Kobayogas.com – Akhirnya kesampaian juga nyoba impresi mobil setengah juta umat dari Toyota ini. Kesempatan datang beberapa waktu lalu saat KBY dan beberapa teman mau maksi (makan siang). Awalnya males nyetir, begitu tau Ipah (Kijang Innova) ini bermesin diesel D4D (Direct 4 Stroke Diesel Common Rail) bertransmisi otomatis, langsung semangat lads..!
Kenapa semangat? Selain sudah pernah membawa Kijang Innova Diesel D4D MT, Diesel D4D AT itu punya keunggulan tersendiri, yaitu torsinya yang disetel ulang oleh Toyota agar lebih besar 20 60Nm dari yang manual. Disinyalir agar bisa menggerakkan si bodi ipah AT yang memang lebih berat akibat gearbox otomatisnya.
So, bagaimana impresinya Kijang Innova Diesel AT ini? Benarkah perbedaan torsi sebesar 20 60 Nm tersebut berpengaruh ke tarikan awal/ akselerasi?
Impresi Berkendara
Tidak banyak setelan pada mobil seharga Rp. 284,6 juta On The Road ini, posisi duduknya cukup ergonomis. Setir juga cukup tilt steering saja alias naek turun. Pandangan ke depan baik dan luas, tidak sulit menemukan sisi terjauh dari kap mesin pada Kijang Innova Diesel AT ini.
Bicara fitur? Standar saja, AC manual tipe putar, tidak ada audio steering switch pada setirnya. Bungkus jok bahan fabric, speedometer sederhana cukup informatif bahkan MID pun tidak ada, aneh banget mengingat Agya dan Ayla saja sudah ada (atau ada tapi KBY gak tau?). Airbags Kijang Innova Diesel AT tersedia untuk pengemudi dan penumpang depan. ABS? EBD? BA? Cant find it anywhere. Good point is, plastik material sekujur kabin, solid dan berkualitas. Gimmick berupa parking sensor dan HU touch screen lumayan daripada tidak ada.
Oke deh, tujuan bawa mobil ini kan bukan bicara fiturnya, walaupun KBY berpikir kalau Honda itu pelit fitur, ternyata ipah alias Kijang Innova Diesel AT ini lebih pelit lagi :D. Terbukti bahwa material mahalnya lari ke mesin semua hehe.
Putar kunci kontak, gemeretak mesin diesel menyalak, terdengar ke dalam kabin namun cukup sayup sayup, peredamnya patut diacungi jempol. Geser tuas persneling ke D, angkat kaki dari pedal rem, si Ipah melaju perlahan. Selepas keluar parkiran kantor, pedal gas Kijang Innova Diesel AT ini KBY injak lebih dalam, D4D berteriak terdengar sampai kabin, hentakan tenaganya responsif, lebih baik dari yang MT walau hanya terasa tipis tapi inilah perbedaan mengapa torsi transmisi AT dibuat lebih besar 60Nm dari MT.
Bantingan? Khas Innova dan Toyota kebanyakan, masuk kategori empuk dan limbung saat bermanuver agak cepat. Tapi driving positionnya menjadi catatan baik, pas sehingga tidak membuat driver cepat lelah. Walau kadang responnya agak lambat saat digas (akibat throttle by wire), tapi tenaganya Kijang Innova Diesel AT ini terisi cukup padat disetiap rentang RPM.
Asyiknya, mesin diesel modern ber-direct injection dan common rail dengan Turbo milik Kijang Innova Diesel AT tersebut tidak susah untuk dinaikkan tenaganya, beri ia piggyback dan intercooler, maka tenaga dan torsi akan melonjak dari 102Ps menjadi sekitar 140-150Ps, ditambah ubahan boost pada Turbo-nya dengan settingan pas, angka 180Ps bukan hal yang sulit untuk diraih.
Itulah impresi singkat berkendara bersama si diesel D4D ini.. Well, mobil mahal dengan kualitas solid namun minim fitur, tapi ketangguhan lah yang menjadi daya tarik mutlak dari Kijang Innova Diesel AT sehingga namanya begitu harum di kalangan pemakai roda empat di nusantara..
