Ketika Kendaraan Standar Saja Kena Tilang, Siapa Nih Yang Harus Disalahkan?


spakbor ninja 250 karbu memang lebih panjang

spakbor ninja 250 karbu memang lebih panjang

Kobayogas.Com – Hola lads.. gak habis habis kabar berita dari sisi penegasan peraturan lalu lintas di jalan raya yang bikin tertegun sekaligus geleng geleng..

Geleng gelengnya ya jelas bukan karena lagi dugem ah wkkwwk.. Tapi serasa tidak percaya bahwa di belahan bumi pertiwi ini ada kejadian janggal yang bikin gemas sekaligus gregetan (eh gemas sama gregetan sama gak sih?). Apalagi kalau bukan penerapan tilang yang menurut KBY masuk kategori semena mena?

Gimana gak semena-mena? Kalau kita salah atau kendaraan kita yang salah (lampu mati, sein putus, spion gada dll) lalu kita ditilang, ya mau apa lagi? Kesalahan jelas ada di pihak kita kok.. Tapi bagaimana kalau kendaraan kita semuanya normal dan dalam kondisi standar ting-ting bawaan pabrik lalu ditilang karena dianggap menyalahi peraturan?

Mau marah, yang nilang aparat yang berwenang, mau protes gak pernah didengar, mau debat tetap aja kalah, mau proses adu argumen hingga pengadilan, lagi di luar kota yang jauh dari rumah.. Dan hal itu terjadi terfokus pada satu kota di Jawa Barat, Kota Cirebon! Kota ini ternyata sudah terkenal kalau aparat kepolisian jalan rayanya sadis sadis terhadap kendaraan non lokal alias luar kota..

Ya, mau gak mau, para pembaca blog ini dan juga komentar di facebook seakan mengamini bahwa petugas kepolisian lalu lintas di Kota Cirebon memang terkenal “dahsyatnya”. Tapi KBY tidak akan fokus kesana, lebih kepada “kalau kendaraan standar saja kena tilang, siapa nih yang harus disalahkan?”

Dalam hal ini produsen otomotif dong, wong yang buat kendaraan kan mereka? Mau contoh kendaraan (motor) standar yang kena tilang? Ada kasus lampu Yamaha R15 dan Ninja 250FI yang padam sebelah lalu kena tilang, padahal dual keen eyes bawaan pabriknya memang padam satu dalam posisi low beam!

Lalu Kawasaki Ninja 250FI standar pun kena tilang gara gara spakbornya disebut kependekan (blog smartfaiz)! Padahal sudah dijelaskan Ninja 250 keluaran baru memang begini.. Tetap saja kena! Ada pula yang lagi heboh, New CB150R kena tilang gara-gara lampu depannya berwarna putih! Lah warna lampu LED standarnya memang begitu kepribeennn!!..

bandingkan dengan punya ninja 250 fi

bandingkan spakbornya dengan punya ninja 250 fi

So lads, bingung gak sih kalau seperti itu kejadiannya, siapa yang mau disalahkan? Pabrikan membuat kendaraan umum tentu sudah sesuai standar internasional..Haruskah ada koordinasi antara pabrikan dengan kepolisian setempat dalam kasus ini Cirebon? Lalu bagaimana nasib yang sudah kena tilang padahal kendaraannya standar? Bisa minta ganti rugi ke pabrikan gak ya? hehehe..

