First Impression All New Honda Civic 1.5 Turbo, No Replacement For Displacement No More..


Honda Civic Turbo

Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Di ajang IIMS 2016 ada yang lain yang KBY incar untuk melihat secara langsung, yaitu All New Honda Civic 1.5 Turbo!

Seperti sudah bisa ditebak, kerumunan terbanyak di booth Honda ada di lapak milik Honda Civic Turbo.. Sampai agak susah mendapatkan foto dengan area yang steril.. Baiklah, artikel ini mungkin akan lebih banyak sisi subyektifnya, karena melihat sosoknya dari dekat, KBY benar benar kagum akan kemolekan tubuh yang dimiliki Honda Civic Turbo 1500 cc ini

DESAIN

Memang tidak semua desain mobil Honda itu bagus, tapi Honda tak  pernah berhenti membuat KBY terkesan dengan desain desain yang dibuat oleh insinyur Honda pada produk produknya. Termasuk All New Honda Civic Turbo ini lads..

Bicara desain dan melihat bagian belakang dari Honda Civic Turbo, mengingatkan KBY akan Mazda 626/ Cronos Liftback, bukan saloon ya. Juga akan Hyundai Avega. So apakah Honda Civic Turbo 1.5 ini merupakan sebuah sedan lift back? tetottt. Ternyata tetap sebuah saloon lads…

Garis jendela belakang milik Honda Civic Turbo memang menipu, seakan dia merupakan sebuah sedan lift back, tapi ketika bagasinya dibuka, kaca belakang tidak ikut terangkat, tidak seperti Mazda Cronos dan Avega. Sayang sekali, kalau dia lift back pajaknya bisa masuk kategori minibus tuh hehehe..

Seeing is believing, gak perlu makan waktu lama untuk jatuh cinta pada pandangan pertama akan desain yang dimiliki Honda Civic Turbo ini. Bonet panjang, buritan pendek, kaya coupe. Wajah tampan, bodi pipih dan pendek khas Honda. Semua terangkum dalam satu kata.. WOW!! Buritannya memang bukan selera semua orang, tapi tetap saja keren!

Honda Civic Turbo samping

INTERIOR

Jika Honda Civic generasi sebelumnya punya desain dan kualitas interior yang mengecewakan dibandingkan Civic seri FD, maka untuk Honda Civic Turbo ini KBY acungkan jempol dua! Desainnya memang ada similarity dengan milik Honda HRV, namun dengan kualitas plastik yang lebih baik!

Desain kokpitnya kental nuansa sporty lads. Plastik berlapis busa lembut kini lebih banyak menghiasi dashboard Honda Civic Turbo, termasuk door trim. Mengingatkan KBY akan mobil mobil era 90-an dimana belum dilanda krisis global. Yes, akhirnya era plastik lembut sepertinya akan kembali lagi lads..

Desain speedometer Honda Civic Turbo juga ciamik, futuristis, berkelas dengan sentuhan warna silver. Meski dashboard bertingkat ala Civic FD sudah ditinggalkan, namun kesan canggihnya tidak memudar. Tachometer dengan jarum dan speedometer Digital.

dashboard Honda Civic Turbo

ERGONOMI

Duduk di jok pengemudi milik Honda Civic Turbo, seperti biasa, mantap khas Honda, apalagi Honda Civic itu sangat terkenal dengan jok yang mendekap tubuh sempurna, tak terkecuali si Honda Civic Turbo 1500 CVT ini lads.. Kesan driver oriented juga mampu dipertahankan Honda pada Civic Turbo terbaru ini..

Duduk di belakang juga nyaman, posisi senderan jok Honda Civic Turbo ini pas, tidak terlalu tegak juga tak terlalu rebah. Paha penumpang pun tertopang dengan baik oleh busa jok, ditambah jarak kaki yang juga lega.

FITUR

Bicara fitur, biasanya Honda (Indonesia) dari jaman dulu itu agak agak pelit. Tapi mari kita lihat fitur apa saja yang ada pada Honda Civic Turbo ini

  • Lampu Full LED
  • Sensor Hujan
  • Eco Assist
  • Start Stop Button
  • Cruise Control
  • ventilasi AC belakang
  • Electronic Seat
  • Vehicle Stability Assist (VSA)
  • Hill Start Assist
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Motion Adaptive EPS
  • 6 air bags
  • ECON Mode dan Eco Assist
  • dll

PERFORMA

Ini dia jantung dari Honda Civic Turbo, mengingat kapasitas mesinnya hanya 1500 cc, KBY pun penasaran, jangan jangan basis mesinnya adalah milik Honda Jazz series, yaitu L15. Benar saja, setelah diintip, kode pada mesinnya adalah L15B. Weeww..

