Kobayogas.com –Dear lads, tidak jarang kita temukan istilah floating disc pada satu artikel atau brosur spesifikasi suatu kendaraan bermotor roda dua. Awalnya KBY pun tidak memahami hal tersebut dan eager untuk mengetahui apa sih yang dimaksud dengan Floating Disc serta perbedaannya dengan disc atau cakram konvensional…
Tak perlu kalimat dan penjelasan yang njelimet tapi ujung-ujungnya pemirsa blog tetap tidak paham penjelasannya, KBY akan mencoba sesederhana mungkin agar kita semua paham serta mengetahui perbedaan dari Floating dan Konvensional Disc…
Adalah Kang Hadi Muhari (nuhun kang bro) dari bengkel modifikasi Nusantara Sportbike Bandung yang membantu KBY menginformasikan dengan gamblang dan jelas seputar floating disc, perbedaannya serta pengaruhnya terhadap performa setelah beliau sempat memberikan tutor perbedaan antara Axial Caliper dengan Radial Caliper.
Penampakan Floating Disc
Kita akan membahas si Floating Disc dulu yah lads, seperti apa penampakannya, karena dari penampakan kita dapat mengetahui perbedaannya dengan Conventional Disc.
Terlihat dari gambar di atas, cakram terbagi menjadi dua bagian:
- yang pertama kita sebut saja Carrier atau Rotor Carrier, berwarna kuning pada gambar dan memiliki lingkar lebih kecil
- yang kedua adalah Brake Rotor, berwarna silver dengan lingkar yang lebih besar
Selain dua komponen di atas, juga terdapat komponen pendukung seperti Float Button, yang mengunci atau mengikat antara Rotor Carrier dengan Brake Rotor.
Jadi secara singkat, Floating Disc itu adalah Disc atau Cakram yang terdiri dari Dua Bagian Yang disatukan oleh Float Button. Floating disc sebagian besar diaplikasikan pada moge-moge baik entry level (250 cc) maupun top of the line..
Konvensional Disc
Kebalikan dari Floating Disc, konvensional disc adalah cakram yang hanya terdiri dari satu piece besi castingan saja. Jadi dari pabriknya sudah terbentuk dalam satu piece. Contoh konvensional disc adalah sbb:
Simple ya? Hanya satu piece tanpa adanya Carrier seperti Floating Disc. Tipe konvensional ini banyak diaplikasikan pada motor motor low segment, sebuk saja skutik, cub dan sport entry level.
Keunggulan Floating Disc
Menurut Kang Hadi, tujuan dibuatnya disc alias cakram bertipe Floating adalah untuk mencegahnya deformasi (misal memuai) pada si cakram pada saat penggunaan (sebut saja jika panas akibat gesekan antara kanvas rem dengan disc). Dengan dieliminirnya deformasi tersebut tentu performa rem akan tetap terjaga, efeknya kepakeman rem akan terus terasa dalam penggunaannya bahkan dalam kondisi ekstrim sekalipun (misal balapan).
Tentu saja semua akan kembali kepada material yang digunakan, Floating Disc berharga murah (low material) hanya dapat bekerja sedikit lebih baik di atas konvensional disc bermaterial baik.
Semoga bermanfaat dan bisa membedakan antara Floating Disc dengan Konvensional Disc dengan lebih mudah ya…
Mangga digeber lads…thanks for reading..
mantep……
SukaSuka
Nah ngartos ayeuna mah kang, kantun ngabahas rem ABS nya 😀 salam kenal kang ane dari Tasik :p
http://warungasep.wordpress.com/2014/08/12/korban-uji-topspeed-yamaha-yzf-r15-hancur-bertabrakan-dengan-honda-megapro/
SukaSuka
ABS sudah pernah keknya
SukaSuka
absen malam dulu Om Kobay
http://monkeymotoblog.com/2014/08/11/spyshoot-gsx-s1000gsr1000-sangar-dan-ganas/
SukaSuka
monggowwwww…
SukaSuka
inpoh kang, http://otomotif.kompas.com/read/2014/08/12/080000915/Yamaha.R25.Terus.Menggerus.Pasar.Ninja250R
YIMM senag, tapi ngelupain janjinya memprioritaskan konsumen, cape deeehh…
SukaSuka
Saya turut prihatin…
SukaDisukai oleh 1 orang
hehehee… saya ngga prihatin kang 😀
SukaSuka
beginner nyimak suhu….
