Kobayogas.com – Dyno, adalah kegiatan yang kadang-kadang asyik untuk dinantikan hasilnya, karena kita dapat mengetahui potensi dari mesin kendaraan yang kita miliki. Namun demikian terdapat beberapa hal yang harus kita kenali saat melakukan dyno…
Yang pertama adalah kenali berapa standar horse power mesin kita, spesifikasi teknis dari brosur bisa menjadi acuan walau hasil tersebut merupakan penilaian power dari mesin, bukan power saat mencapai roda, saat selesai melakukan dyno ada toleransi kerugian dari tenaga yang tercantum pada spesifikasi teknis. Misal aslinya pada brosur 32 HP maka 29-30 HP on wheel dapat menjadi acuan.
Dan jika naik 2-3 hp dari standar sudah bagus asumsi melakukan parts kompetisi atau racing yang dapat mendongkrak tenaga mesin, kenali juga timing saat melakukan dyno, pagi, siang malam, juga jenis bbm yang diisi, ron 88 dlsb, mesin sudah diservis? sehat? oli syntetik? ban gundul? dlsb…
Om Leo, mentor saya dalam hal testing MoGe sharing hasil Tes Dyno Yamaha R25 miliknya dalam blognya di sini
Mengagetkan.
Saat ini saya sdg di Sportisi melakukan test dynojet bersama mas Bram (Sportisi), Bie Hau (Prospeed), dan media Sportku.com. Rencananya akan mengetest perubahan performa apabila knalpot Prospeed dipasang.
Kita mulai dengan baseline tenaga standard.
Otomotif pernah mengetest dyno sample product R25 dan didapat data max HP 29.21 HP pada torsi 19.09. Test dilakukan di mesin yang sama di tempat yang samaMengagetkan.
Saat R25 bawaan saya ditest ternyata HP melandai setelah 10.500 RPM di angka 27.63 HP pada torsi 18.67. Perhatikan bentuk grafik yang berbeda antara unit test dan R25 saya. Pada unit test grafik masih meningkat stlh 10.500 RPM menyentuh HP max di 29.21. Sementara pada R25 saya grafik melandai bahkan turun. Bukan sekedar fluktuasi tapi turun.
Jika kendaraan baru, dalam arti kilometer masih sangat sedikit, kemungkinan kinerja mesin belum lah maksimal tentu ada, singkatnya semua parts masih seret belum lancar gesekannya. Gesekan seret ini menurut pengetahuan yang terbatas dari KBY bisa mengebiri power yang seharusnya. Kadang pula, tenaga antara mesin satu dengan yang lainnya walaupun sama dan satu pabrik dapat berbeda. Namun pendapat setiap orang pun boleh berbeda, simak opini om Leopold selanjutnya:
Tapi mas kondisi kelembapan dan temperatur kan mungkin beda?
Benar, tapi bentuk grafik harusnya tidak berubah hanya lebih tinggi atau lebih rendah.
Apakah edisi sample product dan mass product berbeda setting ECU?
Menurut mas Bram Sportisi diduga ignition timing di dalam ECU diprogram agar tenaga tertahan setelah 10.500RPM. RPM masih bisa naik namun tenaga tidak bertambah. Ini mungkin utk memperpanjang umur mesin terutama di daerah2 yang bensin beroktan tinggi sulit supplynya.
Jujur saja, KBY sih penasaran Point of Origin nya alias asal muasal penyebab mengapa bisa tenaga Yamaha R25 versi masspro tersebut terkebiri padahal tes dilakukan di tempat dan mesin yang sama. Benarkah akibat kilometer yang masih sangat minim sehingga mesin belum mencapai peak performance nya, atau ada penyebab lainnya?
Dengan demikian, defisit dari spek pabrikan dan unit tes otomotif adalah sbb:
Spesifikasi pabrik: 36 PS (35,51 HP) dan 22 Nm
Unit Tes Otomotif: 29,21 HP dan 19,09 = 6,3 HP dan 2,91 Nm dari Spesifikasi pabrik
Unit Bro Leopold: 27,63 HP dan 18,67 Nm = 7,88 HP dan 3,33 Nm (dari spesifikasi pabrik) serta 1,58 HP dan 0,42 Nm (dari hasil unit tes otomotif).
