Kobayogas.com – Hola lads, akhirnya rasa penasaran mencoba berkendara Yamaha NMax kesampaian juga, meski treknya tidak memadai untuk mengeksplore performa secara maksimal, namun impresinya sudah cukup didapat..
Hari Sabtu tanggal 21 Februari lalu KBY bersama Vandra Monkeymotoblog mengunjungi salah satu dealer Yamaha terbesar dan terlengkap di Jakarta. Yakni Yamaha DDS Cempaka Putih. Berkat info dari lek Ari Pitstop (suwun lek), KBY dapat mengetahui jika DDS membuka sesi test ride Yamaha NMax. Geber lads…
Kali ini ergonomi saat motor berjalan sudah di dapat, dan tidak salah jika petinggi YIMM berkata bahwa Yamaha NMax dan Honda PCX itu tidak sama atau beda kelas. Juga seperti yang KBY utarakan pada artikel terdahulu bahwa pendekatan keduanya memang berbeda. NMax 155 memang terasa lebih sporty, karakter berkendaranya lebih mirip seperti Honda Vario 150 dengan kenyamanan ala PCX 150.
Bicara rilek atau santay, New PCX 150 memang lebih santay, dari posisi duduk serta sudut setangnya saja sudah terlihat dan dapat disimpulkan apa yang dikejar oleh PCX. Jadi bisa lah KBY katakan dan simpulkan bahwa karakter berkendara Yamaha NMax ini berada diantara Honda Vario 150 dan Honda New PCX 150. Lebih sporty dan memang cocok dikatakan sebagai sport matic.
Bagaimana saat berboncengan? Nah kebetulan KBY bersama Vandra dari Monkeymotoblog bergantian duduk di belakang Yamaha NMax, saat KBY di depan ya enak-enak saja, tidak ada keluhan. Namun ayunan suspensi terasa lebih nyaman dan lembut lagi dibanding ketika sendirian, kondisi ini mirip-mirip dengan kompetitornya yang juga lebih lembut ketika berboncengan.
Saat duduk di belakang, juga nyaman, jok yang panjang milik Yamaha NMax membuat kita dapat duduk dengan nyaman di atas rata-rata kenyamanan skutik yang kelasnya berada di bawahnya.
PERFORMA MESIN YAMAHA NMax
Starter halus meski masih berbunyi namun tanpa bletak duor 😀 Dibandingkan ACG Starter yang tanpa bunyi memang kalah, tapi catat starter milik Honda tersebut dibuat untuk mendukung kinerja ISS-nya, karena tanpa ACG starter ISS tidak akan ada, jadi bunyi halus bukan hanya semata-mata dibuat halus.
Performa mesin Yamaha NMax ini mantap, seperti karakter skutik Yamaha pada umumnya seperti era skutik karbu dahulu, galak saat disentak, namun dengan performa yang lebih responsif sekaligus halus. Meski sayangnya KBY hanya dapat berputar putar di pelataran parkir basement, naik ke atas lalu turun lagi sebanyak 3 kali, namun bisa lah dirasakan hentakannya si VVA ini pada setiap rentang RPM saat aktif.
Saat dicoba berkendara woles dengan bukaan gas wajar, Yamaha NMax berjalan seperti skutik pada umumnya, halus. Namun ketika gas seketika ditambah, maka sentakannya akan terasa cukup buas untuk skutik bermesin 155 cc dan tenaga terus terisi selama VVA aktif. Sepertinya memang nafasnya tidak akan pernah terasa habis.
GETARAN YAMAHA NMax
Ciri khas skutik yang tidak bisa hilang adalah getaran saat start/ akselerasi awal. NMax juga mengalami getaran tersebut namun dapat dikatakan minim, KBY tidak menemukan getaran berlebih seperti yang dikeluhkan dua pemilik Yamaha NMax asal pulau dewata bali (cek foto di bawah). Haji TMC pun tidak menemukannya saat tes di sentul, case by case only kah?
HANDLING YAMAHA NMax
Bukan isapan jempol jika pilihan ban lebar membuat handling Yamaha NMax ini mantap, dari uji coba singkat, karakter jalan diterjemahkan dengan menyeluruh kepada setang. Positifnya feedback sangat baik pada kemudi dan menuruti saja keinginan sang pengendara. Negatifnya, karena semua kondisi jalan diterjemahkan langsung ke setang, bagi yang belum terbiasa pasti setang akan terasa ‘kasar’ dan berat.
