Besaran Pajak Tahunan (PKB) Yamaha NMax, Wow Juga Ternyata…


Nmax vs PCX

Kobayogas.com – Hola lads, sebagai pemilik kendaraan bermotor baik baru ataupun lawas kita pasti diwajibkan membayar Pajak Kendaraan Bermotor, berapa sih PKB dari Yamaha NMax?

Sudah lama ingin dishare tentang besaran PKB Yamaha NMax ini  tapi lupa terus euy hehehe.. Nah mumpung bro Taufan sesama pemilik NMax ngontak menanyakan besaran PKB-nya NMax, KBY baru keingetan untuk membuat artikel ini..

So, seperti yang sudah kita ketahui bersama, Yamaha NMax merupakan skutik premium dari pabrikan garpu tala dengan status lokal alias buatan dalam negeri… Secara logika, harusnya sih PKB nya pun lokal dong ya (baca: lebih murah)? Bener gak sih?

Ternyata ketika STNK si Frozen Yamaha NMax sudah jadi dan KBY melihat ke angka besaran Pajak Kendaraan Bermotor-nya (PKB) bikin terkejut juga lads… lah kok yang lokal tidak berbeda jauh dengan New Honda PCX yang statusnya CBU Vietnam yah?

baca juga: Besaran PKB Tahunan (STNK) milik New Honda PCX

PKB milik Yamaha NMax itu sebesar Rp. 540,000 sementara New Honda PCX pajaknya sebesar Rp. 574,000.. alias cuma beda Rp. 34,000 sahaje lads.. Kira-kira kenapa ya? Apa karena pajak 155 cc-nya? Atau NMax tak mau kalah dengan status premium yang disandang oleh PCX? Tapi sepertinya akibat pajak progresif ya? Bukannya motor konon gak kena?

Mboh lah, semoga ada jawaban yang memuaskan dari pengunjung blog ini…

kode progresif dilingkari

Ini milik New PCX

yang ini punya NMax

yang ini punya NMax

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Agar Lads Makin Tahu, Sharing, Yamaha dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

85 Balasan ke Besaran Pajak Tahunan (PKB) Yamaha NMax, Wow Juga Ternyata…

  1. ddul berkata:

    Kena progresif kah?

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      ternyata iya

      Suka

      • weleh…NMAX motor ke berapa emangnya Oom Kobay…?
        daku dah 3 minggu nunggu stnk lom jadi2 neh…kayaknya bakal kena progresif juga (nmax motor ke-2)…. 😦

        Salam Pajak Progresif!!! hehehehe 😀

        Suka

      • smashrider berkata:

        Nmaxnya motor ke berapa, Oom Kobay…?
        stnk nmaxku dah 3 minggu blom jadi2 juga neh, dan kyaknya bakal kena pajak progresif juga (motor ke-2) ….. 😦

        Salam Kenal NMAXuser….!
        Dan salam Pajak Progresif…! hehehe <-ketawa ngenes

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        sori kena moderasi, pertama komen ya? hehehe

        dari kode di stnk 003 jadi kena itungan 2x ya? apa justru 3 x? saya juga 3 minggu tapi kepotong lebaran kan waktu itu

        Suka

      • smashrider berkata:

        Kalo dari yang ane baca di salah satu akun facebook sih keterangannya sbb:

        A. Tarif pajak Kendaraan Bermotor kepemilikan Pribadi :Kendaraan bermotor kepemilikan orang pribadi berdasarkan nama dan/atau alamat yang sama dikenakan tarif Pajak Progresif Sebesar: 1. Kendaraan pertama 1,5 % ( 1,5 % x NJKB ), 2. Kendaraan kedua 2 % ( 2 % x NJKB ), 3. Kendaraan ketiga 2,5 % ( 2,5 % x NJKB ), 4. Kendaraan keempat Dan Seterusnya 4 % ( 4 % x NJKB)

        Cumaaaa…pas ane clingak-clinguk di internet, PKB di Jakarta naek 30%, Oom Kobay….makanya naik drastis pajak tahunannya…hiks 😦

        Ane liat dimarih Oom…

        http://wartakota.tribunnews.com/2015/07/10/inilah-cara-hitung-pajak-progresif-mobil-di-jakarta

        Quote:
        “WARTA KOTA, CENGKARENG– Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menaikkan Pajak Kendaan Bermotor (PKB) di Jakarta sebesar 30 persen. Kenaikan pajak itu berlaku mulai 1 Juni 2015.

        Pengumuman kenaikan PKB tersebut disampaikan Kepala Unit Pelayanan PKB dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Jakarta Barat Siringo-ringo melalui keterangan tertulis.

