Kobayogas.com – Hola lads… Setelah sempat berkonsentrasi membahas seputar performa suspensi milik Yamaha NMax, kini saatnya beralih ke performa mesin VVA-nya. Sesuai dengan tag sportmatic kah?
Testing is believing…!! Lokasi pengetesan adalah jalan raya, daerah buaran hingga cakung lalu kembali ke tempat asal yaitu Kedai Andi.. Trek didominasi oleh jalanan lurus, tanjakan serta turunan, sehingga ada beberapa kesempatan untuk memeras tenaga dari Yamaha NMax ini lads..
TORSI PADAT DAN FULL HINGGA AKHIR
Ketika mesin Yamaha NMax dinyalakan, suara starternya tidak sesunyi mesin dengan ACG Starter, namun standar seperti kebanyakan elektrik starter lainnya tanpa gejala bletak duor. Begitu throttle dibuka sedikit, hentakannya langsung terasa, ibarat kuda pacu yang siap berlari kencang. Hentakan awal ini mengingatkan KBY pada Vespa Primavera namun secara keseluruhan lebih mirip karakter Yamaha Mio karbu versi awal.
Begitu keluar perkarangan pertokoan Agung Buaran, KBY mencoba membuka throttle dengan smooth.. wowww.. torsinya Yamaha NMax terasa padat seakan-akan berkata “ayo pacu gue lads!”.. Karakternya memang kasar jika kata buas terlalu lebay, seperti yang KBY katakan, karakter kasarnya mirip Mio karbu.. seakan akan tidak ada RPM idle dalam kamusnya. Perbedaan signifikannya adalah tengah hingga atas.. Jika Mio sudah terasa at the limit ketika digeber pol, si VVA milik NMax malah baru terbangun dari tidurnya.
Mengenal lebih dekat teknologi Variable Valve Actuation (VVA)
PUTARAN GASNYA BANYAK BINGGO!
Mencoba merasakan kapan aktifnya si VVA Yamaha NMax, namun KBY gagal merasakannya, yang ada karakter kasar dan padat itu terus dan terus terjaga hingga gas diputar sebanyaknya.. artinya si VVA bekerja dengan smooth lads. Jangan aneh jika someday lads berkesempatan menjajal performa NMax lalu mendengar suara ngorok halus yang masuk melalui sela-sela helm, karena menurut KBY itu adalah karakteristiknya. Yang jelas suara tersebut tidak mengganggu performa mesin skutik 155 cc milik Yamaha ini.
Begitu ada kesempatan gas pol, KBY tidak menyianyiakannya, throttle diputar habis!! Loh kok banyak banget? Putar lagi hingga mentok..!! Yamaha NMax melesat semampu dia bisa.. 80-90-100.. dan top speed 104 km/jam..sayang sekali itulah batas maksimum yang dapat diraih di jalanan pada malam itu karena masih dipadati kendaraan. Perkiraan KBY jika jalanan memungkinkan, NMax ABS ini dapat dipacu hingga 120 km/jam.
Kini bicara handling.. Yamaha NMax dapat dikatakan memiliki kelincahan yang sangat baik. Meskipun dimensinya besar namun handlingnya lincah, meliak liuk diantara kendaraan bukanlah hal yang sulit. Dari sisi ini KBY merasakan kelincahannya mirip dengan New Vario 150. Setangnya juga ringan, memudahkan ketika harus menggeser kemudi saat di kemacetan atau parkiran. Namun menjadi terlalu ringan ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, kemudinya cenderung mudah goyang.
MEMANG SPORTMATIC
Puas memforsir tenaga Yamaha NMax, KBY mencoba melakukan cruising santai, ah kurang nikmat.. Karakter kasarnya itu selalu meminta NMax VVA untuk dipacu terus.. Jika boleh diandaikan, aliran tenaganya mirip mirip dengan cub berkapasitas 125 cc namun tanpa jeda pergantian gigi.. Yeap, tak dapat dipungkiri dan memang harus diakui, tag sportmatic dari sisi performa memang sangat tepat untuk disematkan pada si NMax ini..
Kalau dibandingkan dengan New PCX gimana kang? PCX itu cenderung halus namun melesat, setiap rentang kecepatannya ya relatif halus. Sementara Yamaha NMax ibarat adrenaline yang meluap luap dan selalu memohon untuk dikeluarkan setiap saat.. Tenaga seperti ini akan mengasyikan untuk perjalanan jauh yang membutuhkan kesigapan ketika overtaking, tenaganya selalu tersedia kapanpun sang rider membutuhkannya.
MASIH EFISIEN!
Anggap saja sang pemilik gak betah untuk berjalan santay plus karakter kasar yang dimiliki sang Yamaha NMax membuatnya selalu ingin dipacu.. konsumsi BBM yang berada di rentang 1:36 – 42 km/liter KBY anggap masih wajar dan masuk akal.. Di sektor mesin tak pelak Yamaha dapat dikatakan sukses mengakomodir antara performa dan efisiensi berkat teknologi VVA yang disematkannya.. itupun dengan perpaduan karet bundar lebar 110 dan 130 meski jika dihitung dengan tyre calculator putarannya nyaris sama dengan ukuran 14″ 90-100.
video test ridenya sedang KBY persiapkan dulu yah lads.. Credit to: Victory, thanks !!