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Opini, Sharing dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

68 Balasan ke Ketika Kendaraan Standar Saja Kena Tilang, Siapa Nih Yang Harus Disalahkan?

  1. luthfi berkata:

    Ini harusnya ada penyampaian resmi ke pihak kepolisian nih, supaya mereka bisa lebih mengedukasi personilnya supaya ngerti sama kendaraan2 yang beredar dipasaran
    Ngaco ah lama2 punya motor buat d pake dalem komplek doang nih biar g d tilang

    Disukai oleh 1 orang

  2. mbahjo paijo berkata:

    kan sebelum produksi masal sudah uji tipe di kemenhub
    terus gunanya apa uji tipe kalo masih ditilang ?
    polisinya aja yg butuh duit 😀

    Suka

  3. eko berkata:

    nggak usah ngapa2in bang…emang polis nya aja yg nyari gara2…yg penting dapat duit kok…
    om saya punya sim B2 UMUM…pake sedan…akhirnya rame deh..om saya juga gak mau kalah..akhirnya datang atasan polisi tsb..setelah tau masalahnya…atasan polisi tab minta maaf sm om saya atas ulah anak buahnya yg ngawur

    Disukai oleh 1 orang

  4. dewa berkata:

    kalo terlanjur kena Tilang ndak ada guna didebatkan dgn Polisi.sampaikan keDealer tempat beli dan hubungi ATPM.Sebarkan diMedia diBlog juga bisa.biar Pihak ATPM melakukan pendekatan keSatLanTas setempat.sudah diProduksi berarti Legal Motornya.

    Suka

  5. ardiantoyugo berkata:

    pabrikan… karena menyalahkan polisi pasti kena tilang lagi…

    Review pemakaian Mifi Smartfren M2Y: http://wp.me/p1eQhG-1ul

    Suka

  6. unyu2 berkata:

    Gak ada yg salah. Dalam hal ini plokis cerbon aja yg mentalnya tukang palak.

    Suka

  7. eko354 berkata:

    Biar nggak ditilang, naik kendaraan anti tilang: Kereta Api & Pesawat.

    Suka

  8. mbah_anom berkata:

    yamaha sudah lebih dulu mengaplikaskaan sapakbor soakbor panjang dan lebar 😀 sayang malah di buly :3

    .
    .
    .haha ada superbike wakwaw ?????

    https://mbah69anom.wordpress.com/2016/01/13/modifikasi-motor-bebek-jadi-wakwaw-superbike-apaan-tuh-d/

    Suka

  9. blackchaser berkata:

    Pendidikan dan rekruitmen polisi deh yang diperbaiki, buat apa jd Polisi kl gak paham penerapan UU lalu lintas,

    Disukai oleh 1 orang

  10. Archiee berkata:

    Tau nih ..di standarin aje kena tilang apalagi dijalanin ..

    Suka

  11. ardiologi berkata:

    Jangan-jangan NVA yg spakbornya udah dipangkas juga ditilang? :3

    Suka

  12. shinichi kudo berkata:

    semua amal dan perbuatan akan di pertanggung jawabkan kelak..
    hukum akhirat masih ada mang…

    Suka

  13. martin berkata:

    hal ini memang harus dilaporkan secara resmi ke pihak kepolisian lalu lintas pusat…
    tapi saya yakin mereka sebenarnya sudah tahu, kan di internet banyak..

    jaman sekarang sih langsung aja record ke video, upload…kalau pakai action cam lebih baik..biar malu kepolisian..(WHAT?! mereka bisa tahu tutup pentil tidak ada? amazing eyes)

    Suka

  14. gen berkata:

    Iya nih om, entah personil2 yg sekarang knp mentalnya pada begini, ada aja yg nyari2 kesalahan, padahal ane dulu pernah leat oknum2 begitu naik ninja pakbornya dilepas.

    Suka

  15. gasspoll berkata:

    polisi nya yang harus di upgrade

    Suka

  16. sucahyoaji berkata:

    Kalau pabrik bisa menunjukkan surat dari kepolisian bahwa semua perangkat motornya legal / sesuai hukum, maka yang ditilang bisa pakai sebagai bukti.

    Tapi apa beneran ada?

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/01/07/alasan-mengapa-review-pengirit-bensin-oleh-popular-mechanic-tidak-bisa-dipercaya/

    Suka

  17. Age Tampan berkata:

    makan tuh duit kasih anak istri muuu

    Suka

  18. Buzzie berkata:

    itu razia resmi gak? klo resmi, biasanya kan ada komandan regunya, coba aja tanya langsung sama danrunya, jangan debat sama prajurit/kopral

    Suka

  19. king_julien berkata:

    Pak kapulri lagi bubuk manis,jangan diganggu,nanti ditambahin lagi tilangnya,lampu depan motor harus 4 nyala semua..

