Kobayogas.com – Hola lads, bertemu lagi dengan artikel Test Ride Special, setelah sempat membahas impression review tentang Aprilia RS250, kini saatnya membahas riding impressionnya..geber lads..
Berbeda dengan dua kompatriot lainnya yang sudah KBY tes sebelumnya (Honda NSR 250 SP MC28 dan Suzuki RGV Gamma 250 SP VJ23), si RS ini lebih berat dan lebih besar, size does matter. Mendorong tubuhnya dengan mengandalkan kaki sambil duduk di jok adalah sesuatu… Ya mirip mirip beratnya dengan 250 cc 2 silinder 4 tak masa kini.
Italiano Respect
Yang patut digarisbawahi adalah, ini motor Italia, so treat him like an italiano, keras kepala, pembangkang namun tangguh adalah karakter kentalnya. Yang pertama adalah sulitnya dia dinyalakan dalam keadaan dingin, butuh hingga berkeringat dan kaki pegal untuk menyela kick starter nya.
Kedua, untuk seorang italiano, Aprilia RS 250 adalah tipikal yang penyabar, dalam arti butuh waktu minimal 15 menit agar dia mencapai suhu mesin ideal. Menghangatkan mesin selama setengah jam dengan knalpot yang mengeluarkan asap? Pastikan lads melakukannya di luar ruangan dengan moncong knalpot menghadap jauh dari pintu rumah hehe.
Ketiga, keras kepalanya ada pada putaran mesin. Membawa Aprilia RS 250 ini dalam keadaan belum mencapai temperatur ideal adalah sesuatu, dari RPM bawah hingga tengah mesinnya hanya menggeram tanpa melaju signifikan. Jadi yaaa sabar sabar aja menggantung RPM lads.. Hal ini kadang menyebalkan jika kita membutuhkan tenaga atau akselerasi instan karena tenaganya baru keluar ketika mencapai 9,000 – 10,000 RPM
Pembangkang dalam arti sesungguhnya, jika Honda NSR dan Suzuki RGV adalah tipe penurut ketika menikung, maka handling RS 250 adalah sebaliknya. Setangnya dengan gigih melakukan perlawanan ketika ditekuk, sungguh menantang, mengasyikan sekaligus menyebalkan! Butuh adaptasi dalam mengenal karakternya, jangan berani berani menikung agak cepat ketika baru menaikinya kecuali lads adalah seorang pembalap. Setang yang seakan melawan serta suspensi depan yang kaku benar-benar minta ditaklukkan.
Putaran Atasnya Unpredictable!
Setelah berputar-putar di jalanan Bandung dan melewati jalan pelajar pejuang alias BKR, suhu mesin tidak juga mencapai temperatur yang ideal, sehingga putaran bawah dan menengahnya kadang membuat frustasi karena mesin seperti ngeden tidak mau melesat meski gas sudah diputar banyak. Karakter ini mirip-mirip Kawasaki Ninja RR yang pernah KBY tes juga.
Satu momen, KBY sempat mencoba ngetrek dengan Ninja 250 4 tak FI, nah disana terlihat betapa inferior sang RS ketika start awal (videonya menyusul, biasaaa). Brebeettt… mesin berbunyi ngeden hingga sekitar 9,000 RPM, Kawasaki Ninja FI masih berada di depan, namun ketika jarum RPM mencapai 10,000 lebih, seketika saja Aprilia RS 250 ini melesat bagai peluru, meninggalkan sang Ninja 250 FI dibelakang… luar biadab!!
Wheelie Perkara Mudah
Jika berada di tangan para rider profesional, maka KBY sangat yakin performa dari Aprilia RS 250 bengal ini akan sangat mudah diajak ber-wheelie ria.. Karena ketika dilakukan perpindahan dari gigi satu ke dua pada saat menyentuh red line 12,500 dengan melepas tuas kopling dengan cepat, terasa sekali ban depan mengangkat dan kemudi bergoyang ketika sang karet bundar kembali menapak aspal..
The Verdict
Apa yang lads cari pada sebuah motor Italy yang berkarakter kental ala mafia, ada pada Aprilia RS 250 ini. Mesin memang serupa milik Suzuki RGV R Gamma 250 SP namun dengan settingan dan sentuhan ala Aprilia. Modis, kencang, beringas akan membuat siapapun menepi ketika melihat sosoknya…
Aprilia RS 250, kebengalan ala Italia dalam balutan mesin 2 tak…
Special thanks Kios Bikers Bandung dan Ivan Vanzmotoblog.
- Suzuki Bike Meet Malang, Kota Malang Dibanjiri 750 Bikers Suzuki!
- Suzuki Punya Soul Of The Road, Mencari Destinasi Wisata Yang Menarik!
- Suzuki Young Star, Yang Make Malah Bapak Bapak..
- Suspensi Depan Satria Injeksi Berbunyi? Tenang, Suzuki Sigap Melayani dan Gratis!
- Review Honda Vultus NM4 750, Feel The First Class On The Ground!
- Intermezzo: Pesan Uber Taksi Eh Mobilnya Suzuki Splash! Bagaimana Impresinya?
- Suzuki Satria FU 150, Buah Manis Hasil Benih Kesabaran Suzuki …
- Review New Honda CB500F 2016 ABS, Kini Makin Moge Look Saja..
- Kalau Benar Suzuki Sport 150 Nanti Seperti Ini, Cilaka Tiga Belas..