Thanks for reading lads.. Baca juga artikel TEST DRIVE lainnya yah…
- Feel Alive With All New Mazda2: Kupas Tuntas Desain Ekterior dan Interior!
- First Drive Chevrolet Trax 1.4 Turbo, Mengupas Impresi dan Performa Awal!..
- Tematis All New Mazda2 GT: Review Harian Bersama Hot Hatch Dari Mazda..
- First Drive Honda Mobilio E MT, Tenaga Bagus Suspensi Nyaman..
- Test Drive BMW 528i E39 1998 – Mewah, Bongsor, Lincah dan Kencang!
- Gallery Foto Review Chevrolet Captiva Diesel VCDi AT.. Gagah, Stylish..
- Tes Drive Chevrolet Captiva Diesel VCDi AT – Torsinya Padat Banget!
- Test Drive New Mazda Biante Skyactiv G 2015 – MPV Bongsor dan Nyaman Dengan Handling Cekatan..
- First Drive Toyota All New Kijang Innova: A Quantum Leap..!!
- First Drive: Kia Sportage 2.0 Diesel CRDI – Torsi Mantap Handling Jempolan
- First Drive: Isuzu MU-X – SUV 7 Seater Lompatan Jauh Dari Panther
- First Drive Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz, Memang [Sudah] Lebih Baik …!
- Test Drive Nissan Serena @Parjo 2015 – Besar, Nyaman Dan Powerful
- Modifikasi: 5 Tahap Engine Swap Dalam Membuat Honda Brio Satya Menjadi 118 DK..!!
- Test Drive dan Kupas Tuntas Honda HR-V, Memang Penantang Kuat Di Kelas Compact SUV..
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog
KobaYogas from WordPress for Android
nyuuuuuuuuuuus
SukaSuka
nyossssss
SukaSuka
nyess…..
punya yang bensin tapi manual… gapapa lah yang penting inova tipe G juga wkwkwk
SukaSuka
Banyak duit si om, mahal loh ipah itu wkwkwk… mobil ‘biasa’ yang mahal… hanya karena di depannya ada embel2 toyota dan kijang….
SukaSuka
Hehehehhe…. setiranny paling enak, ama muat banyak… itu aja, klo fitur emang ya gtu deh….
SukaSuka
kuat yang jelas… makanya Toyota berani “jual mahal” hehehe
SukaSuka
G mahal2 amat kok secondnya kan lumayan jatuh hehehe–
SukaSuka
OIa kalau kita bicara seken yah hihihih lupa
SukaSuka
itu siapa om yang paling bawah?
SukaSuka
mmmm kasih tau gak yaaaa
SukaSuka
woh
SukaSuka
yang paling bawah temennya ya om?
SukaSuka
Iya hehehe
SukaSuka
nebeng duooonkk….
http://belalangmerah.wordpress.com/2014/01/16/yamaha-r15-akan-dirilis-di-thailand-pada-maret-tahun-ini/
SukaSuka
lagi mau belajar ndak jadi2, mahal
SukaSuka
Apanya? Kursusnya? Brp ya skrg?
SukaSuka
oh no!matic again hahaha 😀
hidup manual!
SukaSuka
Hidup matiiikk
SukaSuka
hidup diesel!
hidup mesin boxer!
SukaSuka
Ah boxer tanpa Turbo, biasa aja ah… hehehe
Om SUbaru mana ya wkwkwkk
SukaSuka
hidup mesin over stroke!
hidup mesin big torque!
hidup inazuma,eh 😀
SukaSuka
Wkwkkwwm
SukaSuka
melintas….. 😆
sambil buakkaar vtec tetangga 😆
SukaSuka
huahahahha dia nongooolll
SukaSuka
wuihhh
http://nivikoko.wordpress.com/2014/01/16/continue-oleh-oleh-lokakarya-dari-hotel-sativa-dari-salah-tata-kelola-daerah-serapan-banjir-menjadi-lumrah/
SukaSuka
tenaga boleh loyo tapi liat torsinya :rol:
SukaSuka
Hehhee buat akselerasi, torsi adalah segalanya
SukaSuka
gas dikit langsung terbang
SukaSuka
joozz
SukaSuka
‘geser tuas persneling ke D, angkat kaki dari pedal gas’?
ya gak jalan mas…
SukaSuka
jalan, tapi gak lari wkwkkw, …thanks, typo, ay benerin yak wkwkwkwk
SukaSuka
numpak montor om…
SukaSuka
sebenernya yang membuat innova laku bukan karena fiturnya…tapi karena keluasan kabinnya,,mossok mobil segarga 200jeti lebih belum mempunyai ABS??
