First Ride Kawasaki ZX14 – Serba Besar Dari Harga, Bentuk Hingga Tenaga!


test-ride-zx14

Kobayogas.com – Hola lads, Siapa sangka hujan-hujanan dalam rangka silaturahim perpisahan dengan Bro Leopold Jumat 19 Desember lalu membawa berkah…

Sekumpulan manusia yang menamakan dirinya sebagai blogger dan komentator melakukan kopi darat pada hari Jumat 19 Desember lalu di tempat biasa, patung panahan senayan. KBY sempat terkena hujan di tengah perjalanan dari kantor menuju panahan, yang sialnya begitu menepi dan membuka bagasi Skupifi, jas hujan yang tersedia semuanya hanya bagian atas! Lah dimana celananya? Gak tau lads 😀 Akhirnya terpaksa berteduh di salah satu halte bis bersama bikers lainnya.

Kabar baiknya, hujan yang cukup deras tersebut tidak berlangsung lama, sementara itu menurut Ferboes Eka Nana, lokasi kopdar di Panahan kering… Baiklah, lanjut setelah hujan hanya menyisakan ekstraknya saja. Benar saja, di lokasi kopdar hanya ada sedikit aspal becek.

Sambil menunggu pengantin datang, yaitu bro Leo, kami pun terlibat percakapan hingga terdengar suara yang membuat kami semua kawatir, geledek dan petir kembali hadir…di tengah putus asa karena sang pengantin gak nampak batang hidungnya meski sudah confirm mau datang…ndilalah benar saja, hujan pun turun…

Akhirnya, diputuskan untuk bubar karena sikon sudah tidak kondusif lagi. Namun ketika sedang preparing untuk bubar, deruman khas mesin 4 silinder mendekat.. KBY sudah curiga, jangan-jangan bro Leo datang membawa Kawasaki ZX14, ternyata benar! Monster raksasa nyaris sebesar Speedboat itu menggeram dalam, hasil keluaran suara dual muffler dari Nassert Beet.

Seperti kekasih yang lama tak bersua, KBY dan bro Leo berpelukan erat… namun mata tak lepas dari si monster besar berwarna merah yang seakan berkata sinis…”Sini bro, pake gue, should you have enough guts of course..”. Melihat sikon yang hanya mempunyai kesempatan sekejapan saja, bro Leo paham keinginan KBY dan tidak melarang ketika dengan cepat KBY sudah berada di atas pelana si Merah. Dan betul, ini adalah kuda nyaris dalam arti sesungguhnya…

Penjaga villa tes ZX14

Penjaga villa tes ZX14

ERGONOMI

Dalam waktu yang terbatas karena hujan sudah turus dan semakin deras, otak KBY berpikir cepat ala octa core… Kawasaki ZX14 ini tinggi dan besar, namun tidak setinggi MV Agusta Brutale 1090 alih-alih MV Agusta F4… Kaki masih mencapai tanah dengan cukup baik meski jinjit. Mencoba mengingat ingat, jinjitnya kurang lebih sama dengan Z800…

Bahkan MV Agusta F3 pun lebih jinjit lagi dari ZX14, bukan karena F3 tinggi, namun akibat setang yang underyoke membuat tubuh mesti rebah dan kaki jinjit ke tanah. Sementara itu setang ZX14 menurut KBY lebih mirip Kawasaki RR Mono, rendah namun tidak sampai rebah… Posisinya pun cukup nyaman, entah jika harus terus menerus terkena kemacetan sih… Namun catatan positif hadir dari tuas  koplingnya yang cukup empuk untuk ukuran hyper bike.

PERFORMA

KTRC (Kawasaki Traction Control) membuat segalanya menjadi mudah… dan KBY bersungguh sungguh mengatakan hal itu.. Di awal, karena hujan, KBY tidak berniat mencoba speed boat darat ini, cukup duduk di atasnya dan meresapi setiap ergonomi yang dirasakan.. Namun bro Leo tidaklah sepelit itu, seperti paham apa yang ada dibenak rekannya, tiba-tiba KBY merasa bagian belakang motor seperti di tarik… Dalam hujan, bro Leo membantu KBY mengeluarkan si SPeed Boat kepada posisi start…thanks bro..

