Kobayogas.com – Suzuki Inazuma, belakangan ini namanya mencuat hebat, apa pasal? lebih karena harganya yang dikorting hingga 10 juta. Efek sampingnya, beberapa sahabat blogger pun tertarik memilikinya karena merasa valuenya sudah sangat baik dibanding harga awal. Tak terkecuali bro Ivan Vanzmotoblog, yang berkenan meminjamkan Inazumanya untuk KBY test. Seperti apa impresi KBY terhadap Suzuki Inazuma ini?
Berlokasi di Bandung, saat KBY ada acara silaturahim dengan beberapa sahabat blogger di kafe Ngopi Doeloe, bro Ivan yang asal Bandung ini pun menyerahkan kunci motor Suzuki Inazumanya kepada KBY, dan KBY menyerahkan kunci si Shiro untuk beliau test hehe…
Jalur test ride Suzuki Inazuma yang dilalui adalah Dipati Ukur, Gasibu, fly over Pasopati, Pasteur dan kembali ke Jl. Teuku Umar. Safety Gear yang digunakan antara lain:
- Helmet Airoh Flipped Up Miro XRP
- Jaket Respiro Panama R3
- Glove Fox Bomber
- Nike Shoe – ACG Salbolier Mid
DESAIN & FITUR
Suzuki Inazuma alias Ijum memang tidak memiliki desain dramatis layaknya motor gede entry level 250 cc lainnya, ya low profile lah singkatnya, mirip seperti kakak pendahulunya si Thunder 250 cc namun Ijum jelas lebih modern dan mewah. Sosoknya tidak terlalu masiv namun panjang bak sampan, mengingatkan KBY akan Bajaj Pulsar 220F. Sekilas terutama jika kita lihat dari belakang, bentuknya mirip Megapro lama, ini yang membuat kadang kala Inazuma tidak terdeteksi keberadaannya di sekitar kita.
Namun demikian, Suzuki Inazuma lah sejauh yang KBY ketahui yang pertama memberikan gear position di kelas 250 cc, juga adanya jadwal perawatan, memudahkan bagi pemiliknya untuk mengingat jadwal servis, fitur ini pun yang pertama di kelasnya.
Dual exhaustnya jujur saja tidak terlalu banyak mendongkrak penampilannya walau terkesan unik, ini lebih karena bentuk exhaustnya yang so yesterday instead of modern. Kalau saja exhaustnya Suzuki Inazuma dibuat lebih keren…
Modif penampilan Inazuma? Baca artikel ini Modikasi Penampilan Inazuma
ERGONOMI
Joknya Suzuki Inazuma yang lebar dan empuk membuat kaki terpaksa sedikit ‘mengangkang’ … Membuat posisi telapak kaki harus sedikit jinjit, untunglah dengan memakai sepatu All Condition Gear Nike Salbolier, jarak pijak ke tanah menjadi sangat terbantu 😀
Raihan tangan menuju setang Suzuki Inazuma bagi yang bertinggi di bawah 168 cm akan sedikit membungkuk, cukup mengejutkan karena KBY pikir setangnya cukup dekat dengan pengemudi, ternyata tidak juga. Tinggi iya tapi jangkauannya ke depan cukup jauh, beda tipis dengan Z250 FI, namun masih lebih nyaman.
Joknya yang sudah lebar dan empuk membuat nyaman pengendara, ditambah lagi bantingan suspensi depan dan belakang yang lembut, membuat perjalanan jauh bersama Suzuki Inazuma akan menjadi hal yang sangat menyenangkan.
