Kobayogas.com – Salam geber lads.. Dont judge the bike by its appearance!! Ungkapan lawas ini berlaku untuk Honda CBR 650F Tricolor lads.. Kenapa begitu?
Ya karena memang begitulah kenyataannya lads.. Dilihat via foto, ini CBR 650F Tricolor memang kurang fotogenik, beneran deh.. Liat aja, motor sport fairing kok joknya nyambung, ini motor fairing apa street fighter sih sebenarnya? Si Tricolor ini sengaja KBY buat artikelnya lebih dahulu karena dia lah yang paling banyak menemani KBY selama turing Pulau Bali dan Lombok lads.. my soul mate during the journey!
Melihat penampilan awal Honda CBR 650F dari foto, membuat hati ini agak-agak malas untuk mengendarainya, tapi sesuai listing dari AHM memang hanya ada 3 jatah untuk blogger, Honda CB 500X, si 650F dan CBR 1000RR SP Tricolor. Duh kenapa gak Honda CB 650F nya saja sih? But hey..just wait til you see it with your very own eyes lads… Since it has many potential things to explore!!
DESAIN HONDA CBR 650F
Memang jika kita melihat sang CBR 650F ini hanya melalui foto-foto, sisi ‘manisnya’ agak-agak tertutupi oleh ‘anehnya’ desain jok dan sektor fascia-nya..
Jok menyatu seperti motor sport street fighter/ adventure, wajah CBR 650F pun tak dapat dikatakan garang, terkesan biasa saja dengan hanya mengandalkan satu buah headlamp. Adiknya saja si CBR 150 hingga 500 pakai dual headlamp, ini kok single sih.. Tapi saran KBY, jika ada kesempatan, liat lah dirinya inch by inch.. Setiap lekuk tubuhnya luwes dengan built quality yang baik..
Apalagi jika kita melihat lampu belakangnya, lalu ke bawah ke bagian arm dan knalpot.. Dan geser sedikit view nya dari pinggir..lads akan menemukan harta karun disana..4 buah pipa knalpot menjadi satu di sisi kanan bawah milik CBR 650F lads!…4 pipa jati diri 4 silinder .. inilah potensi Honda CBR 650F yang sesungguhnya!
Seeing is believing lads…
ERGONOMI dan KENYAMANAN HONDA CBR 650F
Sebelum menuju ke performa, baiknya kita bahas dulu ergonomi si CBR 650F ini.. Mencoba menekan nekan busa joknya…eh empuk lads.. tidak seperti sport Honda yang lain (ya kali mau dibandingin sama 150 :D) Begitu berada di atas joknya.. aihhh nyamaann…
Julurkan tangan ke depan guna meraih setang model jepitnya.. hmm ternyata 11-12 lah dengan CBR 150 dan CBR 250, hanya sedikit lebih menunduk dibandingkan kembarannya, CB 650F 4 silinder. Artinya, untuk harian dan jarak jauh, ergonomi Honda CBR 650F 4 silinder ini masih reasonable..tidak akan mudah lelah..
Begitu pula dengan ayunan suspensinya yang belum menganut link (kalau dari foto sih gitu).. mengejutkan karena begitu nyaman…lubang kecil atau jalanan tidak rata sih tidak akan terasa hingga bokong lads.. beneran, begitu tenang settingan suspensinya Honda CBR 650F ini.