Bro Leo paham, KBY dapat dipercaya soal moge, karena kami pernah duet beberapa kali bersama, yang terakhir itu adalah ketika kami mengetes Kawasaki Z1000 milik Kawasaki Motor Indonesia di Senayan.. Beliau hanya mengatakan pesan singkat…”Koplingnya pendek, hati-hati bro…” Dan itu artinya luas… Jangan buka gas, biarkan tuas kopling yang dibuka perlahan hingga motor bergerak, baru kemudian diikuti pergerakan throttle.

Dalam hujan yang semakin deras, KBY mencoba memutari lahan Panahan…satu kali..wah enak, intuitif sekali dan jauh dari kata intimidatif, sungguh speed boat yang sangat jinak… Dua kali.. kali ini mencoba memberanikan diri membuka gas lebih banyak…masih sangat smooth dan mudah dikendalikan! Mengejutkan mengingat bongsornya dimensi Kawasaki ZX14 ini..mengingatkan KBY akan mudahnya mengendarai Kawasaki Z1000..Nyaris tak terasa bahwa kita sedang membawa motor seukuran speed boat mini :D!!

HANDLING

Putaran kedua penghabisan, yakin sudah menguasai sang Monster merah..rugi lah kalau cuma muter… dibawalah ZX14 ini menuju jalan raya… Dengan dimensi bongsor dan sadar tubuh ini tak sebesar Leopold, trik putar balik harus seperti membawa truk, ancang ancang dari jauh agar kaki tak perlu turun ketika berputar balik.. dan sukses..! Cukup mudah dilakukan jika jalanan lancar 😀

Menuju hotel mulia… KBY sangat paham, ada sekitar 200 dk lebih di antara kaki, plus, jalanan basah oleh derasnya hujan, oleh karena itu gas diputar smooth…si Bongsor ini pun melesat dengan kencang namun halus..terlalu halus untuk motor berkubikasi 1400 cc… Di depan TVRI kini KBY mencoba sedikit memutar gas lebih dalam…yak! Ini dia..badan terhempas ke belakang, kedua tangan memegang erat setang, air hujan bagaikan jarum yang menusuk nusuk telapak tangan bagian atas yang tak terlindungi glove..

ZX14 melesat kencang dan semakin kencang, kubangan air bagaikan cipratan kecil pada bannya, gak ngaruh!! Speed trap yang ada tuh nyaris tak terasa pada kedua kakinya… Bij* dan sempak yang semakin basah oleh derasnya hujan tak KBY pedulikan…saatnya menikung tajam di bawah flyover.. kurang meyakinkan, maklum antara ragu akibat jalanan becek plus ini proses adaptasi membuat KBY mengurungkan niat untuk membelok lebih dalam…namun terasa bahwa ZX14 ini cukup penurut..tak perlu effort lebih untuk membuatnya berbelok..

Melenggak lenggok diantara kerumunan mobil yang ada memang bukan hal yang mudah, lagipula hei, ini kuda besi dengan berat lebih dari 200 kg!! Namun selama si monster berjalan alias tidak stop, maka berat badannya tidak lah menyulitkan, kecuali harus stop akibat stuck, disitulah problem di mulai 😀

THE VERDICT

Terjawab sudah mengapa power ZX14 ini terkesan sangat lembut dan penurut, karena oleh bro Leo, KTRC-nya di set ke level tertinggi alias titik teraman dengan semua control elektronik membantu kinerja mesin agar tidak terlalu liar..singkatnya, horse powernya dikurangi lads…apalagi jalanan basah akibat hujan, kontrol traksi memang dibutuhkan untuk motor sedahsyat ini.

Meski memang powernya terkebiri dan sifat aslinya jadi tertutup, namun ditengah kondisi kemaren, kontrol traksi sudah seharusnya diaktifkan ke titik tertinggi demi keamanan.

So, dengan harga Rp. 319,900,000 saja (tipe standar), lalu mesin yang menghasilkan power sebesar +/- 200 dk, badan yang bongsornya keterlaluan, posisi duduk yang masuk akal, jok yang empuk dan menyatu sampai belakang, serta ‘tanduk’ alias behel ala old CBR di belakang, KBY berkesimpulan ini lah sejatinya motor sport tourer adventure yang akan sangat nikmat jika melalui jalan luar kota dengan catatan, tanpa kemacetan.. Santai oke, ngebut kapanpun lads mau

Sebagian foto KBY ambil dari Vandra, maklum ujan siapa yang mau moto ujan-ujanan :D… Special thanks to bro Leopold Sudaryono, keep in touch bro

sampai jumpa lagi bro Leopold, always keep in touch

sampai jumpa lagi bro Leopold, always keep in touch

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Kawasaki, Moge, Test Ride dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

72 Balasan ke First Ride Kawasaki ZX14 – Serba Besar Dari Harga, Bentuk Hingga Tenaga!

  1. Kluban.net berkata:

    pilih Jazz pokokna mah

    Launching Mio 125 Apa Ya? http://t.co/8kaiE7O4gH

    Suka

  2. prieantara berkata:

    Motornya kurang pendek..
    #eh..
    Ferboes Eka Nana..??

