Test Ride Yamaha NMax – Performa Mesin Bluecore VVA nya Memang Sportmatic!


nmax3

Kobayogas.com – Hola lads… Setelah sempat berkonsentrasi membahas seputar performa suspensi milik Yamaha NMax, kini saatnya beralih ke performa mesin VVA-nya. Sesuai dengan tag sportmatic kah?

Testing is believing…!! Lokasi pengetesan adalah jalan raya, daerah buaran hingga cakung lalu kembali ke tempat asal yaitu Kedai Andi.. Trek didominasi oleh jalanan lurus, tanjakan serta turunan, sehingga ada beberapa kesempatan untuk memeras tenaga dari Yamaha NMax ini lads..

Test ride – performa suspensi Yamaha NMax

TORSI PADAT DAN FULL HINGGA AKHIR

Ketika mesin Yamaha NMax dinyalakan, suara starternya tidak sesunyi mesin dengan ACG Starter, namun standar seperti kebanyakan elektrik starter lainnya tanpa gejala bletak duor. Begitu throttle dibuka sedikit, hentakannya langsung terasa, ibarat kuda pacu yang siap berlari kencang. Hentakan awal ini mengingatkan KBY pada Vespa Primavera namun secara keseluruhan lebih mirip karakter Yamaha Mio karbu versi awal.

Begitu keluar perkarangan pertokoan Agung Buaran, KBY mencoba membuka throttle dengan smooth.. wowww.. torsinya Yamaha NMax terasa padat seakan-akan berkata “ayo pacu gue lads!”.. Karakternya memang kasar jika kata buas terlalu lebay, seperti yang KBY katakan, karakter kasarnya mirip Mio karbu.. seakan akan tidak ada RPM idle dalam kamusnya. Perbedaan signifikannya adalah tengah hingga atas.. Jika Mio sudah terasa at the limit ketika digeber pol, si VVA milik NMax malah baru terbangun dari tidurnya.

Mengenal lebih dekat teknologi Variable Valve Actuation (VVA)

PUTARAN GASNYA BANYAK BINGGO!

Mencoba merasakan kapan aktifnya si VVA Yamaha NMax, namun KBY gagal merasakannya, yang ada karakter kasar dan padat itu terus dan terus terjaga hingga gas diputar sebanyaknya.. artinya si VVA bekerja dengan smooth lads. Jangan aneh jika someday lads berkesempatan menjajal performa NMax lalu mendengar suara ngorok halus yang masuk melalui sela-sela helm, karena menurut KBY itu adalah karakteristiknya. Yang jelas suara tersebut tidak mengganggu performa mesin skutik 155 cc milik Yamaha ini.

Begitu ada kesempatan gas pol, KBY tidak menyianyiakannya, throttle diputar habis!! Loh kok banyak banget? Putar lagi hingga mentok..!! Yamaha NMax melesat semampu dia bisa.. 80-90-100.. dan top speed 104 km/jam..sayang sekali itulah batas maksimum yang dapat diraih di jalanan pada malam itu karena masih dipadati kendaraan. Perkiraan KBY jika jalanan memungkinkan, NMax ABS ini dapat dipacu hingga 120 km/jam.

Kini bicara handling.. Yamaha NMax dapat dikatakan memiliki kelincahan yang sangat baik. Meskipun dimensinya besar namun handlingnya lincah, meliak liuk diantara kendaraan bukanlah hal yang sulit. Dari sisi ini KBY merasakan kelincahannya mirip dengan New Vario 150. Setangnya juga ringan, memudahkan ketika harus menggeser kemudi saat di kemacetan atau parkiran. Namun menjadi terlalu ringan ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, kemudinya cenderung mudah goyang.

top speed 105 km/jam

top speed 104 km/jam

MEMANG SPORTMATIC

Puas memforsir tenaga Yamaha NMax, KBY mencoba melakukan cruising santai, ah kurang nikmat.. Karakter kasarnya itu selalu meminta NMax VVA untuk dipacu terus.. Jika boleh diandaikan, aliran tenaganya mirip mirip dengan cub berkapasitas 125 cc namun tanpa jeda pergantian gigi.. Yeap, tak dapat dipungkiri dan memang harus diakui, tag sportmatic dari sisi performa memang sangat tepat untuk disematkan pada si NMax ini..

