Menyusul artikel KBY sebelumnya perihal chain lube teflon dari G’Zox di sini…KBY akan membahas alat pengukur tekanan ban yang KBY beli bermerk Coido.
Berapa orang yang sadar akan pentingnya tekanan ban pada kendaraannya? Sepertinya sudah banyak ya, tapi buat yang belum tahu, tekanan ban pada kendaraan itu sangat penting, karena berefek pada performa, efisiensi bbm dan usia pakai ban.
Jika tekanan ban terlampau rendah, efeknya akselerasi berat karena gesekan ban terhadap aspal menjadi tinggi, karena akselerasi berat maka gas harus dipuntir lebih dalam untuk mendapatkan tenaga, ujung2nya bbm menjadi lebih boros dari seharusnya. Selain itu, akibat gesekan ban dengan aspal yang tinggi, ancaman pecah ban pun menghantui.
Sedangkan jika tekanan ban terlalu tinggi, efeknya bantingan menjadi keras, membuat tidak nyaman, handling buruk karena kendali terlalu ringan, kecelakaan bisa saja terjadi.
Sebelumnya KBY sudah mempunyai alat yang sama bermerk autogauge, biasa digunakan untuk mengukur tekanan ban di si Kuro. Selama ini selalu menjadi andalan dan alat ukur dalam memeriksa tekanan ban karena cukup akurat pengukurannya.
Masalah datang saat si autogauge dipakai untuk mengukur tekanan ban pada si SkupiFi punya menkeu, lingkar velg yg kecil sehingga membuat ruang antara velg dan pentil menjadi sempit membuat autogauge tak bisa bekerja. Kejadian yang sama juga nyaris terjadi di velg Shiro, tapi masih bisa diakalin alias autigauge masih bisa dipakai di Shiro.
Karena SkupiFi ban depannya belum tubeless, KBY lebih concern atas tekanan ban miliknya, sehingga akhirnya memutuskan untuk beli lagi guna memantau tekanan ban khususnya buat SkupiFi.
Apa keunggulan si Coido ini dibanding Autogauge yang sebelumnya sudah dimiliki? Simpel, lihat foto berikut, bentuk ujung yang menuju ban milik Coido melengkung, sehingga dapat masuk di ruang sempit area velg SkupiFi. Sedangkan autogauge lurus, sehingga menyulitkan saat akan mengukur dan memasukkan ke dalam pentil ban, karena mentok di area velgnya. Dari sisi akurasi, keduanya sama akurat, jika autogauge menunjukkan angka 32 saat mengukur tekanan, Coido pun menunjukkan angka yang sama saat dilakukan pengukuran.
Dari sisi kualitas material, Autogauge menang dengan bahan yg lebih tebal sehingga terlihat lebih kokoh dan mantap digenggam. Dari sisi namapun, autogauge sudah mendunia sebagai alat ukur yang presisi.
Posted by KobaYogas from WordPress for Android
weeew…. pertamax
SukaSuka
Sek aseekkk
SukaSuka
20 point. *nyalip pedrosa pake yamaha 75
SukaSuka
Wwkkwkk…
SukaSuka
lek Kob, ada gak alat utk ngukur tekanan bathin..hahahaha..*komentar yg sangat asal2an
SukaSuka
Huahahahaha…comment of the day…pengukur tekanan batin wkwkwkwkk
SukaSuka
wedeww, bener tuh,, kalau punya saya,, ban depan rada lembut tekananya untuk ngimbangin sok depan yang cukup keras, kalau belakang rada keras. Cara ngukurnya cukup pakai jari dengan ditekan atau kata lainnya manual,, hehehhehe
SukaSuka
Kok kaya ban sepeda ae diteken wkwkwk..susah euy kalau diteken…
Makanya butuh alat ukur. Kalau ay lbh senang sedikit keras, ya naek 1-2 Psi dari standarnya, terutama depan, biar setirnya agak enteng di dalam kota.
SukaSuka
wah, ketiga di blog tenarr, titip lapak ya om buat yg belum baca..
http://otoradians.blogspot.com/2013/11/combi-brake-system-adalah-fitur-yang-tergolong-mubazir.html?m=1
SukaSuka
Wkwkwk…ini bukan IWB atau P7 atau TMC, gampang podium hehehe…
Wah otoradians mau pindah ke wordpress nih? Kerennn…
SukaSuka
lumayan… ke4
SukaSuka
Gagal podium…hehhe
SukaSuka
Absen pagi sambil ngopi
SukaSuka
Jamgan lupa sarapannya lek bro…jgn kopi doang….kesehatanmu loh kekkekek
SukaSuka
Iya bang.pagi,siang,malam ngopi mulu. Makan paling cuma 2x. Ngopi bs abis 5 gelas sehari. 😦
SukaSuka
Waaahh kebiasaan buruk, kurangi ya…banyakin makan buah deh..sehari maks dua aja…apalagi elo ngerokok…no good…wokeh?
