Tes Turing Honda Sonic 150 – Cocoknya Jadi Komuter Saja..!


sonic 150 2

Kobayogas.com – Hola lads, ini adalah artikel terakhir dari kisah trilogy test ride 3 motor Honda saat digunakan turing menuju perhelatan Honda Bikers Day di Pacitan..

Sebenarnya Honda Sonic 150 adalah motor kedua yang KBY coba setelah New CB150, namun karena banyak permintaan yang ingin KBY membahas New Vario 150, jadilah si Sonic ini paling belakangan muncul hehehe..

KBY tidak tahu tepatnya di daerah mana bertukar pakai dengan Honda Sonic 150 yang saat itu sedang digunakan oleh lek Aziz warungdohc.com, yang jelas saat itu kita sedang menuju pantai Klayar.. Oke deh mangga disimak yah lads…

KENYAMANAN

Joknya Honda Sonic 150 ini sebenarnya sih ergonomis namun sayangnya tidak diimbangi dengan kualitas busa yang baik,  akibatnya berjalan diluar kota dengan pace cepat akan membuat kita cepat fatigue alias lelah..

Posisi duduk sebenarnya sudah disediakan semacam slope pada joknya dan untuk trek yang kebanyakan lurus sih enak.. tapi ya itu, busa jok Honda Sonic 150 kurang tebal, lama lama kebas dan pegal juga kekeke.. Untuk bantingannya sendiri terbantu oleh ayunan suspensi yang pas, tidak keras namun tak terlalu lembut juga..

Faktor fatigue juga diiringi dengan riding position Honda Sonic 150 yang cukup sporty (baca: merunduk).. Yah namanya juga model ayago lads..  Absennya tangki di depan jelas membuat kaki bagian paha tanpa penahan terutama ketika harus melakukan deselerasi seperti pengereman maupun engine brake.. Paling bikin pegal ya jika ketemu turunan, hehe..

sonic 150

PERFORMA

Sementara jika kita bertanya soal performanya, tidak ada yang dapat diragukan dari Honda Sonic 150 K56 ini, karakter mesin overstroke mirip dengan saudaranya si New CB150 yang juga turut turing bersamaan.. Hanya karena bobotnya lebih ringan, dorongan torsinya lebih terasa pada si Sonic..

Gigi per gigi dapat terlihat dengan baik berkat adanya gear position, jadi kita tahu sedang di gigi berapa nih.. Gigi awal 1 hingga 4 cenderung pendek pendek, RPM pun naik dengan cepat.. Nah sayangnya hal tersebut mengakibatkan getaran yang terasa pada setang serta foot step milik Honda Sonic 150.. jelas ini mengurangi kenyamanan perjalanan jarak jauh..

Handlingnya Honda Sonic 150 ini khas ayago, lincah dan gesit ketika harus meliak liuk serta stabil saat cruising di jalan lurus panjang.. Sisi pengereman pun tidak ada komplen, bisa diandalkan (dengan sedikit teknik mengocok akan mengurangi panas berlebih pada pad dan disc brake).. Seperti biasa kalau rem depan masih mumpuni, KBY tak pernah menyentuh rem belakang..

PALING HAUS

Bicara efisiensi bbm, dari keempat motor yang ada, Honda Sonic 150 paling haus bbm, mengapa demikian? Yang pertama tangki bbm-nya cuma 4 liter.. Yang kedua tergantung riding style, ada yang masih menyisakan 1 bar ketika kami berhenti di Pantai Klayar guna site seeing tapi ada pula yang sudah berkedip.. jika berkedip masih menyisakan 0,5 liter, artinya jarak ±135 km (solo – klayar) dibagi 3.5 liter maka konsumsi bbm nya ada di angka 1:38.5..

LEBIH COCOK DI KOTA

Thus, setelah mencoba sekitar 10 kilometer di perjalanan luar kota bersama Honda Sonic 150 ini, KBY mempunyai opini kalau Sonic itu cocoknya di jalanan dalam kota saja atau sekalian buat pecicilan di sirkit… Bukan berarti gak boleh dibawa antar kota antar propinsi, hanya kurang pas saja lads.. Toh masih banyak pilihan lain yang lebih nyaman untuk dibawa ke luar kota…

Itulah akhir dari trilogy test ride antar kota dari 3 motor Honda yang Kobayogas.com coba.. Semoga bermanfaat..

Special thanks: Astra Honda Motor

Baca juga artikel artikel Honda Sonic 150 lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, Review, Test Ride dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

96 Balasan ke Tes Turing Honda Sonic 150 – Cocoknya Jadi Komuter Saja..!

  1. KomMotor berkata:

    Rada teu pantes mangketu bawa Sonic euy…. 😀
    #Kabooooorrrrr….
    http://komputermotor.com/2015/11/26/ketika-boncenger-terindah-itu-pergi/

    Suka

  2. supra 2002 ku awet rajet berkata:

    nah ini dia yg ditunggu mang.
    1. jok
    kl kata warung sebelah masalahnya bukan di busa, tp di sudut kemiringan jok itu sendiri. ya entah emang kualitas busa kurang bagus ato emang kurang tebel ato kurang miring.
    2. getaran mesin di footstep
    ini dari jaman supra eikh ga selesai2 aja, knapa ya? padahal kl pake merk sebelah sebut saja mx tanpa king itu halus bgt loh. parahnya emang brasa bgt ke tangan. mst buru2 di facelift kayaknya.