SukaSuka
podo ae karo aku
SukaSuka
Jos…lg weruh aku…
Klo floating disc sering bunyi knp om?
SukaSuka
coba cek sapa tau ada tikusnya…
SukaSuka
Mbahmu…
SukaSuka
dipikir karo turu
SukaSuka
Piye ki…iso jwb tak wenehi hadiah
SukaSuka
hadiahne opo ?
SukaSuka
SABINA
SukaSuka
Volumenya dikecilin atau MUTE sekalian, Lik ….
SukaSuka
Ninggalin jejak dulu biar besok inget buat baca…
SukaSuka
ow, floating disk. tak kira kaliper doang yg floating 😆
SukaSuka
Wah kaliper yg floating kek gimana tuh
SukaSuka
Kaliper floating itu kaliper yang posisinya bebas dalam artian bisa bergerak ketika di rem. Kalau kaliper fixed (istilahnya saya lupa) kalipernya terkunci sehingga hanya piston yang bergerak maka pada kaliper floating saat di rem kaliper juga bergerak.
SukaDisukai oleh 1 orang
beda kah sama Radial Caliper?
SukaSuka
Beda sih menurut saya Om. Kalau Radial dan aksial itu kan lebih ke jenis mountingnya Kaliper. Kalau floating sama fixed kaliper lebih ke mekanisme gerak pengeremannya.
SukaSuka
ya kaliper biasa Om, yg pistonnya cuma 1 sisi. kalau yg 2 sisi itu yg fixed 😀
SukaSuka
bah dikerjain mentang2 nubie 😦
SukaSuka
lah, kaliper motor standar di indonesia kan kalipernya ngambang..
SukaSuka
Ooo yg standar… Istilahnya aja sih ay baru paham hehhee… Siap
SukaSuka
diberi injeksi pendingin di cakramnya bang. jadi air ketemu besi ga memuai.hehe.
SukaSuka
Ribet yak wkwkwkk
SukaSuka
yang ada retak lek 😀 kayak gelas kena air panas abis itu di semprotin air es …
SukaSuka
Nice info kang…. kalo di banjarmasin juga ada, namanya floating market, alias pasar apung, hehehe…. *peace 😀
SukaSuka
Lembang juga ada wkwkwkk
SukaSuka
oiya yah, kemaren pas ke bandung lupa mampir kesana, hehe…. 😀
SukaSuka
Nice share mbah kobay 😎
SukaSuka
Mbahmu
SukaSuka
ssip-ssip jadi ngerti..
tapi floating murah sering karatan 😀
SukaSuka
Nahhh.. Balik lagi ke kualitasnya hehehe
SukaSuka
Itu dia, mau ganteng malah buluk wkwk
SukaSuka
at last, after a long time I’m waiting, the article about non/floating disc is written, good job om:))
tapi btw, it would be better jika sekalian dibahas juga soal cakram jenis petal disc, hayooo…tau ngga om, Z1000 yg om tunggangi tempo hari jg pake petal disc lho^_^
SukaSuka
Oia petal skalian deh yak…
SukaSuka
Ngaku Paspampres, saat ditilang malah bentak petugas lalu kabur, kasusnya jadi berbuntut panjang!
SukaSuka
dulu floating disc yang terkenal punya yamaha tzm, pasti semua underbone makenya itu.
______________
SukaSuka
wah diganti TZM punya ya
SukaSuka
Kalo r25 pake axial ato radial mas
SukaSuka
dilihat dari dudukannya masih Axial mas…
SukaSuka
penggunaan jenis kampas rem apakah juga perpengaruh terhadap panas dan kepakeman rem bang. jika dikombinasikan dengan dua model disc diatas???
http://nivikoko.com/2014/08/11/review-helm-nhk-gp1000-dari-bro-yogi-pengunjung-warung-asal-bandung-juwoss-lekk/
SukaSuka
agak bingung dengan pertanyaannya nih, kalau kepakeman jelas ngaruh dari jenis material si kanvas dan juga si cakram. Panas pasti terjadi kan ada gesekan.
Nah saat panas itu terjadi deformasi yang singkatnya bisa mengurangi performa pengereman, tipe floating bisa meminimalisasikan deformasi itu sehingga performa/kepakemannya tetap terjaga.