PENGEREMAN YAMAHA NMax
Saatnya mencoba pengereman pada Yamaha NMax ABS ini. Trek yang pendek tidak memungkinkan untuk mencoba pengereman dengan maksimal, namun apa yang dikatakan TMC bahwa pengesetan rem ABS yang lebih banyak ke bagian belakang ternyata benar.
Ketika mencoba melakukan pengereman di bawah kecepatan 40 km/jam, roda depan Yamaha NMax tetap terkunci dan tidak ditemukan getaran/ denyutan khas ABS yang terasa di tuas rem, sepertinya sensor untuk roda depan memang diset untuk kecepatan yang lebih tinggi.
Sementara, ABS pada rem belakang Yamaha NMax justru dapat dikatakan bekerja setiap dibutuhkan, terasa sekali denyutan dan getaran khas ABS pada tuas rem sebelah kiri. Bagi yang tidak biasa mungkin bakalan disangka rusak dan mengganggu, padahal itulah tanda ABS sedang aktif. Tuas rem belakangnya sendiri terasa lebih keras/ berat dari matik kebanyakan, mirip seperti tuas pengoperasian CBS pada skutik kompetitor.
KENYAMANAN YAMAHA NMax
Bicara kenyamanan, dalam hal ini artinya bantingan suspensinya, Yamaha NMax memiliki karakter yang sedikit lebih keras jika ditanyakan komparasinya dengan Honda PCX 150 suspensi standar. Bagaimana dengan Sniego yang sudah memakai YSS G Euro? Jelas empukan Nmax punya. Namun, jenis busa jok milik NMax ini dapat meredam semua kejutan yang hadir dari jalan dengan cukup baik, so no big deal lah lads...
Bagaimana dengan posisi kaki saat berkendara? Seperti pada artikel first impression sebelumnya, posisi kaki milik Yamaha NMax 155 ini bisa lebih tinggi diselonjorkan karena foot step berada sampai tebeng depan. Jadi kombinasi pijakan kaki bisa lebih banyak.
THE VERDICT
Apa yang diinginkan oleh Yamaha dari Yamaha NMax ini sudah tercapai, tagline ultimate sports matic sudah mengena. Meski kalau kata ultimate mah lebih pas untuk Yamaha TMax sih hehe. Desain oke, kualitas pas, performa mantap, pengereman dan safety wahid, fitur sangat lengkap serta positioning harga yang tepat membuat skutik Yamaha ini layak mendapatkan dua jempol. Wajar saja apabila kompetitor merasa kawatir dibuatnya..
Tidak sepaham dengan opini KBY di atas? No problemo .. Bagi KBY mah, seeing is believing, testing is even better… hehehe
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article yah…
Baca juga artikel lainnya lads…
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
KobaYogas from WordPress for Android
Dol pcx…
handling Vario 150:
http://ardiantoyugo.com/2015/02/26/merasakan-handling-honda-vario-techno-150/
SukaSuka
Ayo me-nganjuk :v .. Wah komplit mang penjelasannya semoga mereka-mereka bahagia sekarang… 😀
http://warungasep.net/2015/02/27/rossi-pindah-ke-repsol-ah-yang-beneerr/
SukaSuka
kyknya lbh populer ini drpd var150
==========================
HOT !! Kawasaki Ninja 300 Carbon Edition #23 !!
https://sketch51.wordpress.com/2015/02/27/kawasaki-ninja-300-carbon-edition-23/
SukaSuka
mereka mereka siapa kang… 😀
om kobay mau beli nihh… 😀
http://mansarpost.com/2015/02/27/dua-warna-baru-yamaha-r15-gp-blue-dan-streaking-cyan-india/
SukaSuka
Tunggu keluhan2 lain dulu, barang 6 bulan
😂
SukaSuka
ganti…ganti hehe
SukaSuka
Mang kalau masalah aksesoris Nmax apakah selengkap PCX??? Mohon ditanyain dong 😀
SukaSuka
Namanya juga produk baru… PCX itu dari 2012 loh
SukaSuka
Apakah akan terlena?? Hahaha 😀
———
Permisi, njemur dulu >> http://potretbikers.com/2015/02/26/viar-cross-x-250-se-ternyata-belum-berhasil-menggoyah-fbk/
SukaSuka
Sudah jual PCX ganti nong poy om
SukaSuka
Thx reviewnya om. Ane yakin klo ada pcx dgn rear+front disk seharga 3jt lebih diatas Nmax, akan bnyak orang pilih pcx, walaupun indent…hehe….!