    Suka

  3. Natanael berkata:

    Cocok buat gaya doang nih motor

    Suka

  4. EKEKEKE,,,, jok tipis dibilang Kurang tebal,,, ngah ngahhh ngahhhh
    bilang aja tu pantattt panasssss …. pantat bisa pegal ya>> bahasanya di perhalus amat cak,,, ngah ngahhh ngaaahhh

    Suka

  5. begundal berkata:

    joknya keras?

    Suka

    • Supra 2002 ku awet rajet berkata:

      Bkn keras, tp tdk ergonomis. Awal dudk sih biasa aja tu jok.

      Suka

    • threeazz berkata:

      Cara agar kita tau jok itu nyaman atau gak..
      Rasakan duduk diatas jok tersebut dalam jangka waktu yang cukup panjang.

      Dan terbukti jok Sonic ga memberikan kenyaman.

      Semoga kedepannya ada improve dari AHM.
      🙂

      Suka

  6. kusnanto berkata:

    cocoknya ya buat nge-drug eh drag.

    Suka

  7. bleki berkata:

    Akhirnya, semoga ada yg notice hal penting di artikel ini, powernya Satria itu justru ada di RPM atas yg bikin motor ini sptnya lbh unggul ketika dibawa Turing dibanding Sonic.
    Bahwa Sonic memang diciptakan buat commuter, sementara torsi-power Satria diatur oleh Suzuki spy ttp irit buat commuter dan msh nampol diajak Turing jarak jauh.

    Ini terlepas dr masalah ergonomic riding dan kapasitas fuel tank lho ya.

    Disukai oleh 1 orang

    • Kobayogas berkata:

      Satria lawas sayangnya lebih boros om…

      Suka

    • threeazz berkata:

      Kalo dibilang satria powerband.nya rata sampe atas2, setuju Om…
      Justru berasanya diatas…enak bgt sampe gigi 6 juga masih isi…

      Tapi kalo dibilang hemat BBM..
      Engga deh Om..
      Hehehe.. Sebagai perbandingan..
      Satria saya paling bagus bener 1:30 itu juga pake eco riding.. Mana enak yak bawa satria eco riding, keluar kota pula.. Hehehe

      Pas bawa sonic.. Emang sih enaknya dibawah-tengah,maaf atas kurang.. Keknya gigi 6 manjangin nafas aja.
      Tapi itu dibayar lunas dengan Fuel Consumtion.. Gila, 1:45km.. Bawanya suka-suka..
      😀

      Suka

    • Supra 2002 ku awet rajet berkata:

      Satria jg ga nyaman kl dipake turing, pantat iya aman, tangan sama punggung kesiksa jg.

      Soal powerband krn konfigurasi mesin yg beda. Coba kl k45 ditemplokin ke sonic, rentang atas bakal tetep ngisi.

      Suka

      • Kobayogas berkata:

        satria malah lebih gak nyaman, betul aman di jok dan suspensi belakang, tapi akibat belakang yang justru terlalu empuk, malah kita kudu nahan biar gak goyang dombret di tikungan (asumsi bawanya dengan pace cepat terus)… pastinya lebih lelah..

        Terus dia lebih merunduk pula.. jadi lebih cepat pegal di pundak dan telapak tangan..

        Semuanya jadi plus minus sih wkkwwkw…

        Suka

      • Supra 2002 ku awet rajet berkata:

        Nah kan akhirnya terbongkar sudah konspirasi mamangrika sama asep yudi. Eh apa sih ini? Ciakakakaa….

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        eh ay jumat malam smp minggu di Bandung, mau stiker sama gantungan ID kan?

        Suka

      • Supra 2002 ku awet rajet berkata:

        Di bdg mang. Masih atuh, biar terlihat lebih FBMK alias Fans Boynya Mang Kobay. Ciakakaka…. ada acara di bdg mang?

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        iya sunatan ponakan.. yaudah kontak via email atau wasap yak

        Suka

    • bleki berkata:

      Yah kan tadi eyke bahasnya soal powernya Satria yg msh nambah terus di tentang RPM tinggi jadi ketika dibawa touring nafas gak cepet abis kya Sonic. Jd kalo buat commuter stop n go, Sonic lbh responsive, tapi kalo buat jarak jauh powernya Satria msh lbh dapet dr pd sonic. Ada kurang lebihnya aja masing masing motor. Tinggal gmn Satria injeksi aja nih..