Kalau dibandingkan dengan New PCX gimana kang? PCX itu cenderung halus namun melesat, setiap rentang kecepatannya ya relatif halus. Sementara Yamaha NMax ibarat adrenaline yang meluap luap dan selalu memohon untuk dikeluarkan setiap saat..  Tenaga seperti ini akan mengasyikan untuk perjalanan jauh yang membutuhkan kesigapan ketika overtaking, tenaganya selalu tersedia kapanpun sang rider membutuhkannya.

MASIH EFISIEN!

Anggap saja sang pemilik gak betah untuk berjalan santay plus karakter kasar yang dimiliki sang Yamaha NMax membuatnya selalu ingin dipacu.. konsumsi BBM yang berada di rentang 1:36 – 42 km/liter KBY anggap masih wajar dan masuk akal.. Di sektor mesin tak pelak Yamaha dapat dikatakan sukses mengakomodir antara performa dan efisiensi berkat teknologi VVA yang disematkannya.. itupun dengan perpaduan karet bundar lebar 110 dan 130 meski jika dihitung dengan tyre calculator putarannya nyaris sama dengan ukuran 14″ 90-100.

video test ridenya sedang KBY persiapkan dulu yah lads.. Credit to: Victory, thanks !!

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

Tentang Kobayogas

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Test Ride, Yamaha dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

82 Balasan ke Test Ride Yamaha NMax – Performa Mesin Bluecore VVA nya Memang Sportmatic!

  1. coey91 berkata:

    ogk d ajak adu d drag ma si pcx t om..!

    Suka

  2. rifz berkata:

    komparasi headlamp dengan pcx nya??

    kalo bisa difoto dengan diafragma, iso, dan shutter speed yang sama ( manual mode )

    Suka

  3. ardiantoyugo berkata:

    Ngorok ternyata…

    Perbaikan lubang busi slek:http://wp.me/p1eQhG-11Z

    Suka

  4. Jangkung berkata:

    Yeaaah baby

    Suka

  5. Jangkung berkata:

    Yeaaah babe

    Suka

  6. Richard GN berkata:

    kemaren lait dan memang ragu masalah GC nya 😦

    Suka

  7. Richard GN berkata:

    kemaren liat dekat rumah pas mw sekolah dan memang ragu masalah GC nya 😦

    Suka

  8. felitokia berkata:

    Hmmm… .ngorok halus ya? pk bbm apa tuch? saya pake total performace 95 n V power n busi diganti ngk iridium CR8EIX sptnya tdk terdengar ada suara ngorok! yg ada memang si Nmax minta dibetot aja gas nya!
    Konsumsi bbm yg saya dpt antara 45-50 km/ltr di dlm kota, dng gas dipanteng ngikutin tenaga mesin on spedo tentunya…qe…qe…qe…

    Suka

  9. Jeremy Clarkson berkata:

    ge lagi ngeracunin temen gue buat beli nih, katanya bakalan dipinjemin. sayang indennya 3 bulan. hahahahaha. sekalian aja ge suruh inden yg non abs

    Suka

  10. mancingmania berkata:

    jadi apa karakteristiknya mirip2 vtec om? ini motor value bgt dengan harga dibawah 30 jt udh ada vvt, ngarep kali ya om vvt bakalan diterapin di semua lineup skutik dan sport….

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      setelah menjajal sendiri sih justru penuh terus powernya, aktifnya VVA cukup halus, butuh feeling untuk merasakan kapan dia aktifnya. Jalanan yg gak mulus membuat saya belum merasakan kapan aktif si VVA.

      untuk VVA, Yamaha memang harus menerapkan sesuatu yang sensasional dan memiliki poin yang lebih, karena kalau biasa saja, pe er nya terlalu berat utk lawan PCX yang namanya sudah kadung melekat lebih dulu. Dengan VVA dan tambahan ABS maka ‘nilai jual’ yang dimiliki NMax mempermudah garda penjualan untuk bertarung..

