Mengenal Table Manner, Makhluk Apaan Itu?


blogger

Kobayogas.com – Hola lads… Dalam suatu acara resmi yang melibatkan orang-orang penting di dalamnya, ada satu prosesi yang disebut dengan table manner..

Apa itu table manner? Secara singkat artinya adalah tata cara dan sopan santun di meja makan (bersama para tamu eklusif). Bagi yang belum paham tentang tata cara berperilaku di meja makan tentu bisa canggung untuk melakukan sesuatu yang bisa dapat menjadi hal negatif di mata tetamu.. Woh bisa ngisi ngisini nanti…

Nah, untuk itulah pada hari ini, 26 April 2015, Astra Honda Motor melalui divisi HC3 mengundang para blogger dalam acara exclusive lunch dengan tema ‘Table Manner’ dan mengundang pembicara dari lembaga John Robert Powers yang dikenal sebagai lembaga pelatihan etika dan kesopanan. KBY sudah pernah ikutan acara Table Manner sebelumnya, tapi jaman kuliah dulu hihihi..

Bertempat di Hotel Sultan Jakarta, KBY dan beberapa sahabat bloggers bersama para pasangannya, asyik menyimak apa yang Mrs. Biki Wotulo Mitrovic – wanita asal Bosnia yang sudah mahir berbahasa Indonesia – terangkan dalam bersopan santun atau bertatakrama yang sesuai dengan level internasional yang umum berlaku..

Fokusnya memang hanya pada apa yang ada di meja makan, seperti mengenal nama-nama dan istilah dari jenis hidangan yang disajikan. Juga urutan dari  pengaturan peralatan makan, dari pisau roti, pisau steak, sendok sop, sendok, garpu dll.. Hingga urutan pemakaian alat makan tersebut, kapan pisau roti digunakan, setelah itu menggunakan alat apa, bagaimana duduk yang benar, cara mengiris daging yang benar, sampai menyendok dan menyeruput kuah sup saja ada aturannya.. sobeeekkk 😀

table manner

Jadilah acara Table Manner tersebut cukup riuh akibat gelak tawa dari para peserta, baik yang membanyol seperti Bonsai Biker, maupun IWB yang kena tegur karena merebahkan punggungnya di kursi sambil meletakkan kedua tangan di belakang kepala.. hingga ledekan-ledekan khas blogger terhadap pasangan ‘belum resmi’, Vandra dan calon istri..

Memang tajuknya adalah Table Manner, tapi seperti kebiasaan AHM dan HC3, acara seperti ini lebih kepada silaturahim antar blogger, dimana dibalik kesibukannya ngeblog dan bekerja, satu waktu bisa berkumpul dan kembali bercanda seperti saudara yang lama tak bertemu..

Berikut sedikit istilah dalam Table Manner..

  • Aperitif: Minuman (mengandung alkohol) yang biasanya ditawarkan oleh pelayan sebelum appetizer
  • Appetizer: Hidangan pembuka, biasanya roti dengan butter (mentega)
  • Soup: Hidangan berkuah sejenis sup
  • Sherbet: Makanan penetral lidah setelah sup, biasanya buah dengan rasa menthol
  • Main course: Hidangan utama – Steak daging/ ikan/ ayam
  • Dessert: Hidangan penutup, biasanya cake atau ice cream
  • Tea/ Coffe time: Minuman penutup
  • Raw: Daging mentah
  • Rare: Steak dengan kadar 1/4 matang
  • Medium Rare: Steak dengan kadar kematangan 2/5
  • Medium: Steak 1/2 matang
  • Medium Well done: kadar kematangan 3/4
  • Well done: steak matang

Gimana? Lumayan lah ya mengenal istilah table manner… sebenarnya masih banyak lagi, seperti susunan duduk antara tuan rumah dan tamu, cara memotong steak ala eropa/ internasional atau american style dll.. kapan-kapan deh kita bahas 🙂

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

50 Balasan ke Mengenal Table Manner, Makhluk Apaan Itu?

  1. Mas_jump berkata:

    Pertamax lads?

