Skutik Saja Ada Pass Beamnya, Apalagi Sport Dong ?!


Primavera

Kobayogas.com – Fitur pass atau passing beam adalah hal yang lumrah disematkan pada suatu kendaraan bermotor, jika fitur tersebut disematkan kepada roda dua bergenre sport, apakah menjadi suatu keharusan? Harusnya iya…

Motor lelaki alias motor kopling semestinya sudah wajib memiliki fitur ini, for safety reason certainly lah, dengan tipe kopling manual, hentakan, akselerasi dan laju roda dua sudah seharusnya lebih kencang dari motor matik atau skutik. Fitur ini sangat sangat sangat (sampai tiga kali, jadi penting bingits) berguna dan penting terutama saat akan menyalip. Tujuannya membuat aware kendaraan lain dari arah berlawanan dan tentunya bagi kendaraan yang akan disalip.

Ah kan bisa tinggal mainkan tuas lampu dekat-jauh brooo…betul, tapi “kode” pancaran sinarnya berbeda, saat tuas dekat-jauh yang dinyalakan, kedipan mata lampu akan berbeda, dan itu bukanlah kode komunikasi umum dalam hal salip menyalip di jalan raya. Dengan pass beam, posisi lampu dekat akan tetap menyala, namun sekaligus posisi lampu jauh akan menyala dengan berkedip sesuai jumlah tekanan yang diberikan rider pada tuas pass beam.

Lagipula, tuas pass beam sifatnya mempermudah, bukan mempersulit rider dalam berkomunikasi dengan kendaraan lain dalam berlalu lintas. Itu sebabnya posisi tuas pass beam jika tidak dibuat terpisah, maka akan dibuat menyatu dengan tuas low beam dengan menekannya ke bawah…sampai saat ini posisi tuas pass beam di telunjuk dianggap masih yang terbaik dari sisi kemudahan.

Tersedia pass beam

posisi pass beam pada telunjuk

MP3

Posisi pass beam menyatu dengan low beam

 Bicara fitur pass beam, Vespa Primavera, skutik yang murah dan tidak kencang saja ada, let alone Maxi Scooter semacam Yamaha T-Max, Piaggio X9, Piaggio MP3, Vespa GTS dan Grandturismo… Nah kalau para jejeran skutik saja memiliki pass beam, kenapa sport tidak? Ooohh tidak mau disamakan dengan skutik? Oke, bagaimana dengan New Megapro FI? Megapro FI saja yang kastanya di bawah CB dan CBR ada, alasan apa lagi kira-kira?

Posisi tombol NMP PGM-FI

Posisi tombol NMP PGM-FI

Pengoperasian pass beam Primavera

Pengoperasian pass beam Primavera

Apalagi dengan dalih common parts, eces lah memakai milik Megapro FI untuk disematkan ke CBR150, lagipula, fitur ini lebih banyak manfaatnya daripada mudaratnya, setuju?

Piye perasaanmu? :D

Piye perasaanmu? 😀

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Diskusi, Opini dan tag , , , , , . Tandai permalink.

66 Balasan ke Skutik Saja Ada Pass Beamnya, Apalagi Sport Dong ?!

  1. dejectermoto9191 berkata:

    yoh yoh yoh keren euy metik oge

    Suka

  2. subaru berkata:

    Kymco gw tahun 2004 aja ada passbeam yang modelnya ditiru numegipret.. masak sport 2014 ga ada…

    Males pake nick om jonfis lagi ntar gw dituntut 😆

    Suka

  3. emir99 berkata:

    NgeBlog aja kadang ada “Bonus” IGO nya.. Eh, skrg malah absen.. *garuk2 endas

    Suka

  4. kudo78dk berkata:

    buat riding malam sangat bermanfaat nih fitur
    http://78deka.wordpress.com/2014/05/04/vr46s-biggest-little-fans/

    Suka

  5. genbuz berkata:

    waduh… Awas ada yg kalap kang… Ngoahahahaha…

    Suka

  6. randystrife berkata:

    Setuju bang kobay… Fitur penting. tp gak ada di cb n cbr150. sport bencies.hehe… Tinggal comot fitur NMP kan beres tuh.

