Kobayogas.Com – Hola lads.. Chevrolet Captiva Diesel adalah salah satu pelopor SUV 7 seater bermesin diesel dengan turbo charger variable.. Seperti apa performanya secara keseluruhan?
Sudah lama KBY ingin sekali merasakan performa dari sebuah Chevrolet Captiva Diesel VCDi, SUV 7 tempat duduk bermesin diesel common rail direct injection. Mesin diesel sendiri terkenal dengan torsinya yang raksasa, nah belum cukup, Captiva disematkan lagi VGT alias Variable Geometri Turbo.. Dahsyatkan efeknya?
Review Chevrolet Captiva Diesel VCDi yang KBY test ini merupakan buatan 2014 dan bukanlah keluaran yang paling terbaru, dari sisi mesin tidak ada yang berbeda. Hanya sekedar pernak pernik interior dan safety saja yang membedakan seperti air bags, ac dengan ionizer serta tampilan speedometer . Lampu rem sudah LED seperti yang terbaru.
MATERIAL
Bicara kualitas materialnya, Chevrolet Captiva Diesel AT ini layak KBY berikan dua jempol. Area dashboard bagian atas dihiasi panel plastik berlapis busa lembut (Soft Pad). Hingga door trim bagian atas dan tengah ikut juga dilapisi busa lunak ini.
Built qualitynya solid dan rapi. Kalaupun ada kekurangan dari Chevrolet Captiva Diesel ini, hanya pada bagian plastik dashboard head unit, warna silvernya terlihat akan cepat kusam.
TORSI PADAT DAHSYAT
Mesin Chevrolet Captiva yang KBY tes memiliki mesin diesel common rail berkapasitas 2000 cc namun akibat adanya turbo bertipe VGT, torsinya melesat sebesar 400 Nm pada 2000 RPM! Sementara tenaganya sebesar 163 PS/3.800. Cukup edan dengan mesin 2.0 saja.
Memang soal tenaga, Chevy Captiva Diesel ini masih kalah oleh Kia Sportage Diesel 2.0 yang punya tenaga 177 PS! Tapi soal torsi, Captiva boleh lah menepuk dada.. 400 vs 382 Nm! Dengan torsi besar, jelas akselerasinya Chevrolet Captiva Diesel ini jengat tenan.. Hanya memang sedikit terasa bobot 1.910 kg mengebiri performanya..
Ketika menyala, mesinnya berbunyi sangat halus, dari luar pun gemeretak mesin dieselnya hanya terdengar seperti merintih. Dari dalam juga hanya terdengar sayup sayup saja bahkan ketika jarum RPM dinaikkan. Nanti akan KBY buat deh artikel komparasinya antara Chevrolet Captiva Diesel VCDi AT vs Kia Sportage CRDi AT lain waktu biar mantaapp…
Chevrolet Captiva Diesel semua bertransmisi otomatis, termasuk tipe bensin. Ada pilihan penggerak AWD juga, namun unit test KBY menggunakan FWD. Transmisi matiknya 6 speed jika kita memakai mode manual maka akan terlihat pilihan giginya hingga 6.
Yang menarik, settingan transmisi Chevrolet Captiva Diesel AT ini dibuat sporty ketika kita menggunakan mode manual (tiptronic). Transmisinya tidak “sok pintar” untuk memindahkan ke gigi lebih tinggi bahkan ketika jarum RPM sudah mencapai limiter! Total control dah..
SUSPENSI LEMBUT
Untuk ukuran SUV, Chevrolet Captiva Diesel memiliki suspensi yang masuk kategori lembut. Melewati jalan tidak rata atau polisi bobo, Captiva melaju dengan mantap. Apalagi sebagai pengemudi, hempasannya tidak terlalu terasa.
Dengan bodi khas SUV yang tinggi, gejala limbung tetap dirasakan, namun bisa dikatakan minim dan masih dalam batas normal. Hanya begitu kita melaju lebih kencang di atas 100 km/jam, suspensinya langsung lebih stabil. Begitulah yang KBY rasakan.
Secara singkat, soal handling sih Chevrolet Captiva Diesel ini dapat diandalkan, meski bodinya cukup bongsor namun cukup lincah. Kemudi berbobot pas dengan power steering hidraulis memiliki kelebihan yaitu feedback yang sangat baik pada kemudi.
