Kobayogas.com – Mesin uang baru Suzuki Indomobil Sales (SIS) yakni Suzuki Ertiga, sedang mempersiapkan mesin barunya selain bensin, yaitu Diesel. Mesin Diesel yang identik dengan lemot dan cumi-cumi alias ngebul belakangan ini sudah mulai bergeser paradigmanya. Masih mesin ciptaan Rudolf Diesel yang bertorsi badak, hemat namun teknologi saat ini membuatnya lebih powerful dan lebih bersih… akan kah Diesel yang disematkan pada Ertiga nantinya menuai sukses? Kemungkinannya sangat besar…
Dikabarkan Ertiga akan memakai mesin diesel berkode D13A serupa dengan Ertiga diesel di India, memiliki kapasitas 1,248 cc dengan kombinasi pengaplikasian teknologi turbo yang sedang hit belakangan ini, Variable Geometri Turbo (VGT)… dengan adanya VGT tenaga bisa lebih besar dibanding turbo konvensional, selain itu keunggulannya adalah, gejala turbo lag akan sangat minim terdeteksi.
D13A mampu menghasilkan tenaga sebesar 90 dk/4000 RPM dan torsi badak sebesar 200 Nm!.. Dijamin dengan torsi sebesar itu bisa lebih hemat bbm terutama saat kondisi stop n go, gas tidak perlu diinjak lebih dalam untuk menggerakkan mobil. Sedangkan tenaga yang dihasilkan, jelas lebih besar 15 dk dari rival terdekat, Chevrolet Spin (artikel di sini), bukti bahwa Ertiga Diesel secara spek akan lebih unggul.
Mengingat biaya pembuatan mesin diesel itu nyaris dua kali lebih mahal dari bensin karena materialnya yang lebih tebal dan lebih kuat guna menahan kompresi yang tinggi, prediksi KBY, Ertiga Diesel awalnya hanya akan tersedia dalam transmisi manual saja agar harga jualnya masih bisa terjangkau dan bersaing dengan kompetitor, sebagaimana Chevy SPin Diesel 1.3 yang juga hanya tersedia dalam transmisi manual… Jika sukses diterima masyarakat, maka versi otomatis akan terbuka lebar ke depannya…
Prediksi KBY, maksimal harga diesel akan diset pada angka 195 – 200 juta. SIS bilang, paling cepat tahun depan Ertiga diesel akan mengaspal di Indonesia, itu jika principal Jepang memberikan lampu hijau….Well Spin, ready to brace yourself?
Mangga digeber lads….
source of origin: Majalah AutoBild
Koment hela ke macana…
http://warungasep.wordpress.com/2014/06/06/♪-suara-mesin-2silinder-yamaha-yzf-r25-ketika-pakai-knalpot-racing-♪/
SukaSuka
wwakakakaka
SukaSuka
Geus dibulakbalik macana…. Cumi-cumi??? Hahahaha…
SukaSuka
iyA … panggilan khas mobil diesel
SukaSuka
Tumben sepi nya kamarana batur???
SukaSuka
Asoy geboy…
http://warungasep.wordpress.com/2014/06/07/honda-cs1-150cc-akan-diproduksi-mei-2015-mungkinkah-bentuknya-begini/
SukaSuka
Beuhh, R4 deui. . . Can kejangkau uyy *hiks
http://enoanderson.com/2014/06/06/kaitan-erat-antara-v-twin-v-four-honda/
SukaSuka
Ambil ilmunya hehehhe
SukaSuka
Nah ini yg ditunggu2 versi diesel ertiga…. tambah naksir habis nih ane….
http://78deka.wordpress.com/2014/06/07/tvs-draken-initial-bomb-untuk-membuka-pasar-tvs/
SukaSuka
Sama.. Kalau beneran nongol dan apalagi ada AT nya…wah kepingin tenan kie…
SukaSuka
bentar lagi solar bisa diganti minyak jlantah yang dikarbonasi ulang….
SukaSuka
ajib
SukaSuka
Byuh…. diesel lagi…. bosan asap itemnya
SukaSuka
Itu diesel jadul dan gak terawat dengan baik wkwkwkwk
SukaSuka
Mobil baru yang pake diesel apa kang? pajero ada ndak yg diesel? cz sering lihat motor mahal tersebut tetep aja keluar asap itemnya…
SukaSuka
Pajero sport diesel justru yang keluar duluan… Captiva diesel, fortuner diesel, chevy spin diesel, ipah diesel, hilux diesel, strada diesel, bmw 530D diesel… Bmw X3 2.0D diesel.. Banyak kok
SukaSuka
nah yang pernah liet pajero tuh yang nyembur asap item..
