Kobayogas.Com – Hola lads.. Saatnya kita mengupas tuntas Yamaha Xabre 150 ini. Dari mulai ergonomi, performa, fitur hingga riding style dari Xabre.. Simak yooo..
KBY tidak akan bicara soal desain banyak banyak, let’s the pictures tell everything hehe.. Foto Yamaha Xabre sudah KBY berikan di artikel sebelumnya. Kini saatnya melangkah lebih jauh.. Membahas test ride Yamaha Xabre 150!
ERGONOMI – JOK LUMAYAN TINGGI
Dengan TB 163 cm, duduk di atas jok Yamaha Xabre setinggi 805mm sebenarnya tidak lah sulit, karena motornya sendiri tidak berat. Jadi meskipun joknya tinggi dan bikin jinjit, tapi cukup mudah untuk memaju mundurkan Yamaha Xabre 150 ini..
Yamaha Xabre ini feelingnya condong ke depan (bukan rebah loh ya).. Kalau dipikir pikir agak mirip dengan Ducati Monster 795 yang pernah KBY bawa pulang tempo hari (bawa pulang terus balikin 😀 ) ada kemiripan dengan KTM Duke 200 dan juga serupa dengan motor motor bergaya trail/ cross/ dirt bike..
Mungkin karena tangki Yamaha Xabre yang berdimensi kompak sehingga saat duduk tubuh bagian bawah agak ke depan serta bagian kepala rider terasa lebih dekat dengan setang Yamaha Xabre 150 yang bergaya baplang alias lebar tersebut
Riding position Yamaha Xabre ini rileks, posisi duduknya tegak mirip dengan motor sport bergenre turing lainnya. Hanya mungkin yang membedakan adalah bentuk siku, jika motor turing agak ke dalam mendekati rider karena bentuk setangnya, sementara Yamaha Xabre 150 ini melebar sehingga ketek terbuka hehe.
Bicara feeling on bike atau in bike, yang KBY rasakan (mohon maaf KBY tidak memiliki background teknik mesin/ pembalap/ geometri) si Yamaha Xabre ini masih “on bike”. Dapat dimaklumi karena bukan berjenis sport fairing dan bukan buat kebut-kebutan..
Oia buat yang nyari standar tengah, lupakan, gakan nemu wkwkw.. Memang sengaja dihilangkan agar selaras dengan desainnya yg sudah gahar (extreme)..
HANDLING dan KENYAMANAN
Nah karena posisi mengendarai yang condong ke depan itulah cara berbelok alias cornering – bahasa kerennya – dari Yamaha Xabre ini buat KBY agak unik.. Bisa juga aneh, tapi kalau definisi aneh itu lebih kepada belok susah dikontrol, nah kalau si Yamaha Xabre 150 ini tidak, dia dengan cukup mudah di swivel ke kiri dan kanan, hanya gaya nikungnya berbeda.
Saat sesi test ride Xabre, badan dan kepala yang dekat sekali dengan setang sehingga distribusi bobot Yamaha Xabre ini condong ke depan, membuat kaki mau tak mau reflek di turunkan ketika menikung, ya mirip dengan gaya belok motor motor dirt bike lads.. Atau cara kedua ya lebih ekstrim..
Cara kedua untuk menikung cepat bersama Yamaha Xabre hanya bagi yang sudah terbiasa dan pro yang bisa melakukannya menurut KBY, yaitu melakukan rear wheel slide/ drift. Trek yang masih basah akibat diguyur hujan membuat ban belakang Xabre 150 cukup mudah sliding.. cocok untuk dilakukan gymkhana ya? Yang jelas mengendarai Yamaha Xabre 150 pertama kali butuh sedikit adaptasi.
Sementara jika ditanyakan bagaimana kenyamanan Yamaha Xabre, menurut KBY cukup baik, hanya busa jok lebih empuk Vixion. Suspensi upside down Xabre tidak terlalu membebani tangan rider, bantingannya pun cukup. Sebenarnya Pak Dyon sudah mengagendakan mencoba suspensi Yamaha Xabre 150 ini di jalan jelek, sayangnya hujan deras membuyarkan agenda.
