Test Ride NSR 250 MC28 ’94 Jambakannya Memang Luar Biadab!!!


NSR 250 MC28

Kobayogas.com – Hola lads, akhirnya!! Kesempatan itu datang juga, lampu hijau dari sang pemilik Honda NSR 250 MC28 yang juga juragan Kios Bikers Bandung sebenarnya sudah lama turun, namun baru hari ini KBY berkesempatan menjajal motor Andy Lau ini…

Seputar desain, spesifikasi mesin dan sejarahnya si NSR livery Rothmans hasil kreatifitas Yong’s Motor Bandung ini sudah KBY ulas di artikel Honda NSR 250, so kali ini artikel hanya akan fokus kepada impresi berkendaranya…Seperti apa performa NSR yang dijual resmi pada rentang tahun 93-2001 ini?

ERGONOMI

Duduk di atas joknya, nuansa balap sangat sangat kental, riding positionnya hanya bisa ditandingi oleh MV Agusta F3 dimana NSR MC28 ini memang merunduk dan rebah namun MV AGusta F3 masih lebih rebah nyaris tiduran. Seat height alias tinggi tempat duduknya cukup bersahabat, tetap jinjit namun dengan menggunakan sepatu maka lebih aman, kecuali menggunakan alas kaki semodel sendal jepit atau teteplek πŸ˜€

Porsi beban alias bobot sang NSR pun cukup ringan, tidak membebani sang pengendara, well balance. Sementara setang yang under yoke memaksa perut six pack KBY bersandar di tangkinya yang besar ketika kedua tangan meraih setang. Foot step yang jauh di belakang sangat mengasyikan jika kita suka akan posisi ini, tak salah memang jika KBY bilang ergonominya tak jauh dengan MV Agusta F3, karena memang mirip lads!

NSR 250 MC28

GENTLEMEN START YOUR ENGINE!

Usia motor boleh saja tua, namun menyalakan mesinnya penuh dengan ritual hi-tech lads, seperti artikel KBY untuk NSR MC28, lads tidak akan menemukan kunci kontak di seputar setangnya. Sebagai gantinya Memory Card Maxell siap dimasukkan ke dalam slot yang ada pada area speedometer.

Turn on engine cut off, dan masukkan sang memory card, maka mesin siap untuk dinyalakan menggunakan kick starter… Treengg..treengg teng teng… salakan suara khas 2 stroke disertai asap putih dari kedua knalpot kiri-kanannya. Kejutan, koplingnya termasuk enteng untuk ukuran motor kentjang, malah lebih keras/peret Suzuki Satria FU milik adik ipar yang KBY gunakan dari rumah ke Kios Bikers Jalan Pungkur (artikel Satria FU terpisah yaaa…)

Ketika tuas kopling di tarik, krkkk krrkkk…suara khas kopling kering menyeruak diantara bebunyian mesin V Twin sang MC28…wah familiar sekali bunyinya, seperti Duc Monster yang KBY pinjam dari Moto8 beberapa waktu lalu hehe.. Yang mengesankan adalah pergerakan tenaganya yang forgiven, awalnya KBY pikir untuk trek dalam kota maka harus sudah siap dengan gejala endut-endutan, ternyata tidak sama sekali lads. MC28 tetap enjoy dibawa santai dalam rentang RPM 4000-7000.

AJE GILE JAMBAKANNYA!

Ceklek, gigi 1 masuk, lepas tuas kopling perlahan, putar throttle secukupnya, sang NSR melaju pelan keluar gang Kios Bikers..suara mesin V Twin-nya menggeram halus ..(di video sih jelas) sempat bingung kemana ya membawanya, ah sudahlah kemana saja yang penting impresi berkendara dan sukur-sukur dapat akselerasi yahud untuk dishare kepada pengunjung blog…

Perbedaan yang sangat terasa jika dikomparasikan dengan Ninja RR 150 Super KIPS adalah power band di bawah hingga menengah..Jika pada Ninja RR terasa sekali bawahnya ngeden jika tidak mau dikatakan lemot, maka mesin 2 stroke berkonfigurasi V Twin ini menjawabnya dengan tenaga yang mirip-mirip motor 150 cc SOHC, ada tenaga yang cukup pada rentang bawah hingga menengah tanpa harus mengatur bukaan throttle seperti pada Ninja RR..

Namun begitu kita berani membetot gasnya atau menaikkan RPM di atas 8000, maka seketika RC (Revolutionary Controlled) Valve-nya bekerja, menghempaskan kepala dan tubuh sekaligus seperti halnya Kawasaki ER6 dengan gas dibetot sekaligus!! Perbedaanya adalah ER6 berkapasitas 650 cc dan NSR ini ‘hanya’ 250 cc saja..

Kalaupun ada yang menolong kita dari toyoran lebih dahsyat dan efek lempar dari tubuh motor adalah akibat ergonomi yang rebah, dengan posisi itu efek lemparnya menurut KBY jauh berkurang dibanding dengan posisi riding ER6 yang tegak yang membuat tangan bisa terlepas dari setang jika tidak siap ketika membetot gasnya!

