Kobayogas.com – Honda CBR, sedikit sekali pencinta roda dua yang tidak tahu, atau bahkan mungkin tidak ada yang tidak kenal klan CBR. Mesin dengan performa tinggi, konsumsi bbm cukup efisien dilengkapi dengan desain yang long lasting… Ini cerita tentang old CBR 150 karbu, motor impian KBY sejak dulu…
Sejak mengenal roda dua dari jaman SMP dulu, motor-motor kencang selalu ada di kepala, terutama 2 merek ternama, Honda dan Yamaha. Berbekal nama mendunia di MotoGP dengan NSR dan YZR, siapa yang tidak terpatri akan hebohnya dua nama tersebut, meski akhirnya KBY hanya cukup puas menikmati Alfa IIR saat SMA dan Honda Tiger 96 saat kuliah.
Seiring waktu, Yamaha sport 4 tak memudar, dan yang teringang di pikiran adalah klan CBR, terutama saat CBR 150 CBU thailand menggila di Indonesia, menggila dalam arti untuk produk CBU, old CBR 150 karbu menjadi idaman para pemuda di jamannya, harganya pun tidak murah, melalui IU yang KBY ingat, harganya 30 jutaan.
Impian tersebut terwujud, setelah menunggu beberapa tahun lamanya, pada tahun 2012 awal KBY akhirnya dapat menebus Honda old CBR 150 karbu tahun 2004 Repsol Edition milik bro Seno. Bro Seno ini juragan motor dan mobil, beberapa motornya pernah KBY tes, seperti Ducati Diavel, CBR 250 R dan CBR 600RR.
Memiliki selama setahun sebelum berpindah ke Kawasaki Z 250 FI, membuat KBY cukup hapal karakteristik si Cibi Oren ini. Impresi yang KBY berikan untuk old CBR 150 karbu ini adalah sbb:
DESAIN
Bentuk old CBR 150 karbu ini relatif mungil dibanding motor-motor sport 150 cc saat ini, efeknya memang terlihat kecil. Dua mata alias dual keen eyes di depan membuat aura mewahnya dapat, bagaimanapun dua lebih baik dari satu hehe. Lampu rem belakang senada dengan lampu depan, dihiasi dua bulatan. Desainnya cukup mengalir sangat baik dari depan hingga belakang meski minim sudut-sudut tajam.
Sejujurnya, desain old CBR 150 karbu yang ini cukup long lasting, Delta Box silver buatan 2004 disebut sebut sebagai komposisi warna terbaik dan KBY setuju. Sayangnya, saking long lasting nya si desain, desainnya ditiru oleh salah satu merk motor. Imo sih jadi sedikit rusak ya imejnya..hal ini KBY alami beberapa kali, dari mulai satpam kantor sampai tetangga sebelah, piye perasaanmu motor kesayangan disebut salah? 😀 So, KBY tidak akan membahas lebih lanjut deh dari sisi desain.
PERFORMA & HANDLING
Salah satu yang terbaik!!.. Meski tidak masuk kategori luar biasa (namanya juga cuma 150 cc) namun performanya lebih dari kata cukup. Ditambah lagi cukup mudahnya mesin old CBR 150 karbu ini dimodifikasi, berikan dia karburator PE28 yang ori thailand plus exhaust aftermarket serta settingan yang tepat, maka performanya dapat meningkat cukup pesat.
Handlingnya old CBR 150 karbu masuk kategori superb, lincah meliak liuk di kemacetan, mantap diajak miying-miying dan ringan serta menurut untuk dikendalikan. Suspensi belakangnya memang KBY rasakan terlalu empuk, namun bisa diakali dengan menggantinya menggunakan shock aftermarket yang berjibun.
Spesifikasi singkat mesin old CBR 150 karbu CBU
- Kapasitas: 149,4
- Power: 17,1 PS @10,500
- Torsi: 13,06 Nm @8500
- Pendinginan: Radiator
- 6 kecepatan
- Bore x Stroke: 63.5 x 47,2
- Kompresi: 11:1
- Ukuran ban: depan 80/90/17 Belakang 100/80/17 (kecil amat yak wkwkwk)
- Kapasitas tangki: 10 liter
KEKURANGAN Old CBR 150 Karbu dan HOW To BUY
Ini berdasarkan pengalaman ketika KBY memiliki si oren old CBR 150 karbu tahun 2004… Perhatikan hal-hal berikut jika tertarik ingin menebus randa nya..
