Kobayogas.com – Halo lads, kumaha daramang? Bertemu lagi dengan pembahasan seputar roda empat. Alhamdulillah, kesampaian juga tes mobil yang diidam idamkan untuk dicoba sejak lama. Yoeh, Mazda CX5 2500cc dengan teknologi Skyactiv G tipe Touring dengan velg 17″ langsung dari dealer Mazda Kp Melayu siap untuk ditest.
Sejak Mazda memproduksi Mazda CX5 dengan teknologi Skyactiv, KBY sungguh penasaran dengan teknologi terbaru dari Mazda tersebut yang memang pertama kalinya secara keseluruhan, dipenuhi oleh teknologi Skyactiv. Oleh karena itu untuk jenis mobil yang memakai teknologi menyeluruh dari Skyactiv, Mazda menyebutnya Skyactiv G.
Yang membuat KBY penasaran adalah, sejauh mana kontribusi Skyactiv G terasa di Mazda CX5, apakah hanya gimmick semata atau benar benar berpengaruh secara feeling mengemudi terhadap performa keseluruhan? Selain itu, menarik mengetahui kenapa Mazda bersikukuh melakukan penelitian lebih advance untuk mengembangkan teknologi motor bakar yang dianggap nyaris mentok.
Di saat produsen lain terkesan mencari solusi mudah pada mesin mobilnya demi mencapai performa terbaik, yaitu penambahan turbo atau supercharger, Mazda dengan Mazda CX5 bersikukuh mengembangkan mesin naturally aspirated (n/a) karena menganggap mesin n/a tersebut masih bisa ‘dipoles’ lagi, sehingga lahir lah teknologi Skyactiv G.
Sebagai informasi buat kita semua, Skyactiv G tidak lah berdiri sendiri atau bukan hanya teknologi mesin saja, namun mencakup secara keseluruhan dari mobil itu, dari mulai mesin, transmisi, exhaust, chassis sampai bentuk mobilnya merupakan satu rangkaian dari Skyactiv G. Singkatnya semua bagian Mazda CX5 dibuat sedemikian rupa agar sesuai dan saling menunjang performa mobil secara keseluruhan.
Oke, enough for introduction, sebelum menuju ke impresi mengemudi sesungguhnya, terlebih dahulu KBY akan bahas fitur fitur yang ada pada CX5. Hari Sabtu pagi tanggal 4 Januari 2014 kemarin, Bro Victory bersama istri menyambangi rumah KBY, kami memang telah janjian untuk tes Mazda CX5. Irina, istri Bro Victory kebetulan bekerja di dealer Mazda cabang Kp Melayu dan tes drive ini bisa terlaksana atas bantuan Irina.
Mazda CX5 yang datang berwarna Silver, dengan mesin yang 2500cc tipe Touring. Sejatinya, KBY akan diberikan tes yang tipe Grand Touring, 2500cc dengan velg 19″. Ah buat KBY tipe yang ini sudah sangat cukup karena intinya mendapatkan impresi berkendara si CX5, kalaupun disodori yang 2000cc, i wont complaint at all though hehehe.
Duduk, amati sekitar, spion kanan, kiri dan bagian dalam. Setel posisi duduk yang pas dengan kita, dengan Mazda CX5 segalanya mudah, karena sudah mengusung setelan elektris, tinggal pencet, semua posisi duduk bisa dibuat sepresisi mungkin untuk pengemudi. Bahkan tersedia juga tombol lumbar support, itu loh bantalan yang menopang pinggang atas belakang, mantap…!! Yang kurang mungkin memory saja, kalau ada memory, settingan duduk kita bisa di save, jadi saat ganti driver, ga usah setel ulang, tinggal pencet angka 1 atau 2, maka posisi duduk akan berubah dengan sendirinya.