SukaSuka
Soal luas, masih ada yang sama luasnya dengan harga lebih baik.
Ipah laku karena namanya… that’s it. Kasih aja Suzuki misalnya atau daihatsu… gak yakin bakal sebanyak ini
SukaSuka
benar gan..padahal kia carens lebih keren dari pada innova
SukaSuka
Nahhhh… Gran Max itu lebih luas lagi hehe
SukaSuka
mitsubishi colt diesel lebih luas lagi gan 😀
SukaSuka
nyimak,gan 🙂
SukaSuka
byuh…
SukaSuka
Ini mongtor terenak 😀
SukaSuka
Mosssookkk
SukaSuka
nyimak.
SukaSuka
Kumaha stiker mang? Sudah smp blm?
SukaSuka
Om, bukan’y toyota innova yg diesel udah ada turbo’y yah??
SukaSuka
Betul sekali, maaf kalimatnya ngaco, sudah saya benarkan. Seharusnya yang tepat, ubah settingan boost pada Turbonya. Thanks ya
SukaSuka
Urwell om,, hehe
SukaSuka
injek pedal gas terus mass.. 😀
SukaSuka
Kl biasa naik avanza trs ganti inova bakal terasa betapa nyamany naik inova. Tp sial jg tuh Om saya, tiap hari diajak naik odissey bgtu pk inova trsa ga enaknya hehe..
Kl sm diesel phanter turbo enak mn Om? Sm diesel fortuner sm kan ya? Kl di fortuner seh mg enak.
SukaSuka
Jauh banget enaknya dari Ody ke Ipah wkwkwk…bener2 sial tuh om njenengan kekekke….
Panther? Sori, mobil overpriceeeddd, Ipah udah OP, tapi Panther? waayyy tooo hiigghhh hehehe….
ENtah dari mana itungannya bisa dijual mahal gitu itu panther, plastik jelek, kabin jelek, berisik, lemot, super empuk jadi puyeng 😀
Tapi dieselnya super bandel kekeke
SukaSuka
isuzu itu astra kan om…
makanya operprett !
😀
SukaSuka
Tulllllll buakaaarrrrr 😛
SukaSuka
wkwk…
😛
SukaSuka
Mahal euuy..
SukaSuka
bangetttt
SukaSuka
nyamannya dimana yah di mobil?
perasaan setiap nyetir atau nebeng gw mual melulu..
ah mungkin karena liat emblemnya 😆
FBT garis keras ga bakal nerima 😆
SukaSuka
Bang kobay maaf oot, ane mau tanya pendapatnya sedikit…ane lagi milah milih mobil low mpv (dibawah 200jt) kira2 menurut abang antara avanza, ertiga, spin, lebih bagus mana?
Thanks perhatiannya 😀
SukaSuka
Ertiga atau mobilio… Silakan ditelaah keduanya 🙂
SukaSuka
wah brarti mending tunggu mobilio rilis dulu dong!?,kayaknya menarik juga 😀
SukaSuka
Kalau dipegunungan lebih cocok diesel… Imo. Ditambah RWD, ipah diesel deh jadinya wkwkwk
SukaSuka
Sy blm lihat mobilio tp buat sy kl ertiga, so far the best in class. Desain exterior simple tp elegance, interior dashboard bkesan lbh mewah, kabin lbh senyap, bantingan lbh empuk. Value for money.
SukaSuka
misalnya ertiga itu merek toyota > pasti bisa ngalahin avanza…
kalo ertiga merek toyota > harganya bisa di setting rp 200 juta ke atas sama toyota astra motor !
😀
SukaSuka
ertiga ganti triple elips harga jadi 225jt ngahahahaha
SukaSuka
Sementara ini memang Ertiga yang terbaik secara keseluruhan, karena Mobilio binatangnya belum terlihat hehehe….