Suspensi belakang setali tiga uang dengan R15 dan Vixion, nyaman dan cukup stabil untuk menikung. Nah karena agenda tes suspensi di jalan jelek gagal, KBY belum tau sisi kenyamanan suspensi USD jika melalui jalan keriting. Hanya untuk penggunaan sirkuit terasa sangat mantap dengan suspensi tipe ini.
PERFORMA
Jika lads mengharapkan performa istimewa dari mesin Yamaha Xabre ini, ya maaf, lads tidak akan menemukannya. Karakter mesinnya setali tiga uang dengan saudaranya, baik New Vixion maupun Yamaha R15. Dalam akselerasi awal malah KBY rasa New Vixion lebih baik dari Xabre..
Banyak faktor, salah satunya kemungkinan mesin Yamaha Xabre 150 yang belum mencapai peak performance, mesin baru masih peret, kalah tenaga, kalah torsi dan juga kalah ringan dari New Vixion memang terasa dari sisi performanya. Untungnya suara garing khas Yamaha terdengar cukup merdu saat digeber..
Komparasi Yamaha Xabre vs New Vixion Advance
Tenaga: 16.1 hp/8500 vs 16.36 hp/8500
Torsi: 14.2 Nm/7500 vs 14.5 Nm/7500
Berat isi: 135 kg vs 131 kg
FITUR
Selain fitur suspensi Upside down Yamaha Xabre, fitur apalagi? Ada speedometer full digital dengan display negative dengan 3 tingkat penyetelan. Asik dilihat dan cukup terang. Sayang sisanya belum ada yang istimewa.. Ada sih jam digital, trip a dan b, Udah itu aja..
Ah hampir lupa, masa lampu depan dan rem belakang LED gak disebut? Kekeke. Ada juga fitur engine cut off – starter yang menyatu dalam satu sistem operasi. Lagipula, motor sport itu ciri khasnya ada engine cut off toh? 😀 Oia swing arm banana yang lebih panjang 5 cm dari R15 juga menambah value untuk fiturnya..
THE VERDICT
Bicara extreme desain, Yamaha sudah sukses memainkan perannya. Meski bukan selera semua orang, namun wow effect serta stands out among the crowds -nya Yamaha Xabre sudah dapat banget lads.. Lihat langsung keren kok.
Material plastiknya bukan nomor satu, tapi semua terpasang dengan sangat rapi. Sisi cat seperti biasa khas Yamaha, berkilau dengan vernis tebal. Jika petinggi Yamaha bilang Xabre ini berkarakter extreme tidak sepenuhnya salah, karena riding stylenya memang diluar motor komuter kebanyakan..
Semua yang dimiliki Yamaha Xabre dihargai Rp. 29.8 juta. Menurut KBY masih bisa lebih murah lagi mengingat mesinnya nyaris tak ada perkembangan. Tapi bicara value for money, yaaa cukup lah.. Dare to be different with Xabre?
special thanks to: Yamaha Indonesia (YIMM)
Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…
Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com
welok…
Boeing 77W dan A330-341 baru Garuda Indonesia: http://wp.me/p1eQhG-1xc
SukaSuka
Beugh… mantap mamang
http://singindo.com/2016/02/03/ayah-mirna-vs-pengacara-jessica-head-to-head-di-indonesia-lawyers-club-tv-one/
SukaSuka
syangar…
sore semuanya 😀 izin share yaa, kali ini dari bogor lagi.. Sejarah Karoseri Restu Ibu, yang produknya banyak dipakai oleh instansi pemerintah dan BUMN seperti misalnya Damri.. dan PO – PO di Indonesia
Semoga bermanfaat
SukaSuka
Mantap.
SukaSuka
keren da kayak Jedi dan pswat antar galaxynya wkwkwk
ijin share sob… Hot news nie…
SukaSuka
halo om, saya blogger otomotif yang gak punya basis mesin, izin sharing artikel yah, tapi mesinnya bisa idup loh saya engkol, makasih om
http://monkeymotoblog.com/2016/01/menghidupkan-honda-xr650r-hanya-dengan-engkol-tricky-roadride-video/
SukaSuka
Wakakakaka.. Pooohh
SukaSuka
Aku kapang di ajak ..