FITUR
Chevrolet Captiva Diesel AT memiliki fitur yang lumayan lengkap; sebut saja MID, AC Digital dual zone dengan auto climate, setir tilt dan telescopic, suspensi self levelling, steering switch control dll. Hanya sayang masih menggunakan anak kunci, belum ada start stop.
Fitur safety untuk tipe Captiva Diesel FWD ada dual airbags, ABS, EBD dan PBA (Panic Braking Assist), ESP (Electronic Stability Program), Hill Descent Control dan Hill Start Assist).. Ada pula fitur ECO dan electronic parking brake.. Sensor parking sudah menggunakan kamera belakang.. Komplit.
JOK BELAKANG SEMPIT
Bicara duduk, posisi mengemudinya Chevrolet Captiva Diesel cukup baik, meski masih kurang nikmat bagi seorang driving enthusiast, untungnya setir dapat dimaju mundurkan, sehingga driving position bisa lebih pas. Dimensi setirnya pun menurut KBY agak kebesaran, mengurangi kelincahan gerakan tangan.
Beralih sebagai penumpang, jok tengahnya Chevrolet Captiva Diesel ini nikmat, busa empuk dengan posisi duduk sangat nyaman dan dapat direbahkan dalam dua tahap.. pantas saja kawan KBY masbro Enry yang ikut test sampai ketiduran :D.
Nah, giliran mencoba duduk di paling belakang, barulah Chevrolet Captiva Diesel AT ini menyerah.. dengan tubuh 163 cm, KBY saja merasa tidak nyaman. Paha menggantung dan duduk nyaris jongkok. Memang lebih cocok bagi anak kecil dengan tinggi tak lebih dari 160 cm.
Selain itu, jok tengah Chevrolet Captiva Diesel yang tak dapat digeser, menambah penderitaan penumpang paling belakang.. kecuali anak anak tentunya.. Konon Chevy sengaja dengan alasan safety. Yah, tiap pabrikan punya kebijakan masing masing. Namun di Indonesia, yang kayak gini suka jadi kartu mati…

dengkul nyaris mentok
HARGA BIKIN SENYUM
Dengan segala kelebihan yang dimilik Chevrolet Captiva Diesel ini, menurut KBY Chevrolet sangat ‘tahu diri’. Merasa produknya tidak lah sempurna, harga Captiva Diesel AT dihargai Rp. 402 juta saja. Worthy? Oh sangat menurut KBY mah…
Jika lads tidak fanatik merek, Chevrolet Captiva Diesel ini sangat layak dimiliki, jaminan spare part pun didukung Chevrolet. Garansi mesin 3 tahun tanpa batas kilometer, garansi kaki kaki dan kelistrikan selama 2 tahun, juga tanpa batas kilometer lads..!
Menarik bukan? Nah boleh deh hubungi Mas Adi Chevrolet Samanhudi Pasar Baru Jakarta di 0813 1848 2525.. Konon bisa dapat diskon menarik loh..
Terima kasih: Chevrolet Samanhudi Pasar Baru, terutama Mas Adi.
Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…
- Feel Alive With All New Mazda2: Kupas Tuntas Desain Ekterior dan Interior!
- First Drive Chevrolet Trax 1.4 Turbo, Mengupas Impresi dan Performa Awal!..
- Tematis All New Mazda2 GT: Review Harian Bersama Hot Hatch Dari Mazda..
- First Drive Honda Mobilio E MT, Tenaga Bagus Suspensi Nyaman..
- Test Drive BMW 528i E39 1998 – Mewah, Bongsor, Lincah dan Kencang!
- Gallery Foto Review Chevrolet Captiva Diesel VCDi AT.. Gagah, Stylish..
- Tes Drive Chevrolet Captiva Diesel VCDi AT – Torsinya Padat Banget!
- Test Drive New Mazda Biante Skyactiv G 2015 – MPV Bongsor dan Nyaman Dengan Handling Cekatan..
- First Drive Toyota All New Kijang Innova: A Quantum Leap..!!
- First Drive: Kia Sportage 2.0 Diesel CRDI – Torsi Mantap Handling Jempolan
- First Drive: Isuzu MU-X – SUV 7 Seater Lompatan Jauh Dari Panther
- First Drive Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz, Memang [Sudah] Lebih Baik …!
- Test Drive Nissan Serena @Parjo 2015 – Besar, Nyaman Dan Powerful
- Modifikasi: 5 Tahap Engine Swap Dalam Membuat Honda Brio Satya Menjadi 118 DK..!!