- Mesin enak, parts racing bejibun, biasanya jarang yang standar. Pastikan mesinnya baik baik saja, karena kalau mau balik lagi ke orisinil harganya gak murah.. (cek artikel bore up sebelah sini)
- Radiator, namanya motor berumur, pastikan sirkulasi pendinginnya berjalan dengan baik, mau itu kipas, brush (arang) hingga selang-selangnya pastikan masih baik dan tak ada yang bocor
- Pastikan mika lampu belakang orisinil, karena yang KW mudah butek
- Kilometer sedikit, ini agak sulit karena bisa diakalin sih, caranya ya beli dari yang dipercaya
- Shock depan, pastikan tak ada yang bocor
- Kelistrikan, pastikan semua berjalan baik termasuk tombol lampu dekat-jauh
- Kelengkapan standar; makin lengkap orinya makin baik
- Silakan ditambahkan 😀
THE VERDICT
Kelemahan yang dirasakan selama memiliki old CBR 150 karbu adalah mudahnya mika lampu rem belakang untuk copot/ longgar, dan itu pe’er beneran…bisa diakali hanya harus sabar, salah memberikan lem maka kabut putih akan menghiasi daleman rumah lampu. So annoying!!
Selain itu, dual keen eyesnya hanya memiliki bohlam dengan watt yang ogah-ogahan, agak sulit memodifikasi old CBR 150 karbu di sektor ini, mengganti dengan watt lebih besar dapat bermasalah dengan reflektor. Alhasil kompromi terbaik adalah membiarkannya bercahaya dengan bohlam standar daripada reflektor yang menjadi korban.
Keunggulan old CBR 150 karbu lebih banyak dari kekurangannya…aksesoris dan pilihan part pendongkrak tenaga begitu banyak untuk dimiliki. Harga jualnya pun relatif stabil, hanya seperti yang KBY sebut di atas, produk copas nya cukup mempengaruhi harga second nya… Saat ini harga jual berada di rentang 14-23 juta, tergantung tahun serta kondisinya.
Mangga digeber lads…thanks sudah membaca dan membagikan artikel ini ya
- old cbr 150
- inilah motor fairing pertama KBY
- Bersama si sulung
- Saat pertama kali dibawa pulang
- Saat dibongkar sama Paul
- Jaman pake kunyit remasol bersama si sulung…masih suka kangen sama si Cibi
Baca juga artikel lainnya lads…
- ARRC 2017 Seri 6 AP250 Thailand, Cukup Finish Ke 4 Gerry!
- Semangat Satu Hati Hijaukan Bumi Di Kampung Beting Bekasi
- Margo City Depok Dikunjungi Honda Sport Motoshow, Catat Jadwal Berikutnya!
- Suzuki Bike Meet Malang, Kota Malang Dibanjiri 750 Bikers Suzuki!
- Suzuki Punya Soul Of The Road, Mencari Destinasi Wisata Yang Menarik!
- AHM Gaungkan Cari Aman Di Kompetisi Safety Riding Di Jepang
- Peserta Safety Riding Dari AHM Kembali Jadi Juara Di Jepang
- PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) Gelar Ajang Honda Modif Contest (HMC) 2017 Seri Jakarta
- YAHM Kampanyekan Tertib Berlalu Lintas untuk Keselamatan Berkendara di Jalan Raya
- Para Pemenang Astra Honda Technical Skill Contest 2017
- PT. Astra Honda Motor (AHM) Menggelar Kompetisi Teknik Sepeda Motor Bagi Siswa SMK
- Yes, We Are Moving…
- Foto Safety Riding, Rem Kombinasi Berhenti Lebih Cepat dan Dekat!
- Sorot Lampu All New Honda CBR150R, Masih Kurang Kuat Sinarnya!
- Testimoni Pemilik Yamaha R15 Tentang All New Honda CBR150R, Kejutan!