    Suka

  2. FЭЯY berkata:

    mang saka aya teu hadir 😆

    Suka

  3. ujang busi berkata:

    Ribeud kang, mending makan di Warteg lah mau makan gaya apa aja bebas, asal sopan,, :v

    Suka

  4. bejoselamet berkata:

    Rieweuh banget om,kenyang nggk malah stress mikirin manner…hahahaa. Eh katanya pas di kasih sajian pake sendok garpunya mulai dari yg terluar yah?

    Suka

  5. Aulianomics berkata:

    Aku kapan ya 😦 :mrgreen:

    Suka

  6. AbuFaishal berkata:

    Bg org kampung ky sy jadinya malah ngga bs menikmati enaknya makanan yg dihidangkan….posisi duduk hrs bener, sendok yg ngejar mulut bukan mulut yg ngejar sendok, ngambil kuah di mangkok kebalikan dr kebiasaan selama ini

    Suka

  7. irel berkata:

    orang bosnia namanya mitro

    Suka

  8. asep busi berkata:

    Ribeud kang mending makan di Warteg lah,, :v

    Suka

  9. apa adanya berkata:

    Awas bro!
    Blogger terlalu dekat dengan salah satu pabrikan, dikhawatirkan mengikis netralitas.

    Suka

  10. gilaroda2 berkata:

    Wes mending mangan nang warung nasi ae…btw sopo yo yg susah2 bikin aturan? 🙂

    Suka

  11. sik penting mangan gowo tangan tengen lan lungguh silo kuwi wes bener kanggoku, dadi rasah rewpot2

    Suka

  12. mariodevan berkata:

    mantap setelah dikirimin kue ultah,.diajak training bginian… Honda paling mengerti bloger memang

    nitip review motor 500cc V-twin… ajib…

    http://mariodevan.com/2015/04/26/first-ride-harley-davidson-streat-500-cadas/

    Suka

  13. siEG berkata:

    Kl baca aturannya kayanya banyak tp pas ngelakuin gampang bnget aplg sering dinner sma org2 ekslusif dijamin langsung bisa 😄

    Suka

  14. nbsusanto berkata:

    wadoh bingung.. tapi penting sih kalo misalnya diajak meeting ketemu orang besar.. ya minimal kalo diajak makan sama calon mertua.. 🙄

    Suka

  15. paman tang berkata:

    dulu pernah sekali pas ada seminar,,
    tp wes lupa sekarang,,lha wong gk pernah makan exclusive sama orang2 kelas atas
    experience is more important than theory

    Suka

  16. ditna berkata:

    Rasa hambar reviewnya klo mbah dukun ga dtg.

    Suka

  17. zuroichi berkata:

    Pernah dulu waktu masih kerja di hotel…waah ribet..pegang gelas aja ada aturany

    Suka

  18. monkeymotoblog berkata:

    om kobay, ijin sedoott foto gue yak.. tengkyuuuuuuuuuuu, mmmmuach!

    Suka

  19. New bonn djoovy berkata:

    Yah klo ane dtraktir sm hc3 main delaer sni pling mntok d k*c doank om hihi

    Suka

  20. New bonn djoovy berkata:

    Om pandra tau gk tuh pas djepret? Wkwk

    Suka

  21. borju berkata:

    Scara tak langsung AHM anggap blogger kampungan maka harus ditraining macam itu.

    Suka

  22. harisnanggala berkata:

    repot amat.. kalo saya bisa keram tangan mungkin..

    Suka

  23. wuih keren banget…. Hehehehe mantap buat teman2 yang ikut…. jadi pengen touring….

    Suka

  24. pernah ikut acara ginian dari kampus yang diadain di hotel harr*s bandung. Dan alhasil pulangnya makan lagi di nasi goreng mawut da porsina meni sauprit . hahahaha

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s