Jika para pemilik Yamaha R25 dapat menerima besaran defisit tersebut maka tidak ada masalah.
Sambil menunggu artikel sambungan dari om Leo dan semoga ada klarifikasi dari YIMM, mangga jika lads mempunyai pendapat lain akan hasil ini…
Mangga digeber lads…
Mungkin alasannya untuk safety Mang, selain alasan motor baru btw ini masih quick count kan ? Belum real
SukaSuka
di tv sebelah sudah sahih 😀
SukaSuka
SukaSuka
Nyengir
SukaSuka
joooosssssss gandoooos 😀 http://ridertasik.wordpress.com/2014/07/20/tes-singkat-pcx-punya-kang-yadi/
SukaSuka
ngaohohoho yg blm sunat ayo hadirilah yakampret menyelenggarakan sunatan masal
SukaSuka
ni tanggapan yamaha
http://aripitstop.com/2014/07/20/nich-tanggapan-yamaha-r25-turun-2hp/
SukaSuka
Meluncur cok
SukaSuka
jos
http://monkeymotoblog.com/2014/07/19/honda-cbf1000f-versi-fairing-dari-cb1000r/
SukaSuka
Atau malah jangan-jangan….. :-0
SukaSuka
Belum pasti hasilnya itu fix kok… nhoahahahhaabba 😀
SukaSuka
Ngoahahaha
SukaSuka
Mungkin menyambut lebaran, jadi di diskon ‘powernya’ xixixixi…
SukaSuka
Pake kartu member bisa lbh gede lagi donk…emangnya belanja hehehe
SukaSuka
Duuh gmn bsa sya jdi FBY klo bgini teruss??? @_@
SukaSuka
waduh ngibul atau efek apa ya..
SukaSuka
jadi gini om kobay, IMHO YIMM melakukan itu karena mereka tau, tidak semua pembeli R25 ini adalah orang yang tak berkelebihan duit untuk membeli bensin sekelas Pertamax/ yg harganya sudah 11 ribuan per liter ini, selisihnya jauh cooyy sama Bensin Miskin yg cuma 6,5K doang/liter, kalikan 10 liter BBM udah berapa coba selisihnya, bagi yg berpikir ekonomis dan masih punya pacar, selisih segitu bisalah buat nambah uang traktir ceweknya, atau beliin boneka buat dia.
nah makanya dg adanya fakta diatas, maka tidak heran biar R25 tetep bisa mimik Premium, ada penyetelan ulang di ECU nya, yaa bagi pembeli klo ga mau ribet masalah ginian tinggal beli ECU racing/Juice Box/PowerCommanderV dsb Exhaust Full System, dah dijamin naik cukup significant powernya. dilema memang bagi pabrikan, disatu sisi ingin memberikan yg terbaik bagi konsumen, disisi lain terkendala soal BBM, #TepokJidat
SukaSuka
Thanks sharingnya 🙂
SukaSuka
makes so much sense. hehehe. apalagi kalo di daerah. kalo dikasi spec asli bensin premium bisa knocking kemana2 akhirnya jebol pistonnya
SukaSuka
Iya ya…ribed juga…
SukaSuka
Pendapat boleh beda tapi menurutku itu pendapat paling tolol, gak dewasa..
Alay bgt, kalo cara berfikir luas pasti gak bkl kyk gtu
Ada kata pacar, BBM dll
Haduhh emg blom realistis pikirannya
SukaSuka
Mohon penjelasan,
1. Apakah setting ECU bisa menurunkan perbandingan kompresi ?
2. Apa faktor utama penentu jenis BBM ?
Penjelasan penggunaan jenis BBM tidak sesederhana setting up or setting down ignition timing/system sebab knocking adalah buruk bagi performance and durability.
Terimakasih.
SukaSuka
1. Afaik bisa, istilahnya retard atau forward (memundurkan dan memajukan) timing pengapian.
2. Secara teori memang dari kompresinya, tapi balik lagi ke nomor 1, kompresi pada prakteknya bisa diakali
Dengan adanya retard timing pengapian maka gejala knocking bisa dieliminir…
Semoga membantu
SukaSuka
Makasih banyak bung Kobay, namun saya persilakan untuk membuat test sederhana dengan compression gauge/tester setelah retard or forward ignition system…mohon dimengerti perbedaan ignition timing dengan perbandingan kompresi. Semoga tidak membahas metode ‘akalan’ (diakali) sebab system motor bakar adalah ilmu pasti.
