Full Impression Review: Honda Mobilio E CVT (PART I)


Mobilio

Honda Mobilio merupakan produk fenomenal kedua dari Honda setelah Honda Jazz sukses menjadi mesin uang Honda Prospect Motor. MPV yang lahir di Indonesia ini langsung dibenturkan untuk bermain di pasar gemuk…. Low MPV.

Kobayogas.com – Baru saja santer akan kemunculannya, para kompetitor terutama sang penguasa pasar kocar kacir dibuatnya. Dan ini adalah serangan kedua kalinya bagi duet maut Astra, Avanza-Xenia setelah sempat ketar-ketir akan penjualan Suzuki Ertiga yang mulai memepet singgasana Avanza-Xenia.

Setelah campaign “Kill Ertiga” sekarang sudah ada kabar campaign “Kill Mobilio”… wowwww… sebegitu dashyatnya kah si Honda Mobilio ini? Nah kebetulan saat KBY mengunjungi PARJO tempohari, ada satu unit display Honda Mobilio yang KBY eksplore puas dari sisi eksterior dan interior. Memang tidak semuanya, tapi yang KBY incar adalah hal-hal yang sifatnya major dan pantas menjadi senjata mematikan bagi para kompetitornya. Sayangnya, file video hasil rekam rusak, gagal total, dan KBY telat melakukan test drive karena sesi test drive Honda Mobilio sudah di tutup pukul 4 sore.

Apa saja faktor-faktor yang menurut KBY membuat kompetitor ciut? Simak ulasan berikut lads….

Desain

Fresh from the oven, Honda sekali lagi menunjukkan bahwa desainernya memang ciamik dalam selera. Walau tidak 100% orisinil karena ada sentuhan Honda Brio disana terutama bagian depan, tapi secara keseluruhan desain Honda Mobilio futuristis dan mewah, bisa terlihat dari mulai Pilar A s.d belakang (D). Kesan mahal yang coba ditonjolkan Honda pada Mobilio sukses terpancar, membuat penampilannya dari sisi samping dan belakang seakan-akan menjadi mobil yang pantas dihargai tinggi.

Kualitas Interior

DSC_0382

Sebelum melihat langsung, KBY pesimis bahwa material plastik Honda Mobilio terutama sektor dashboard dan doortrim akan baik, hal tersebut berkaca dari Honda Freed dan Brio Satya yang menurut KBY material plastik dashboard dan doortrimnya, downgrade bingiiittt… Well silakan kecewa wahai para kompetitor, diluar dugaan KBY material plastiknya Honda Mobilio baik dan solid, bukan yang terbaik memang, tapi sebanding dengan ertiga dan Grand Livina.

Desain dan tata letak tombol Honda Mobilio pun senada dengan Honda Brio, maklum saja wong serancang sebangun. Warna trim coklat dengan pada padan warna hitam di mata KBY sukses memunculkan nuansa mewah. Namun terlihat ada satu bagian yang terlihat kurang solid, yaitu pada bagian laci penumpang depan, terlihat kurang rapat. Hati-hati Honda Mobilio, hal sekecil ini akan dimanfaatkan kompetitor untuk membanting image dirimu.

Akomodasi

Fleksibilitas Ruang Kabin

Honda Mobilio (Brio MPV) -  006 IOTOMOTIF.com

Tanpa pengukuran yang akurat, KBY hanya mengandalkan feeling dan ukuran lutut alias dengkul dalam mengukur luas kabin Honda Mobilio. KBY tes 4 kali, pertama dari posisi duduk paling belakang dengan jok tengah disetel pada posisi paling mundur. Hasilnya lutut KBY menyisakan sekitar 3cm dari jok tengah, masih cukup lah, posisi duduk Honda Mobilio juga memadai tidak nyaris jongkok, jika jok tengah dimajukan pasti akan lebih nyaman. Catatan, soal kenyamanan tentunya harus dicoba langsung saat mobil berjalan. Dari mobil sekelas yang pernah KBY rasakan, Suzuki Ertiga adalah yang terbaik dari sisi kenyamanan sebagai penumpang paling belakang.