    Suka

  3. saya kira pas ujan deras, acaranya bubarrr……ternyata ada toh?

    Suka

  4. dogol berkata:

    kaya nunggang kebo beneran ya kang, guedee bgt.

    Suka

  5. samzurry berkata:

    Monster sereeemm
    Gak kebayang kalo gaspol

    http://redcs1.com/2014/12/23/wacana-penerapan-sim-khusus-moge/

    Suka

  6. hendry24 berkata:

    Mantaapppp surantapp kang, pengen jajal ehh, sayang ngga ada yg punya di samarinda 😀

    Suka

  7. threeazz berkata:

    Andai kamu dengar…..
    si Merah berkata……….. “sial bener,nih orang main naek aja, mana itu sempak udah demek,asyemsama ear ujan”….
    😀

    Suka

  8. Blank Canvas berkata:

    motor obesitas

    Suka

  9. aripitstop berkata:

    Kok Saya g da di foto

    Suka

  10. mariodevan berkata:

    Mantap….. pingin test ride juga nie

    Suka

  11. wong deso berkata:

    wkwkwkwk….. penjaga villa….

    Suka

  12. jadi kapan beli bang..?? 😀

    Suka

  13. Mas Sayur berkata:

    biar basah luar dalam tapi puas… 😉

    Suka

  14. Asep Juga berkata:

    ZX14R……
    Kapan dipake riding? akhir pekan? bukan! dipake ketika badan sy fit…. kata pemiliknya #nu penting koment

    Suka

  15. enoanderson berkata:

    wanjerr bawa si peregrine falcon killer…. Ajibbb
    *tisu mana tisu, wkwwkwk 😀

    Suka

  16. warungasep berkata:

    Untung we hujan, lamun hente rek ditapelan deui dagangan cau ke hahahaha 😀

    http://warungasep.net/2014/12/22/yamaha-akan-mengupgrade-jupiter-z1-menjadi-125-cc/

    Suka

  17. gilaroda2 berkata:

    sangar tenan!!! ngiming-ngimingi… ;D

    Suka

  18. uyipmotoblog berkata:

    ntar mbah dukun cemburu cyn….:-)

    apa sih fungsi timah pada pelk???

    Suka

  19. kusnanto berkata:

    Ckckck…fabulous-fabulous

    Disukai oleh 1 orang

  20. Aa Ikhwan berkata:

    ajib maaang… pdhl blm nyoba yeuh 😀

    Suka

  21. badak berkata:

    woow dah ikut naikin ,tpi di prj doang

    Suka

  22. dewitya berkata:

    bentuknya lucu yaaaaa

    Suka

  23. danisubject berkata:

    edyan busa killer

    Suka

  24. machinedemak berkata:

    josss… Mantap mogehnya

    Suka

  25. motobikerz berkata:

    top markotop

    Vector Adv Jacket A1AM Gear dukung Motobikerz jalankan touring http://motobikerz.com/archives/9793

    Suka

  26. prasetyo676 berkata:

    mantaaap bang Kobay… kapan bisa nyobain juga ya..?
    Baru sekedar duduk2 aja beberapa kali di pameran. dimensinya guede amat.. hehehe… 🙂

    Penampakan Mesin V-20 Cylinders | prasetyo676.com

    Penampakan Mesin V-20 Cylinders

    Suka

  27. monkeymotoblog berkata:

    mangstaaabbbbbbb

    Suka

  28. Mase berkata:

    sangar om

    Suka

  29. kupaw 9 berkata:

    ini motor tandingannya hayabusa, mantabbbbb

    Suka

  30. Ferboes.com berkata:

    halo penjaga vila 😀
    Ranjau Paku Di Jalanan Ibu Kota http://wp.me/p4OJM5-dv

    Suka

  31. Ping balik: Honda CBR 1000RR SP – Kita Bertemu Kembali Wahai Kawan, Kali Ini Akan Lebih Akrab.. | KobaYogas.COM

Tinggalkan Balasan ke Kobayogas Batalkan balasan