User bisa leluasa ‘upgrade’ jenis BBM namun sulit untuk ‘downgrades’ jenis BBM karena terbentur spesifikasi perbandingan kompresi.
SukaSuka
Itu hanya jwaban dari knowledge saya yang terbatas ini om… mudah2an ada yang lebih paham dari saya bisa bantu jawab yah… 🙂
SukaSuka
sorry, maksudnya berkelebihan duit tadi:+))
SukaSuka
awas..siapkan satpol PP….xixixi
SukaSuka
Produk gagal itu ler..atau pas dpt yg understandard..
Kayak di GE8 dulu..klaim pabrikan 120hp..kondisi standar gw dapet 118hp..si adam dpt 116 hp..bahkan ada anak genji yg mblnya keluar showroom lgsg dastek dll standarnya 122 hp..dyno di tempat yg sama..
SukaSuka
kalau spek pabrikan lo harus tau bahwa itu itungan di mesin, bukan tenaga sampai roda, duh gimana sih ah wkwkwkwk…. kek baru dyno aja ah
Spek pabrik di brosur 120 trus pas dyno on wheel 118 ya udah bagus…ada toleransi defisit transfer tenaga ke roda.
Nah di sini, spek on wheel itu patokannya yg dari otomotif, 29++ DK, saat cuma dapat 27 Leo mempertanyakan hal itu.
SukaSuka
Oh iya..itu dibandingin sm unit tesnya ya?haahhaha..njing turunnya jauh bgt dong..disunat 2 hp dr unit tes dan 5 hp dr klaim pabrik…
Wakakakak..
SukaSuka
Tepatnya 1,58 dk dari unit tes dan 0,42 Nm…
SukaSuka
On crank nya 32hp ya?
SukaSuka
Benul… 22 Nm
SukaSuka
waduh… yamaha harus bertindak cepat nih… 😀
SukaSuka
bli unit tes nya aja boleh gak ya?? 😀
SukaSuka
Disunat 2 ekor kuda he he
SukaSuka
Kata para ahli kalo laki laki di sunat bisa tambah lama dan nikmat di pakai nya….
R25 ini motor laki laki kan??
SukaSuka
bisa aja 😀
SukaSuka
padahal rata2 beli karena 30hpnya. hehehe. btw ge akhirnya ambil pcx. udah nyoba sprint, lebih suka detailnya primavera dengan velg sprint ternyata.
SukaSuka
Seeeppp pcx 2014 ini kan? Udh d rmh brgnya? Nunggu brp lama?
SukaSuka
yg stok 2013 aja. gak tahan nunggunya yang baru, september itupun yg 500 prioritas prj. lagi pula lebih suka yg lama. yg baru berasa lihat spacy kalo dari belakang. hehehe
SukaSuka
Iya tambah mirip kecuali rem LED hehe..
SukaSuka
sebenarnya maslahnya cuma berat crackshalf+magnet+balancer yang terlalu ringan. makanya penurunan power dan torsi menjadi sangat besar.
SukaSuka
nyimak suhu
SukaSuka
Kemungkinannya emang beberapa…
1. Mesin blm “break-in”, performa blm sempurna..
2. Setting ECU dibikin lebih ramah dengan kualitas BBM lokal..
3. Kebetulan unit yg dites emang kurang bagus.. As u know juga, kang.. Mesin ada yg “ditakdirkan” utk jadi bengis, ada juga yg kurang beruntung n bikin owner nangis krna powernya lebih kecil padahal spec sama2 std..
Demikian analisis sotoy gw… Reply dengan bener ye, jangan cuma tenkyu ato ekekekek…
* lanjut pasang OCBI di kuroemon
SukaSuka
Bener semua, kan sama gw juga bilang gitu di artikel, gimana sih wkwkwkkw
SukaSuka
Kan ngulangin secara singkat aj biar keliayan pinter… Wkwkwkwkkk…..
SukaSuka
jenius 😀
SukaSuka
Hasil test dyno tergantung pada amal perbuatannya…..wkwkwkwk….kaburrrrr….