SukaSuka
pori – pori material type floating berukuran lebih makro ya sehingga panas yang diakibatkan oleh gesekan dapat turun atau diminimalisir secara baik? jika materialnya sama berarti model dan typenya ya yang berpengaruh.,,,,
SukaSuka
nmp float ya ??? bagus kalo float modern 😀
SukaSuka
keknya float deh… tar ay coba acak2 fotonya
SukaSuka
dari fotonya dan ada button nya sih dia floating ya
SukaSuka
nmp ga float yang ane liat baut yang megang cakram ‘:| . kalo after market most of them floating tech . apes tadi sore kena tilang pas mau dyno ‘:|
SukaSuka
oia bener, barusan nyari pict yang lebih jelas lagi, itu tyata baut yg nempel ke pelek ya…
SukaSuka
iya aku kan motornya nmp jadi liat 😀 . ternyata buat nempel ke pelek . sayang ga float ‘:|
SukaSuka
baahhh pantes wkwkwkk
SukaSuka
Klo cakram Monoblock apa lagi tuh Mas??
SukaSuka
pertanyaan yang bagus 😀
SukaSuka
setelah nyari tau sedikit, secara singkat monoblock caliper (bukan cakram/disc/rotor) adalah caliper yang terbuat dari satu piece bahan logam sehingga lebih tough/kuat/tangguh.. tapi mahal.
Rata2 kaliper yang ada memakai dua pieces disatukan oleh baut/bolts…
ada juga cara diantaranya (antara monoblock dan two pieces caliper) seperti buatan sumitomo yang diaplikasikan pada Yamaha R1, R6 dan FZ1
SukaSuka
apakah untuk kaliper ini pakai disc khusus??dari pada di jawab saya tunggu next artikelnya saja deh OK
SukaSuka
hahahah oke deh
SukaSuka
Yang betul Kaliper Monoblock, Bukan Cakram Monoblok 😀
ini Contoh Kaliper Monoblock merk Brembo M4.
Disebut monoblock karena housing caliper nya di buat pejal/tanpa sabungan. Bahan Alumunium di Press lalu di machining CNC dan di heat treatment.
Tentu masalah kualitas & kekuatan gak diragukan lagi 😀
SukaSuka
joss kang kobay..
SukaSuka
soal Monoblock kaliper, juga dipake di 2011 – current Kawasaki ZX10R & 2014 Z1000, emang mantab braking dari Kawasaki ini terutama ZX10R-nya, ngga kalah pakem sama merk terkenal sebut saja Brembo:))
SukaSuka
Sippp tq tambahannya, sayang di present Ninja n Z 250, rem depannya sucks
SukaSuka
Kaliper Sumitomo yg simbolnya kayak “umbrella” atau “simbol nuklir”:))
SukaSuka
nice infoo
SukaSuka
cie cie, ada yg HT di kaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/53e9064c620881e0778b457e/?ref=homelanding&med=hot_thread
SukaSuka
Waaahh jadi HT ya? Juosssss hehhee
SukaSuka
Kisah nyata beberapa hari lalu menimpa tetangga, Bayi hilang dalam kandungan usia 8 bulan, Misterius!
SukaSuka
Tambahan saja.
Proses deformasi pada cakram (Cakram jadi peyang/Oleng) sangat mungkin terjadi karena hentakan/jepitan kanvas kaliper ke Cakram saat peoses pengereman terutama pengeraman mendadak. Dengan konstruksi Floating disc, Float button akan membuat rotor fleksible, bergerak mengikuti hentakan tadi sehingga deformasi cakram bisa diminimalisir. Makanya jangan heran klo Floating Disc terasa kaya longgar di bagian rotor nya. Itu kondisi yg normal.
Terima Kasih.
Thumbs Up Buat Ulasannya Kang KBY.
Nitip Jemuran ya, Mumpung Nusantara SPortbike lagi ada SALE & Diskon :
https://www.facebook.com/nusantarasportbike?ref_type=bookmark
Harga ter-“Value For Money” sejagad raya 😀
SukaSuka
Naahh.. Sip, jd emang ikut ngegeser yah…jangan heran.
Sok atuh sugan pajeng hehe… Duh mun aya 2 silinder lagi saya mau ganti arm sama Shock USD!!