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog
waow
http://orongorong.com/2014/12/10/akankah-pria-berjaket-kulit-ini-di-tilang/
SukaSuka
motor impian nihh….
http://mansarpost.com/2014/12/10/serangan-akhir-tahun-vs-serangan-awal-tahun-dalam-sudut-pandang-akuntansi/
SukaSuka
Motor impian di jamannya
========
Kawasaki Ninja H2 Sudah Bisa Dipesan, Harga Rp 580 Juta?? http://klxadventure.com/2014/12/10/kawasaki-ninja-h2-sudah-bisa-dipesan-harga-rp-580-juta/
SukaSuka
Biyen jmn kere, ngiler tenan nonton cbr iki, saiki wis ra mood blas
SukaDisukai oleh 1 orang
wow….motor baru 😉
http://potretbikers.com/2014/12/10/melongok-bagasi-floorboard-suzuki-address-110-fi/
SukaSuka
mbahmuuu
SukaSuka
ngiaakakakka 😛
SukaSuka
itu bonusnya apa ya..?? maaf saya gagal paham 😀
SukaSuka
Ini motor tadinye mau dibeli ama temen gw.. kalo ketemu seno, bilang aje dapet salam dari Husni Arab..
SukaSuka
ciyusan?
SukaSuka
Serius gw..
SukaSuka
cb tar gw siulin, konek gak die hehe…ada mang gilar kontak ga?
SukaSuka
Belom, doi belum kontak gw om kobay..
SukaSuka
Wowwww
Gede..
SukaSuka
tumben pake bonus. heheh
http://nivikoko.com/2014/12/10/skutik-yamaha-tanpa-kompromi-atau-honda-tanpa-ampun/
SukaSuka
sesekali 😀
SukaSuka
nostalgila 😀
SukaSuka
FYI.. kalo ada yg berminat sama old cbr bisa kontak saya.. tapi bukan repsol edition..
SukaSuka
taon?
SukaSuka
tahun berapa bro? kondisi gmn? posisi?
SukaSuka
Serious buyer email ke ivan.motoblog@yahoo.com
Posisi d bdg.
SukaSuka
asik aya nu kasuat suat deui ku tunggangan lama uy
http://macantua.com/2014/12/10/mio-blue-core-125-dan-beat-110-fi-layaknya-bonsai-dan-ipan-pertamax7-ngoahahahahahahaha/
SukaSuka
artikel draft geus berbulan bulan kerek beres semalam wkwkwkwk
SukaSuka
aaaahhhhh pencitraan
SukaSuka
wakakakaka…ini memancing si blogger zahra, kaman eta budak yah
SukaSuka
dagang cau mang hahahahaha
SukaSuka
motor kenceng nih
http://sijidewe.com/2014/08/16/alternatif-silencer-knalpot-cbr150r-dengan-silencer-knalpot-honda-cs1/
SukaSuka
cieeeeeeeee
SukaSuka
itu repaint ya om?


koz setau saya 2004 ga ada versi repsolnya, versi repsol cuma ada di 2003 dengan warna oren biru khas repsol motoGP 2000 awal, bukan oren biru dongker.
SukaSuka
iya repaint tapi itu repsol kok, ungunya di cat hitam sama previous user
SukaSuka
spertinya bonus dibawah itu adalah curhat… 😆
SukaSuka
Weis,bukan honda,bukan kelamin..
rx king 4 tak?!=>>http://mumet-ndhase.com/2014/12/08/back-to-90s-modifikasi-yamaha-vixion-jadi-rx-king-wanna-be/
SukaSuka
bukanya dulu pernah di buat nich artikel?
http://orongorong.com/2014/12/10/jika-mampu-marques-hrc-mempersilahkan-mengikuti-2-kompetisi-motogp/
SukaSuka
artikel turun bero mesinnya, akibat bore up 😀
SukaSuka
ada TNI cantik gannn 😀
http://nivikoko.com/2014/12/10/gan-ada-3-anggota-tni-cantik-neh-mau-donk-touring-lama-lama-di-hutan-ahaayyyy/
SukaSuka
wah kebetulan mang kobay bahas old cbr ini…waktu ane SMK sekitar tahun 2009 ane juga pengenn banget ini si CBR, dulu naksir yang merah, tapi ya namanya perekonomian ortu gak mencukupi , ya harus bersyukur sama Absolut revo, hehe, sekarang sih lagi nabung dikit” buat nebus bontot nya nih si CBR150R,
SukaSuka
aminnnnn
SukaSuka
Masa lalu… biarlah berlalu….
Skrg.. aq ga mau pusing, ga mau pake kopling, injek persneling… tinggal gas langsung bablass…
SukaSuka
loh om joko pake persah kan?
SukaSuka
Thunder om, 2012
SukaSuka
eia lupa 😀
SukaSuka
Maksud abdi teh, nyindir yang punya warung… xixi…
SukaSuka
loh ay kan gak pake thunder
SukaSuka
Ntu yg kopling2 dulu?