SukaSuka
semoga aja damai
SukaSuka
Kebiasaan YIMM klu unit tes pasti beda, mulai dari part mesin sampai ecu diset lebih tinggi.
Terus PressRiliess digembor2kan tenaga paling gede dan torsi paling gede juga, dan diblowUp
dimedia2 yg seolah2 motor paling superior.
Ingat NVL unit tes mengalahkan CBSF, tapi baru2 ini ada tabloit otomotif ngetes di Dyno antara
NVL CBSF dab Satria FU, NVL kalah segala2nya dari CBSF.
SukaSuka
jika powernya bener2 turun dari versi trial.. liat aja bakal banyak yang kecewa..karna daya tarik utama r25 ke konsumen ya karna memiliki power jauh diatas kompetitor..
kalau karna alasan untuk keawetan mesin kenapa nggk dari versi trial dulu aja powernya dibuat segitu, agar konsumen nggk merasa di bohongi..
semoga yamaha segera beri penjelasan dgn masalah ini..
SukaSuka
namanya juga advertising. yang bagus2 dimajuin dong. lagian high spec kalo cuma buat test kan jangka pendek. mesin gak bakalan jebol
SukaSuka
Iya yang bagus2 tapi jangan ngibul juga kali, capede
SukaSuka
hahahahaha maklum lah. indonesia seneng kalo jualan mimpi
SukaSuka
kan emang begitu kalo pabrikan, yg penting PENCITRAAN, selanjutnya terserah anda…
SukaSuka
Baru tahu kalo yimm tukang ngibul?
Ngoahahhaahah
Belum bach ke 2 dan ke 3 sampe bach belakang2nya. Power pasti drop mulu
Percaya
Sekarang test aja dyno sama di jalan antara cebong sama nvl produksi tahun pertama sama tahun sekaranh
Nvl tahun pertama bakalan paling gede, di susul cebong, baru ngl tahun berikutnya
Kenapa? Yamaha mau ngeklaim motor awet, dan kencang, makanya di buatlah penipuan kaya gini
SukaSuka
Belum valid om Kobay,…baru satu yg di test….minim tigalah baru bisa aml kesimpulan apa memang ade penurunan perfomance dibanding spec pabriknya….
BBM juga sangat berpengaruh….yang om Leo pake ape yo RON 95(pertamax plus)…?,….yg unit test awal pake RON 100 (Pertamax Racing)?….
jadi menurut ane untuk sementara belum bisa diambil sebagai kesimpulan / Major result…..
BTW….mau dong jadi relawan tester……wkwkwkwkkkk
Seandainya memang terbukti gak sesuai spec pabrik….mari kita sama2 class action…..xixixixixi
SukaSuka
oh iya belum valid kok, hanya curious aja ingin berbagi pendapat dengan pengunjung apa kira-kira penyebabnya hehe
SukaSuka
Ntar…kalo sudah validdd hasilnya memang dibawah….nnnaahhhh…ane yg salah satu maju doloan tereakkkk…. 😀
SukaSuka
Save the energy broh hehee…
SukaSuka
Iyaa..ehhh…akibat kakean bukanya….xixixi
Si Om malem mingguan kok masih ngeblog…..
SukaSuka
drs…di rumah saja kekekeke….
SukaSuka
Jadi gatel bangettt…
siapin dolo GP hero3+ black….red line by red line……..runawayyyyyy
SukaSuka
ngoooonggg… dah ada gopro hero 3 yak? Juossss
SukaSuka
Tugas YIMM lah yg harus mampu menjaga dan memvalidasi produknya sebelum diterima end user.
YIMM harus memiliki QC menyeluruh dan stabil sebagai pembuktian bahwa produknya sudah sesuai dengan expectation and requirements end user.
End user harus menerima barang yg dibeli sesuai spesifikasi sebagai bentuk mandatory dari jumlah uang yg telah dibayarkan…bila tidak maka bisa diperkarakan !
SukaSuka
R25 torsi besar? untuk kelas 250cc hi performance torsinya rata2 23-28nm itu didapet di 7000-8500rpm dan masih bisa ditingkatkan lagi dengan menaikan peak torsi dirpm yang lebih tinggi. nah R25 torsi on crack cuma 22nm/10rb rpm saya yakin udah mentok.