Kesehatanmu loh…
SukaSuka
berapaan tuh harganya
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/11/yamaha-r15v30-pasti-6-speed-transmisi.html?m=0
SukaSuka
Oia lupa disebut…bahhh
40rb-an pak guru, very useful …
SukaSuka
terjangkau dong, jadi pengen punya juga
SukaSuka
Sebenernya buat saya sih must have item pak guru…very useful soalnya, harga juga masuk akal…
Kebiasaan suka cek tekanan ban seminggu sekali…
SukaSuka
mantep
SukaSuka
Njosss….
SukaSuka
bonusnya minta diukur seberapa dalam tuhh.
xixixixixi…….
SukaSuka
Kok sama sih isi pikirannya sama mase satu aspal asal OsLo hehhee…
SukaSuka
sekali kali ulas kelebihan dan kekurangan ban yg diisi angin atau nitrogen kang…
SukaSuka
Boleh…tapi paling hanya berdasarkan teori dan feeling. Teori ngambil dari yg diketahui pada literatur soal nitro, sdgkan feeling lebih ke pengalaman.
Gimana sehat?
SukaSuka
sip kang kobay,mumpung artikelnya msh berhubungan sm roda.
SukaSuka
Wokeh, makasih sarannya ya…
SukaSuka
masbro, sampean kan tau banyak tentang mobil, tolong bikin artikel tentang mobil replika klasik suzuki marvia dong, ane sudah nyari artikelnya kemana2 gak dapet2, kali aja disini dpt pencerahan.kalo gak salah marvia itu pabrikan lokal yg memproduksi replika mobil2 klasik tahun 30an, menggunakan body fiber glass dan mesin suzuki carry extra.diproduksi th 80an sampe 90an.tapi nyari info sama fotonya di internet gak nemu2..ditunggu ya bro artikelnya, syukur2 sama foto2nya juga.juga info harga second nya.
nuwun
SukaSuka
Halo…
Wah terima kasih saya dibilang tau banyak tentang mobil…appreciate it.
Tapi request si om dengan terpaksa saya tidak menyanggupinya karena; itu diluar pengetahuan saya, saya ga mau bicara sesuatu yg saya gak paham, kedua mobil klasik bukan level saya, klasik itu butuh pengetahuan yg dalam terutama dari sisi historynya, dan saya gak terlalu suka mobil klasik hehe. Jadi maaf ya ga bisa diamini.
Tapi coba nanti saya iseng tanya2 ke beberapa kawan yang paham mobil tua (klasik) ya…
SukaSuka
oke bos…..ga pa2, ane cuma penasaran saja sama marvia, nanya ke kanjeng eyang google kok gak dapat link nya..
eh itu bukan mobil klasik bos, tapi replika mobil klasik menggunakan mesin carry extra kalo gak salah.
SukaSuka
Iyah maksudna gitu hehe…sama ama apalah ya, jaman SD/SMP ada mobil murah dari fiber, bah lupa namanya…basisnya katana/zebra/carry gitu…
SukaSuka
mas kobay, aku baru dapat link tentang suzuki marvia, tapi link luar.
sayangnya infonya minim banget…
http://autos.in.msn.com/gallery/cars-made-in-strange-places?page=19
SukaSuka
Woh…keep trying om…sapa tau ada lagi nanti…gambatte hehe
SukaSuka
nice info mas Bro…
SukaSuka
Thanks mang asep…
SukaSuka
yang paling bawah perlu diukur kedalamannya….
SukaSuka
Josssss….wkwkwkwk…gak cukup sekali diukurnya yah…
SukaSuka
kalau cuma sekali ya rugi wkwkwkkkk….
SukaSuka
Bangeeetttt…wkwkwkkw
SukaSuka
jangan lupa artikel suzuki marvia nya ya bozz…..
SukaSuka
Sudah dijawab mazbro 🙂
SukaSuka
berapa kali seminngu cek tekanan ban si z nya…..ukuran sesuai tabel ato bisa berubah ..
SukaSuka
Seminggu atau 2 minggu sekali, samain ama standar dengan toleransi plus 2 psi atas bawah…
SukaSuka
itu yang bawah seberapa kuat tekanannya?
SukaSuka
Aturable gan… 😀
SukaSuka
Ane kira alat pengukur MR. P ..
Wakakkakakakaaa ..
Waruung ente berbahaya bro ..
Wakakkakkakaaa ..
SukaSuka
Gawaaaatttt peralihan mindset 😀
SukaSuka
berguna
SukaSuka
Sangat buat saya mah A, sering ngecek soalnya euy…dah kebiasaan…
SukaSuka
Ping balik: Tematis Vespa: My First 35.1 KM Ride With Azzurro Marechiaro Vespa Primavera (Part I) | KobaYogas.com| Your Automotive Blog