Menyalakan mesin, gak perlu pusing, selama kunci ada di sekitar mobil maka tinggal injak rem dan tekan tombol start/stop, maka mesin akan menyala dengan hening dan nyaris tanpa getaran. Multi Information Display (MID) milik Mazda CX5 cukup komplit. Ada info rata rata BBM per 100km, ada aktual rata rata BBM, sisa jarak yang bisa ditempuh dengan sisa bbm dalam tangki, suhu udara luar, odometer, trip meter A+B. Pada speedo pun lengkap, ada petunjuk cruise control, i-stop, LWDS, TCS, airbags, ABS dlsb wis lengkap pisan lah pokoknya.
Setir Mazda CX5 pun penuh tombol, pokoknya kesan modern dan hi-technya dapet banget, kedemenan KBY nih mobil penuh tombol hehehe. Ada tombol audio, cruise control, setting MID sampai tombol telepon ada.
Seputar dashboard dan AC dilaburi material kelas wahid. Plastik dashboard dilapisi busa empuk, sekeliling area AC dipakai plastik black piano yang sophisticated. AC digital dengan auto climate control plus dual zone, head unit touch screen dengan speaker BOSE yang jossss… Bikin betah berlama lama mengemudi si Mazda CX5 ini.
Hanya ada sedikit kekurangan menurut KBY, plastik area head unit Mazda CX5 harusnya bisa lebih baik materialnya, saat ini cat plastiknya bisa mudah pudar, apalagi kalau mobil sering dijemur.
Fitur keselamatan bukanlah kompromi bagi Mazda CX5, disaat beberapa kompetitor berkutat hanya menanam 2 airbags, CX5 menanam 6 Airbags di sekujur tubuhnya, dua di depan dan 4 di samping. Tidak cukup yang pasif, yang aktif pun sangat lengkap, sebut saja ABS, EBA, EBD, DSC (Dynamic Stability Control), TCS (Traction Control System) dan LDWS (Lane Departure Warning System), itu yang seputaran kaki kaki dan rem, seputar lampu ada Adaptive Front-lighting System (AFS), High Beam Control (HBC) dan Emergency Stop Signal (ESS). Fitur ringan SUV juga ada, seperti Hill Launch Assist (HLA) pada beberapa mobil fitur ini namanya Hill Descent Control (HDC), woohh ngowoh dan salut lah. Lads juga gak perlu kawatir dalam memonitor tekanan ban, karena ada Tire Pressure Monitoring (TPS) yang siap memberikan warning saat disinyalir ban kekurangan tekanan.
Beralih ke fitur efisiensi bbm, Mazda CX5 mengusung teknologi yang dinamakan i-Stop. Sederhananya, fitur ini sama dengan ISS pada Honda Vario, tau kan yah? Jadi saat mobil benar benar berhenti dan kondisi rem diinjak, maka komputer akan membaca dan memerintahkan apakah mesin perlu dimatiikan atau tidak. Saat pedal rem diangkat, maka mesin akan kembali hidup dalam waktu 0,35 detik saja, tidak terasa dan sangat halus.
Dari sisi eklusifitas dan kenyamanan, Mazda CX5 yang KBY tes ini mempunyai fitur Sun Roof, jadi selain bisa melihat angkasa, juga bisa merasakan hembusan udara segar lads. Aura mewahnya sangat terasa.
Nah, sekian perkenalan fitur keselamatan dan kenyamanan dari Mazda CX5 Touring. Artikel selanjutnya akan membahas impresi mengemudi CX5 ini… See ya..
Baca juga artikel lainnya lads…
- First Impression All New Honda Civic 1.5 Turbo, No Replacement For Displacement No More..
- Feel Alive With All New Mazda2: Kupas Tuntas Desain Ekterior dan Interior!
- First Drive Chevrolet Trax 1.4 Turbo, Mengupas Impresi dan Performa Awal!..
- Tematis All New Mazda2 GT: Review Harian Bersama Hot Hatch Dari Mazda..
- First Drive Honda Mobilio E MT, Tenaga Bagus Suspensi Nyaman..
