akan bertahan lama, memang tidak akan menembus harga psikologis Rp. 40 juta, mungkin akan berada di rentang Rp. 39,8 – 40 juta… Buruan, Senin harga naik lads…!! 😀

Mangga digeberrrr….

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, Komparasi, New Product dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

65 Balasan ke Komparasi All New PCX 150 vs Old PCX 150, Mana Lebih Value?

  1. Fanzz berkata:

    Waahhh

    Suka

  2. mustjump berkata:

    Minyak sadja

    Suka

  3. mbah uip berkata:

    Sarapan pagi dulu baru koment

    Suka

  4. mbah uip berkata:

    Sarapan pagi dulu baru koment

    Suka

  5. prasetyo676 berkata:

    Yg new kayaknya lebih mantap…

    Launching Honda All New CBR 150R di Karawang | prasetyo676.com
    http://prasetyo676.com/2014/10/12/launching-honda-all-new-cbr-150r-di-karawang/

    Suka

  6. prieantara berkata:

    iya, iya,
    Mau. Begimana lg, y sdh begitulah..

    Suka

  7. Praja berkata:

    Makin pengen…. Sayang mesti inden lama. Disini jangankan new Pcx, display K45 pun yang saya inden belum ada saya liat bentuk realnya. Liat yg duluan datang deh… Itu yang saya ambil…. :mrgreen:

    Suka

  8. oye berkata:

    aku tak nunggu vario150 waelah pcx kok larang temen…
    nunggu tok ra tuku…
    ngoahaaaaa….

    Suka

  9. st3v4nt berkata:

    Buat saya ya tetep value yang lama dong wong pas beli masih 33 juta, lah sekarang sudah nyaris 39 juta….belum nunggu inden yang lama bener…belum yg lama masih bikinan Thailand yang sekarang sudah Vietnam…:-)

    Suka

  10. Afif Fauzi berkata:

    PCX Kalo dilokalkan dgn spek yg sama, kira2 jatuh di harga berapa bang Kobay?

    Suka

  11. ninja150ss berkata:

    palu kabeh….

    Suka

  12. wtf170 berkata:

    kalo kata manajer sih yg paling value tu pigsen…..
    gak tau kalo kata mas anang…

    Suka

  13. arantan berkata:

    Except made in Vietnam 🙂

    Suka

  14. wtf170 berkata:

    asik….spare part pcx kan gak selalu ready…..
    asik tu bisa tuker guling ma vario 125& vario 150 ntar….asoy….harga beda separuhnya
    kok ane bisa tau?karena wtf ane jeroannya dah banyak d ganti dgn pcx150…hoahahaha

    Suka

  15. kodokijo berkata:

    Ah… Bro Kobay ini bikin org ngiler aja nih, hahaha… Jujur aja PCX baru ini amat menggiurkan, terlbh kl sy bandingin ama maxi scooter lain yg hrgnya nazubile, pedes2…! Kepengen jg nih jadinya, krn blm pernah jajal jg naik ginian, wkwkwkwk…. Lg digodok, mdh2an ada titik terang, wkwkwkwk…. Kl wrn putih joknya kudu wrn maroon red kyknya makin classy deh bro. Bungkus ulang pake MB Tech aja kali tuh, hahaha…

    Suka

    • Jeremy Clarkson berkata:

      PCX ajaaaaaa. Burgman,GTS Evo sama Zafferano terlalu gede gak nyaman buat nyelip2 macet. trus borosnya berasa naik ninja karbu. 250 cc juga sih. trus ikut ramein forum di kaskuss

      Suka

    • Kobayogas berkata:

      Oia itu smpt jadi opsi kok…jok merah…bini dah lampu ijo hehe…
      Kalau mau maxi, lsg ke burgman… Zafferano mah gak cihuy buatannya dah lihat n megang langsung. Ada tuh di artikel

      Suka

  16. harisnanggala berkata:

    jadi pingin.

    Suka

  17. ipanase berkata:

    ternyata vietnam lebih jos

    Suka

  18. Jeremy Clarkson berkata:

    yang nomor 10 yamaha duluan nggak sih? kayaknya soul yg lama kalo kunci cabut langsung nutup magnetnya. kalo desain ge lebih suka yg lama. lebih bapak2. hehehhe. yg baru agak lebih sporty. masalah jam, penting kalo kerjanya terikat timeline. tapi nggak penting kalo udah ngeboss. yang bikin bete itu parking brake locknya yang dihilangkan. buset pernah merosot pas turunan dan dengan bodohnya standar samping mengarah turunan. untungnya belum jauh jadi sempet ketangkep. hahahaha. btw kapan mau shopping accessories nih ayok bareng ke otista ato kebon jeruk

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Kalau ga salah yamaha itu sistem pencet… Gak otomatis. Jadi kalau mau nutup dipencet tombolnya. Cmiiw.

      Nah kira2 apa yg mau dirubah dari motor yg udah keren ini? 😂… Spion paling sama ban…tp tar2 aja lah ban mah.

      Suka

  19. mansarpost berkata:

    kalo yg all new tidak lebih baik,, tidak mungkin kby ganti montor.. 😀
    http://mansarpost.wordpress.com/2014/10/12/hanya-ada-di-papua-papua-edition/

    Suka

  20. Ardee berkata:

    gk ngiler ini …ngiler nya yg nm4 vultus ..
    biar bisa stealth mode … 😀

    Suka

  21. galau berkata:

    ngimpi forza masuk indo

    Suka

  22. megatron berkata:

    top repiuw!

    Suka

  23. y4yaotovariasi berkata:

    Mantapp om..
    pengen test drive temen malah g jd beli.. hehehe..
    kayak nya yg pada pnya old PCX niat tuker guling ne…

    Suka

  24. apritos berkata:

    mantap tuh desainnya

    Suka

  25. numpang_lewat berkata:

    aduuuhhh…..tambah pengen nih
    sayang g da dana….
    #mana dana segar nih…..

    Suka

  26. dmotoblog berkata:

    Ngilerrrr. Jual cbr ah ganti ini :p

    Suka

  27. kodokijo berkata:

    Bini udah approve, tp bingung mau wrn apa nih? wkwkwkwk… penyakit lama bro, kyk dulu pas beli Chevy Spark, salesnya blg udah siap dikirim, tp sy blm ksh putusan mau yg wrn apa, wkwkwkwk….

    Suka

  28. demungan berkata:

    PCX keren, tapi ada satu hal yang ngganjel (menurut saya doang) : stangnya model besi telanjang gitu. Bentuknya kayak stang honda win100 pulak hihihi. Terkesan murahan.
    coba model stangnya kayak brugman pasti keren dan makin elegan (atau kalau mau lebih gampang mbayanginnya kayak stang honda cs1).

    Suka

  29. Ping balik: All New Honda PCX 150 2014: Kupas Tuntas Performa, Handling, Kenyamanan dan Harga « KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s