- Test Drive dan Kupas Tuntas Honda HR-V, Memang Penantang Kuat Di Kelas Compact SUV..
Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com
suip kapan mang? eheheh
kabooor
http://peysblogcorner.com/2016/01/16/6-modifikasi-paduan-warna-yamaha-gt-125-sadissss/
SukaSuka
kapan kapan
SukaSuka
Vagetoz http://macantua.com/2016/01/14/beda-kan-macet-di-jerman-sama-indonesia/
SukaSuka
Mangkoknaz http://sakahayangna.com/2016/01/14/modifikasi-honda-old-cb150r-streetfire-buritan-ninja-250-fi/
SukaSuka
Akuh mana… Gak di beliin
http://apipotoblog.com/2016/01/16/honda-click-125i-thailand-atau-vario-update-warna-lebih-mewah/
SukaSuka
wow 400ribi
SukaSuka
mending innova kali yak
SukaSuka
torsi n horse power emang nampol om, pengalaman pribadi bawa captiva di jalur pantura sering dites sama user forty n pasport ngedim2 minta jalan eh dikasih jalan tapi gak nyalip2 :). kekurangan lampu bawaan kurang terang, blind spot gede , arah kisi udara A/C tengah terlalu ke sopir (ketolong dual zonenya), ground clearance kurang tinggi dikit :).
SukaSuka
Ping balik: Gallery Foto Review Chevrolet Captiva Diesel VCDi AT.. Gagah, Stylish.. | KobaYogas.COM
mobil pling enak sak dunia mang…hahaha yakin…senang bgt pake ni mobil
SukaSuka
Chevrolet memang lebih mewah dan empuk. Bodi berat sepertinya juga sudah cirinya. setara KIjang nih. Hebatnya fitur keselamatan ala VSCnya innova ditawarkan di semua model, tidak seperti innova yang hanya untuk diesel tertinggi saja.
https://kupasmobil.wordpress.com/2016/01/14/mobil-mobil-berikut-gampang-terguling-saat-zigzag-walau-jalan-di-hanya-70kpj-pentingnya-stability-control/.
SukaSuka
Capiva: mobil bagus kalah ama lambe jaran
http://78deka.com/2016/01/16/ketika-mulut-lebih-cepat-dari-otak-servismu-terbaik-istriku-balada-darmogati/
SukaSuka
Lambe jaran tuh apa sih wkwkkw.. Jaran kan kuda..
SukaSuka
di artikel udah diterangin kok
SukaSuka
Sayang, gak bisa dikasih solar busuk. Temen ane sampe dijual tuh captivanya, gara gara gak kuat ngempaninnya + suku cadangnya katanya mahal 😢😢
SukaSuka
Yah ada plus minus.. Tp ini sama sekali ga bisa solar busuk y
SukaSuka
Gak tau juga sih, kata temen, pas mau coba dikasih solar, indikator di speedometer langsung nyala katanya.
Tapi aslinya emang ini mobil bagus sih, ane lebih seneng captiva daripada crv rm4 😢😢
SukaSuka
Pak Kaji… nek test drive Captiva ajak ajak lah…
AHM perkenalkan striping baru honda beat: http://wp.me/p1eQhG-1v3
SukaSuka
Sini .. Jakarta hehehe
SukaSuka
Cobain hyundai santa fe diesel/kia sorento diesel mang 😀
SukaSuka
Kemarin baru nyobain punya temen. Bener tuh torsinya padat merayap. untuk kursi bagian belakang kayaknya cuma pajangan deh mang kecil banget soalnya
SukaSuka
buat anak anak cocoknya
SukaSuka
Buat review santa fe mang kobay wkwk. Sama new pajero sport kalo udah ada
SukaSuka
Coba lawan santa fe diesel kalo bilang enakan captiva yo kurang piknik sampean ?
SukaSuka
santa fe sebenernya lebih gila lagi tenaganya wkwkwk
SukaSuka
bbm biosol wajib + additip, mang
SukaSuka
cek harga shock belakangnya bikin shock .. hehehe canggih sih auto level adjusting
SukaSuka
Kalau bisa bobot dikurangi lagi sehingga fuel consumption bisa ningkat. Trus fitur ditingkatkan seperti kamera, gps, start stop button menggantikan stater key yang udah usang dll, serta jok yang lebih keren, lampusepan pake LED dan DRL. Maka lebih banyak orang akan melirik dan berminat memiliki Captiva.
SukaSuka