SukaSuka
hbs ini pcx didol…
tuku nmax turahane tuku vario 150…
SukaSuka
wkwkwk…..,
SukaSuka
Ttep aja desainnya jelek…mau ditagline ultimate sport matic jg mnggo, nyatanya mlh trkesan retro klasik (stop lamp).
SukaSuka
Pas posisi iddle suaraya halus mana om antara pcx, vario150,Nmax?
SukaSuka
PCX terhalus dari ketiganya.. Tanya Vandra biar fair hehe… Gw kesana pake Sniego soalnya
SukaSuka
Udeh Mang Kobay, bungkus satu lah buat nemenin Sniego … Sikupi nyonya lego ajah sambil racunin : Mah ini NMax beda karakter dari PCX, cobain deh (biar boleh nambah) …. xixixixi
SukaSuka
kok watermarknya 2013 sih om?? btw itu vvanya bikin tenaga jd padet kaya macem mobil2 dengan teknologi sejenis ya…. dan ini motor boleh jadi motor pertama dengan katup variable di indonesia..
SukaSuka
Bandit GSF250V nya suzuki indonesia yang duluan. 4 silinder pula. sayang discontinue jualannya. cuma 1 batch import gara2 dijualnya harganya sadis tahun segitu. standard suzuki lah jualannya
SukaSuka
wkwkwkwk
SukaSuka
Om kobay mukanya serius banget. pasti belum makan sneaker ya? 😀
SukaSuka
biar terlihat garang
SukaSuka
belum ketemu SPD di DDS…..
SukaSuka
*SPG
SukaSuka
wkwkwkwkw smp salah nulis
SukaSuka
beuli kang…beuli…keur maturan si picek
SukaSuka
Kira2 entar populasinya banyak gak ya….kalau iya gak eksklusif lagi dong…..
SukaSuka
you cant pleased everyone… tujuan produsen macam-macam, nah kelas ini dibidik YIMM untuk laris, eklusif? om udah jawab sendiri di atas hehehe…
SukaSuka
sayang test nya cuman di sputaran parkiran aja
SukaSuka
betul, dibilang gak puas ya kagak lah cuma mater2 doang wkwkwkwk… mana salesnya nongkrongin mulu
SukaSuka
takut dibawa kabur kali 😀
SukaSuka
dari mukanya emang begitu wakakakaa
SukaDisukai oleh 1 orang
Asa cakepan PCX nya Kang..?
SukaSuka
hmmm selera sih soal desain mah
SukaSuka
Nmax dan Pcx ini tinggal masalah selera sih……dua2nya bagus…cuma emang bener sih harga yg bedakan semuanya…selisih 12jt jee…di tambah kelebihab nmax di abs dan vva-nya….klo saya sih ke desain milihnya….Nmax aja…………..hehe
SukaSuka
lumayan lah, apalagi yang kurang.
https://dioardi.wordpress.com/2015/02/27/galeri-biker-ngesot-bikin-ngakak/
SukaSuka
Wah Bung Artikelnya Nmax terus memang saya juga jadi pindah ke lain hati dengan adanya Nmax ini masalahnya yang lain harganya tinggi dari 31 pada awal lahirnya kini 39 jutaan
SukaSuka
Ini (mungkin) yang terakhir kang, sudah habis kok bahannya hehehe…
SukaSuka
ntar lagi banyak pemilik baru yang protes…kok pas saya ngerem getar2 …
SukaSuka
jawaban untuk kesimpulan mang kabay “kekuatan nmax ada pada harganya” adalah di artikel berikut
http://www.goozir.com/2015/02/jualan-yamaha-nmax-versi-goozir-dot-com.html
SukaSuka
yang kasat mata itu bukan ABS-nya tapi discbrake nya… emang ABS keliatan? 😀
SukaSuka
So lebih worthed Nmax kan..woKwkqkkwq…. Jumatan sek yokk…
SukaSuka
Bicara kalau start/produksi bareng kan? Dengan harga beda dikit?
