Coido – Alat Pengukur Tekanan Ban


image

Menyusul artikel KBY sebelumnya perihal chain lube teflon dari G’Zox di sini…KBY akan membahas alat pengukur tekanan ban yang KBY beli bermerk Coido.

Berapa orang yang sadar akan pentingnya tekanan ban pada kendaraannya? Sepertinya sudah banyak ya, tapi buat yang belum tahu, tekanan ban pada kendaraan itu sangat penting, karena berefek pada performa, efisiensi bbm dan usia pakai ban.

Jika tekanan ban terlampau rendah, efeknya akselerasi berat karena gesekan ban terhadap aspal menjadi tinggi, karena akselerasi berat maka gas harus dipuntir lebih dalam untuk mendapatkan tenaga, ujung2nya bbm menjadi lebih boros dari seharusnya. Selain itu, akibat gesekan ban dengan aspal yang tinggi, ancaman pecah ban pun menghantui.

Sedangkan jika tekanan ban terlalu tinggi, efeknya bantingan menjadi keras, membuat tidak nyaman, handling buruk karena kendali terlalu ringan, kecelakaan bisa saja terjadi.

Sebelumnya KBY sudah mempunyai alat yang sama bermerk autogauge, biasa digunakan untuk mengukur tekanan ban di si Kuro. Selama ini selalu menjadi andalan dan alat ukur dalam memeriksa tekanan ban karena cukup akurat pengukurannya.

Masalah datang saat si autogauge dipakai untuk mengukur tekanan ban pada si SkupiFi punya menkeu, lingkar velg yg kecil sehingga membuat ruang antara velg dan pentil menjadi sempit membuat autogauge tak bisa bekerja. Kejadian yang sama juga nyaris terjadi di velg Shiro, tapi masih bisa diakalin alias autigauge masih bisa dipakai di Shiro.

Karena SkupiFi ban depannya belum tubeless, KBY lebih concern atas tekanan ban miliknya, sehingga akhirnya memutuskan untuk beli lagi guna memantau tekanan ban khususnya buat SkupiFi.

Apa keunggulan si Coido ini dibanding Autogauge yang sebelumnya sudah dimiliki? Simpel, lihat foto berikut, bentuk ujung yang menuju ban milik Coido melengkung, sehingga dapat masuk di ruang sempit area velg SkupiFi. Sedangkan autogauge lurus, sehingga menyulitkan saat akan mengukur dan memasukkan ke dalam pentil ban, karena mentok di area velgnya. Dari sisi akurasi, keduanya sama akurat, jika autogauge menunjukkan angka 32 saat mengukur tekanan, Coido pun menunjukkan angka yang sama saat dilakukan pengukuran.

image

image

Dari sisi kualitas material, Autogauge menang dengan bahan yg lebih tebal sehingga terlihat lebih kokoh dan mantap digenggam. Dari sisi namapun, autogauge sudah mendunia sebagai alat ukur yang presisi.

image

Autogauge lain yang terinstall di Kuro

image

Kalau akyu..kapan diukur kaaangg..

Posted by KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Artikel ringan, Sharing dan tag , , , , , . Tandai permalink.

51 Balasan ke Coido – Alat Pengukur Tekanan Ban

  1. wtf170 berkata:

    weeew…. pertamax

    Suka

  2. july berkata:

    20 point. *nyalip pedrosa pake yamaha 75

    Suka

  3. Otoradians berkata:

    wedeww, bener tuh,, kalau punya saya,, ban depan rada lembut tekananya untuk ngimbangin sok depan yang cukup keras, kalau belakang rada keras. Cara ngukurnya cukup pakai jari dengan ditekan atau kata lainnya manual,, hehehhehe

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Kok kaya ban sepeda ae diteken wkwkwk..susah euy kalau diteken…
      Makanya butuh alat ukur. Kalau ay lbh senang sedikit keras, ya naek 1-2 Psi dari standarnya, terutama depan, biar setirnya agak enteng di dalam kota.

      Suka

  4. Bonn Djoovy CBSF berkata:

    lumayan… ke4

    Suka

  5. ari berkata:

    mantep

    Suka

  6. ninja150ss berkata:

    bonusnya minta diukur seberapa dalam tuhh.
    xixixixixi……. :mrgreen:

    Suka

  7. raisrajab berkata:

    sekali kali ulas kelebihan dan kekurangan ban yg diisi angin atau nitrogen kang…

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Boleh…tapi paling hanya berdasarkan teori dan feeling. Teori ngambil dari yg diketahui pada literatur soal nitro, sdgkan feeling lebih ke pengalaman.
      Gimana sehat?

      Suka

  8. raisrajab berkata:

    sip kang kobay,mumpung artikelnya msh berhubungan sm roda.

    Suka

  9. inline4 berkata:

    masbro, sampean kan tau banyak tentang mobil, tolong bikin artikel tentang mobil replika klasik suzuki marvia dong, ane sudah nyari artikelnya kemana2 gak dapet2, kali aja disini dpt pencerahan.kalo gak salah marvia itu pabrikan lokal yg memproduksi replika mobil2 klasik tahun 30an, menggunakan body fiber glass dan mesin suzuki carry extra.diproduksi th 80an sampe 90an.tapi nyari info sama fotonya di internet gak nemu2..ditunggu ya bro artikelnya, syukur2 sama foto2nya juga.juga info harga second nya.
    nuwun

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Halo…
      Wah terima kasih saya dibilang tau banyak tentang mobil…appreciate it.
      Tapi request si om dengan terpaksa saya tidak menyanggupinya karena; itu diluar pengetahuan saya, saya ga mau bicara sesuatu yg saya gak paham, kedua mobil klasik bukan level saya, klasik itu butuh pengetahuan yg dalam terutama dari sisi historynya, dan saya gak terlalu suka mobil klasik hehe. Jadi maaf ya ga bisa diamini.
      Tapi coba nanti saya iseng tanya2 ke beberapa kawan yang paham mobil tua (klasik) ya…

      Suka

  10. genbuz berkata:

    nice info mas Bro…

    Suka

  11. Mase berkata:

    yang paling bawah perlu diukur kedalamannya….

    Suka

  12. Eddie Dhimitri berkata:

    berapa kali seminngu cek tekanan ban si z nya…..ukuran sesuai tabel ato bisa berubah ..

    Suka

  13. orong-orong berkata:

    itu yang bawah seberapa kuat tekanannya?

    Komparasi Honda Activa dengan TVS Jupiter

    Suka

  14. HirRo berkata:

    Ane kira alat pengukur MR. P ..
    Wakakkakakakaaa ..

    Waruung ente berbahaya bro ..
    Wakakkakkakaaa ..

    Suka

  15. Aa Ikhwan berkata:

    berguna

    Suka

  16. Ping balik: Tematis Vespa: My First 35.1 KM Ride With Azzurro Marechiaro Vespa Primavera (Part I) | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)