Kobayogas.com – Masih berada di satu lokasi dan waktu yang sama lads, Kios Bikers Jalan Pungkur Bandung Jawa Barat, setelah puas melihat lihat dan mencoba ergonomi si Aprilia SR 125, kali ini giliran motor yang parkir di sebelahnya yang KBY lihat-lihat. Duo Aprilia RS125 dan RS250 Impression Review…
Kedua motor ini sangat sangat jarang KBY temui di jalan, so sepertinya tidak salah jika KBY mengkategorikan kedua motor ini sebagai ‘rare bike’ alias motor langka. Jarang ditemui apakah karena pada di simpan di garasi kali ya? Mungkin hehe.
DESAIN
RS125
Seperti biasa, motor-motor fairing seperti ini lebih banyak menipunya, maksudnya? Ya jika kita tidak melakukan intip-intip lebih dalam bisa saja sebenarnya motor tersebut adalah motor modif. Begitu pula impresi awal yang KBY dapatkan dari si Aprilia RS125 ini. Saat pertama kali parkir, KBY pikir ini Ninja 250 R yang dimodif sedemikian rupa. Namun setelah mengelilingi dan melihat dengan detail, well.. ini asli Aprilia RS125 lads!
Delta box besar dan tebal membuat sakit saat mencoba di ketok dengan tangan, modelnya sport klasik dengan bagian buritan melandai instead of naik. Kaki kaki kekar depan belakang, mesin kering, speedometer cukup baik walau beberapa cairan dalam LCD nya sudah mulai memudar karena faktor umur atau faktor kualitas?
Saat mencoba melihat knalpotnya, loh kok gada? Kang Iwan yang ada di lokasi langsung bilang, sebelah kiri mang! Kamipun terbahak bersama, termasuk Ivan vanzmotoblog. Ternyata posisi knalpotnya ada di kiri lads, lucu ya, gak familiar. Bantuk knalpotnya sendiri yaaa 2 tak deh, begitu gitu aja, boring.
RS250
Saat melihat sosok sang adik RS125, KBY berpikiran si kakak RS250 akan lebih besar sosoknya, ternyata beti alias beda tipis aka 11-12 saja sosoknya lads. Yang membedakan selain mesin adalah jok belakangnya yang nungging atau naik ke atas plus pada RS250 milik koh Hendra ini knalpotnya sudah side by side pada sisi kiri dan kanannya, dimana standarnya dari foto-foto yang beredar adalah dual muffler pada sisi kanan motor.
ERGONOMI
RS125 & RS250
Saat mencoba untuk di duduki, RS 125 ini bisa dibilang pendek atau rendah, kedua kaki KBY leluasa berpijak pada lantai, hanya tetap saja walau 125 cc, bodinya terasa cukup berat saat dicoba untuk digerakkan. Segitiga ergonominya bagaimana? Ya khas sport lah ya, merunduk dan akan bikin pegal untuk bepergian dalam jangka waktu cukup lama. Begitu pula dengan sang kakak RS250, ergonominya 11-12 juga, harus test jalan untuk mengetahui perbedaan detil dari keduanya. Kapan? Next time kalau KBY sowan lagi ke Koh Hendra hehe…
SPESIFIKASI
RS125
Manufacturer | Aprilia |
---|---|
Parent company | Piaggio |
Production | Since 1992 |
Predecessor | Aprilia AF1 |
Class | Sport bike |
Engine | 124.8 cc (7.62 cu in) |
Power | 28 bhp (21 kW)[1] |
Torque | 14 lb·ft (19 N·m)[2] |
Transmission | Manual |
Suspension | Front : 40 mm (1.6 in) upside down hydraulic fork. Wheel travel 120 mm (4.7 in)Rear : Cast aluminium box section swingarm with asymmetric members. Hydraulic monoshock with adjustable spring preload. Wheel travel 120 mm. |
Brakes | 4 piston radial caliper |
Tires | Tubeless radial. Front 110/70 17-inch; rear 150/60 17-inch |
Wheelbase | 1,345 mm (53.0 in) |
Dimensions | L: 1,950 mm (77 in) W: 720 mm (28 in) at handlebars H: 1,100 mm (43 in) at windshield |
Seat height | 805 mm (31.7 in) |
Weight | 126 kg (278 lb)[2] (dry) |
Fuel capacity | 14 l (3.1 imp gal; 3.7 US gal) |
Fuel consumption | 40 mpg-US (5.9 L/100 km; 48 mpg-imp)[2] |