SukaSuka
3 mobil terbakar dan meledak di Bintaro
SukaSuka
kalo disc yang di motogp itu kenapa ga ada kisi kisi pendinginnya ya?
materialnya udah tahan panas kah?
SukaSuka
Ijin kasih jawaban.
Spec Cakram yg digunakan di MotoGP sudah menggunakan material cakram Carbon Ceramic yg memang Paling tahan terhadap Panas dan dari segi massa jenis juga lebih ringan.
Lubang2 pada cakram berbahan standar baja Carbon bermanfaat untuk membantu pelepasan pasas/Heat Transfer dan mengurangi bobot cakram. Di Cakram Carbon Ceramic lubang2 itu tidak dibutuhkan karena bahan yg sudah tahan panas & mampu melepas panas dengan baik serta massa Jenis yg lebih ringan.
Hadi Muhari
Nusantara Sportbike, Bandung
SukaSuka
juosssss
SukaSuka
keramik om hehehe
SukaSuka
Nyimak..
SukaSuka
angguk2 kepala, oh gitu toh 😀
SukaSuka
asiek nambah ilmu 🙂
SukaSuka
alhamdulillah
SukaSuka
🙂
SukaSuka
Berarti Honda legenda nu tatangga saya geus asup kategori floaing nya…? #eh
SukaSuka
Wkwkwkk duka tah
SukaSuka
Ping balik: Honda CBR 150R K45: Bye Bye CBR CBU, R15 Inilah Lawan Sepadanmu…! « KobaYogas.COM
Ping balik: Tematis Rem: Monoblock Caliper, Barang Apalagi Itu? « KobaYogas.COM
Ping balik: Review dan Test Ride Yamaha R25 Modif Mono Arm dan Up Side Down, Moge Bingits! | KobaYogas.COM
jangan wayu…
SukaSuka
Oalah, kirain yang discnya renggang gitu (ada gap/celah) di tengah
Nice info 😀
SukaSuka
Ngebahas atau bikin artikel pengaplikasian rem cakram belakang, buat motor yg blm pake mang Kobay! misal di motor PCX biar lbh keren! cara pasang, pake merk apa, atau rekomendasi bengkel di kota2 besar.
SukaSuka
cari bahannya dulu ya 🙂
SukaSuka
nyimak lads
Assalamualaikum,selamat malam brosist,izin sharing artikel ya.. Maaf kalau OOT..
Mau dongkrak tampilan motor dengan signifikan dengan dana yang tidak terlalu besar? Kenapa gak dicoba modifikasi di sektor headlamp brosist! Ternyata lumayan banyak yang bisa dieksplor di sektor ini!! Penasaran? Silahkan buka langsung disini ya,semoga berguna,terimakasih 🙂
SukaSuka
Kebanyakan cakram variasi uda floating.
SukaSuka
om kobay, mau nanya, kalo master rem radial apa harus pake kaliper radial dan cakram floating ?
SukaSuka
Seingat sya sewaktu diskusi sih gak harus yah
SukaSuka
mencerahkan sekali…mantepp suhu nambah ilmu lagi nih
SukaSuka
disk ploating pasangannya kaliper radial ya kang..
SukaSuka
Gak selalu kok Mang
SukaSuka
cakram floating biasanya kalipernya tipe radial 😀
Daftar Helm Unik nih Bro .Chek it 😀
http://rpmsuper.com/2014/07/03/beberapa-bentuk-helm-yang-aneh-dan-unik/
SukaSuka
tapi sayangnya gak selalu… coba liat R25, Ninin, CBR, semua floating tp gak radial… 🙂
SukaSuka
Nambahin om. Memperingan bobot cakram + meminimalisir brake lock pada saat pengereman mendadak. Pernah baca cuma lupa sumber nya 😀
SukaSuka
sippppppp
SukaSuka
ya sip gan
SukaDisukai oleh 1 orang
Bang, kalo material yg dipake apa yah jenisnya? Kalo boleh tau… Minta jawabannya ya bang 🙂 hehe
Buat bahan skripsi
SukaSuka
Duh takut salah mang…
SukaSuka
Ping balik: Ganti Piringan Cakram Jangan Yang Sembarangan Ya | Aiefz' as 火红它汗之™
Ping balik: Honda CBR 250RR 2 Silinder, Dari Prototype Jadi Apa? | KobaYogas.COM