        Kenaikan pajak itu mengacu pada Peraturan Daerah No 2 tahun 2015 tentang Perubahan atas Perda No 8 tahun 2010 tentang Pajak Kendaraan Bermotor.

        Bila mengacu pada Perda lama, besarnya PKB untuk mobil kepemilikan pertama adalah 1,5 persen dikalikan nilai jual kendaraan kena pajak. Tapi berdasarkan Perda No 2 tahun 2015, besarnya PKB adalah 2 persen dikalikan nilai jual kendaraan kena pajak atau ada kenaikan 30 persen.”

        Mudah2an infonya akurat.
        Maap panjang jawabnya nih Oom…

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        akurat banget … baiklah tq banget 🙂

        Suka

    • L Susanto berkata:

      kalo dak salah motor di atas 150cc kena progresif om

      Suka

  2. Besok Siang berkata:

    kena pajak progesif thoe

    Suka

  3. ardiantoyugo berkata:

    Wkwkwk… Ra sido tuku…

    Kenalan sama Gulfstream G650, si super cepat: http://wp.me/p1eQhG-1ny

    Suka

  4. ryan29487 berkata:

    STNK NMax ABS saya baru jadi 2 hari lalu. PKB nya 330rb. Yogyakarta kota.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      jogja gak kena progresif kata kawan saya…

      Suka

      • Besok Siang berkata:

        klo di samsat jateng, yang kena pajak progresif cuma roda 2 dg mesin 250cc keatas + nama sama ..
        jadi pny motor 5 dibawah 250 cc + nama sama –> kagak kena pajak progesif 🙂

        Disukai oleh 1 orang

      • Julian berkata:

        kena progresif, om. gw aja punya old JMX, lalu beli NJMX, kena tambahan 70ribu. itu cc nya 135 dan harganya 17 juta, gimana yang harganya ampir 30 juta, dan entah motor ke berapa

        Suka

  5. ryan29487 berkata:

    STNK NMax ABS saya baru jadi 2hari lalu, PKB nya 330rb. Yogya kota.

    Suka

  6. maxman155 berkata:

    Aneh kang ane cm 416ribu pkbnya…mungkin kena progresif kang

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      iya ternyata kena, ketiga pulak.. tp lucu juga udah include di harga… eh udah lom ya, au deh lupa hahaha, keknya udah, gada tambahan lagi soalnya

      Suka

  7. cadoxs berkata:

    Ninja aja diangka 570an 😂😂

    Suka

  8. coey91 berkata:

    wew 540 motor ente kn banyak om kobay pasti kena progresif tu ngk mgkn la motor 150cc segitu palingan ya 300rb an lah….

    Suka

  9. hamimhid berkata:

    Coba sharing kang hehe.
    Tarif pkb ditentukan masing2 pemprov dengan tarif minimal 1% dan maks 2%. Dasar pengenaanya harga jual kendaraan kang, tapi berdasar UU no 28 tahun 2009 apabila harga jual gk diketahui maka ada bbrp faktor yg digunakan, antara lain jumlah cc, harga jual kendaraan sejenis (kayanya ini metode yg dipakai NMax haha).
    Kalau progresif dikenakan apabila satu Nama memiliki 2 atau lebih kendaraan.

    Suka

  10. buzzie berkata:

    bekasi kumaha nya mang ?

    Suka

  11. superlutena7 berkata:

    bisa segitu mahalnya gan. Banyak amat selisihnya sama yang 125 cc

    Suka

  12. daf berkata:

    punya ane cuman 318 mang

    Suka

  13. iScoot berkata:

    motor kena progresif, mobil juga tapi mereka pisah. alias gak digabung walau 1 nama

    yg ngeri tahun depan ahok bilang kalau progresif diitung juga dari alamat bukan cuma nama, amsyong deh ..

    Suka

  14. fahmi berkata:

    karena progresif alamat sama? motor juga kena…..?

    Suka

  15. ninja150ss berkata:

    Mahal bgt…

    Suka

  16. anggiwirza berkata:

    Tiap taun bayar 2juta sekian itu om?

    Suka

  17. miirr berkata:

    Vespa px om..cuman 98rb wkwkwk

    Suka

  18. petirabang berkata:

    Dki emang mahil om per juni kemarin, kendaraan ke-1 kena 2% dr Njkb, pdhl sebelumnya 1,5%…plus kendaraan selanjutnya + 1/2 % dr Njkb, Siipp kan?

    Suka

  19. Jeremy Clarkson berkata:

    enak ya tinggal di jakarta. pkb sama pajak bbm gede dapetnya tapi jalanan masih bolong2 aja. udah gitu kalo ditambal nggak rata pula. apalagi trayek palmerah tomang cideng. gak tahu deh kemana larinya setoran pajak.