Yang kedua, KBY duduk di jok tengah Honda Mobilio dan bulak balik keluar masuk menyetel jok pengemudi Honda Mobilio, dengan posisi jok tengah pada setelan mundur dan jok pengemudi mundur, menyisakan ruang lutut sekitar 10 cm, Ketiga, posisi jok tengah sedikit dimajukan (asumsi ada penumpang di belakang) dan jok pengemudi tetap, ada ruang sekitar 5 cm untuk lutut. Keempat, kebetulan ada pengunjung yang bisa diajak kerjasama, dia menyetel posisi menyetir yang nyaman dan jok tengah tetap pada posisinya, lutut KBY menyisakan ruang sekitar 15cm. Jadi tergantung tinggi dan kebiasaan pengemudi juga, cenderung dekat atau menjauhi setir.

Keluar masuk dan naik turun dari jok baris ketiga Honda Mobilio pun sangat mudah, hanya dengan satu kali sentuhan pada tuas… sayang KBY lupa tuas Suzuki Ertiga, GL dan Avanza, sepertinya sih dua tuas untuk merebahkan dan melipat jok tengah. Chevrolet Spin yang KBY ingat itu dua tuas.

Overall, ruang kabin Honda Mobilio dari depan sampai belakang cukup lega, sedikit lebih luas dari Suzuki Ertiga dan GL dan kurang lebih sama dengan duo kaleng kembar. Fleksibilitasnya pun sangat baik, sama seperti yang lain di kelasnya, sedangkan Spin harus puas dengan posisi buncit karena jok tengahnya tidak ada reclining dan sliding.

 

Sekian Part I -nya… Pada artikel berikutnya KBY akan membahas Ruang Bagasi, Fitur, Mesin serta harganya… Stay tune lads… 🙂

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, New Product, Opini dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

73 Balasan ke Full Impression Review: Honda Mobilio E CVT (PART I)

  1. dadot berkata:

    tawaran yang menggiurkan dari honda, kasat mata sih lebih luas ini ketimbang si duo itu 😀

    Suka

  2. Maskur berkata:

    kuereeeeeeeeeeeeeeeen

    Suka

  3. mariodevan berkata:

    Wow sya belum sempat dpt test ride 😦

    Suka

  4. Sigit berkata:

    ditunggu lanjutannya

    Suka

  5. andhi_125 berkata:

    minat nih, sayang gak punya duit 😆
    kayaknya rendah banget ya kang? sama tetangga-tetangganya..

    Suka

  6. potretbikers berkata:

    Sudah sering ketemu dijalanan, tampangnya memang keren daripada duo kaleng 😉

    http://potretbikers.com/2014/03/10/waktunya-cari-janda-muda-nich/

    Suka

  7. Cbr old berkata:

    Kok mirip honda brioo yah,

    Suka

  8. d-santo berkata:

    honda brio melar. tampang oke bgt

    Suka

  9. ken39 berkata:

    gw saya blon tes ride langsung sih, tapi temen samping meja bilang bodinya gak jauh beda sama kaleng kembar. walo interior, design dan fiturnya menang jauh. monggo di konfirm yah kang

    Suka

  10. ipanase berkata:

    mantabh belum bisa nyetir

    Suka

  11. dhanyfirdaus berkata:

    avanza yang baru juga sekali tarik om buat ngelipat jok tengah.

    Suka

  12. H3 berkata:

    Td lihat dr blkg tampilan lumayan gk murahn.
    Posisi sopir pandagn moncong kiri dpn lapang ato ketutup kap mesin om?

    Suka

  13. genbuz berkata:

    nyimak…

    Suka

  14. ari berkata:

    ada yang keliatan aneh dengan karet pintunya 😀

    Suka

  15. riderview berkata:

    kykny bkal laris nih mobil, orang jg dah bosen mungkin ngeliat si 4 galon masuk yg udah klewat banyak populasinya n trlalu pasaran…

    Suka

  16. nbsusanto berkata:

    hpm memang berani. apik memang. apalagi beberapa waktu lalu liat langsung dan diliat dari belakang joss banget. walau kalo boleh jujur agak kurang sreg dengan bagian depan. coba kalo pake bagian depan ala jazz i-dsi mesti tambah ciamik. #wanipiro udah dikasih mesin jazz kok masih kurang. 😆

    Suka

  17. subaru berkata:

    Belakang wow depan hmm daleman meh…

    Suka

  18. #034 berkata:

    Made in China bkn ini bro? Ska alergi nih! Qikqikqik..

    http://prestigesotomobile.wordpress.com/2014/02/18/cirebon-punya-gawe/

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      CD lo yang dipake made in Cina tuh, gatel2 gak? wakakaakka

      Suka

      • #034 berkata:

        Iiiitsss… Swmbarangn.. CD gue mega mendung..sutra coy…made in plered..waaaksswakswaks….jgn2 kcamata yg dkau pake tuh made in China.. Itchy….gak nhan liat cabe.ngaaaahahahah