Wah bukannya dengerin khotbah nih 😂😂
SukaSuka
Hayang boga euy jang di imah.. Tumaninah Jigana jang jjs jeung c bungsu.. Heuheuuu..
SukaSuka
geberrrrr, makin banyak yang pake makin bagus… 🙂
SukaSuka
Banya tubeless om?
Apa udah tersedia ya aftermarket tirenya…
Masalah suspensi, menunggu testi penggunaan harian, jalan hancur2an… coz matic yamaha sebelumnya buat rontok tangan kurus ane.
Kemarin di sentul, wajar nyaman wae rasanya.
SukaSuka
yang sudah sedia pasti ada aja kalau mau nyari di toko2 ban motor, namanya pebisnis pasti bisa nyium bau duit hehehe…
SukaSuka
Begal doyan nmax ga ya?..
#hmmm
SukaSuka
Mun mah pake kaos repsol kang,,hi hi hi hi,,,,,,
SukaSuka
edaann 😀
SukaSuka
apakah embel2 sport matic mengharuskan shock breaker disetting keras??
yg ane tahu n rasakan malah motor2 sport itu shock breakernya empuk2 meski bukan utk digigit
aneh penjelasannya
SukaSuka
bicara motor sport yang manakah kira2? kalau 250 cc ke atas shocknya udah beda level, kalau pelan2 dia cukup empuk, begitu ngebut bisa keras…
kelas skutik (imho) maxi scoot entry level ya blm butuh shock kek gitu, pilihannya mau lebih ke handling atau ke kenyamanan…
SukaSuka
shock belakangnya emang keras….apalagi klo jalannya beton berasa naik motor rigid…awal awal perut kerasa sakit, lama lama biasa .blom pernah njajal bonceng sih. mudah mudahan kedepannya ada shock customnya yg empuk
SukaSuka
Boncengan pasti lebih enak.. New PCX aja sendirian msh agak keras standarnya… Pas boncengan enak…pas.
Aftermarket keknya jarang lbh lembut, bisa sih tp jd lebih pendek keknya, diputar smp bawah
SukaSuka
Om Yogas..
dibanding LX 2v..tarikan, bantingan etc masih enak nmax ya? tx
SukaSuka
2V ay lom tau yah kalau tarikan, tp kalau bantingan ya NMax, vespa kan yaaa gitu deh apalagi yg depan hehe
SukaSuka
kalau yg 3v om 😀
SukaSuka
tarikan awalnya mirip bantingan masih keras terutama depan
SukaSuka
kabita mang aslina.. tapi saya apa daya baru mampu beli mio m3 aja. hikz.. nitip mang
https://imaneuy.wordpress.com/2015/03/02/akhirnya-memilih-yamaha-mio-m3-125-blue-core/
SukaSuka
Cuma satu yang aku kuatirkan….Awas Begal Motor….
SukaSuka
nmax still better than pcx…
awas yg punya warung bakal ngambek…
SukaSuka
Ping balik: Produk Skutik Baru Yamaha, Positioning Harga Memaksa Produk Kompetitor Terlihat Overpriced.. | KobaYogas.COM
om bisakah di berikan perbandingan antara nmax – Pcx dan Sym joyride 200i – or benelli 250
walau beda cc. dari segi handling dan tarikan awal
SukaSuka
ay kumpulin dulu data sym dan benelli nya ya
SukaSuka
Waktu saya test ride beberapa hari lalu, getaran setang juga kerasa banget
SukaSuka
mas saya komen kena spam di blog sampeyan
SukaSuka
sudah dilepas rantainya Mas…..
SukaSuka
siap
SukaSuka
Ping balik: Shock Yamaha NMax Dirasa Keras Dan Kurang Nyaman? Shock Yang Ini Bisa Jadi Solusinya | KobaYogas.COM
Ping balik: Mengapa Memilih Yamaha NMax Non ABS? Simple..Because It’s Worth To Buy.. | KobaYogas.COM
Ping balik: Short review on Ilsa : kekurangan… | aradea59.com