SENSASI MESIN dan HANDLING HONDA CBR 650F
Seeing is believing, testing is even better!! Lads tidak akan percaya jika tidak mencobanya sendiri si Honda CBR 650F Tricolor ini.. Masukkan kunci kontak yang tertanam chips agar Honda Integrated Security System nya dapat membaca sang anak kunci.. desingan sangat halus dari fuel pump samar-samar terdengar.. pastikan engine cut off pada posisi on dan tekan tombol starternya…
Nguing..ngiing… suara mesin dan knalpotnya ketika mesin menyalak dan gas diputar.. terdengar halus, garing dan padat.. Uhh kalau diganti exhaust aftermarket, bakalan nyosss nih suara si Honda CBR 650F Tricolor ini…
Tarik tuas kopling, masukkan gigi 1.. ceklek.. loh? Tidak ada suara bletak keras khas motor berkapasitas besar lads! Halus, nyaris sehalus motor sport 150 cc!! Begitu juga ketika melakukan perpindahan antar gigi dari transmisi sang Honda CBR 650F ini.. edan, halus dan nyaman serta presisi lads!! Dan satu lagi, tuas koplingnya sangat ringan untuk motor berkapasitas 650 cc.. impressive!
Settingan torsi dan tenaga yang dikeluarkan dari mesin Honda CBR 650F Tricolor yang katanya generasi baru ini benar-benar diluar dugaan KBY, tenaganya mengalir lembut, padat di setiap rentang RPM sekaligus sangat powerful jika suatu saat kita berniat untuk menarik gasnya lebih dalam.. Ini yang membuat KBY tak berhenti menggelengkan kepala dan tersenyum terus ketika mengendarainya..
Pada satu kesempatan di jalur lurus di pulau Lombok menuju Tanjung Aan, Honda CBR 650F Tricolor sempat KBY peras tenaganya yang memiliki sistem transmisi enam percepatan dengan mesin yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 85,83 Hp pada 11.000 rpm, dengan torsi maksimal 63 Nm/8.000 rpm.. Kecepatan 145 km/jam begitu mudah di raih lads! Hanya karena ada patwal dan mobil official media saja yang mencegah rombongan kami memacu kendaraan lebih cepat lagi..
Turing ratusan kilometer bersama 6 moge Honda, Full of Rejoice lads..
Bagaimana sisi pengereman, tak perlu diragukan, dengan dual disc di depan plus ABS (anti-lock braking system) depan dan belakang, cukup sentuh tuas rem depan dengan dua jari, sang Honda CBR 650F siap berhenti.. praktis rem belakang nyaris tak terpakai kecuali ketika menemui jalan sedikit berpasir di beberapa titik turing…
Jelas versi fairing dari Honda CB 650F ini sangat sukses dari sisi mesin dan transmisi yang memang mirip dengan versi street fighternya. Ibarat wanita, Honda CBR 650F Tricolor ini memiliki inner beauty yang membuat lelaki akan jatuh cinta ketika mengenalnya lebih jauh.. bukan karena penampilan luarnya lads..
CUKUP IRIT!
Kejutan lain hadir di konsumsi BBM dari Honda CBR 650 4 silinder ini lads… pada beberapa kesempatan, KBY menyempatkan untuk mereset trip A yang otomatis average bbm-nya menjadi ikut tereset. Dengan demikian akan terlihat konsumsi bbm rata-rata plus real time (saat berkendara angkanya berubah sesuai gaya mengemudi).
Nah mangga dicek ketika mencapai garis finish di etape terakhir sebelum menuju lombok lads.. angka pada speedometer milik Honda CBR 650 tricolor ini menampilkan sebesar 23,4 km/ liter.. lumayan kan untuk mesin 650 cc 4 silinder? Memang sih gak kena macet hehee.. tapi pahit-pahitnya di Jakarta prediksi KBY bisa lah 1:17-an..
HARGA CBR 650F dan VERDICT
Ini dia.. bicara harga, CBR 650F memang tidaklah murah, Rp. 240 juta untuk mesin berkapasitas 650 cc 4 silinder dikatakan oleh kalangan pengamat otomotif cukup tinggi, karena kompetitor bisa menjual di bawah harga tersebut. Namun tampangnya yang kalem ibarat srigala berbulu domba, performa yahud dengan ergonomi semi touring yang nyaman…
Kelemahan utama Honda CBR 650F menurut KBY memang ada pada desainnya yang terlalu kalem selain suspensi belakang tanpa link, padahal mesinnya bisa dikatakan perfect lads.. Sepertinya Honda memang menginginkan pendekatan kalem ala sleeper tercermin pada si fairing tourer ini.. Sementara keunggulannya ada pada sektor mesin, transmisi, ergonomi, handling, bobot dan balancing, kenyamanan, pengereman dan konsumsi bbm yang dapat dikatakan efisien.