SukaSuka
Siapin air segelas ah 😀
SukaSuka
Motor Masih baru om kobay….mesinnya lom panas mungkin.. xixixi 😀
SukaSuka
Tertipuu… 😀
SukaSuka
Asyik.. lagi-lagi terima kiriman parcel dari relasi industri otomotif http://motobikerz.com/archives/6347
SukaSuka
aku kapaaannn
SukaSuka
HP itu apa sih?? Handphone kah? Ngoahaha !! 😀
http://lelakijelata.blogspot.com/2014/07/alasan-negara-asing-takut-sama-indonesia.html
SukaSuka
Henspri… 😀
SukaSuka
meskipun motor masih dalam tahap inreyen, masa perbedaannya sampai lebih dari 1.5 an (baik power-torquenya) ???
SukaSuka
bisa aja kok sebenernya…
SukaSuka
kasus mono kah ??
SukaSuka
doro lesmono hhehhee
SukaSuka
Loh bukannya spek on brosur 36 ps? Kok om kobay nulisnya 32 ps…?
SukaSuka
hiahhh benul benul, maaf, saya koreksi, sori kepatri Ninja 😀 makasih yaaaa
SukaSuka
jgn direvisi powernya gan..ntar malah trlalu drop jauh bgt, kasihan yg dah dapet nih motor bisa kecewa berat ntar..
SukaSuka
hehehe ya tapi masa gak sesuai spek sih, salah juga saia nanti hehe
SukaSuka
apa kata fby nanti… 😀
SukaSuka
wajarlah sekarang turun kan sebelumnya dah naik,, klu naik terus kpn turunnya???
SukaSuka
Senin harga naik! 😀
SukaSuka
sama² on whel ya itu om…??
waahh…waahh…sayang sih…tapi ra popo bagi saya 🙂
nitip : http://rudysoul.com/2014/07/19/maverick-vinales-rider-suzuki-motogpdikontrak-3-tahun-sekaligus/
suwun…
SukaSuka
jadi kapan punya njenengan hader? 🙂
SukaSuka
G jadi lawong ternyata letoy gitu…xixixixi 🙂
SukaSuka
kekekekkeke
SukaSuka
apa gara2 blm habis masa inreyennya ya om ?? dulu kasusnya cebong yg top speednya 130 kpj (on speedo) nggk sampek.. yg diangkat dijadikan artikel oleh lek iwb.. itu jg karna motor baru 3 minggu.. apalagi ini miliknya om leo baru be2rapa hari.. menurut ane ini gara2 motor masih inreyen om..
SukaSuka
kemungkinan terbesar ada disitu…
SukaSuka
Njemur artikel yang lain aja ah 😀
http://www.bladeus.wordpress.com/2014/07/19/ducati-gp-15-totally-new-bike-2/
SukaSuka
Wakakakka
SukaSuka
SukaSuka
semua motor baru memang begitu,diatas 8000kilo barulah kita benar2 bisa rasakan perfoma aslinya.karna sdh ganti oli 3 kali,2kali ganti busi,1 kali ganti filter oli.kalo mw langsung kencang beli sekennya
SukaSuka
Tq sharing nya om 😊
SukaSuka
walah turun ampir 10 dk dr brosur….salah ni….harusnya d spek ditulis 32-33dk aja ,lawong mirip2 ninja jg hasile…..la jauh banget tenaga ilangnya…..
kl ninja rr ane….ditulis di brosur 22,1 KW (30 PS)….pas di dyno 26 dk….ganti knalpot +velg almu jadi 30 dk…..asik premium ready
SukaSuka
Nah,, seandainya emang versi mass pro ternyata tersunat 2dk kenapa di brosur klaimnya yg 35hp, kenapa gk ditulis 33hp saja ya
Tebakan saya yamaha ragu dengan kualitas dan reliability mesin r25 yg kompresi tinggi begini untuk dipakai di indo,,
Yah paling bijak yamaha mengubah klaim dari 35hp jadi 32/33hp
Tapi bakal jadi sandungan juga sih, artinya bakal mengurangi daya saing terhadap ninja fi yg 32hp tapi udah dapet naman besar
SukaSuka
Makanya…33 dk aja lah…kan masih d atas ninja yg 32 dk…..la kl 35 kok agak nyeleneh gitu ya….sepertiganya lo yg ilang
SukaSuka
😊 gitu deh…
SukaSuka
Confirmed valid result….
http://m.metrotvnews.com/read/2014/07/20/268099
artinya sengaja diturunkan semenjak dari on crank dengan alasan realibility,…..lahhh…trus ngapain mamerin power segede itu di unit tes_nya….sandiwara penipuankahhhh????