Dengan rute jalan yang cukup padat, KBY hanya berkesempatan menguras RPM-nya pada 10,500 saja. Jangan tanya seperti apa efeknya berada di jalan raya ya, itu pun hanya sekian detik saja. Top speed? Are you kidding me? Fokus ke jalan lads! πŸ˜€ Sayangnya pula, posisi action cam tidak dapat mengambil sisi speedometer, karena terhalang segitiga setang. Hanya RPM yang terlihat dan pada video yang akan KBY unggah nanti, lads bisa melihat kitiran RPMnya.

NSR 250 MC28 2

THE VERDICT

Apa yang harus dibuktikan? Jelas ini motor legendaris nan kencang dan siap melibas motor 4 tak dengan kubikasi nyaris 3x lipatnya. Sayangnya lagi, ternyata chip yang dimiliki NSR 250 MC28 ini adalah settingan low, settingan high kudu dibawa ke bengkel lagi menurut penuturan sang pemilih, Kang Hendra.

Kalau low aja kaya begitu, gimana settingan high/race-nya ya… Pantas saja pada rentang kecepatan intermediate si MC 28 ini terasa bersahabat πŸ˜€ By the way menurut Kang Hendra, NSR MC21 lebih enak lagi…waduh!! Sayang hujan kang!

Handlingnya sendiri bagaimana? Duh sebenarnya ngetesnya bukan di jalan raya, paling tidak di sirkit baru deh ketauan handling aslinya. Namun jika patokannya adalah selap selip miring kiri kanan diantara motor atau kendaraan lain, NSR ini bisa diandalkan, rider intermediate pun akan cepat beradaptasi terhadap pergerakan bodinya karena ketika sudah berjalan, bodi gambotnya seakan sirna ditelan kelincahan signature ala Honda.

Yang dikeluhkan dari hasil test singkat tersebut hanya satu, ergonomi yang racy sangat, membuat tangan kita terutama telapak mudah pegal karena harus menopang berat badan ke depan, apalagi stop dan go… tobat! πŸ˜€ Satu hal lagi, Aprilia RS250 yang sedianya akan ikut di test mengalami trouble pada kabel gasnya jadi gagal deh, better luck next time euy…

Semoga artikel ini dapat sedikit memberikan dan menambah wawasan kepada pengunjung blog akan gambaran performa dari sebuah motor legenda di jamannya, sori, di jamannya dan hingga detik ini…

Thanks to: Kang Hendra atas pinjaman tempat dan motornya, Mang Ivan Vanzmotoblog atas pinjaman helm Nolan N64, Suzuki Inazuma modif dan hadiah AXO Protector-nya dan teman-teman atas foto-fotonya, mang ucup traktordohc, mang gilar jalanbervarioled dan mang Derry shootupnride.

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Tuh yang punya lagi pegang kepala hehe

Tuh yang punya lagi pegang kepala hehe

Baca juga artikel lainnya lads…

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Iklan

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Honda, Rare Bike, Test Ride dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

113 Balasan ke Test Ride NSR 250 MC28 ’94 Jambakannya Memang Luar Biadab!!!

  1. mas huda berkata:

    ajib bener

    Suka

  2. hendry24 berkata:

    Enaknya bisa ngerasain motor legendaris, mantap ulasannya kang, bikin kepingin jajal πŸ˜€ btw anyway busway, disono ada yg punya TZR250R ngga kang? Pesaing berat NSR ini di jamannya katanya πŸ˜€

    Suka

  3. kusnanto berkata:

    Tunggangan Andy Lau.

    Suka

  4. petirabang berkata:

    Andy lau bukane sering pake Suzuki kang… test ride dong?

    Suka

  5. telo berkata:

    Tahun segitu masih SD nggk mudeng motor πŸ˜€

    Suka

  6. sijidewe berkata:

    perut six pack.. hehe u kidding mang bro :mrgreen:

    Suka

  7. danisubject berkata:

    reng teng teng …. ini nsr V bukan sih

    Suka

  8. Asep Juga berkata:

    fairingnya sederhana tp tertutupi gagahnya frame dan proarm,……

    Suka

  9. wong deso berkata:

    koreksi….
    six pack???
    one pack kali om…. hehehe

    Suka

  10. Bedul berkata:

    Wow…mampu menyaingi kubikasi 4tak tekhnologi modern hampir 3x lipat..itu baru seting low…dahsyat mmg mesin jadul 2Tsuper ngebul ini…

    Suka

  11. prasetyo676 berkata:

    Mantap banget… bang Kobay jadi mirip Andy Lau…

    Ijin share.. mungkin bisa jadi inspirasi modifikasi.
    BMW Supercross – Ketika Superbike BMW S1000RR Bertransformasi Menjadi Motor Off-road | prasetyo676.com
    http://prasetyo676.com/2014/12/29/bmw-supercross-ketika-superbike-bmw-s1000rr-bertransformasi-menjadi-motor-off-road/

    Suka

  12. aripitstop berkata:

    Edian yg punya warung biadab

    Suka

  13. prieantara berkata:

    Ajib…

    Suka

  14. mancingmania berkata:

    wohh salah satu legendary bikes dikelas 250cc….. masih ngidem yang 150sp, tapi blom ada duitnya wkwkwk

    Suka

  15. Alki Rahmatullah berkata:

    JUOOZZZ! aku kapan ya? 😦 yang 150 cc aja dah gemeteran aku pulang2 demam πŸ˜€ kalo dijakarrta ajak2 om :mrgreen:

    https://alkirahmatullah.wordpress.com/2014/12/28/test-ride-telat-yamaha-r15/

    Suka

  16. New bonn djoovy berkata:

    Ckcck ngecess ane om

    Suka

  17. New bonn djoovy berkata:

    Andy lau kok perutnya buncit yaa??
    #kaborr

    Suka

  18. pentesan mang kobay gag ada di acara MVOCI..ternyata ada disini toh..hehe

    Suka

  19. motobikerz berkata:

    ok ok

    Apakah Inazuma lebih pas dipasang ban Michelin Pilot Road 4? http://motobikerz.com/archives/9880

    Suka

  20. ark berkata:

    pengen nonton filmnya lagi..
    btw judulnya Full Throttle

    Suka

  21. harisnanggala berkata:

    ripiu konsumsi bbm kayaknya perlu kang.. ihiihii..

    Suka

  22. Rijal rgz berkata:

    Teteplek teh naonnnnn πŸ˜€ ???

    Suka

  23. gimana om rasanya pake nolan N64? πŸ™‚

    Suka

  24. urang bogor berkata:

    videona ateuh mana

    Suka

  25. click! berkata:

    Hmm..
    Yang mulai membuka di 8000rpm itu adalah RC-valve om, kalau reed-valve kan yang bertugas untuk mengatur masuknya campuran bbm-udara. CMIIW

    Suka

  26. kiez berkata:

    mampir ke om kby ah πŸ˜€ ..
    sekalian nitip .hehe

    http://kz7allbike.blogspot.in/2014/12/hyosung-gd250.html

    Suka

  27. stupid.maximum berkata:

    Motor purbakala! Lampunya jelek banget kaya kotak amal πŸ˜€

    Suka

  28. Cah_Angon berkata:

    Motor turing=turu jengking ^:D

    Suka

  29. ardee berkata:

    kayaknya msh kencang ninja ban cacing yg kmarin ..

    Suka

  30. subaru berkata:

    waktu dijambak mendesah ga?

    Suka

  31. maull berkata:

    gimick baru nih
    “Luar biadab”

    Suka

  32. threeazz berkata:

    Gapapalah ya…
    Ban mobil somplak…
    Yang penting dapet bahan artikel super..

    Wakakakakak

    Suka

  33. devmcry berkata:

    akhirnya lebayogas buat artikel motor jadul, NSR 250 strong,,, yaelah,,, gak papalah yg penting sik asik jambakan si lebayogas emang luar biadab. kabooorrr..!

    Suka

  34. gilaroda2 berkata:

    seddaaaap!!! jan ngiming2i….”full throttle” mas Andyy….eh mas kobay… πŸ˜€

    Suka

  35. dhey berkata:

    breath taking om..

    Suka

  36. iwak banaran berkata:

    v twin itu suara merdu atau ga sih ya?

    vote dunk,..
    iniline ato v twin, sound engine

    Suka

  37. anggiwirza berkata:

    sembari ngetest sjcam kah kang kobay? πŸ˜€

    Suka

  38. skbike berkata:

    mas bray, itu di kios bikers ada helm 2nd juga ya katanya?(baca2 sih)

    Suka

  39. itu yang punya nya lagi pusing bang motornya di jambak2 ma mang kobay..haha

    Suka

  40. Ping balik: [Diecast] Honda Goldwing 1:12, skala 12 tapi besar eeeuuuy | vanzmotoblog

  41. jerryadipradian berkata:

    WAH GILA, untung banget bisa nyobain barang super langka di indo!!

    Suka

  42. arul berkata:

    Naek ni motor pasti dilirik cewe2 pas sma long2 time ago

    Suka

  43. miirr berkata:

    Gokil! Ngiler bacanya kanggπŸ˜‚

    Suka

  44. Ping balik: Video Test Ride Honda NSR 250 SP VTwin MC28 ’94 – Bikin Bergidik Kepengen | KobaYogas.COM

  45. Ping balik: Test Ride Special: Aprilia RS250 2001 – Italian Flava Dalam Rasa Mesin 2 Tak.. | KobaYogas.COM

  46. Ping balik: Test Ride Suzuki Satria FU 2006, Gak Salah Jadi Pilihan Para Remaja… | KobaYogas.COM

  47. Ping balik: Ketika Motor Kesayangan Harus Dilepas – Dijual Honda NSR 250 SP MC28, Serious Buyer Only | Sakahayangna.COM

  48. Ping balik: Hot Gossip: Honda Terendus Bangkitkan Mesin 2 Tak Lagi? | KobaYogas.COM

  49. depiz berkata:

    gila gw ngecess ngeliatnya… motor idaman dari jaman film full throtle nih ^_^’

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s