Hanya perbedaannya adalah L15B ini sudah menggunakan dual camshaft alias DOHC, VTEC dan Direct Injection! Pada Honda Jazz dengan mesin i-VTEC DOHC Earth Dream Technology, tenaganya adalah 132 PS, tambahan Turbo pada Honda Civic Turbo membuat tenaganya melonjak sebesar 41 PS menjadi 173 PS dengan torsi 220 Nm!

Dulu, terutama di Amerika, mesin bertenaga besar dihasilkan dari mesin berkapasitas yang besar pula. Sehingga ada ucap ucap, No Replacement For Displacement.. Gada yang bisa gantiin tenaga dari mesin (berkapasitas) besar. Acuannya ya kubikasi mesin yang monster.. Tapi itu dulu.

Dengan teknologi yang semakin maju saat ini, menjadikan mesin tidak perlu lagi memiliki kapasitas yang besar untuk mendapatkan tenaga yang besar pula. Tak ada lagi muscle engine untuk mengeluarkan muscle power.. Honda Civic Turbo seakan berkata, No Replacement For Displacement – No More!

Pabrikan yang notabene setia dengan Naturally Aspirated semacam BMW dan Honda pun akhirnya melirik Turbo. Selain trennya memang ke arah sana, pengaplikasian Turbo pada mesin membuat dua acuan bisa didapatkan, mesin kencang, efisiensi tetap didapat!

mesin Honda Civic Turbo

THE VERDICT

Honda Civic VTEC Turbo memasuki era baru Honda di Indonesia, era turbo! Dengan harga Rp. 475 juta On The Road memang tidak lagi murah lads, selisih sekitar 31 jutaan dengan sang nemesis Toyota Corolla Altis. Namun jika dibreak down satu persatu, selisih harga tersebut bisa lebih mengerucut lagi mengingat Honda Civic Turbo VTEC 1500 cc terbaru ini memiliki banyak sekali fitur..

Kalau ada rejeki lebih asik nih ambil satu, slurrrppp… Galeri foto nanti disiapkan di Sakahayangna.com ya…

Spesifikasi Honda Civic VTEC Turbo 1.5

Tipe
4 Silider Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW
Sistem Suplai Bahan Bakar
Direct Injection
Diameter x Langkah
73mm x 86,5mm
Isi Silinder
1498
Perbandingan Kompresi
10,6:1
Daya Maksimum
173 PS / 5.500 rpm
Momen Puntir Maksimum
220 Nm / 1.700-5.500 rpm
Sistem
Dual Pinion EPS
Tilt Steering
Telescopic Steering
Suspensi Depan
MacPherson Strut
Suspensi Belakang
Multi Link
Brake Override System
ABS + EBD
Brake Assist (BA)
Rem Depan
Ventilated Disc
Rem Belakang
Disc

Honda Girl

Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, New Product dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

54 Balasan ke First Impression All New Honda Civic 1.5 Turbo, No Replacement For Displacement No More..

  1. are wege berkata:

    Kira2 sienta berapaan ya mang/price nya.

    Temen ane banyak yg minat juga

    Suka

  2. Gundamfreak berkata:

    VTEC Turbo…
    Powernya ngeri ngeri sedaaapp…

    😀

    Suka

  3. ardiantoyugo berkata:

    biasa wae yo… wkwkwk…

    Jalan Daendels yang sebenarnya: http://wp.me/p1eQhG-1Gy

    Suka

  4. wah seharga vultus.

    Disukai oleh 1 orang

  5. ريان berkata:

    mang kobay sekali2 review Mobil Eropah dong
    om kobay, civic ini di compare sama clio rs bisa tu om kobay….

    Suka

  6. fari.fairis berkata:

    fiturnya juosss komplitttttt… altis mah lewattttt..
    dan bikin pusiiiinggg… soalnya lihat harganya jadi cuma bisa ngimpiiiii…
    😀

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Sebenernya Altis Generasi pertama sudah ada auto on off headlamp, altis kedua VVT-i sudah ditambah lagi rain sensor. Nah yang baru baru ini gak tau deh, udah ay ubek ubek speknya gak disebutin

      Suka

  7. zChide berkata:

    CRV turbo, sepertinya hanya jadi mobil impian nih.
    Kalau sebagai yang utama, sepertinya tidak mungkin, mending SUV, sedan gak bisa diajak buat blusukan.
    Jika jadi yang kedua, hmmm, mending pilih hatchback murah, sebagai mobil harian.
    Cocoknya jadi yang ketiga, karena sebagai penyalur kepuasan semata.

    Suka

  8. brono berkata:

    Mana nih para FBY, FBH, FBX, FBcrot, dll, yang sering bilang zlubhh mesin meleduk ngebul klotok ngorok rangka pipa paralin bosok bengkok tangki bocor?
    Dasar sales kalian semua, artikel bagus dirusak dengan komentar gak jelas.