SukaSuka
Jorok yang make wkwkwk
SukaSuka
Beli belinya doang… ngerawatnya ogah 😀
SukaSuka
hayang uy ngageber rtilu…
SukaSuka
http://www.byronbaymotorcycles.com/gallery/hyosung/Hyosung%20GT650V%20Engine.htm mesin hyosung yang di artikel wak haji taupik neh bro kobay…
SukaSuka
http://www.byronbaymotorcycles.com/gallery/hyosung/Hyosung%20GT650V%20Engine.htm mesin hyosung om kobay ganteng…
SukaSuka
Pas.. saya juga lagi bikin artikel soal ertiga diesel dari sisi lain… komsumsi solar ngeriiii 1:17 bahkan bisa sampai diatas 1:20 untuk luar kota
SukaSuka
1:20 pengendaraan normal… Diesel emang juossss….
SukaSuka
Mantab nich, kalau sudah pakai Diesel….#Mencoba menyisihkan pasukan Mobilio 😉
SukaSuka
Kalau menyisihkan kayaknya masih susah walau ada chance…tapi paling tidak mempertahankan pasar ertiga…
SukaSuka
nitip driving report saingannya om 🙂
SukaSuka
siaappp sori kena moderasi….
SukaSuka
rapopo lik 😀
SukaSuka
cring….cring….cring….is**u pant**r …nyaris tak terdengar……(iklan jadul)
SukaSuka
Tapi gada larinya wkwwkwk
SukaSuka
Gak spontan akselerasinya ….
SukaSuka
iya diesel jadul konvensional hehe
SukaSuka
hadir kang…
SukaSuka
bujug 90dk di 4000rpm
SukaSuka
sorriii kena moderasi…
tipikal diesel… hehee
SukaSuka
Mending pake diesel, ketemu tanjakan gmn jg gk tll takut. Mesin di set buat pemakaian 20 tahun tanpa penggantian part kl dirawat dg baik & benar, paling kalibrasi doang kl diitung pun lebi murah dari perawatan mesin bensin. Gk ada tune up, ganti busi. Sekalinya pake diesel langsung kepincut. Cobian we mang!
SukaSuka
Benul…asal dirawat… Fuel filter, air filter, oli dan oil filter… Itu yang harus jadi perhatian utama diesel modern….
SukaSuka
vgt.. jadi inget panjero semprot..
SukaSuka
Benul…
SukaSuka
irit, irit, dan irit, bikin iri, josss…..:D
SukaSuka
Jooossss
SukaSuka
haha.. siap ngetrek ngetrek chevy spin
http://masdaniblog.com/2014/06/07/mau-tahu-posisi-duduk-boncenger-di-yamaha-r25-ini-dia-masbro/
SukaSuka
wah pilihan baru bediesel
###masih naksir kijang LGX diesel tetep
SukaSuka
Bapak saya punya kang
LGX diesel 2004 last model
Unitnya diedel yg last model jarang kang
Dari toyotanya srndiri saat itu emg kesulitan mendatangkan mesin 2L dieselnya
Masi bandel sampe sekarang, perawatan gampang dan jarang bgt bermasalah, yg pnting rajin bersihkan filter sama kuras priming pump
Getaran lebih halus dari panther LS dan tarikan atas lebih unggul, tapi tetep kalah irit 😀
Oia seperti kuda diesel, minim asap ketika filter sehat, gk ngebul kayak panther
Skrg jadi barang simpenan, lebih sering make ertiga GL
Tapi ya itu, klo buat jalan2 ke tawangmangu enak kijang diesel nanjaknya
Pernah ditawar temen bapak 170juta gak dilepas
SukaSuka
Bused gak dilepas… Sbnrnya barang apapun asal dirawat pasti awet dan apik
SukaSuka
Hmm mesin diesel cc kecil nih kaya Hyundai i20
SukaSuka
kenceng juga euy
http://monkeymotoblog.com/2014/06/07/terkonfirmasi-motor-honda-yang-keluar-dari-cakung-adalah-motor-display-booth-honda-di-jak-fair/
SukaSuka
mass kobay ..ertiga telat ngluarin yg disel kburu kemkan mobil belo..coba dlu dh kluar.ku ga ambil yg R3 metic..