125 cc 2 stroke dengan ouput 28 bhp…. wowww sudah masuk kategori spek racing ini menurut KBY, hanya 125 cc loh lads. Belum lagi bobotnya yang hanya 126 kg dalam keadaan kosong. Biarlah spek yang berbicara…you just cant go wrong 🙂
RS250
Menurut penuturan sang pemilik, koh Hendra Kios Bikers, motor ini ditebus dari sahabatnya yang tinggal di Surabaya, koh Wandi. Koh Wandi sudah memodifikasi sang RS250 sebelum dipindah tangankan ke koh Hendra. Simak modifikasi yang sudah dilakukan pada Aprilia RS250:
Spek RS250:
-clutch bernett racing rs250
-head VHM
-Samco Hosekit
-RCS 19 brembo master rem
-Ohlins steering demper
-selang rem hell
-ban pirelli supercorsa
-rantai RK O ring
-painting and cutting sticker by Caprin Racing
-handgrip Domino
-Tyga stainlessteel sidebyside exhaust
-HID
-footstep tyga
-sproket belakang Tyga
-windscreen ori, fairing ori, inner fairing ori (bbrake
-exhaust valve cover pair GOLD tyga
-rizoma stopper
-rizoma tangk fluid oil brake
Sedangkan spesifikasi standarnya adalah sbb:
General information | |
---|---|
Model: | Aprilia RS 250 |
Year: | 1997 |
Category: | Sport |
Rating: | 67.1 out of 100. Show full rating and compare with other bikes |
Engine and transmission | |
Displacement: | 249.00 ccm (15.19 cubic inches) |
Engine type: | V2, two-stroke |
Power: | 56.00 HP (40.9 kW)) |
Torque: | 46.00 Nm (4.7 kgf-m or 33.9 ft.lbs) @ 9800 RPM |
Top speed: | 200.0 km/h (124.3 mph) |
Cooling system: | Liquid |
Gearbox: | 6-speed |
Transmission type, final drive: |
Chain |
Chassis, suspension, brakes and wheels | |
Front brakes: | Dual disc |
Rear brakes: | Single disc |
Physical measures and capacities | |
Dry weight: | 141.0 kg (310.9 pounds) |
Power/weight ratio: | 0.3972 HP/kg |
Seat height: | 690 mm (27.2 inches) If adjustable, lowest setting. |
Other specifications | |
Starter: | Kick |
So, itulah impression review dari KBY yang baru pertama kali melihat dan menyentuh langsung salah satu karya seni motor balap asal Italia yang patut diperhitungkan bahkan oleh motor modern saat ini sekalipun…
Thanks for reading mangga digeber lads…
motor kencang
SukaSuka
nitip kang
Honda cb150r itu dua silinder bro 😀
SukaSuka
gak mau diklik ah fotonya 😛
izin sharing liputan media workshop Triumph Motorcycle
http://monkeymotoblog.com/2014/08/20/media-workshop-for-the-ride-philosophy-with-triumph-motorcycle-indonesia-the-best-of-british-is-here/
SukaSuka
wakakakaka motor bagus iniiiii
SukaSuka
ciri khas aprillia, rantai dikanan euy!
SukaSuka
asa aneh yah hehe
SukaSuka
tapi kalo rs250 masih di kiri
SukaSuka
Oleh motor motor keren terus mas😉
SukaSuka
alhamdulillah mas hehe
SukaSuka
joss..motor jambakan bencong hhmmmm :v
SukaSuka
Wah dah pernah nih keknya 😂
SukaSuka
bencongnya ngereply wkwkwkk…..#kaburr :v
SukaSuka
Mana? Mana?
SukaSuka
motor yang paling bagus namanya, Aprilia cantik dan feminim.
SukaSuka
Yg RS 125 sdh ada yg 4 taknya…yg gw bingung yg RS250 4 tak nya kagak muncul2 padahal gw dah nongkrongin dari kapan tau..NGAREP
SukaSuka
Kalau ada beli yak…uhhh maknyussss
SukaSuka
dulu pernah ada informasi katanya namanya bakalan RSV2 250cc 2 silinder V..manaaa? cuman kabar burung..ternyata
SukaSuka
power restriction buat learner rider eropa. ini motor jaman sebelum restriction. jadi si 250 setelah peraturan keluar langsung berhenti proyeknya. si 125 2tak yg eropa aja cuma 15hp on crank yg restricted. itu kenapa juga mereka buat 125 4 tak. euro3 sama power restriction masalahnya.
SukaSuka
terjawab sudah..noted and thank you Bro…
SukaSuka
Ane denger2 motor ini 7speed yak… Cmiiw
Ane pernah coba yg 125, tp ga bisa nyoba top speed d gear terakhir @lenteng agung… Rame…..