    Suka

  9. Dimas Roborizer berkata:

    hmmmmmmmmmmmm ini sih mobil orang kaya
    sedan sekarang makin jarang yah om

    https://wjsblog.net/2016/04/28/payung-motor-kebodohan-apa-lagi-ini/

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      tren nya SUV, MPV dan City Car

      Suka

    • dewa berkata:

      Sedan kurang digemari selain kondisi jalan tidak mendukung,juga Pajaknya Paling tinggi jadi mending SUV yg lebih murah pajaknya.pembeli dikisaran harga ini Melek Global.mosok diSono SUV jauh lebih mahal dari Sedan disini seharga Sedan.

      Suka

  10. arh thea berkata:

    Wew keren euy 🙂

    Suka

  11. subaru berkata:

    Lampu belakangnya dari GK5 yah? 😆

    Suka

  12. otobalancing berkata:

    belakangnya radak gimana gitu, gak kayak sedan

    Disukai oleh 1 orang

  13. PemadamKebakaran berkata:

    Seperti biasa. Mobil jepun pasti di salah satu sisi ada yg jelek.
    Pada kompak

    Suka

  14. vario125 berkata:

    bagian belakang gak suka. bagian depan kebanyakan chrome. hadehhhh. speedometer kalo saya masih suka analog dibanding digital

    Suka

  15. rifz berkata:

    civic sekarang hampir seukuran accord ya

    Suka

  16. Gaar Wade berkata:

    Double Kicked in yo! muehehe
    Desain terbaik setelah seri EG sama FD, tapi masih terlalu mature desainnya. Padahal dulu kalau denger civic mindsetnya langsung ke anak muda suka gaspol, tapi sekarang malah kebapak-bapakan IMHO..
    Muehehehe..

    Suka

  17. daf berkata:

    sayang pake cvt mang,coba pake manual ato matic biasa pasti makin sadis nih civic

    Suka

  18. Kurma Manis berkata:

    percaya deh ama tenaga mobilnya, mbanya dipromoin juga ?

    Suka

  19. budiman berkata:

    “Diameter x Langkah : 73mm x 86,5mm”
    Wak operstruk tuh,bakal jadi bahan bulyan tuh kang kobay,Hehehehe pissssssssss😂✌

    Suka

  20. Vio berkata:

    Turbo . hmm wajib min RON 95 , kalau dibilang Premium Ready walah walah

    Suka

  21. pecel_basi berkata:

    Mending liatin SPG dibawahnya aja……
    Kalo mobilnya ga kebeli, tapi sapa tau SPG-nya bisa……..huahahahah

    Suka

  22. dimensiontripper berkata:

    serasa balik ke jaman civic wonder sama lx yang masih 1500cc
    yang K20 2000cc sama R18 1800cc naturally aspirated nggak masuk sini ya?

    Suka

  23. Busa_tio berkata:

    Barusan tak liatin sm anakku yg kls IV sd, dr depan bagus, dr samping bagus, begitu ngliat belakangnya jelek banget katanya. Wkwkwkwk… seleranya sama ternyata. :mrgreen :

    Suka

  24. Marquezisasi berkata:

    Betul om Kobay … pantat Civic Turbo ini bukan selera banyak orang.
    Pun pula dgn saya. Namun semua apriori bisa hilang andai ada lampu
    merah aka rem menyambung kanan-kiri melipir di bagasi dgn lampu LED.
    Mungkin seperti Civic Turbo RS yg mana juga ada sayap belakangnya.
    Itu baru keren … kesan Mazda or Hyundai hilang.

    Honda memang menyediakan 1 varian saja, tapi bisa jadi kalo konsumen
    kurang puas, apalagi dgn sisi belakang, mungkinkah ada varian lebih tinggi
    seperti RS ya … lampu LED merah memanjang hehehehe … dan speedometer
    yg FULL DIGITAL, ndak seperti sekarang yg terpisah meski digital juga.
    Bandingkan dgn yg Amerika, Eropa, bahkan Thailand dapat soal Civic ini …
    HPM selalu saja mendowngrade beberapa hal dan justru harganya dinaikkan.

    Nasib.

    Suka

  25. robotic_munky berkata:

    FD desainnya agresif
    FB desainnya feminis
    kalo yang ini jadi mature banget. mungkin semenjak saya punya anak saya jadi mature kali ya? koz saya suka desain civic yang ini.

    Suka

  26. arh thea berkata:

    Wew.. Mantappp.,.,.,., SPG nya 🙂

    Suka

  27. Gad aja berkata:

    mang kobay, lancer evo ada penerusnya kah?

    Suka

  28. Gad aja berkata:

    walah komenku ilang nang ndi

    Suka

  29. bombai berkata:

    mang komen ane kagak muncul

    Suka

  30. Farrel berkata:

    Imho, ini civic paling keren yang pernah aku lihat dan power mesinnya gede banget ya.

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s