Tapi dari spek mesin ya Honda yang terbaik, as always 😀
SukaSuka
honda mobilio mantapp tuhh om > modelnya gue demen bgt kek stationwagon…, pake mesin jazz kan ?
wuihh bisa jadi low mpv bertenaga terbesar dong dikelasnya !
😆
SukaSuka
betul, mirip SW instead of MPV, bergaya Ody dikit. hehehe.
Mesin Freed tepatnya (walaupun freed, city, jazz ya itu2 juga mesinnya sama2 L15A i-VTEC)), karena outputnya sama ama mesin yang di freed, 118Ps.
Memang bakal yang terkuat powernya di kelasnya, biasa lah, Honda 😛
SukaSuka
spin diesel..biar mpv low tapi torque.. *antimainstream*
SukaSuka
wah menarik juga tuh, apalagi rumah ane daerah pegunungan 😀
bingung juga euy..hehehe
SukaSuka
Oy, kl di fortuner kan biarpun kunci kontak di off, kunci dicabut dan pintu kt lock mesin msh nyala smp 30detik. Di Ipah turbo gtu jg ga?
SukaSuka
di isuzu panther touring juga gitu om…
SukaSuka
Kalau ga salah, ipah blm ada fitur itu, turbo timer. Seingat ay, dicabut langsung mati. Bisa sih ditambahin turbo timer.
SukaSuka
ane pernah test beberapa merek mobil bermesin diesel (toyota fortuner, ford ranger d-cab n isuzu panther turbo) ditanjakan panjang tol cipularang…
di jalan tol cipularang yang datar speed 140 kpj > begitu masuk tanjakan panjang tol tsb langsung ngedrop speednya jadi pelan sendiri > padahal udah dari jauh ambil ancang2 dengan speed tinggi…
mobil diesel kuat nanjak tapi dikecepatan rendah, kalo dikecepatan tinggi pada tanjakan panjang tol cipularang malah ngedrop…
test innova dieselnya di sana dehh om !
😀
SukaSuka
Dah ketauan kok memble tanjakan panjang (kalau kenceng), njess gw doang mah sering ngentutin di cipu wkwkwkwk…..
Diesel itu raja torsi, kalau turbonya masih konvensional jangan harap bisa kenceng. Kalo VNT atau VGT baru deh nyosssss
SukaSuka
jujur aja dahh > innova laku tuhh karena ada embel2 kijang n brand toyota !
gak masuk di dengkul tipe tertinggi innova harganya tembus di atas rp 300 juta…
😆
pernah di compare di india nihh innova diesel 2500cc vs suzuki ertiga diesel 1300cc…
http://oo00000oo.wordpress.com/2014/01/01/suzuki-ertiga-menggoda-user-toyota-avanza-dan-daihatsu-xenia/
http://oo00000oo.wordpress.com/2013/10/06/abcdefghijklmnopqrstuvwxyz/
SukaSuka
Inova ud 3x facelift interior dashboardny msh gtu2 aj. Yaris yg blkg muncul ud fmc.
SukaSuka
nah, tambah lagi kan operpretnya tuh mobil wkwkkwkw…
SukaSuka
awas kalo ngejelek2in play group astuti > ntar ada antek2nya nyoyot > dari mulai pembunuhan karakter blogger ternama sampai pembunuhan karakter terhadap komentator aktif !
😆
*udah banyak contohnya…
SukaSuka
Astuti tuh apa qwert? wkwkwkkw…
SukaSuka
video kerjaan antek2 play group astuti (astuti daihatsu motor), suzuki ertiga dijedotin gak ada ampun !
😆
SukaSuka
Hahahha qwert, kalo udah ga suka sama satu sisi, elo menggila ya wkwkwmw…
SukaSuka
asli tukang tipu…
😛
xixi…
SukaSuka
Mana linknya….
SukaSuka
xixi…
yoi om…
gak suka sama gaya bc nya ngablak banget !
yahh emang sama aja sih atpm mana juga, cuma herman aja kalo ada komentator yang di anggap berseberangan dengannya langsung di cap fb tertentu…
padahal ane juga konsumen astuti r2 honda, juga r4 honda (untung r4 honda bukan di astra), malah r4 toyota ada 2 di rumah !