- Test Drive BMW 528i E39 1998 – Mewah, Bongsor, Lincah dan Kencang!
- Gallery Foto Review Chevrolet Captiva Diesel VCDi AT.. Gagah, Stylish..
- Tes Drive Chevrolet Captiva Diesel VCDi AT – Torsinya Padat Banget!
- Test Drive New Mazda Biante Skyactiv G 2015 – MPV Bongsor dan Nyaman Dengan Handling Cekatan..
- First Drive Toyota All New Kijang Innova: A Quantum Leap..!!
Thanks for reading lads..
KobaYogas from WordPress for Android
ga nyebutin harga?
sebagai penutup cerita, dan bagaimana menurut KBY harga VS fasilitas kendaraan nya?
SukaSuka
Belum beres om ekoooo… Part I itu… Hehhee
SukaSuka
pertamax ah
SukaSuka
beu…gagal
Ga ada bonusnya kang 😀
SukaSuka
lengkap yah fiturnya… nabung nabung nabung, blinya blon tentu yg ini 😀
SukaSuka
keren banget fiturx….
kpn bs punya ya…?????
nabung…nabung…
SukaSuka
Muantep puol mobil kuwi
kang koba, sekali kali raly dakar diliput kang, raly paling ganas 😁
SukaSuka
hadir…
SukaSuka
Disinyalir hargane secanggih fiturne…
SukaSuka
Nanti di artikel berikutnya kita bahas hehehhee
SukaSuka
dan om kobay mulai melakukan negosiasi harga yang cocok dan diatas rata-rata untuk si kuro guna meminang mazda ini. buahahahhaha
http://nivikoko.wordpress.com/2014/01/07/yamaha-vietnam-resmi-merilis-nouvo-sx-dengan-banderol-21-jeti-ediannn/
http://nivikoko.wordpress.com/2014/01/06/kebisingan-knalpot-maksimal-90-db-awas-motor-standard-pabrik-bisa-kena-tilang/
SukaSuka
Amiinnnnn
SukaSuka
mobil cakep dan banyak tombolnya
SukaSuka
Mase banget tuch… suka :tombol-tombolan” 😉
http://bakulkangkungjpr1.com/2014/01/07/ninja-250-satu-silinder-sebenarnya-sudah-terendus-sejak-pertengahan-2013/
SukaSuka
athohhh….
SukaSuka
Huahahahaha kena lageeee
SukaSuka
bentuknya kayak apa ni mobil? 😀
SukaSuka
Kayak mobil
SukaSuka
panyang euy post na,boil mah nyimax we ahhhhh 😀 😎
SukaSuka
Iya gpp buat pengetahuan hehehhe
SukaSuka
Foto full body mobilnya mana, kang? Wkwkwkwkkkk
SukaSuka
Part 1, tar di part II, kepanjangan kalo digabungin hehehhee…
SukaSuka
Mirip mitsubishi outlander sport.
Apakah perbedaan tipe sport dg turing?
SukaSuka
Iya mirip mirip, bedanya cukup banyak
SukaSuka
Misal mesin 2000 vs 2500, ac 2.0 blm dual zone
SukaSuka
Mobil keren nih..value 4 money jg spertiny..djlan jg udah banyak..joss!
SukaSuka
Ikut mantengin juga ya om secara demen ama mesinnya, 2.5 liter
SukaSuka
Mangga om… Tq dah mampir n komen
SukaSuka
Kalo dibandingkan mitsubishi outlander sport gimana kang
SukaSuka
Nanti yah di artikel kedua lengkap deh komparasinya hehehe
SukaSuka
‘mitsu olen’, sebenarnya tenaga kurang, suspensi okey (untuk jalan garajulan), menang di jok belakang bisa dua stelan senderannya. fitur rada kurang. Memang rada beda segment, dikisaran harga 300 jt… (sebenarnya harga paling okey di suv)
SukaSuka
bang kobay…
mau tanya… kok fotonya masih bening aja setelah dikasih watermark (cap,stempel,nama)….????
kok foto2 saya jadi mengecil sendiri resolusinya setelah dikasih watermark….????
ada saran kah….???? biar foto tetap terang setelah dikasih watermark….????