SukaSuka
menguasai tenan Pak Kaji…
SukaSuka
menguasai opone, ay bukan blogger dengan background teknis apalagi balap 😀
SukaSuka
sing penting iso njajal
https://imajimoto.com/2016/02/02/modifikasi-yamaha-xabre-ala-bobber-black-devil/
SukaSuka
menguasai lapak vcd bajakan. ciakakkakaka…
SukaSuka
belakang jaket kondisinya gmn? Nyiprat pol
SukaSuka
oia lom dicek… wkkwkww… keknya sih gak
SukaSuka
Aduh gw mau bilang spakbor miring takut di mention ..
Eh gw ud bilang ya barusan .. :F
SukaSuka
Lebih cocok dibilang Byson edisi motard dengan jeroan vixion dong ?
SukaSuka
Swing arm banana ga disebut nih? Ga masuk value juga nih? Swing arm 2jt’an mah swing arm murahan ya? :p
SukaSuka
oia kelewat wkwkwk.. lebih panjang 5 cm loh katanya.. edit ah
SukaSuka
beighh,starwos bgt dah..hhhh
SukaSuka
beighh,starwos bgt dahh,,hhh
SukaSuka
Bakal jadi sasaran empuk tilang di Cirebonkah? hehehe
kena pasal
Lampu putih ga standar
Shockbreaker depan dibalik
Rangka dipotong
Spakbor ga standar
Pak Polisi harus sering2 baca blog motor 😀
xixixixixi
SukaSuka
Kayak gymkhana gitu ya beloknya kang, aseeeekkkk 😀 juozz ahh kang kobay mah 😀
SukaSuka
iyak wkwkwk cuma saya mah ga bisa.. background bukan sembalap, bukan sarjana racing juga mang 😀
SukaSuka
berkendara xtream berngepot-ngepot
https://www.motorjipi.com/
SukaSuka
Usdnya menggoda banget 🙌🙌🙌
SukaSuka
motor bastard….. men…..
http://78deka.com/2016/02/03/ini-alasan-multi-silinder-lebih-menguntungkan-daripada-single-silinder-part2/
SukaSuka
performanya kurang bastard
SukaSuka
makanya kalo sampe dikasih nama MT….. ya malu2in klan mt dong
SukaSuka
Sensor tuh bas*4rd h h h h h
SukaSuka
josss….
bisa lsg bli dari hasil jualan “VCD BAJAKAN” ngah ngah ngah
seru om g ikutan perang starwars?
petinggi dikritik vs bloger sok tau ttg mesin ft sok keren review singkat n bloger anti kritik balik
btw tes boncengan dong mang trus sensasi bonceng n diboncengin
SukaSuka
nah itu dia, tanpa background teknis dan bukan sarjana mesin, review ay ini gak kompeten dan gak capable 😀
SukaSuka
Bang…. sudah pakai rexona….. ????
SukaSuka
Ketek kebuka om….
wkwkwkwk
SukaSuka
wah value for money, kayak apansa
http://ongolongol.com/2016/02/02/tips-tahan-lama-diatas-ranjang/
SukaSuka
Pertinyiinyi…. sudah berat total lebih berat dari vixion, la kok power ma torsi kok malah disunat ??? Tanya kenava ?
SukaSuka
torsi katanya lbh besar dari R15 kok
SukaSuka
Tampilan maxi mesin minimalis -_-
SukaSuka
Kamu beloknya seperti itu apa sudah benar?
SukaSuka
Mohon maaf, background saya bukan akademi fantasi indosiar eh pembalap mang… Mohon maaf
SukaSuka
Beloknya manggut-manggut cz gk punya background sembalap yg ada karna backsound..