😆
SukaSuka
ada temen kabeng toyota pecindilan (suka kita plesetin pecicilan), kalau udah ngeBC produk laen, suka bikin ketawa, kita serang bareng2 deh kekekke
SukaSuka
ini om > link pembunuhan karakter terhadap blogger ternama…
banyak sihh > cuma yang ini aja yaa…
😆
http://triatmono.info/2013/06/06/bakalan-amsiong-daaagh-nongolin-komentar-poro-demiiit/
http://iwanbanaran.com/2013/05/03/masih-menuntut-nge-banned-satu-ip-nih-dia-resikonya/
http://iwanbanaran.com/2013/08/22/klonengan-merajalela-semoga-dikasih-kesadaran/
SukaSuka
wooohhh tar deh di baca
SukaSuka
Om itu Innova gen lama apa yg baru?
SukaSuka
akhir 2013 om …
SukaSuka
Belum bisa nyetir mobil transmisi matic nih:(
SukaSuka
Gampang banget kok 🙂
SukaSuka
pengen balapan yang kuencenggg..
http://hulssay.com/2014/01/17/sifat-dasar-wanita-yang-harus-diketahui-lelaki-part-1/
SukaSuka
Ayo kapan kapan ikut nyentul yah hehehe
SukaSuka
konsumsi bbm nggak di review om kobay ?
SukaSuka
Cuman bentaran doang om hehhee
SukaSuka
wah matic..belum pernah nyopir matic sedari bisa nyopir..
kalo innova pernah merasakan nyopir yg diesel manual..kemudian njajal juga duduk di 3rd seater..lumayan lah..
SukaSuka
Ping balik: Test Drive Tematis Mesin Diesel: Fortuner AT D-4D G 2011 | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
masalahnya innova g ada lawan untuk mpv 200-300jt. Coba kalau suzuki ikut main, langsung direvisi tuh fiturnya. Sama kaya duo kembar yg langsung nambah fitur begitu r3 muncul.
SukaSuka
Sebenarnya ada… Si Freed….tapi somehow dua duanya berbeda alam… Yang bentrokan beneran lom ada… Hehhee…
Dikasih yg head to head baru deh kelimpungan…
SukaSuka
Sngt menarik..jadi penasaran..
Btw..kalau nmbh intercooler sm setting ulang budget bs nyampe brp ya..? Pengaruh ke bbm sama mesin gmn ?
Maklum agak..krg phm otomotif
Thanks responya
SukaSuka
sediain saja 10 juta, masih ada sisa cukup banyak. BBM sih secara teori harusnya lebih irit, sayang karena tenaga enak, maunya geber mulu ujung2nya boros kekekeke
SukaSuka
innova Diesel di kasih piggyback tembus 300 dk, torsi 45 kg, 0-100km 7 detik, kira kira lawan sepadan mobil apa ya ?
SukaSuka
sama sama tenaga segitu? Hmmm apa ya?
SukaSuka
Kang kobay, kursi pengemudi inova bisa di naik turunkan ga?
SukaSuka
bisa deh seingat ay, model puter…
SukaSuka
Om, mau tanya, emangnya turbo innova apa masih konvensional ya??
Beda sama di fortuner kah turbonya?
Ane kira sih semua turbo sama aja,,
Kecewa jg jdnya, kalo ternyata turbo innova bgono. Ngebayangin diesel + turbo yg bisa mantep di tanjakan ternyata ngemposnya malah di rpm tinggi kayak di tanjakan tol cipularang.. .. Harus pasang piggy kah? Atau ganti turbo skalian…zzz .ea
SukaSuka
Masih konvensional, belum ada intercooler dan belum variable. Cukup piggy back. Bisa naek 10-15 dk…
SukaSuka
kalo ama freed nyaman mana bos kobay
SukaSuka
Sya masih pegang freed mang…
SukaSuka
Ping balik: Siap-Siap Menanti Kehadiran Mobil Dengan Sejarah Paling Fenomenal Di Indonesia – All New Kijang Innova!! | KobaYogas.COM
Ping balik: Honda Jade Akan Hadir Di Indonesia Tahun 2016… Inikah “The Real Innova Killer”?? | KobaYogas.COM