      Suka

  11. smartfaiz berkata:

    ini motor memang dijual ya, ane tanya dimana mana kok suruh buktikan 3 bulan lagi sama dealer? bukan cuma akanl-akalan yamaha ya… ? itu yang lu jajal Nmax beneran atau cuma mio oprek digasih custom body kit… :mrgreen:

    Suka

    • Kobayogas berkata:

      Wkwkwkw mksdnya buktikan 3 bulan lagi tuh gmn mang?/

      Suka

      • smartfaiz berkata:

        Beli sekarang ga boleh cash trus suruh nunggu 3 bulan dengan cara kredit….. Itu barang ada beneran ga sih? :mrgreen:
        kalau mau cepet liat barangnya kudu kasih bonus selesnya….. Bbbbhehhhh kacau jualannya

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Wakakakaa.. Udah coba cek dealer lain lom om? Jauh dikit siapa tau ada yg ready.. Di Bintaro tempat lek Ari pispot keknya bisa bantu cash tuh

        Suka

      • smartfaiz berkata:

        Sudah jajal 3 dealer… Yg satu parah salesnya sampe aku bikin artikel. Tapi aku kaburkan namanya.. Sudah ga boleh cash, minta tambah biar barang cepet dapet. Sementara ini mood beli nmax udah turun… Entah klo non abs turun dan ready stock

        Suka

  12. subaru berkata:

    ga ada rasa “kick” ?

    Suka

  13. Bonsai Biker berkata:

    minjem kob!
    .
    .
    .

    bocor alus
    Bocor alus CB 150 R kabarnya menggunakan dua Varian Mesin, standart dan warna gold, lalu knalpot close loop with O2 Sensor
    http://bonsaibiker.com/2015/04/13/bocor-alus-next-cb-150-r-ada-varian-mesin-gold-dan-knalpotnya-close-loop-with-o2-sensor/

    Suka

  14. kodokijo berkata:

    Pernah ketemu di jln, dan emang ini skutik gesit dan kenceng. Valuenya dapet, layak beli, tp susah belinya, wkwkwkwkkkkkk……. Duit cash di tgn aja gak menjamin cepet dpt unitnya. Dunia udah gila, wkwkwkkkkkkkk……..

    Suka

  15. RPMspeed berkata:

    juos nan 😀

    ——————————
    Kenali Sebelum Terlanjur
    http://rpmsuper.com/2015/04/10/cara-mengenali-oli-palsu/

    Suka

  16. petirabang berkata:

    VVA tu apa ciri khas ngorok om? berarti skydrive jg VVA ya… kan ngoroknya kuenceng….

    Suka

  17. awansans berkata:

    Komparasi lampu kapan ni???

    http://awansans.wordpress.com

    Suka

  18. harisnanggala berkata:

    gambarknya ngga ada bonusannya..

    Suka

  19. coba ketemu sport DOHC, di salip pas dia rada ngebut 100KPJ an. pasti di kejar dah…

    *pengalamanpakemotorakiakiduatak

    Suka

  20. goozir berkata:

    jadi beli ga nih mang kobay.. ducati memang powerful dibanding yamaha http://www.goozir.com/2015/04/motogp-amerika-ducati-lebih-superior.html

    Suka

  21. arief karburator berkata:

    gimana pak yogas yahama nmax nya bagus tidak,
    untuk cicilan yg ke 2 berikutnya tgl 15 april 2015 untuk pembayarannya bisa dilakukan di indomaret,pos,bank-bank terdekat terima kasih pak yogas.

    Suka

  22. warungasep berkata:

    akuuu kaafffaaanngg yaaaa??