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Sori, ini Buaya Nyengir punya, eh Buaya Nyengir diproduksi di Cina ya? Wakakakkaa….

        i-Phone aja dibuat disono lad…

        Suka

      • #034 berkata:

        Ngaaaahahahahah…dasar buayaaa! #eh..
        I phone sy jadul2 kabeh.. Msh amrik pnya brad..trkhr i pad brusan ay cek..alhmdlilah buatan mexico..cma note sy ja nih kcolongan trnyt buatan china..hiks..tak pikir product korea pabrikan jg dsna..brti base china SDM nya lbh murah dr korea yah

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        rasain wakakakakka

        Suka

  19. bikerkampung86 berkata:

    artikel selanjutnya gas poll rem polll

    Suka

  20. Ping balik: Full Impression Review: Honda Mobilio E CVT (Part II – Habis) | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  21. st3v4nt berkata:

    Yang penting ganteng…kurang sana sini dianggap wajar yg suka pada lupa spare partnya mahal wkwkwkwkkwk

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Semahal apa siiii hehhee…dikelas sama ya mirip mirip…tapi kaki kaki emg mahal Honda tergantung banyaknya Link dan sistem suspensi….
      Dari oil filternya aja dulu deh, avanza berapa, ertiga sama grand Livina

      Suka

  22. adhys22 berkata:

    kualitas plastik interiornya sebanding GL or R3? gak salah tuh?
    kl menurut saya sih plastik interior mobilio kelihatan murahan banget, jomplang banget sama ekteriornya.

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Kelihatan iya, silakan pegang dan ketok sendiri aja 🙂
      Pemilihan warna hitam mengkilap di bagian dashboard memang kurang cerdas, looks cheap walau sekaligus elegan.

      Suka

  23. Thomas berkata:

    Dari luar kliatan lebih kecil. Apakah kabin lebih luas dari kaleng kembar dan ertiga? Bgmn dengan double blower? Hmmm menunggu apakah akan ada versi upgradenya

    Suka

  24. Ping balik: Pojok Info: Misteri Dibalik Harga Honda Mobilio Finally Revealed… | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  25. lexyleksono berkata:

    Pernah lihat unit yg sedang dipamerkan terlihat besar, pas ketemu di jalan saya jejerin dg innova saya ternyata lbh kecil si mobilio ini. Saya sempat cek dalamnya, kurang sreg dg interiornya, terutama dashboard bahannya terlihat seperti murah, mungkin itu hanya kesan saya yaa…

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Wah ipah mah gede om hehehe…
      Di kelas LMPV sih cukup lah yah… Jgn terlalu banyak berharap mewah juga kita, karena kudu tau tujuan si Mobilio ini awalnya hehehe…

      Suka

  26. Leonarto Art berkata:

    Udah banyak penampakan di surabaya mobilio emang lebih keren,irit bbm,nyaman,perfoma lebih di banding sekelas lowMPV lainnya, jadi pilih nii mobil …..,udah ngak sabar nii…… nunggu unitnya nyampai

    Suka

  27. Ping balik: Full Impression Review: Datsun Go+ – The (Un) Real 7 Seater MPV | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  28. smartfaiz berkata:

    Tambahan ertiga untuk lipat akses masuk penumpang belakang cuma perlu satu tuas untuk menggeser kursi tengah dan melipat sandaran.

    Suka

  29. fani87 berkata:

    keren banget ulasannya,,,

    Suka

  30. adhitjabrik berkata:

    udah pake si lio sebulan ini, so far nrimo nya hanya di bagian kesenyapan kabin. harus pasang peredam extra euy 😦
    udah gitu di row paling belakang ga ada gantungan (handle), jadi gak bisa gantung kemeja/jas deh. hiks..

    Suka

  31. Suzan Honda berkata:

    @Kobayogas : Betul pak, Mobilio memang Low MPV jadi ya gimana Bapak2 liat Avanza dan Ertiga saja 🙂

    Suka

  32. Ping balik: Foto-Foto Honda BRV 7 Seater Yang Lebih Jelas Plus Spesifikasinya, Memang Gagah Lads..! | KobaYogas.COM

  33. Ping balik: Kupas Tuntas Habis Habisan Interior Honda BRV, Seberapa Lumayan? | KobaYogas.COM

  34. Ping balik: First Drive Honda Mobilio E MT, Tenaga Bagus Suspensi Nyaman.. | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s