SukaSuka
saya Kobay bukan Vandra, ketuker blog keknya nih 😀
SukaSuka
Wkwk… saia tdk selupa itu kang… masa KBY vs Vandra bisa ketukar?… maksud ai ntu dulu pake CBR trs Shiro kan koplingan semua tu, lha kesininya jd metik semua, gt lo…
SukaSuka
wkwkwkw… nunggu yang sreg dan dana ada… 😀
SukaSuka
ane dl kepincut ne rondo ne motor….tp gara2 desain pakai minerva…ane noleh aja kagak…
ganti pengen rondo FXR dah keburu uzur umur tu motor….
SukaSuka
kapan yaa aku duwe kuwi..
http://traktordohc.com/2014/12/10/tips-membersihkan-karat-di-leher-knalpot/
SukaSuka
Woke lach
SukaSuka
hadir kang…
SukaSuka
waduh motor impian waktu sma,… tp Alhamdulliah sekarang nunggang cbr 150 fi cbu…
SukaSuka
cakep ini…
http://ardiantoyugo.com/2014/12/10/tips-mengganti-model-sekring-pada-motor/
SukaSuka
Waduh mas kobay nge-sexnya sm honda ya?! 😀
SukaSuka
drpd karbu pe28 mending pwk 28 bang,,,seri pe byk kw nya…
sukur2 bs pwk sudco
😀
SukaSuka
PWK lebih sulit kata mekanik nyetelnya, tapi kalau dah dapet, nyuosssss
SukaSuka
Seni nya disitu,,,pwk kl yg biasa susah,yg sudco lbh josss
SukaSuka
kesuwen ora sabar
SukaSuka
Ora sabar maburo….
😛
SukaSuka
wakakakaka
SukaSuka
rondonya pun sekarang masih mahal
http://nichozblog.com/2014/12/10/hasil-pengujian-led-3-sisi-vs-bohlam-terang-mana/
SukaSuka
kalau sabar ada yang jual mayan miring
SukaSuka
One of the best faired-bike! Bahkan lebih baik dr r15 (IMHO). Saya nafsu ma fairingnya. Desainnya kalem, elegan, dan benar everlasting, ga bikin bosan walau diliat berlama-lama. Bang kobay, kira-kira itu fairing bisa di install ke NVL ga yaa, kalo secara PNP? Napsu ma fairing motor ini, apa daya adanya NVL. Hehe. Serius nanya, kadung tresno karo bajune ki. 😀
SukaDisukai oleh 1 orang
bicara teori pasti bisa, tapi keknya ubahannya banyak bingit…
SukaSuka
Hahahaha……KETAHUAN BANGET FBH sejati rupanya …….
SukaSuka
Jangan komen di artikel ini doang donk om, di artikel Kawasaki Z250 saya sama Vespa Primavera saya juga donk 🙂 hehehe
SukaSuka
Salah satu motor yang paling diincer maling nih, 5 tahun yang lalu (pengalaman) 😄
SukaSuka
Pajak tahunannya giman om kobay….?
SukaSuka
aqu punya CBR 150 REPSOL 2004 original….mesin balik standar JOSS bisa meraung rpm 12.000 tanpa dropp…sport baru all YMAHA 150 CC ngk bisa ngikutin boleh di coba….salm bumi bung karno
SukaSuka
Juosssssss
SukaSuka
apa itu yg paling bawah ?
SukaSuka
mongtor idaman,old cibi
SukaSuka
Keren-keren si 😮
tpi lucu bodynya lok kata aku om :O
,
silahkan BWnya y om http://goo.gl/ReL6jT 😀
SukaSuka
Ping balik: Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Kendaraan Berstatus CBU… | KobaYogas.COM
mas, denger denger cbr old ngga ada pedal / engkol untuk meyalakan mesin ya ? apa benar? trims
SukaSuka
iya memang gada mang…
SukaSuka
gambarnya gak nahanin gilee
#salam http://www.hipwew.com
SukaSuka
Ak masih ada brosurnya yang old ini pk tulisan jepang.. daya maksimum 18,98ps @10500rpm torsi 13,7nm @8500 yg spek diatas apa ambil dari CBR lokal ya..?
SukaSuka
saya coba browsing, mungkin PS ke HP, PS lebih gede dari HP, beda nyaris 1 HP
SukaSuka
Ping balik: Intermezzo: Frustasi Mogenya Dibilang Modifan, Biker Ini Nekad Beli Minuman! | KobaYogas.COM