    Suka

  20. otoborn.com berkata:

    Haduh… Sebentar lagi mocin mirip jepun ditilang… Ato knalpot standar tvs 200 digerinda… Wassalam…
    http://otoborn.com/2016/01/12/diy-mengganti-sendiri-ban-tapak-lebar-silahkan-pilih-teknik-yang-mana-part-3/

    Suka

  21. kikuk berkata:

    wajib bertanya langsung ke Dirlantantas Mabes Polri nih….biar jelas semua nya.

    Suka

  22. imotorium berkata:

    polisi butuh edukasi nih.. kok yo pada kudet ya … ngga update sama perkembangan otomotif sekarang

    Ijin Share seputar bus Hino automatic transmission. ya di indonesia bus ini beredar walaupun jumlahnya sangat terbatas.. syukur – syukur bila beruntung bisa menaikinya 😀 ada yang sudah pernah coba ?

    http://imotorium.com/2016/01/13/mengenal-varian-bus-hino-bertransmisi-automatic-yang-beredar-di-indonesia/

    Suka

  23. joko berkata:

    curiga ntar yg pke motor jupiter mx trus ornya pke helm bawaan honda ditilang :v

    sama ganti kulit jok dikasi jaring2 jg ditilang 😀

    Suka

  24. Bill berkata:

    Jangankan Cirebon, di Jakarta sy pernah diperas oke aparat di sebelah Carrefour Duta Merlin arah Grogol. Pagi2 mau pulang di stop, dikasih unjuk surat semua lengkap nggak ada yg telat pajak, eh pas mau jalan dibisikin, bagi uang rokok nya ya #@*<§&$ Maaf sy udah nggak bs percaya sm geng laler ijo sejak saat itu sampai sekarang….

    Suka

  25. ojiafr berkata:

    Banyak orang setress bro di jkt hukumpun ikut setresss alias edan hahahahah

    Suka

  26. The Biker Stig berkata:

    Pak Pol ga pernah salah
    kalo urusan nyari duit,m yah semua bisa kena deh
    lama-lama helm yang ditempel dudukan action cam juga bisa kena

    Suka

  27. kucing berkata:

    kalo saya kira sih positif saja ya menanggapi polisi yang peduli nyala lampu dan spakbor yang pendek, cuma masalahnya mungkin kepolisian wilayah cirebon butuh edukasi lebih terhadap beberapa produk khusus yang memiliki kelebihan tersebut, karena bagaimanapun motor tersebut sudah lulus melewati uji kelayakan jalan kan ?
    pada dasarnya sih pabrikan harus segera bertindak untuk berkomunikasi, daripada penjualan motornya turun di cirebon gara gara masalah sepele tersebut, iya kan ?

    Suka

  28. alay berkata:

    kalo mobil grandmax ku . .embely tak ganti HONDA . .jd HONDA GRANMAX X VVTI DOHC AsLI. . Kena tilang jg ga om.
    Kan katay DOHC itu HONDA.
    NAH,
    mobily om jg mesti diganti nih jd DAIHATSU JAZZ iDz (sohc)

    Suka

  29. wangi berkata:

    Mohon pihak trans7 agar mengangkat berita ini dalam program khususnya. Dan tv one atau metro tv

    Suka

  30. Dody berkata:

    Bikin aja di change.org

    Suka

  31. Prasnurdin berkata:

    Saya malah curiga kalo polisinya itu bukan ga tahu, tapi PURA-PURA GATAU. Biar dapet duit aja itu mah:))

    Suka

  32. Yugi berkata:

    Kalo aku ya catet saja nama oknumnya. Pengen sih punya helm yg dilengkapi kamera. Biar punya bukti untuk mengirim laporan, biar ybs diSEKOLAHKAN lagi. Terlalu Oon sih, jangan2 sampai tingkat pimpinannya juga begitu tuh

    Suka

  33. Ahmad h berkata:

    Saran ane gan.! Coba diskusi sesama bikers. Kemudian sama2 ke polres minta bicara dengan atasan (kapolres, kanit lantas dll.)
    Siapa tau nemu solusi. Jangan lupa buktix di ikutin. Makasihh!!!