    Suka

  7. Mat Solar berkata:

    Itu namanya motor sport abal-abal alias odong-odong kang.
    NB : Motor sport tulen pasti ada pass beam dan tombol Power Off/Engine Cut di tuas sebelah kanan.

    Suka

  8. Biant berkata:

    kobongan iki 😀
    lagi2 masuk spam om..
    yg bawah seger rek :mrgreen:
    http://biantsite.wordpress.com/2014/05/04/bebek-riders-gak-pantes-pake-helm-full-face/

    Suka

  9. Biant berkata:

    kena sambel terasi 😐

    Suka

  10. aripitstop berkata:

    waw…150kpj

    Suka

  11. cadoxs berkata:

    Ikutin Di motogp kali om,prototipenya kan jga ga pake…..haaaaa

    Suka

  12. harusnya ada biar gak repot geser2 tuas low/hight. paling enak emang yang ada di telunjuk. imho

    Ada yang kalap…!!! Fanboy apa Sales nih…???

    Suka

  13. ridertasik berkata:

    alus nya header nu urang 😀 http://ridertasik.files.wordpress.com/2014/05/hehed2.jpg ah teu rame ente mah teu make headeran :mrgreen:

    Suka

  14. wtf170 berkata:

    motor laki 2 tak ane ada pass nya….apa ane doang ya yg gak pernah makai tu tombol …..kl nyalip biasa pake klakson ane….kl mbandel gak mau kasih jalan pke bleyeran…renggggg… renggggg….ngahahahaha….

    Suka

  15. Mase berkata:

    pokoke asal ada sayap satunya bijimane aja tetep laku…. asen tenan semprot kok gak ada pass beam nya….

    Suka

  16. ben setiadi berkata:

    ahm kehabisan modal kali motor sport. ga pake lampu tembak atau itu ciri khas dari honda seperti di klakson di atas lampu sen di bawah. atau tutup tanki jendol ciri khas sih ciri khas tapi jangan menghilangkan fitur wajib motor sport.

    Suka

  17. baseng berkata:

    Ati2 Kang…..
    ini artikel yg memancing udang dibalik bakwan

    Suka

  18. Dax berkata:

    betul betul betul….biasanya yg dari honda tuh yg kayak gitu…kayak cbr ane….saklar engine cut off ga da…saklar lampu tembak jg ga ada…saklar lampu on off?you wish…kaga ada jg om.jaman pake scorpio aja semua yg sy sebut td ada semua padahal 😦

    Suka

  19. java36 berkata:

    Tarik dulu ah pancingannya kang barangkali aja ada yg nyangkut 😀

    Suka

  20. gc133hijrah berkata:

    Tvs rockz juga ada tuh….. Ane pernah punya tvs rockz, motor bebek lo….

    Suka

  21. cheetah250hp berkata:

    artikelnya colek colek…
    hehehehe

    Suka

  22. orong-orong berkata:

    perasaanku deg deg ser

    Why lorenzo?

    Suka

  23. sukanyaMOTOR berkata:

    emang ada tho motor semprot gak pake tombol pass ?
    bukannya itu fitur default yak…?

    Suka

  24. Maskur berkata:

    VErza ga ada apa ya
    NMP ada

    Suka

  25. Busa_tio berkata:

    Matic Kymco dari tahun jebot juga udah ada pass beamnya. 😆

    Suka

  26. Archi berkata:

    Mungkin mengejar efisiensi, engine cut bisa dengan kunci, pass beam bisa geser geser lampu jauhnya 😀

    Suka

  27. rezza berkata:

    Dibanding tombol model on/off, saklar model push button lebih safety menurut ane, soalnya kalo liat di jalan, banyak yg lampu jauhnya on terus .. Ga matic ga sport.. Entah kepencet anaknya ,tangannya sendiri *biasanya alay2 yg kalo naik motor tangan kirinya pegangin dashboard/spion , atau ridernya bego ..
    (Maaf, ane yg berkacamata, mata minus n silinder SANGAT tersiksa kalo berhadapan dengan yg pake lampu jauh, gausah HID,cukup lampu standard+lampu jauh Udah bikin “gelap”, apalagi kalo ujan T.T)

    Suka

Tinggalkan Balasan ke Kobayogas Batalkan balasan