Worth to buy? Tanyakan pada mereka yang memiliki duit lebih dari cukup untuk meminangnya 🙂
Special thanks to: HC3 dari Astra Honda Motor
Baca juga artikel lainnya lads…
- Review Honda Vultus NM4 750, Feel The First Class On The Ground!
- Review New Honda CB500F 2016 ABS, Kini Makin Moge Look Saja..
- Saat Tepat Beli Moge Honda, Diskon Hingga 30 Juta Lads… !
- Test Ride Special: Honda CBR600RR 2009, Capek Tapi Terbayar Suaranya..
- Resmi Diperkenalkan, Ini Harga Baru Moge Honda, Dari New CB500X Hingga New CB650F
- Hot Gosip: Yamaha Bakal All Out Di Segment Sport Motor Gede (MoGe)..!
- Dibuang Sayang: Gallery Foto Honda CBR1000RR SP Fire Blade..! Mangga Disedot Kalau Suka
- Review Harian Honda CBR 1000RR SP Fire Blade – Moge 1000 cc Yang Rendah Hati..!!
- Ooo Begini Toh Cara Mengirim Moge Ke Konsumen…Canggih Juga..
- Review Honda CBR 1000RR SP Fire Blade – Kehujanan Di Kemacetan, Terbukti Gak Nyusahin..!!
- Honda CBR 1000RR SP Fire Blade – Kita Bertemu Kembali Wahai Kawan, Kali Ini Akan Lebih Akrab..
- Mengenal Sosok Triumph Street Triple R 675 – Brit Bike Yang Cool Asal Inggris
- Test Ride MV Agusta Dragster 800 – Aje Gile Tarikannya.. [Gallery]
- Official Test Ride: Honda CBR 1000RR SP, Jinak Namun Dahsyat..! [Gallery]
- Tematis GIIAS: Bertema Excites The World, Honda Boyong Semua Line Up Mogenya..
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog
Mantep nih…….
SukaSuka
bari teu dibaca wkwkwkw
SukaSuka
baca donk ach……
SukaSuka
ah piraku 😀
SukaSuka
ngan panjang teuing……. bagi sabaraha episode kek…. siga sinetron tersandung….
SukaSuka
nanggung mang, meh tuntassss, panjang karena banyak foto hehehe
SukaSuka
Ninja RR moon 650 cc. http://bakulkangkungjpr1.com/2015/06/16/kelas-sport-250-cc-kawasaki-ninja-masih-unggul-jauh-atas-yamaha-r25/
SukaSuka
wkwkkwkw.. gimana kalau MV Agusta 675? 😀
SukaSuka
Nggak wani komen saya kalau itu.. 😀
SukaSuka
mang hampura uwing teu maca ngahahahahahaha 😆 http://bontot.net/2015/06/17/honda-cbr250-rr-2-silinder-harga-60-juta-di-luncurkan-2016/
SukaSuka
pasti maneh mah
SukaSuka
Kawasaki Ninja 650 cuma Rp. 111.400.000,-
SukaDisukai oleh 1 orang
Cuma kurang 2 silinder
SukaSuka
Ninggalian gambarna heula, ke macana nyusul…
SukaSuka
cb650f/cbr650f bagus di bagian kaki kaki nya,di liat dari foto 😀
SukaSuka
kayaknya worted nih buat mudik lebaran ke jogja mang…
SukaSuka
syeddd begadang nih
SukaSuka
Just read…
SukaSuka
4 silinder… Vrooomm
SukaSuka
Dah baca dari atas sampai bawah,.