SukaSuka
Mending, saya cuma denger suaranya aja..eh sesuai spek mah 6 speed om…
SukaSuka
yg 7 speed cagiva mito kan?
SukaSuka
Thanks to bro wtf170.
Iya cagiva mito yg ane cobain itu, lupa namanya bukan aprilia, yg tampangnya mirip ducati superbike jadul….. Dan ane juga sempet nyobain yg versi nakednya juga cagiva planet.
Tp ga nyobain speed k 7-nya cuma sampe gigi 4 aja, jalan yg di depan petronas lenteng agung udah abis dan rame…
SukaSuka
Pengen satu,bodong gapapa deh,
buat pajangan diruang tamu,,,
😀
SukaSuka
Woooow
SukaSuka
Wowwww semog 😂
SukaSuka
Dat ass
SukaSuka
Datt sexy red big asss
SukaSuka
Dat tawon ass
SukaSuka
wew…..semoookkk skalee……..
SukaSuka
mani buleud kitu om ente 😯
SukaSuka
Keren yah sterk
SukaSuka
one pack XD
SukaSuka
jangkar kehed tumben asup spam
SukaSuka
FC berapa nih FC???
zxzxzxzxzxzx
SukaSuka
ketawa terbahak bahak saya waktu ngebayangin si om nyari knalpot
SukaSuka
Iya hahahhaa…
SukaSuka
Kyaknya udah sering megang motor aneh2 kok ya masih ndeso
SukaSuka
klassik kang… Si buntut tawon…
Saingannya Mito ini…
SukaSuka
artikel titipan nya si Roy ne…..2tak ….
tp Roy jarang mantau blognya sis kobay ya
SukaSuka
regone jelas nggilani yo kang…
SukaSuka
yang 125 mau dijual tuh 39 juta….
SukaSuka
yg 250cc aja mas,, jual 30juta,, nti ane mikir2 dah beli ga ya,, 😀
surat2 lengkap kan itu mas? 😀 😀
SukaSuka
Saia juga mau kalau segitu yg 250 wkwkwkk
SukaSuka
dulu si 125 swingarmnya buat sembako modif. tapi karena rante nya di kanan, masuk ke motor biasa harus bubut. dan karena sebelah kiri melengkung buat knalpot, setelah dipasang jadi keliatan kosong. si 250 twin dulu pernah mau beli second 60 juta. tapi sekarang secondnya 80an. gila dah ni motor. sebulan oli samping bisa butuh 2-3 liter. hahahha. top speed 215 km/h on spido spek standar
SukaSuka
info tambahan kang kobay:
aprillia rs250 ini menggunakan mesin suzuki rgv250 segelondong utuh….
tenaga rs125 memang dasyat 28hp,tapi sayang yang versi 4tak terbaru cuma 15hp
SukaSuka
maksudnya bener2 punya Suzuki Gamma? Wowww
SukaSuka
yah…begitulah kang
http://en.m.wikipedia.org/wiki/Aprilia_RS250
SukaSuka
The Aprilia RS250 is related and uses a modified
RGV250 VJ22 (90° 2-Stroke V-Twin) engine.
Aprilia bought engines from Suzuki (which were fitted
with Aprilia branded castings on the timing and clutch
covers), then fit their own expansion chambers,
barrels and ECU. They also redesigned the heads to
have larger cooling passages and a slightly different
combustion chamber shape.
http://en.m.wikipedia.org/wiki/Suzuki_RGV250
SukaSuka
sedikit di modif sama dia ya clever sih, cuma jadi nurunin “gengsi” aja …
SukaSuka
fastest 125 cc bike . 😀 yg 250 dua silinder kopling kering ya edannn moto 250
SukaSuka
PWR-nya mantab! sayang gak nyoba masbro, jadi pengen tau karakter tenaganya gmn? langsung galak dr bawah ato cm galak diatas kayak ninja rr?
SukaSuka
asemb ketipu, tadi di fb kirain hayabusa 😀
Honda cb150r itu dua silinder bro 😀
SukaSuka
motor murah
—————————–
Apa Itu Porting Polish
SukaSuka
Jambakan 2 tak takan terganti
SukaSuka
kalo saya beli kaya gitu dikampung pasti dianggap motor modif gagal
SukaSuka
Seperti yg punya 😂
SukaSuka
wah untung saya ga punya Aprilia RS 125 😆
SukaSuka
Bogana mbah bogel yah? Eh sapa namanya wkwkkwwk
SukaSuka
moal dibejaan wew
SukaSuka
Ooo mbah le petit achirul somad
SukaSuka
Kahkahkahkah…
SukaSuka
motor kencang suara senyap handling sangat mumpuni di kelas dan jamanya
http://nivikoko.com/2014/08/20/welcome-samsung-galaxy-s5/
SukaSuka
kapan di gasss???