- Saat Tepat Beli Moge Honda, Diskon Hingga 30 Juta Lads… !
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
KobaYogas from WordPress for Android
wuidich….mainan Mogeh terus 😉
SukaSuka
moge look
SukaSuka
Sangar look, raimu
SukaSuka
raimu 😀 https://ridertasik.wordpress.com/2015/01/19/konsep-modifikasi-mt-125-crossover-bike/
SukaSuka
Mogeh mainan 😂
SukaSuka
moge 2 tak
girblogg.com/2015/01/19/spesifikasi-suzuki-satria-f150-dari-tahun-ke-tahun/
SukaSuka
http://girblogg.com/2015/01/19/spesifikasi-suzuki-satria-f150-dari-tahun-ke-tahun/
SukaSuka
http://girblogg.com/2015/01/18/kelas-sport-250cc-kok-pakai-teralis-ya-kenapa/
SukaSuka
Spion ditekuk lads
SukaSuka
terpaksa, yang kiri gak bisa disetel, jadi percuma gak keliatan apa apa hahahaha
SukaSuka
Waw.. segitunya..
SukaSuka
Motor impian kang yg 125 aja gk kecapai harganya hadeh
SukaSuka
39 juta yang 125
SukaSuka
Bocah nakal dr itali… jambak! 😀
SukaSuka
ahahahhaa
SukaDisukai oleh 1 orang
Lha ini yg ditunggu,,
Juosssss
Luar biadab pemirsah!!!
SukaDisukai oleh 1 orang
Wakakakkaa
SukaSuka
kui spione pie e…
Byson FI justru mengalami penurunan power…!!
http://ardiantoyugo.com/2015/01/18/yamaha-byson-fi-fz-fi-justru-mengalami-penurunan-power/
SukaSuka
kang pengen tau konsumsi 2tak 250 cc 2 silinder berapa km perliter..??
SukaSuka
duh berapa, nanti saya tanya yang punya ya. yapi biasanya mereka gak peduli begituan euy… tp perhitungan saya sekitar 1:13-16
SukaSuka
dl harga barunya 90 juta kl gak salah….
SukaSuka
90 juta, dulu!!! edan
SukaSuka
Kl gak salah….disaat nova dash ane 26 juta,rk cool 15jt,raider 125 17jt,dan nsr sp 38jt…cbu ny
SukaSuka
Mantaaap 2 stroke never die
Tp ini berat bgt ya udh kyk 4tak
SukaSuka
iya udah kek 4 tak…
SukaSuka
“Pastikan lads melakukannya di luar ruangan dengan moncong knalpot menghadap jauh dari pintu rumah hehe… ” gak papa klo kedalam rumah..sekalian fogging.. 😆
SukaSuka
agagagaga
SukaSuka
ternyata sblm riding harus “direbus” dulu……..
SukaSuka
lami siah mang sep, kuat ka kesel wkwkwkwk
SukaSuka
bisa HarDoLin heula…….
SukaSuka
Kekekek
SukaSuka
tinggal test ride Yamaha TZR250 dong Om..
SukaSuka
Amin, iya nih, lom lengkap tanpa kawasaki K1-S sama TZR …
SukaSuka
sy tantangin, cari pemilik CBR250RR(4syl) trus minta test……..
SukaSuka
Nah eta lbh juosss
SukaSuka
lha…. top speed sabraha kang? eh…
SukaSuka
tau gak, speedonya mati, asyem wkakakaka
SukaSuka
Kencang nih….
SukaSuka
rame bgt motornya..hehe
http://sansinno.com/2015/01/19/penunggang-motor-sport-yang-tidak-menggunakan-helm/
SukaSuka
Kapan TZR250?
SukaSuka
kapan kapan 🙂
SukaSuka
Jadi intinya miara penyakit ya Om…..
wkwkwkw..
😀
SukaSuka
itulah produk italy
SukaSuka
kalau belajar motor manual pake motor ini bisa nggak om? 😀
SukaSuka
Bisa…bisa jumpalitan 😂😂
SukaSuka
serius? tenaganya ganas bingits?
SukaSuka
wkwkwkwk gak juga sih…
SukaSuka
Motor kaya gitu tambah bikin saya takut untuk dijalanan om,cz kegedean tenaga n’ pingennya betot gas terus…kecuali buat disirkuit,assiiikkkk tuh 😀
Nitip jemuran om
https://mesinjadoel.wordpress.com/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6434287565
SukaSuka
Masih karbu ya kang? Penasaran kompresinya berapa..
SukaSuka
masih, kalau gak salah ay sebut deh di artikel first impressionnya
SukaSuka
yang ninin FI merasa bangga tuh bisa ninggalin RS250… xixixixixi
SukaSuka
hanya sebentar hehe, dah baca yang RGV lom? hehehe
SukaSuka
udah, gw donlot vid nya… bagus. lom nah nyoba. ada RG Gamma 500 juga cuma numpak doank gak ngegas
😀
SukaSuka
sekali gas mampret keknya itu yg gopek hahaha
SukaSuka
enteng yang 500cc, serasa numpak vixion, cuma ya itu motor orang takutnya terlena
SukaSuka
Ping balik: Review: AXO TMKP, Elbow dan Knee Protector, Aman Sekaligus Terjangkau | KobaYogas.COM
klp boleh tau alamat lengkapnya dmna….trus di jual engga tuh motor……
SukaSuka