Sepertinya CBR650F sesuai untuk kontur jalanan di Indonesia ya, suspensi lembut, ergonomi 11-12 CBR 150R/250R agak nunduk sedikit,.. cocok nich,,,
SukaSuka
Ditunggu, vlog chanel youtubenya mang….
SukaSuka
ajib
SukaSuka
Apaan nih motor 200jt lebih ga ada link. Motor 50jt ga ada link aja disayangkan apa lagi ini. 😂
Piss Om Kobay.😝
SukaSuka
Lha iya kan dah disebut wkwkwkk.. Berantemnya sama ER6N, Ninja 650 dan Z800… Keknya Z800 juga belum link kayaknya sih.. Yg jelas ER dan Ninja yg blm…
Meski gak persis sekelas, tp pasti dibanding bandingin deh
SukaSuka
z800 suspensi belakang sudah pakai link pak. coba aja dicek kalau ketemu motornya.
SukaSuka
Udah yak, makasih.. Kl ga salah mmg sama ama Z250 n ninja 250.. Lupa dah lama tesnya hehhe
SukaSuka
Keren om… khas honda bgt, desain elegan, sporty, n longlast
SukaSuka
kalo punya warisan 5m langsung tak boyong kabeh termasuk rc213-s 😀 ngidam moge ra keturutan 😥
SukaSuka
cbr 650f ini dilihat ergonominya joss.tapi sayang muka ama fairingya gak demen ane terlalu sederhana untuk motor 4 silinder honda,kalau ane lebh sreg zx636 atau r6..haha cb500 jga desainya terlalu sederhana mang untuk mtor 500cc kurang menarik
SukaSuka
Ngiler
SukaSuka
desainnya unik, bagus dong(tanduknya berkamuflase wkwkwkw) headlamp unyu,knalpot mantap, suingarem ajib, velg keren, mesin apalgih, cuma harganya.. jadi donlot aja fotonya buat wallpaper 😥
http://warungasep.net/tag/yamaha
SukaSuka
mang..mang…meuli donk..
hayang test ride
SukaSuka
gw lama-lama jatuh hati sama dia… untung duitnya gada 😀
SukaSuka
Katanya jatuh hati sm randa?
#eh….. 🙂
SukaSuka
Cieeeeee..uhuuuyyy
SukaSuka
😯
SukaSuka
Menurut saya desainnya keren lads
SukaSuka
selera lads
SukaSuka
Busyeett 4 silinder red line cuma 11k ..
yg 500cc redline 8k
alamaaakk…
pantesan alusss kaya sis kogay
SukaSuka
cobain 7000 aja dulu.. gakan kepake itu 10-11 K 😀
SukaSuka
loh yg namanya motor buat fbh cuma 1gigi..
masa nga ampe 11k ?
SukaSuka
240 juta?
asa mending keneh Z800: 209 juta
slip on two brothers + pcv : 10 juta
lampu HID + klakson keong : 1 juta
sisa 20 juta dipake bayar artis
SukaSuka
harga 2015 eta teh?
SukaSuka
OTR jadetabekser 208.600.000
tambah beli surat jalan + plat nomer nunggu stnk keluar jadi pas lah 209.000.000
SukaSuka
emg lbh murah berarti
SukaSuka
pada setiap motor honda itu yg ane rasain meski dikelas bawah, ada sswtu yg bikin nyaman meski inferior dibandingkan produk lain
SukaSuka
sesok tukuu…
GIA siap hadirkan A350 XWB: http://wp.me/p1eQhG-1fL
SukaSuka
Mantap banget performanya kang Kobay…, memang tampang dan harga nya yang bikin pikir2 lagi..