    Maaf OOT gan, Dalam press release AHM menyebutkan data penjualan CBR series sebanyak 56.418 unit selama 3 bulan, benarkah???? Klik infonya dibawah ini:
    http://warungasep.net/2015/04/13/ahm-mengklaim-honda-cbr-series-terjual-56-418-unit-selama-3-bulan-benarkah/

    Suka

  23. gilaroda2 berkata:

    mungkin klo sudah ada yang jual camshaft racing, ato bisa modif sendiri untuk durasi & lift cam untuk VVA-nya bisa lbh advance dan nampol…cmiuw.. 😀

    Suka

  24. EYD berkata:

    120kpj di NMAX rasanya pasti mantep bingit, stabil

    http://sejutaumat.com/2015/04/13/download-video-motogp-austin-2015/

    Suka

  25. FЭЯY berkata:

    dahdir lads XD

    Suka

  26. bebek goreng berkata:

    punya gw gampang bgt tembus 120 lads

    salam bebek goreng

    Suka

  27. master demong berkata:

    beli nmx
    ganti suspensi ohlins
    ganti ban pirelli atau lainnya yg mahal punya
    ganti knalpot akrapovic
    ganti velg kalau mau
    ganti spion kalau mau

    mungkin udah seharga atau mungkin lebih murah dari pcx tapi udah dapat motor paket premium + vva + abs. ngilerrr

    ini fakta bukan kobong-kobongan

    Suka

  28. papa3r berkata:

    wehh….
    coba tes yang bokin ane tuch Om…wis tak obok2…… 😛
    6K rev VVA manual Overide ( Syncronize with Engine temperature sensor manipulating)….
    kurangnya cuma satu sementara ini ( sudah tes 1 minggu)……BBM bocorrrrrr…..max 35km/l…..hikssss

    Suka

  29. mbah_anom berkata:

    N-max emang joss !
    Teknologi VVekoq nya terasa lads !!!!

    NP:masa tu motor seakan bilang “ayo pacul aku lads” wakakakakak

    Suka

  30. wahyu berkata:

    ngiler tenan , ,
    mung sayange cicilan Rlimolas belum lunas

    Suka

  31. st3v4nt berkata:

    Wah ngorok dan kasar ya sesuai lah sama harganya….

    Suka

  32. Ardoid berkata:

    Di kampung saya mBanjarnegara kok unit ready stock yah, tinggal bungkus bisa cash lagi. Cm sayang menkeu mintanya Sprint aja 😀

    Suka

  33. apa adanya berkata:

    Bagus dong ente test ride Nmax punya konsumen langsung, bukan pinjaman pabrikan. Iya kan.
    Artinya anda merasakan apa adanya, tul ga?

    Suka

  34. apa adanya berkata:

    Jiahh tenang bray, pcx pasti unggul.
    NMax inferior.
    kaya kasus NMax shock keras fbh yg refot, fby anteng aja bry maklum p*nt*t wis kebal kapalan.
    YIMM ga perlu blogger bray, ga ada untungnya nanggapin blogger,
    yang ga suka NMax shock keras ya udah jangan dibeli, geto aja refot.
    Yamaha ms under 30% juga sante aja, ya ga bray?
    Udh bray ga usah ngurusin YIMM ms makin mengkeret salah sendiri bray. Jgn ada yg beli motor Yamaha, beli aja Honda kencang nyaman dan irit.
    Betul ga bray?

    http://tmcblog.com/2015/04/14/info-yimm-ke-konsumen-nmax-tidak-ada-penggantian-suspensi-belakang-nmax/
    http://tmcblog.com/2015/04/06/ada-penggantian-suspensi-belakang-yamaha-nmax/

    Lihat catatan blogger paling netral sejagat raya.
    Dia berani ungkap kekurangan NMax secara gamblang, ga perduli itu motor pinjaman YIMM sekalipun tetap sisi kekurangan diungkapnya.
    http://tmcblog.com/2015/03/14/catatan-tmcblog-untuk-yamaha-nmax-abs-vva/
    Dan tersebar keseluruh jagad blogsphere terungkap fakta kalau NMax adalah skutik terkeras.
    Ini YIMM yang koplak kurang sajen ke blogger kali ya? Wkwkwkwkwk
    Contohlah AHM unit yang dipinjam blogger selalu diberitakan yang bagusnya.

    Suka

  35. Ping balik: Mesin Terbaik Ala Otomotif Award Disabet Honda Beat ISS, Kenapa Gak VVA NMax Ya? | KobaYogas.COM

  36. Ping balik: Mengapa Memilih Yamaha NMax Non ABS? Simple..Because It’s Worth To Buy.. | KobaYogas.COM

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s