SukaSuka
Pake aplikasi apa? Coba Cymera
SukaSuka
udah pake cymera bang. yg tadinya 1,3mb lebih jadi 130-an mb doang
SukaSuka
Kok malah jd kecil sih? Harusnya sih gak
SukaSuka
tau tuh…
SukaSuka
bisa dibawa kepuncak dlu gak….*yang biru
anti oot…oooh jadi siputih diganti ama ini toh?
SukaSuka
Yang biru apaan? Langit? Keekkeke…
Amiinn.
SukaSuka
lembut bgt tuch kayanya….wakakaka…
amiiin juga…
SukaSuka
salah satu atpm yang ngasi harga sesuai dengan apa yang didapat.
SukaSuka
Hehhehe… Nanti gw bahas
SukaSuka
Wow.joss…. tenan.fiturnya uakeh..
Tpi jdi takut biaya perwatannya, kalo ada rusak2
SukaSuka
Memang parts sih lebih mahal dikit dari Honda-Toyota.
Sejauh ini katanya tidak ada keluhan dari sistem elektroniknya…
SukaSuka
ada yg biru biru.xixixixixi….. skyactiv vs autech-nya nissan kang…
SukaSuka
Ada apa dengan autech?
SukaSuka
teknologinya kang…. apa cuma embel2 aja..hehehe
SukaSuka
Ooo itu dua hal yg berbeda afaik yah.. Skyactiv itu teknologi secara keseluruhan dr Mazda, kalau autech mah 3rd Partynya nissan dlm hal modifikasi/ akesoris, kaya Toyota dengan TRD, Honda Mugen.
Kalau divisi racingnya Nissan itu Nismo.
SukaSuka
weeeee….. bgitu toh…. kapan yah nismo masuk sini (gtr-nya yg bikin ngiler)..hehehehe
SukaSuka
Ada tuh March Nismo edition hehehe…juke nismo jg keknya ada
SukaSuka
autech mah kayak rumah modif kalo ga salah
SukaSuka
Betul… Sudah dijelaskan tadi hehehe…
SukaSuka
Juke yang pakai mesin nissan gtr yang mantab. Kalau mazda suka yang mazda 2, bokongnya keliatan sekseh banget dibanding city car lainnya. 😀
SukaSuka
Rp 418.000.000 otr jabodetabek….
SukaSuka
murah.. kalo bawa 420 juta masih ada kembalian 😆
kalo ada.. gw sih engga 😆
SukaSuka
khusus kaum ber-uang….
SukaSuka
kerennn om..
SukaSuka
ane udah pernah test drive CX-9,tapi keliatanya kualitas dashboardnya CX-9 lebih bagus daripada CX-5
SukaSuka
Sudah seharusnya seperti itu, CX-9 itu produk tertinggi dari seri CX hehehe. Diposisikan sekelas X5 nya BMW atau Q5 nya audi.
SukaSuka
besok2 test drive toyota 86 donk gan kobay soalnya ane penasaran sama nih mobil 😀
SukaSuka
Hehhee amiiinnn… Hmm requestnya agak berat nih, nanti mudah2an ada unitnya hehe
SukaSuka
subaru BRZ, yoyota cman nebeng emblem.. malu2in generasi ae86 aja
pernah nebeng doang ga berani minjem walo temen gw bilang silahkan 😆
kalo gw ngegores takutnya rumah gw diserbu preman soalnya yang punya bokap temen gw yang jadi ketua ormas 😆
SukaSuka
Huahahhaha… Gak tau kemaren itu gak enak kalau mau dibawa agak brutal, menikmati kenyamanan nya aja… Waktu Golf TSI malah gw kebut pol wkwkwk… Habis dipersilahkan sih, kan berarti dah diijinin, malah dia bilang, kalau pelan gakan dapet feel kencengnya pak.