Salam,
http://www.lexyleksono.com
SukaSuka
nah kalau ada kesempatan kang, coba test ride deh, compare to Ninjo.. tapi saya pribadi memang blm pernah tes si Ninjo sih hehe
SukaSuka
Yang mengatakan honda lbh mahal dr kompetitor apa sudah melihat harga yg 2015 skr? Krn yg harga skr sudah kena pajak barang mewah berlipat. Jgn membandingkan dg harga 2014
SukaSuka
hehe.. iya harga 2015 memang semua naik, Kawasaki pun gak bisa menahannya..
SukaSuka
….Tom Cruise bertenaga Hulk…..
SukaSuka
hulk mah agak lebay.. apa ya.. thor deh hehehe
SukaSuka
ya jd rancu, thor nya kan ganteng…. hehehe bg sy cbr650f tampangnya ganteng imut spt kenshin tp bs meledak kapan kapan…..
SukaSuka
Iya juga wkwkwk… Mgkin dia kaya hinata, gak secakep sakura sama Ino, tp lama lama diliat imut juga
SukaSuka
Kang….mawa motorna ulah bari sura seuri olangan kitu ah, bisi aya bu nyangka ge**……hehe……(heureui eutik ah)…… Sakses terus Kang…….
SukaSuka
moal katingali da jero helmet wkwkwkwk
SukaDisukai oleh 1 orang
harga segitu tambahin dikit dah dapat CBR600RR atau ZX6R lebih powerfull dan terlihat garang
http://orongorong.com/2015/06/17/prosedur-pemeriksaan-atau-razia-kendaraan-bermotor/
SukaSuka
Cie..ciee Mang Kobay lagi jatuh hati sama cbr650f, untung harganya keterlaluan coba kalo harganya cocok pasti udah dikandangin 😀
SukaSuka
jitu!! Hehehe.. soal tampang bisa lah kita akalin, ya gak? kekeke
SukaSuka
next.
oke?
SukaSuka
bukannya udah? si SP yang gw nyesel mah hiks
SukaSuka
mantap nih . 😀 Bang Kobay
SukaSuka
Jozz banget motornya.
Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual Gan
https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling
SukaSuka
bungkus satu mang.. 😀
SukaSuka
Kok lucu ya om
Harganya kok head 2 head sama mt09
650cc vs 900cc ?
SukaSuka
250-an yak..
SukaSuka
gue yakin deh kalo 2 silinder pasti kang kobay tdk kepincut….he…he….apalagi klo 1 silinder 650 bisa bisa pistonnya sebesar galon aq** pasti tambah tdk kepincut lagi..
SukaSuka
kalau 2 silinder? hmmm.. kasih tau gak ya hehe… 1 silinder? ogah aahh 😛
SukaSuka
2 silinder tanda tanya, yg 1 slndr ogah,klo begitu biar adil kang kobay pilih yg 3 slndr…lirik mv agusta…ha…ha…
SukaSuka
Naaaahhh… Hihihi..untungnya mahal om jd gak kebeli dah wkwkwk
SukaSuka
Termasuk list calon motor yang bakalan ge beli nanti. Tapi gak di Indo. hehehehe.
SukaSuka
loh mau kemana bams?
SukaSuka
New Zealand ambil gelar Master. Gile telat hampir 2 dekade. hahahaha. Kalo ke Wellington, maen yak. kita touring NZ
SukaSuka
kek ke bandung aje ajakan lo wkkwkwkw. sama keluarga?
SukaSuka
pastinya. hehehehe. kali lo ada rejeki lebih trus bisa jalan2 ke sana, tawaran gue masih berlaku ye.
SukaSuka
siap, noted.. seneng gw denger kalau sobat bisa sukses.. keep in touch yo walau belum pernah ketemuan nih hahahaha
gw bayangin elu wajahnya kaya si JC terus 😀
SukaSuka
Ping balik: Official Test Ride Moge Honda: CB 650F, The Best of Six Honda Big Bike..!! | KobaYogas.COM
beauty sleeper….pasti nikmat buat di tindih di puncak om 😀
SukaSuka
Hayaaahh
SukaSuka
Bang gak pake link kan?