HANDLING
Jangan kecewa jika mengetahui Suzuki Inazuma tidaklah selincah Yamaha R25, Z250 atau Ninja dalam melakukan selap selip dan zig zag, bodinya yang panjang menurut KBY mempunyai andil dalam mengkebiri kelincahan Ijum, so wajar saja jika Ijum tidak segesit rivalnya. Saat kecepatan tinggi dan mencoba berpindah jalur, Ijum cukup sulit dibuat nurut. Mirip mirip dengan Z250 FI…
Atau mungkin juga karena terpaan angin yang cukup kencang di atas jembatan pasopati ya hingga handling terutama bagian depan Suzuki Inazuma terasa kurang grip, padahal depan belakang sudah menggunakan Battlax S20. Yang jelas untuk selap selip dalam kemacetan, Ijum selincah Tiger, hanya hati hati, pastikan bodinya yang panjang tidak nyangkut di bumper mobil 😀
POWER/ PERFORMA
Dibandingkan 250 2 silinder lainnya, Suzuki Inazuma memang terkesan ‘lemot’ dan ‘less responsif’… Menurut KBY feel nya mirip mirip mengendarai Tiger 2000 namun dengan tenaga yang lebih besar dan kualitas berkendara yang lebih halus. Wajar saja karena powernya pada hasil dyno memang hanya 23,8 HP @8,639. Bandingkan dengan Ninja FI yang berada di 26-28 HP atau Yamaha R25 yang menghasilkan 29 HP.
Kenapa KBY bilang lemot? Karena dari bawah sampai atas tidak ditemukan ‘tendangan ekstra’ di kitiran atas ala 2 silinder DOHC seperti yang ditemukan pada Yamaha R25, Kawasaki Z250 FI dan Ninja 250. Tenaga Suzuki Inazuma tersalurkan dengan linear dan smooth pada setiap rentang gigi dan kecepatan. Meski demikian tenaga aslinya terasa keluar pada rentang RPM 7000-8000. Suaranya? Terlalu hening, padahal exhaustnya sudah dua… khas dua silindernya juga nyaris tak terdengar (atau ketutup helmet? :D)
Lemot disini tentunya jika dibandingkan dengan 2 silinder lain loh ya, bukan berarti dia pelan, hati-hati jangan meng- under estimate atau look down terhadap Suzuki Inazuma ini, tetap saja dia kencang lads… Dengan torsi 20,77 Nm @7,294 (hasil dyno test) membuat raihan waktu untuk mencapai kecepatan 120-130 km/jam bisa cukup cepat diraihnya seperti yang KBY alami saat melewati jembatan pasopati menuju Pasteur dan sebaliknya. Tetap saja powerful!!…
Membuat suara lebih gahar dan tenaga terdongkrak? Baca artikel Exhaust Ixil Double Exhaust untuk Suzuki Inazuma. dan mendongkrak tenaga Suzuki Inazuma pakai muffler Over Racing
REM
Power is nothing if you can not stop the bike.. Menurut penuturan sang pemilik, bro Ivan vanzmotoblog, rem standar depan Ijum cukup mengecewakan, oleh karena itu dirinya mengganti selang rem Suzuki Inazuma dengan merek HEL… Diakuinya performa remnya membaik secara signifikan. Menurut KBY sendiri sih sudah cukup, lebih baik dari Z250 FI. Dari sisi pengereman standar, R25 menurut KBY adalah yang terbaik.
OPINI
Jika lads mempunyai budget 36-38 juta dan mencari kenikmatan berkendara apalagi senang turing, Suzuki Inazuma adalah pilihan terbaik, diskon sebesar 10 juta (8 juta Bandung) membuat valuenya secara keseluruhan sangat baik. Performa Ijum tidaklah meledak ledak, tourer alike bingits, so pastikan karakteristiknya cocok dengan lads.
Sempat muncul kekhawatiran akan spare parts ke depannya, mengingat penjualan Suzuki Inazuma tidaklah sebaik sebelum adanya diskon sehingga muncul selentingan Inazuma tidak akan masuk lagi ke Indonesia. Bagi lads yang memikirkan hal ini, pastikan tidak bikin pusing kepala di kemudian hari.
Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..Baca juga artikel lainnya lads…
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog
KobaYogas from WordPress for Android
untuk ukuran 250 cc suaranya hening banget mirip honda cbr 250, kenapa yak? padahal 2 cylinder + 2 kenalpot, untuk body kurang menarik IMHO, lebih menarik Z250 terkesan gahar, entahlah, menurut BR bentuknya kurang menarik, spatbor depan mirip bebek IMHO, tapi terlihat nyaman, butuh facelift segera jika ingin bertarung di kelas Naked bike entry level 🙂
SukaSuka
Sepertinya teredam oleh catcon di dua knalpot itu hehehe
SukaSuka
sepertinya emang nyaman bingits nih buat touring long distance….bisa sampe ketiduran kali yee?? 😀
SukaSuka
Wkwkwk terlalu…
SukaSuka
akhirnye jajalin juga Om Kobay, juoozzz
http://monkeymotoblog.com/2014/08/02/intermezzo-weekend-nyuci-motor-yuk/
SukaSuka
NYuosssss….
SukaSuka
Gianteng bingit om…
Z250 tandem ama inazuma.. bener2 aura kharimatik bingits..jelas lain suaranya ini motorkan bukan midship muflere,…merdu flamboyan lads 😀
”Hahaha luain jauhh sama Tetangga yg katanya full power Reog 25 si ember dibedakin hahhaaha… ga ada value ga ada sense of arts, muka mio GT, tangki plastik 14 liter awkwkw mengenaskan plastiknyapun diebedakin,
SukaSuka
motor idaman ni
SukaSuka
Kenapa KBY bilang lemot? Karena dari bawah
sampai atas tidak ditemukan ‘tendangan
ekstra’ di kitiran atas ala 2 silinder DOHC
seperti yang ditemukan pada Yamaha R25,
Kawasaki Z250 FI dan Ninja 250.
—————————————————–
Lah beda dong om kobay, inazuma kan SOHC 2 silinder.. CMIIW.
🙂
Salam dari ambon om.
SukaSuka
benul…SOHC dia hehehe, makanya maksudnya itu ya gada tendangan tambahan ala DOHC lainnya…
wah jauh kali paci…
SukaSuka
Terlalu kalem mesinnya mas
Untuk 2 silinder lho
Cbr250 saja 1 cyl memiliki performa putaran bawah dan atas lebih baik dari inazuma
SukaSuka
Saia setuju…bener terlalu kalem …cbr lebih terasa
SukaSuka
magnum beudh 😆
raisa ♥♥♥
SukaSuka
Hahaaa iya. Dah balik bandung?
SukaSuka
Belom kk
SukaSuka
Motornya kegedean atau…. #Ups
http://rideralam.com/2014/08/03/resmi-lcr-honda-konfirmasi-cal-crutchlow-akan-menjadi-pembalapnya-musim-2015/
SukaSuka
Mang Kharis yang ketinggian wkwkkwwk
SukaSuka
Kang OI mana nya??? #sinamaca 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/08/03/☻-matic-kok-bannya-kempes-☻/
SukaSuka
Dah lama juga tuh gada kabarnya
SukaSuka
enaknya buat turing kali ya.. daripada pake harian
SukaSuka
Buat harian justru enak juga… Yg gak kena kalau buat narik narikan hehehe
SukaSuka
inih ga enak banget.. ga usah ngomong nuturin 600cc (pake ninja250 masih ok loh nuturin 600cc), nuturin ninja250 kalo yg bawanya udah jago juga syusah..
SukaSuka
lah ini yang punya nongol hehhee
SukaSuka
Baru turun gunung om, jadi baru muncul.. lembur neh nyiapin tulisan.. wakakakak
SukaSuka
ayo semangat
SukaSuka
tester sejati 😉
SukaSuka
Lumayan lah kang kekkekkeek
SukaSuka
sedannya roda 2 ne motor…
SukaSuka
montor anti maindstream……berasa naek sedan mewah wakakakakakak
SukaSuka
Bener drpd Reog 25 motor plastik dibedakin huahahaha….
Mulus gagah apa lagi z250 si shironya itu karakternya jelas garang om
Coba sandingkan Reot25 hahaha kebanting tangkine plastik.. 14 liter awkwwkwkwk mengenaskan tragis
SukaSuka
Bener drpd Reot25 motor plastik dibedakin huahahaha….