SukaSuka
mas broh, enakan mana ama pajero 4×2 sport?
SukaSuka
Kalo bicara enak dari sisi mengemudi, enakan CX5 karena basisnya kaya sedan…
PS sama Fortie basisnya truk (ladder frame). Memang di desain buat beban (misal: perkebunan, pertambangan, offroad ringan s.d berat).
SukaSuka
Iya gak ada bonus
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/01/07/apakah-honda-cb650f-adalah-downgrade-dari-honda-cb600f-hornet/
SukaSuka
dari ukuran boil sudah beda. harga pun beda sekitar 100 jeteng cmiiw walo sama2 4penumpang
harusnya saingannya crv
SukaSuka
Nih mobil paling lengkap fiturnya di kelasnya dengan material interior kelas wahid terasa elegan banget saat diraba…Ga kayak crv rm yang material interiornya murahan kayak material interior duo kaleng wkwkwk
SukaSuka
Hate to tell you, you are damn right kekeekek….
SukaSuka
kok beda ya ama preview mazda cx5 di blog ini http://blogmobilbaru.blogspot.com/2013/05/mazda-cx5-vs-honda-crv-indonesia.html.. diblog ini malah dibilang interior mazda cx5 kalah ama honda crv.. bingung euy…
SukaSuka
Hahahhaa… Kalau dia bilang material kabin CRV lebih bagus, kayaknya tangannya kudu dicek lagi tuh…
Dari sisi mana dia bisa bilang gitu yah, permukaan plastik busa empuk CX5 vs Plastik keras CRV dibilang bagusan CRV. Hadeuh.
Malah jadi ragu kalau dia udah pernah tes .. Sorry to say deh.
Btw nanti kalau om Juned ada kesempatan liat dan pegang interior all new crv dan cx5 silakan bandingkan sendiri, biar lebih afdol 🙂
SukaSuka
Gak bisa komen disana ya? Sayang…
SukaSuka
ok bro KBY, thanks informasinya :)..
ane sendiri blm sempet test keduanya, baru sebatas baca2 di blog ama majalah aja. 🙂
sip bro..
SukaSuka
Di artikel tes drivenya nanti ada di kesimpulan hehe.
Autobild aja gak berani bilang kualitas material dashboardnya jelek. Coba aja baca baca pst ga pernah bahas detail soal material kabin CRV hehe. Kalau ada hanya sepintas doang.
Kalau desain dashboard sih gak komplen, bagus.
SukaSuka
hehehe.. iya takut ama nama besar Honda kali yah.. nitip review speed, akselerasi, konsumsi bensin(dpt brp km), dll ya bro 🙂
SukaSuka
Speednya gak maksimum soalnya mobil test drive wkwkwk ngeri ah. Malah waktu dulu jaman blm bikin blog, tes drive Golf TSI 1.4 sama mbaknya boleh di geber, 180-nya gampang banget… Josss…
SukaSuka
justru karna mobil test drive bro, kalo mobil sendiri digeber2 kan sayang wkwkwkk…
SukaSuka
Hahahhaa… Iya maren gak tes top speed.. Tapi 140 doang mah dpt…
SukaSuka
140an, terlalu kecil buat 2000cc bro.. yowis, nitip konsumsi BBM yah 🙂 (pk pertamax).. ama aksel..
thanks bro
SukaSuka
honda emang kebanyakan materialnya cheapy.. abis duit di mesin soalnya
sama kaki2 yang bikin potong leher kalo mau benerin 😆
SukaSuka
Disini doang dikebiri…hiks
SukaSuka
Bokap ane dah kburu ambil all new Crv 2.0 2014 .. Bokap mikirnya nama besar HONDA, harga jual kembali, n bengkel HONDA yg d cibubur sini cihuy bgt gede n pelayanannya hehe
Btw, harga jual kembali cx5 gini anjlok bgt ga sih om kobay ? Trims
SukaSuka
anlok banget sih gak tp tetep paling buruk di merek jepang
SukaSuka
canggih euy..