    Suka

  20. Rangga berkata:

    Ya memang aneh,kaya kasus cbr fi cbu vs cbr lokal beda 50ribuan doang,tau karena dirumah ada 2 motor itu yang sempak dipake adek bang yoga
    Tapi ahm(dulu) aneh mem premiumkan harga bukan positioning/karena memang motor premium,sekarang?….

    Suka

  21. abc berkata:

    ga heran di jakarta Ninja R ane aja kena 526rb gilak ga tuh!! apa kabar mobil ya??

    Suka

  22. Z250 rider berkata:

    Wah, mahal ya… z250 i 600an rb… z250sl i jg cm 490an rb… ini 150cc tp mahal…

    Suka

  23. Jonah berkata:

    Di sidoarjo 318rb pkb nya

    Suka

  24. ipanase berkata:

    non abs Rp. 24 juta dengan pajak Rp.400 rebu setahun
    josss nan…..

    Suka

  25. DmNc berkata:

    progresip euy. kalo abis kehilangan / jual kendaraan, berkas kendaraan yg lama jgn lupa di cabut dlu di samsat biar ga kena progresif. krn sistemnya blm otomatis . jgn sampe sedekah yg ga perlu 😀

    Suka

  26. Leopold S berkata:

    kan kena progresif om, jangan buru2 ke soal brand dan CKD/CBU banyak yg demen ribut ga jelas soalnya

    Suka

  27. fby smart berkata:

    Wakakaka matik bosok tp pajak mahal

    Suka

  28. fby smart berkata:

    Pajak progresif berlaku bila dalam satu KK (kartu keluarga) ada dua motor atau lebih, maksudnya? Bila suami sdh punya motor trus istri dibeliin motor maka sdh berlaku pajak progresif.
    Seharusnya tdk berlaku buat motor dibawah 250cc (ane berharap bgtu 🙂 )
    Kalo mobil ane sih setuju saja walaupun tanpa prpgresif tp pajaknya harus di GEDEIN biar tdk ada yg beli mobil dan parkir mobil dijakarta dibuat 50rb/jam biar pada naik angkutan massal 🙂

    Suka

  29. Krisna berkata:

    Saya di Denpasar-Bali yg pajaknya paling mahal aja cuma kena 318.000, kena progesif tu…

    Suka

  30. Wiii. Mahal juga untuk seukuran 155 cc. Pkb Hmpir mndekati si nina yg cbu trus 250 cc pula.. ra sido tuku enmek wes wkwkwkwk

    Suka

  31. jombre berkata:

    penggiringan opini oleh komentsator….. ndesoooo

    Suka

  32. mas.john berkata:

    wah wah…mihil binggo jebule..

    nah kalo coment nya gini kan jadi enak yg baca artikel,,saling tuker info…bukan mlh ngaco gx jelas yg pada komen jd bikin eneg mlh….# joss lah buat mang kobay…lanjutkan

    Suka

  33. murahan motor ku donk. 259 rb dapat. hehehe….

    Suka

    • hornt berkata:

      hahahaha motor NSR 125 hornet ku cuma kena 147rb per tahun… sanggad murah.. sabar bang kobay.. ada hikmahnya 😀

      Suka

  34. gaplek mania berkata:

    pajeknya setara espass 95 saya yg bisa memuat barang lebih banyak dan menampung lebih banyak pwnumpang

    Suka

  35. BBB aja berkata:

    Bos, data samsat tidak update yah? kok jatuh temponya si sniego masih tanggal 29-10-2015?

    Suka

  36. Blekih2000 berkata:

    Maaf cm mo sharing pengalaman pribadi cabut berkas stnk lama yg kemungkinan msh a/n saya, jadi biar ga kena progresif ga jlaz…

    Waktu itu saya datang ke samsat polda metro, klo ga salah lt.2, lalu ada satu loket untuk pengecekkan ada brp banyak stnk yg (ternyata) msh tercatat a/n saya. Sy cukup ksh nama disecarik kertas, trus sm org samsatnya dicek. Waktu kasus sy ada 3 motor yg udh kejual tp msh tercatat a/n sy. Untuk menonaktifkan/cabut berkas istilahnya, sy diminta isi form lengkap dgn materai 6000, dan menyertakan foco ktp n KK. Lalu diminta utk nyumbang (paksa) PMI dan disuruh balik 3 hari setelahnya utk memastikan lagi. Pas udh 3 hari balik lagi, 3 motor tadi yg msh kedaftar a/n sy udh terblokir dgn sukses disistemnya samsat. Jadi nextnya si pemilik ke 3 motor itu hrs bin wajib balik nama…

    Sgitu aja sharingnya..moga berkenan… 😋

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s