SukaSuka
Aing kabita mang
SukaSuka
Harus-nya DOHC nih, CBR 125 R ngeropah zaza DOHC koq # eh,menurut horang kayah, cerdas ,ahli permongtoran dan terpelajar mongtor bagus adalah DOHC
Ekekekekeke
SukaSuka
Hayo… boss Kobay jgn ikut2an si mbah nabun daun kering perih mata. Mending review produk jujur tapi gak nyelekit. Kalo si mbah kan udah super tajir magajir keliatan dari foto2 instegremnya doi udah level gak butuh apa2 udah toplah, dagangannya aja serem2 (GS n MV) kalo boss Kobay kan level tajir tarajir gajir jadi balik lagi ke khitoh awal jurnalisme digital alias blogger kerjanya review jujur eeee diajak jajan sm APM ya alhamdulillah eeee ada yg ngiri gak diajak berarti doi blognya kurang cihui udahlah nulis aja yg cakep. Sok tau ya guwe ya emang tau sih xi xi xi
SukaSuka
Engine cut off kesebut lg tuh hha
SukaSuka
Itu ciri khas motor sport, teknologi moto gp paling dasar. Liat aja motor sport di moto gp smua pake cut off engine kan?
SukaSuka
Mang kobay besok-besok artikel-nya banyakin yang mongtor DOHC ya, masyarakat Indonesia perlu pemintaran ongtomotip masak 20 mongtor terlaris cuma 3 zaza yang DOHC itupun peringkat bawah, malu mang sama ngeropah CC kecil udah DOHC semua
Ekekekekeke
SukaSuka
untuk pencetan lampu dim, ada ga kang mz obay ….???? makacih atas jawabannya 🙂
SukaSuka
Ada doongg motor sport wajib ada…
SukaSuka
Oh inih nyang katanya motor dari star wars…..
Mang ane kan belom nonton starwars mang nih motor nongol disebelah mananya starwars yak?
SukaSuka
Motor light saber, eh kata yang petingginye xaber (apaan cobak xaber).
Nyang naek haruslah orang yg mengerti bidang mesin dan motor.
Motor nyang terlaloe sempoerna sampe sampe gk boleh kritik namanua doang.
SukaSuka
Baca dulu deh biar pinteran dikit, btw saia-nya pake DOHC juga koq, tapi biasa2x ajah
Ngoahahahaha
SukaSuka
lah kok belum disebutin in bike atau on bike?
SukaSuka
Loh bukannya ada ya? Wah kelewat kalau belum, On bike mang
SukaSuka
Pilih ini atau nunggu verza? eh, forza?
SukaSuka
Ini dia blogger yg disukai petinggi ATPM.
Tampang oke, skill mumpuni, apparel pun lengkap.
Gak bakalan dikomplain sama pabrikan wkwkkwk …
Pasti lulusan teknik mesin dan sarjana balap ini mah …
Beralih dari dunia financial ke dunia otomotif …
Recomended bingit ini mah ya mang Kobay …
xixixxiixi … bantuin mbah Dukun mang tuuuhhh ….
Blog-nya lagi dibakar abis sama fans boyssss …
SukaSuka
yarin, biar dia sesekali kebakaran blognya wakakakka..
SukaSuka
Blog-nya om Kobay aman ya dari petinggi ATPM ?
Kok kayaknya cuman di blog mbah Dukun doang ya SOCH vs DOCH.
Di tempat om Iwan & om Taufik adem juga …
Berarti cuman blog 5 stars indobikermags doang dong yg dibakar ?
SukaSuka
Motor sport pake? Engine cut off. CBR ga ada engine cut off nya. Artinya? T.T
SukaSuka
Kira kira aja wwkwkkwk
SukaSuka
Odong2 kali ya? Tp odong2 dirumah jg pake cut off engine.