    Suka

  34. EastBorn berkata:

    kalo gara-gara tutup pentil ini aku pernah kena waktu ke papua tengah, alasannya sama seperti digambar cuma ada tambahan membahayakan pengendara lain :v
    pas disebelah ada ninja ditilang karena side-fairing sampai setengah buritan distiker black matte
    alasannya tidak sesuai dengan STNK yang hanya 1 warna yaitu warna hijau
    awuh benar2 kudet ni pak pol

    Suka

  35. wisnu berkata:

    minta tunjukin KTA nya,foto sekalian orangnya,sebarkan di media sosial biar banyak orang tahu,itu yg biasa kami lakukan di komunitas kami,maaf kami bukan anti polisi tapi juga bukan pendukung polisi,kami hanya ingin aturan dijalankan sesuai ”aturan”,salam

    Disukai oleh 1 orang

  36. rhizkie507 berkata:

    Sya warga cirebon.
    Ga cm di crbn, bandung pun sama!!
    Sadis buat pengendara non lokal.
    Sya kenal tilang pdhal motor standar.

    Suka

  37. ali * 32 berkata:

    kalo sering dibilang itu sih “oknum” ah bullshit!

    emang berengsek semua!

    tuhan maha adil, segala perbuatan ada balasannya..

    mari kita berdoa semoga kelak semuanya dimasukkan ke neraka!

    Disukai oleh 1 orang

  38. Bonsai Biker berkata:

    Berikut ini rentetan kasus motor standar ditilang di cireobon, diikuti aksi nekat tertilang, dan tanggapan pabrikan

    http://bonsaibiker.com/2016/01/14/netizen-rame-rame-membully-polisi-cirebon-rentetan-kasus-motor-standar-ditilang/

    Suka

  39. rr berkata:

    hukum bukan lg tajem ke bawah tumpul ke atas.

    hukum tajem dimana duit bs mengalir ke kantong. 😛

    Suka

  40. ademadan berkata:

    kalo di singapore Ninja 300 ada spakbor tambahan kayak punyanya Ducati diavel sih, mungkin ini yg di pahami sama polisi 😦

    Suka

  41. serbaserbi2016 berkata:

    emang kadang cari2 alasan, tanya ini dan itu… ga jelas aturannya… or krn ng
    ejar setoran bro…

    Suka

  42. DA BUYUANG berkata:

    BIAR AMAN KALO PAKE MOTOR KELUARAN TERBARU, KEMANA-MANA JANGAN LUPA BAWA BROSUR DAN GAMBAR MOTOR YANG DARI PABRIKAN, BIAR PAK POLISINYA JELAS

    Suka

  43. Paijo Rider berkata:

    Solusinya jangan tinggal di Cirebon dan jangan pernah menginjakkan kendaraan anda di Cirebon 😀 😀 😀 😀

    Suka

  44. kholik berkata:

    Ane juga kena tilang 3minggu lalu, padahal motor standart.. Surat lengkap, sim ada, lampu nyala, kena tilang daerah jawa barat juga, tapi daerah bandung.. Karena bawa tas ransel yg saya taruh didepan #NJMX dengan alasan motor buat penumpang bukan buat bawa barang.. Akhirnya tawar menawar, minta surat tilang yg bayar di bank, d centang denda 500rb, dan apabila titip sidang dkasih diskon 50%.. Ya setelah lama debat 3polisi lawan saya sendiri,, kalah deh.. Bayar 250rb dtempat..

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s