tadiny mau ambil kia sportag ..gagah sih gagah tu mobil.tpi takut 3S ny yg susah..beli suzuki.beli honda,beli toyota .beli apa aja mobil klo d tempat ku mau servic tetep aja jarakny sama-sama 30 km..mklum desa
SukaSuka
test drive om biar tau impresinya
SukaSuka
Nunggu barang nya ada dulu donk kekkekek
SukaSuka
wah, bakalan ikutan menghabiskan kuota solar bersubsidi nih mobil, nambahin beban APBN dech…
SukaSuka
Tetep XENIA yg paling josss.saya suka ngebut makanya pilih XENIA EXTRA AMAN EXTRA NYAMAN IRIT BBM.
SukaSuka
Wkwkkwkw
SukaSuka
XENIA 1000 CC TOP SPEED 145 KPH. XENIA 1300 CC TOP SPEED 175 KPH. KALAU DI KILIK DIKIT BISA 205 KPH.SPEEDOMETER XENIA MENTOK 180 KPH CUMA MERENDAH SAJA. ASLINYA BISA LEBIH DARI ITU. MOBILIO ERTIGA LEWAT. TOYOTA SAJA MENGAKUI XENIA LALU MINTA BUATIN AVANZA KE DAIHATSU.
SukaSuka
Wakakakakaa
SukaSuka
dari pada xenia mending avanza…
biarpun *rebranding (bentuk kembar) > paling gak dapat nama besar toyota-nya… 😆
*itupun avanza yang 1.5 boleh lahh…
daihatsu kek “dikebiri” toyota > padahal saudara satu eng’kongsi…
dahh lahh mending daihatsu bikin motor aja kek yamaha…
SukaSuka
BERHARAP XENIA DIESEL LAHIR PAKAI MESIN DAIHATSU TAFT GT DIESEL 2800 CC YANG LEGENDARIS.WUZZ WUZZ BISA LEWAT FORTUNER PAJERO.
SukaSuka
Wowwwww ckckckk caps lock nya rusak
SukaSuka
ngaco ahhh … taft dl42 cuman 76dk teknologi jadul ya gak bisa lawan commonrail lah…yg mendekati paling taft turbo DL62 ( rugger / fourtrak ) 115dk 250nm turbo intercooler tapi masih teknologi jadul juga
SukaSuka
Sssttt biar aja 😂
SukaSuka
tambah getar dong xenianya
SukaSuka
kalo 90dk masih kurang tinggal ganti ECU nya dgn aftermarket …stage 2 ganti injektor plus ganti kampas kopling heavy duty dll , lihat tuh innova diesel monster sampe 400dk 800nm
SukaSuka
Gak usah gantu ECU, piggyback aja cukup… Bisa 10-20dk lah diesel mah…torsi bisa 20-30 Nm… Josssss
SukaSuka
yappp ralat pake piggyback
SukaSuka
dulu saya gak suka dengan mesin diesel, trutama dngan suaranya, skarang dikarenakan tetangga beli fortuner vnturbo, suara diesel itu jd menu wajib tiap pagi (tetangga manasin mobil), klau gak denger shari aja kyak ada yg hilang (lebay)
SukaSuka
hahaha iya makin kesini ay makin seneng diesel karena teknologinya yang bikin tenaganya meningkat…
SukaSuka
suara wiiing wiiing dari turbo nya yg bikin kesengsem, sering pas riding ketemu pajero, pas disalip wiiing, enak banget di telinga 😀
SukaSuka
pake BOV lebh nyusss lagi
———————
Selamat malam semuanya, sharing artikel ya… Suzuki Address dites mencapai 320 km dengan menghasilkan konsumsi BBM 93,9 km/liter.. Gimana caranya ya?
SukaSuka
harus komen yah ? 😛
SukaSuka
Ngahahahhaa
SukaSuka
ane rasa diesel cocoknya di mobil suv, bus, truck, traktor n lokomotif diesel…
SukaSuka
Bahhhh
SukaSuka
mantap pakai VGT…kalah sama innova yang mesin dieselnya masih teknologi jadul,ane sih berharap next innova bisa pakai VNTurbo….kalau si ipah pakai VNT pasti ane pesen tuh ipah VNT 😀
SukaSuka
Akhirnya… kalo launch-nya maksimum desember.. saya beli ertiga… kalo gak saya ambil spin.
*Bosan dg bensin
SukaSuka
Spin banyak baca baca literatur ya om…banyak bugsnya katanya..
SukaSuka