Mulus gagah apa lagi z250 si shironya itu karakternya jelas garang ada karakternya,
Coba sandingkan Reot25 hahaha kebanting tangkine plastik.. 14 liter awkwwkwkwkmengenaskan tragis
SukaSuka
biasanya sohc tendangan bawahnya lebih nampol ketimbang dohc…
SukaSuka
inazuma diatas keren banget bang…
SukaSuka
hening soale silencernya 2-1-2 ada sarang tawonnya… 😀
SukaSuka
Dua pulak sarang tawonnya
SukaSuka
Pasopati emang gede anginnya, apalagi ke arah pasteur.. ngopdoel tempat paporit nongkrong sy nih.. walaupun nongkrong d kape anggeur pesennya martabak telor :v
SukaSuka
Hahhaha teu jauh
SukaSuka
gede bgt ya om?
SukaSuka
Panjang
SukaSuka
Bro Kobay, pernah bikin tes perbandingan pengereman motor 250cc? dengan ban standar masing2 motor. Misal dari 60kpj sampe 0kpj berapa meter, gitu lho.
Setau sy blm pernah y? ato sy yg kelewatan artikelnya? thx.
SukaSuka
Blm pernah…duh pengen bingits deh…
SukaSuka
Ping balik: Test ride Z250-nya Kobayogas.com | vanzmotoblog
dimodif bisa jadi keren ya ternyata
Yamaha Force ada warna baru ya ?
http://roadblue.blogspot.com/2014/08/yamaha-force-ada-warna-baru-ya.html
SukaSuka
benul… coba aslinya gitu ya…
SukaSuka
tetep aja masih gantengan si shironya ya kang! hehe
SukaSuka
Ping balik: Ngopi & sharing seru dengan rekan blogger, modifikator dan Kafemotor | vanzmotoblog
dibikin jap style atau cafe racer ala deus keren nie si ijum 🙂
SukaSuka
couldn’t agree more 😀
suara knalpot halus banget, bodi berat tapi depannya kerasa melayang kalo lagi geber, rem depan standar rada nyelonong 😦
tapi bener2 jinak buat dipake harian mah, “low profile” banget hehe
btw ada kang ivan euy 🙂
SukaSuka
Pasti ada, orang dia yg punya hehehe…
Wah tyata kita sepaham yah
SukaSuka
Ping balik: Test Ride Suzuki Inazuma Modifikasi Minor Dengan Exhaust Over Racing, Ini Baru Inazuma!! | KobaYogas.COM
wahhh knalpot nya yang ane suka…mantap mas yoga…ditunggu kunbalnya
SukaSuka
kunbal apa yah hehe
SukaSuka
nitip ya bang sekedar info aja..buat yang punya android…
http://akusayangnia.blogspot.com/2014/12/dapatkan-1-10-setiap-hari-hanya-dengan.html
SukaSuka
slam kenal,2 thn menabung buat beli ni si ijum,akirnya terbayarkan,
dari pertama liat n test drive sdh jatuh cinta sm si ijum,buat saya nih motor jawara lah di kelas 250.nyaman,santai,kagak capek,body besar,cocok sama saya..hehehe,
buat yg komeng miring ni ijum,pasti belum pernah nyoba,ato badannya kurang gede yaa..NO OFFENSE buat yg badannya kecil.
safe drive-drive fun
SukaDisukai oleh 1 orang
Ping balik: First Ride Benelli TNT 250, Suaranya Merdu Performanya Kok Kaya Gitu? | KobaYogas.COM
Ping balik: Review Harian Yamaha MT 25, Layak Menjadi Sport 250 cc 2 Silinder Terbaik Di Kelasnya..! | KobaYogas.COM
Ping balik: Kalau Benar Ini New Suzuki GSX-R250 Terbaru, Laku Iya, Laris? Meragukan! | KobaYogas.COM
Ping balik: Beli Mobil Dapat Motor Itu Biasa, Beli Motor Dapat Gratis Motor? Nah ini.. | KobaYogas.COM