SukaSuka
nebeng om hahahahaha
http://belalangmerah.wordpress.com/2014/01/08/yamaha-resmi-merilis-gt125-eagle-eye/
SukaSuka
mantep artikelnya bro… 😀 http://cicaakcerdas.wordpress.com/2014/01/07/gt-125-resmi-di-launching-bro-d/ eh ada cewektu di atas..manis bro 😀
SukaSuka
Mana? Mana?
SukaSuka
ehem
SukaSuka
Ahaem
SukaSuka
jozz
SukaSuka
Makasih om Bons…. Udah mampir hehhhe
SukaSuka
matrrraap!!!!!!!!!!!!
SPG nya maniez senyumnya………
nitip jemuran yo kang
SukaSuka
Monggowww
SukaSuka
Om tau Autobild gak?
SukaSuka
Tau, kenapa kah…?
SukaSuka
Gini om kalo aku baca Mazda Cx5 dinobatkan sbg best medium Suv mengalahkan Crv & Xtrail krn teknologi Skyactiv-nya, gt sori br bls.
SukaSuka
Hehehe emang, sayangnya ay keduluan tesnya sama mereka 😥
Coba cek artikel Outlander Sport trus pelototin foto yg ada sun roofnya… Hehehe
SukaSuka
tumben kang teu aya “bonus” na di paragrap pali akhir? sieun dicarekannya? hahahaha
SukaSuka
Hahhaa lom ada stock baru…
SukaSuka
Awalnya mantap baca review ini tapi setelah baca respon penulis thd bbrp komen terus terang ilang respek saya. Beda pendapat ngga perlu lah dilanjut mendeskreditkan pihak lain. Satu lagi contoh kegagalan orang tua mendidik anak yang santun dan berkarakter
SukaSuka
Makasih loh om masukannya, kadang memang agak sulit menahan diri hehhehe… Tq ini masukan positif buat saya.
SukaSuka
Oia mengkritik positif juga boleh kok om, saya open :), tapi gak usah bawa bawa orang tua saya di sini ya, om gak berhak menjudge karena ga tau apa apa soal itu apalagi bilang mereka gagal didik, wkwkwkkw… Deal ya?
SukaSuka
Ping balik: Pojok Test Drive: Mazda CX5 Skyactiv G 2.5 Touring (Part II) « KobaYogas.com| Your Automotive Blog
bro,kalo i stop berfungsi ac dan audio mati ga?
SukaSuka
AC mati, Audio gak
SukaSuka
ga gerah tuh?
SukaSuka
Kalau sebentar sih gak, gak efek adem kabin masih ada…
SukaSuka
aku maniac mazda..mulai dari SMA pakai mazda familia…sekarang pakai m2 n cx5 tiap hari tergantung mood mw pakai yg mana..next target mw yang sedan sportnya kali yaaaa but tetap mazda..mazda forever deehh
SukaSuka
Halo mas atau mbak nih? Makasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini 🙂
SukaSuka
Hahahaha cew
SukaSuka
Very nice post. I just stumbled upin your weblog and wanted
to say that I hawve truly enjoyed browsing your blog posts.
Aftfer all I will be subscribing to your feed and I hope you write again vesry soon!
SukaSuka
akselerasi yahud buat mesin 2,5 liter, fitur melimpah, harga nego bisa sedikit di bawah 400 jt euy.
nikmati mobilnya dan pake lama jangan pikirin harga jual….
SukaSuka
Benul ..beli dan pakai
SukaSuka
Ping balik: Test Drive Exclusive New X-Trail 2014 – Lengkap, Mewah, Nyaman dan Kencang! | KobaYogas.COM