SukaSuka
Tombol starternya dmn
SukaSuka
kl mesinnya plek r15 6 speed sohc 4 klep kok malh turun powernya?
apa beda lagi di settingan ecu om kobay
dan yang jelas pasti ni mtor nggak lincah macet” an om
r15 yg wheelbasenya dibawah xabre, tp diatas new vxion kurang lincah nikung zigzag
apalagi xabre lebih panjang 5 cm??
maacih om kobayy
SukaSuka
pembuktiannya harus dilakukan saat trek macet mang..
disirkuit sih lincah2 aja soalnya
SukaSuka
halo om, ijin komen saya blogger otomotif yang gak punya basis mesin, izin sharing artikel yah, tapi mesinnya bisa idup loh saya engkol, makasih om
http://monkeymotoblog.com/2016/01/menghidupkan-honda-xr650r-hanya-dengan-engkol-tricky-roadride-video/
SukaSuka
Ngaku ngaku aja kamuh
SukaSuka
Garang bodynya mang,, jadi pengen adu kenceng sama fu cbu ane ni motor
SukaSuka
wah ay pegang FU aja deh wkwkwk
SukaSuka
sampe detik ini YIMM belum memberikan harga USD dari Kayaba berapa?kalo kita2 sudah tahu,ada beberapa Type dan Harganya yg diPake YIMM.cuma mau tahu YIMM ngakunya berapa?Mahal gua Bully,Murah untung Tipis.Huahahahaha.
SukaSuka
udah ada.. 5 juta… tipenya teuing hehehe
SukaSuka
Bro dewa kemana aja? Ga mampir ke warung si mbah’
SukaSuka
@Supra2002.”Gue ada diwarung siMbah diartikel Satria Fi.cuma diCemarkan si”Li”yg kloneng nama “dewa”.gue komentar masalah DOHC dan SOHC secara tehnis,siKlonengan terus aja bahas MX King Balap 29HP.memang Sotoy itu orang.saya bisa nuduh karena komentar dia Mirip waktu pake nama”Li”.
SukaSuka
tebus kob
SukaSuka
kade eta beuteng kang… heuheuheu… btw, nice bike!
SukaSuka
Mang mun kabogoh di bonceng pasti luhur pisan nya ……mikir mikir deui ….over all out of the box alus sih si xabre
SukaSuka
laina eta nu diteangan mang? 😀 Sunyoto 😛
SukaSuka
Wkwkwkwkwkwkw,
SU-NYO-TO mangkubumi adiputro…
#hadeuh,
SukaSuka
Kalau corneringnya… Sush tinggal gnti stang sport.. Kalau ketinggian tinggal turun USD nya dikit jadi kya rotom seprott dahh
SukaSuka
Half Fairing nya keren tuh.. bisa menclok ke NVL gak ya…
SukaSuka
Ping balik: Foto Gallery Yamaha Xabre, Silver Birunya Keren, Lihat Langsung Lebih Mantap! | KobaYogas.COM
Ping balik: Video Review Yamaha Xabre, Lengkap Dari Fitur Speedometer Hingga Suara Knalpot..! | KobaYogas.COM
Ping balik: Karakter Supermoto Yamaha Xabre beri pengalaman baru | TrendingAsia
dengan NCB galakan mana tarikannya mang kobay??
SukaSuka
dengan NCB mana galak tarikannya mang kobay??
SukaSuka
NCB mang
SukaSuka
btw kok spakbor gak center mang? bisa jadi masukan utk yimm, biar lebih perhatian, itu d foto dr blakang kliatan.
SukaSuka
hehehehe
SukaSuka
Ping balik: Modifikasi Yamaha Xabre – Ketinggian? Tenang Ada Lowering Kit Kok.. | KobaYogas.COM
mantap, kang kobay bloger netral ,, mantap kang reviewnya,,, maju terus kangg
SukaSuka
aihhhhh sepatu nomor berapa? hehe
SukaSuka
Ping balik: Top Speed Yamaha Xabre – Handling dan Performa Di Sirkuit [Video Blog] | KobaYogas.COM
Ping balik: Apa Dong Kekurangan dan Kelebihan Yamaha Xabre??? | WARUNGASEP★★★☆☆
Ping balik: Ketika All New CBR150R 2016 Disangka Yamaha R15 2016 Facelift..! | KobaYogas.COM
Ping balik: motor sport 150cc | kholidhafidz
Ping balik: Review Harian Yamaha Xabre 150, Apa Saja Yang Akan Diulas? | KobaYogas.COM