Coba bang bikin artikel link suspension
Biar kita2 tahu…keuntungan pake link dngn non link ..mengingat merk kelas wahid banyak yg gak pake..ya kayak ktm dll.
SukaSuka
sudah pernah ay bahas om..
Sebenernya pake link atau gak tentu disesuaikan dengan desain awal dan perhitungan engineer…
Tapi jika dikaitkan dengan market dimana satu produk akan masuk di pasar yang kompetitornya punya kelebihan (misal suspensi dengan link) maka hal seperti itu seharusnya jadi pertimbangan, apalagi kalau produk itu masuk belakangan, dimana secara kita orang awam, lahir belakangan harusnya paling lengkap..
KTM Duke/ 200/ 390 gak pake link? Saya pribadi gak terlalu mempersoalkan wong mereka bermain sendirian… mau dibandingin head to head dengan siapa? hehehe
SukaSuka
Kalau bicara tehnologi kan bicara manfaatnya bang….linkkan bukan accesoris ..tapi ada manfaatnya.makanya melalui tulisan ini mohon pencerahanya bang kobay ..keuntungan pake link dan non link terhadap handling motor…
SukaSuka
ada di artikel lain om… cukup lengkap dengan gambarnya juga
SukaSuka
R25 ngak pake link dibully, lah ini CBR650F harga 240jtan ngak pake Link apa kata fansboy smart
SukaSuka
Ping balik: Akhirnya… Kobayogas tahu bagaimana rasanya naik moge!!! | WARUNGASEP★★★☆☆
Ping balik: Official Test Ride: Honda CB 500X, Big Bike Adventurer Ternyaman ..!! | KobaYogas.COM
Ping balik: Official Test Ride: Honda CB 500, Moge Bersahaja Yang Tak Bisa Dianggap Remeh..! | KobaYogas.COM
Ping balik: AHM Gelar Lagi Mudik Balik Bareng Honda 2015, Kali Ini Ada Sarana Kereta Api | KobaYogas.COM
Ping balik: Product Review: Jaket RS Taichi RSJR Honda Version – Adem Poolll… | KobaYogas.COM
Ping balik: Inuma San Pun Takjub Oleh El Clasico CB Jadul Bermesin NSR 150..! | KobaYogas.COM
Ping balik: Penasaran Ingin Lihat 6 Moge Honda? Kunjungi Saja GIASS Lads… | KobaYogas.COM
Ping balik: New CB150R Membombardir New Vixion Advance versi Motor Plus | KobaYogas.COM
Ping balik: Kelebihan dan Kekurangan Honda New CB150R Hasil Review Harian [Gallery] | KobaYogas.COM
Ping balik: New CBR 500R 2016 – Lebih Sporty Tapi Masih Kurang Gahar.. | KobaYogas.COM
Ping balik: Honda CBR 1000RR SP – Kita Bertemu Kembali Wahai Kawan, Kali Ini Akan Lebih Akrab.. | KobaYogas.COM
Ping balik: Ajib, Wanita Cantik Ini Membeli Honda Vultus NM4 Untuk Kado Suaminya Hanya Via Telepon!! | KobaYogas.COM
Ping balik: Tes Turing 3 Motor Honda, Tidak Enak dan Enaknya Dimana? (Part 1) | KobaYogas.COM
Ping balik: New CBR250RR 2 Silinder Tricolor Warna Yang Wajib Hadir Nanti Nih… Keren! | KobaYogas.COM
Ping balik: Desain Honda All New CBR150R Facelift Sukses Bikin Kaget! Bakal Brutally Nge-Hits! | KobaYogas.COM
Ping balik: Saat Tepat Beli Moge Honda, Diskon Hingga 30 Juta Lads… ! | KobaYogas.COM