SukaSuka
Next visit Insya Allah
SukaSuka
yg kolektor gitu soal spare parts apa merek pesan langsung ke pabriknya Aprilia di Italy sana om?
SukaSuka
Wah nanti ditanya yah….
SukaSuka
Oia biasanya sih gak perlu ke sana, singapore, thailand cukup banyak biasanya
SukaSuka
beberapa webstore masih stok sparepart kok, kaya pjme, ajsutton, kadang hunting di ebay juga mas 🙂
SukaSuka
Benul mang…juosss
SukaSuka
*mereka. sorry typo
SukaSuka
bang snalpotnya dibikin 2-1 bs gk tuh,,,lha drpd 2 kiri kanan?
biar suaranya ajibbbb…
SukaSuka
pasti bisa
SukaSuka
dari dulu pengen cuma kehalang di perut aja..
______________
SukaSuka
hahahaha
SukaSuka
Yg rs250 msh axial caliper kayanya blm radial yah..? #nyimak artikel kmrn2 😀
SukaSuka
benuullll 100! hehehe
SukaSuka
duluuuuu, pny poster aprilia rs250 dr tabloid otomotif waktu harganya kalo gak salah Rp 1.500,- …taun kapan yak? #tua bener gue
SukaSuka
Ini SOHC ya?? Kalo 2 silinderkan DOHC??? Ngahahahahaha :p
http://warungasep.wordpress.com/2014/08/20/jika-dulu-keren-itu-punya-grup-band-tapi-sekarang-katanya-keren-itu-punya-club-motor/
SukaSuka
aih cerdassssss
SukaSuka
Ping balik: Impression Review: Rare and Legendary Bike – Honda NSR 250 MC21 & MC28… « KobaYogas.COM
buntek gitu, tapi berotot 😆
SukaSuka
Pernah beberapa kali liat RS125, bodinya lumayan besar dan lebar. Persis supersport CBR 600 kali ya kira2…
SukaSuka
mmm… gak sih kegedean kalau 600, sperti yang ay bilang, ay pikir itu Ninja 250 R karena secara fisik dan dimensi sekilas, mirip, nah segede itu lah….
SukaSuka
kalau dari depan, keliatan gede, tapi kalo dari belakang ketauan bannya lebih kecil, ehehhee
SukaSuka
Gak cuma knalpot yang kebalik. Gear sama rante juga kebalik. Ada di kanan. Ini yang bikin ribet klo arm RS125 mao dipake buat modif. Kudu coak buat mindahin rante ke kiri biar gak gesrek arm.
Sama pelek belakang juga kudu dibalik. Jadi baling2nya kayak pacul. Hahahaha.
SukaSuka
iya bener om hehehe…wah ternyata para penggemar 2T banyak juga ya, gak nyangka banyak yang komen dan berkunjung di Aprilia dan NSR hehehe
SukaSuka
ajiiiiib anti mainstream
SukaSuka
buat yg eksentrik n out of the box
2stroke passionnya bikin beda dri yg lain
real men ride 2stroke
wkwkwkwkwkwkwkwkwk……. 😆
#kaaaboorrrrrr
SukaSuka
lhoooo ada inazuma nyempil tuh wekekekekeke
SukaSuka
Ada, punyanya ivan hehhee
SukaSuka
Woow bener2 langka.
SukaSuka
kang fotonya jgn terlalu kecil2 sih…kalo liat dr hp kan bikin jereng
SukaSuka
wakakaka… diklik atuh fotonya 🙂
SukaSuka
pernah ketemu dijalan.waktu digas suaranya garing dan nyaring serta naiknya rpm alus banget..lebih garing daripada ninja rr
SukaSuka
Nanti saya upload videonya yah
SukaSuka
collectible items
SukaSuka
Ping balik: Firts Impression Review: Glove Alpinestars S-MX2 Untuk Tes CBR K45 « KobaYogas.COM
Ping balik: Test Ride Rare Bike – NSR 250 Atau Aprilia RS250 Atau Keduanya? | KobaYogas.COM
Wah.. RS250 nya di jual g ya.. jadi pengen punya nih.. hahahah
SukaSuka
dibilang katanya bingung mau jualnya berapa, modifnya aja 100 juta lebih
SukaSuka
125cc =28hp
Setara ninja rr(150cc)
Luar biadab,ehh.
SukaSuka
even more hehehe
SukaSuka
Ping balik: Test Ride Special: Aprilia RS250 2001 – Italian Flava Dalam Rasa Mesin 2 Tak.. | KobaYogas.COM