      Suka

  8. threeazz berkata:

    Dan akhirnya si Om merasakan apa yg ay rasakan….
    Nyeri bener Om…
    😀

    Solusinya gampang sih, tinggal bawa ke Ahli Jok… Minta ditambah/ganti busa + upgrade kulit jok. Pake duit sih.. Tp ga sampe 250.000

    Suka

  9. touringonline berkata:

    38km/liter. hmmmm…. masih kurang dari harapan dan angka psikologis 40km/liter.
    untuk motor bebek ringan injeksi teknologi terbaru harusnya sih dapet lah angka 40.

    Suka

  10. Hansel berkata:

    Mang kobay sekolah di SMA mana nih?? 😀 😛
    #GGS
    #GaraGaraSonic

    Suka

    • Supra 2002 ku awet rajet berkata:

      Nah pas, kl mau dibandingin ya persis kayak blade. Rpm atas getar khas blade bgt, cm jok msh mending blade. Padahal blade kan pioner roller coaster, tp msh parah aja getaran di footstepnya.

      Suka

  11. sucahyoaji berkata:

    Mungkin memang cocoknya untuk ABG ceking dan masih belum dewasa

    Suka

  12. ardiantoyugo berkata:

    buat freestyle enak..

    Sensasi merasakan KA Penataran: http://wp.me/p1eQhG-1r5

    Suka

  13. civillianblogs berkata:

    lho kok overstroke.., bukane…?? he he

    Suka

  14. dewa berkata:

    Kalau membaca spek Sonic,Tinggi Jok keTanah lebih rendah dari FU.jadi Pabrik(AHM) kedepan boleh aja menambah ketebalan Busa.omong2 banyak ABG penguna FU yg menipiskan busa Jok,apa karena itu desainer Sonic bikin Jok busa tipis??

    Suka

  15. joko berkata:

    honda emang rata2 joknya keras om, ane ngerasain supra125, beat, vario, spacy.

    bukan busanya yg keras, tapi kulit joknya itu kaku kurang lentur jadi efeknya keras, busanya sih oke..

    ane ganti kulit jok yg tanpa merk di pinggir jalan aja udah jadi lumayan empuk om

    Suka

    • blade-in berkata:

      Terus yang selalu biilang HONDA ITU KENYAMANAN… mohon maaf,. pantatnya terbuat dari apa ya ????

      Suka

    • Supra 2002 ku awet rajet berkata:

      Kadang gmana taun sih om. Supra 125 karbu dua mata itu ada yg keras licin kayak supra 100, ada jg yg empuk enak. Kl kata temen gamana vendor. Ua kurang lebih las2an di CB lah, ada yg parah, ada yg pake bangets.

      Suka

  16. fari.fairis berkata:

    kalo touring mah, pake bebek ato ayago sama aja pegelnya.. ahaha..
    ane biasa touring 160km, pake bebek mx aja kebas, gimana yg ayago 😐 mungkin serasa remuk2 badannya

    Suka

    • threeazz berkata:

      Saya biasa pake Satria Fu Om…
      Jakarta-Sukabumi…. syukur Alhamdulillah masih enak aja Om, kendala kalo macet parah ya gitu fantat berasa panas,tangan pegel narik-lepas kopling.. kalo lancar ya asik-asik aja sih.. ga sampe ngerasa remuk.. yang mungkin emang udah pegangannya ya..
      kebetulan ergonominya dirasa pas buat postur tubuh saya..
      dibilang bungkuk,enggak sih.. jauh lah sama RR Mono, hehe
      IMHO CMIIW

      Suka

  17. lamikgemini berkata:

    jadi pengen juga test ride nihh motor.. 😀

    Suka

  18. proud2ride berkata:

    rasa rasanya kalau anak muda yg naikin,, enjoy aja, bagi mereka yg penting tampang kerennya,, hehehe

    Suka

  19. dewa berkata:

    diAtas ada teman yg mengeluhkan Motor bergetar terlalu keras,Saya mau memberikan Solusi.bila Motor anda bergetar dan suaranya kasar/berisik.untuk menghilangkannya”Gampang”,ndak perlu keBengkel atau pakai peralatan khusus.cukup putar kunci kontak kePosisi Off.Ngoahahaha.becanda didalam Jumat Bro.menunggu anak2 tidur.

    Suka

  20. PemadamKebakaran berkata:

    sejak supra x menyerang jok motor honda keras semua. preetttttt.
    gua bandingin jok gl max bokap ama bit ane bagai kasur kapuk sama tiker pkl.
    dah jadi trademark honda jok ituh keras.

    Suka

  21. feizuldaanis berkata:

    hadeh,, kapan ya bisa beli motor baru,, motor gua rusak lagi ne,, ya, pa boleh buat motornya dah kakek kakek,,! hadehhh

    Suka

  22. Ping balik: Inspirasi Modif: Unik, Modifikasi Honda Sonic 150 Menjadi Trail..! | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s