SukaSuka
ato dasar guaablokkkk ane and yg laen2 yg gampang ditipu…… :cry
SukaSuka
Waduh…… Kok begitu sih om
Susan banget jujur di negeri ini
*Ikutan Cry
SukaSuka
Eitsss jangan gituuuu
SukaSuka
Anu… Gantung sih penjelasannya, bisa ambigu…dan yg ay tangkap persis seperti praduga om papa3r…
SukaSuka
http://aripitstop.com/2014/07/20/nich-tanggapan-yamaha-r25-turun-2hp/
SukaSuka
Apakah karena kebetulan motornya begitu ??? Wkwkwkw
SukaSuka
Nyimak om, baru komen
SukaSuka
Ping balik: Yamaha Merespon Cepat Keluhan Horse Power Dropped – Cukup Jelas Kah? | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
Jarang2 diskon yg di diskon mesinya hehehehe
SukaSuka
Sotoy ah :p
SukaSuka
Emang unit test nya udh brp kilometer? Jangan kemungkinan kemungkinan dong, bicara fakta aja :p
SukaSuka
di indonesia seorang koruptor yang jelas salah aja bela diri dengan alasan inilah itulah, supaya diperingan hukumannya kali, tapi dasarnya rakyat indonesia itu pemaaf ya…gitulah
Om mau tanya apa ada undang2 perlindungan konsumen terhadap masalah ini ?
SukaSuka
YLKI sih ada…tapi gak tau ya, kudu ada class action sih dr konsumen sendiri… Mksdnya apakah hal ini memang mengecewakan mereka atau tidak
SukaSuka
jngn pksa saya, saya gak tau… haha
SukaSuka
Ayooo ngaku!! Wkwkwwk
SukaSuka
oalah begitu toh kena sunat 2 kuda.
performa mungkin akan menurun btw sadis juga ya nih motor 😀
SukaSuka
Sepertinya ada udang dibalik bakwan nih…
SukaSuka
Ping balik: Inden Yamaha R25 – Yang Offline Buyer Bisa Dapat Duluan… | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
wadalahhh, YIMM bohong pada publik!!! penurunan 2 dk lumayan besar jga. lah kok bisa ECU beda sama yang mass produksi, di rpm 10,500 udah mentok lagi.
ALIBI aja demi realibilty mesinn -_-
SukaSuka
Terlalu juga nih YIMM, pencitraan sih boleh lah, asal jangan TERLALU.
Jauh banget bedanya unit test dengan unit produksi massalnya…
Mending kayak tetangga ga umbar tenaga, jadi ga pake bo’ong…
SukaSuka
wah
SukaSuka
kebanyakan jualan sinchan, cust-nya diboongin juga pada diem.
sekarang market yang beda (kritis) pake strategi yang sama.
ketahuan deh tuh kucing ternyata gempor.
SukaSuka
om…g nyesel g jd ambil si R25 ????
kan si om sukax sm yg kenceng2….hehehe
SukaSuka
dikebiri 2 HP, gak rela kekeke… gak deng becanda, kalau ada duitnya mungkin saya akan tetap ambil….
SukaSuka
Yamaha, mana tanggung jawabmu? Ane sih end user. Tapi kalo ketipu ama iklan powernya oke sih ga mau lahh..
SukaSuka
Gak beres nih YIMM.. jualan tipu2, pelanggan terdzalimi, YIMM bisa dapet azab sewaktu2
SukaSuka
Ane juga ikutan kena tipu iklan yang bombastis, neh……. padahal buat beli r25 ane sampe korbanin menjual z250 kesayangan, tuch…. koar koar 35,51hp tapi kenyataan cuma 27,63hp….. sakitnya tuh disini….. bukan disono, hikz
SukaSuka
ciyusan nih ?
SukaSuka