Baca juga artikel lainnya lads…
- Menuju 1st Anniversary – Yamaha NMAX Club Indonesia (Loyalitas, Peduli, Persahabatan)
- Modifikasi Yamaha NMax, Lampu LED Tambahan Asyik dan Aman Buat Turing
- Yamaha NMax Livery Monster Energy Tech3, Special Edition Atau Pesanan Khusus Ya?
- Teka Teki Yamaha XMax 250, Desainnya Masih Menjadi Tanda Tanya…
- Intermezzo: Ini Dia Skutik Baru Yamaha Berkode NM4, Sama Kaya Vultus!
- Dianggap Cacat Produksi, Yamaha NMax Kena Somasi.. Tega Sekali..
- Email Pembaca: 3 Pilihan Motor, Beda Segmen, Pilih Mana Ya..
- Sedap, Naik Kapasitas Mesin, Yamaha NMax Jadi Mudah Wheelie
- Pasang Spion Yamaha R25 Pada Yamaha NMax, Kok Lebih Sporty?
- Bike of The Year 2015 – Yamaha NMax Non ABS 155 Bluecore VVA! Mengapa Jadi Pemenang?
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
KobaYogas from WordPress for Android
Boong
http://macantua.com/2015/04/13/viar-cross-x-200-se-murmer-siap-blusukan/
SukaSuka
Mosok sih…..
SukaSuka
Gak ada acara peluk2an lagi nih?
SukaSuka
di artikel berikutnya hahaha
SukaSuka
Yakin nih……
SukaDisukai oleh 1 orang
testing is believing mang 🙂
SukaDisukai oleh 1 orang
nunggu kesempatan test ah… ehhehehehe
SukaSuka
ogk d ajak adu d drag ma si pcx t om..!
SukaSuka
komparasi headlamp dengan pcx nya??
kalo bisa difoto dengan diafragma, iso, dan shutter speed yang sama ( manual mode )
SukaSuka
belum, metodenya sih simple, di jejerin aja, udah selesai.. kekekeke
SukaSuka
Ngorok ternyata…
Perbaikan lubang busi slek:http://wp.me/p1eQhG-11Z
SukaSuka
Yeaaah baby
SukaSuka
Yeaaah babe
SukaSuka
kemaren lait dan memang ragu masalah GC nya 😦
SukaSuka
kemaren liat dekat rumah pas mw sekolah dan memang ragu masalah GC nya 😦
SukaSuka
Hmmm… .ngorok halus ya? pk bbm apa tuch? saya pake total performace 95 n V power n busi diganti ngk iridium CR8EIX sptnya tdk terdengar ada suara ngorok! yg ada memang si Nmax minta dibetot aja gas nya!
Konsumsi bbm yg saya dpt antara 45-50 km/ltr di dlm kota, dng gas dipanteng ngikutin tenaga mesin on spedo tentunya…qe…qe…qe…
SukaSuka
pertamax plus seingat saya…
ngoroknya lebih kesuara krrrrrr halus
SukaSuka
konsumsi bbm 45-50km per liter? d dalam kota lagi yg stop and go…irit banget..dah kayak mio m3 iritnya…
metode pengetesan nya apa bang?
SukaSuka
irit pk binggo kt gw mah… gw pernah dpt 1:62 tp hanya berlaku saat MID baru direset dan jalan 1-2 km.. setelah itu balik ke normal di 1:45..drop lg kalo kena macet parah…
SukaSuka
Mang kob nyritain pcx nya apa nmax ?
SukaSuka
1:50 yg buat NMax dr komentator Itu irit binggo. Sisanya gw cerita PCX
SukaSuka
Ooo
Makanya….
SukaSuka
ge lagi ngeracunin temen gue buat beli nih, katanya bakalan dipinjemin. sayang indennya 3 bulan. hahahahaha. sekalian aja ge suruh inden yg non abs
SukaSuka
jadi apa karakteristiknya mirip2 vtec om? ini motor value bgt dengan harga dibawah 30 jt udh ada vvt, ngarep kali ya om vvt bakalan diterapin di semua lineup skutik dan sport….
SukaSuka
setelah menjajal sendiri sih justru penuh terus powernya, aktifnya VVA cukup halus, butuh feeling untuk merasakan kapan dia aktifnya. Jalanan yg gak mulus membuat saya belum merasakan kapan aktif si VVA.
untuk VVA, Yamaha memang harus menerapkan sesuatu yang sensasional dan memiliki poin yang lebih, karena kalau biasa saja, pe er nya terlalu berat utk lawan PCX yang namanya sudah kadung melekat lebih dulu. Dengan VVA dan tambahan ABS maka ‘nilai jual’ yang dimiliki NMax mempermudah garda penjualan untuk bertarung..
SukaSuka
ini motor memang dijual ya, ane tanya dimana mana kok suruh buktikan 3 bulan lagi sama dealer? bukan cuma akanl-akalan yamaha ya… ? itu yang lu jajal Nmax beneran atau cuma mio oprek digasih custom body kit…
SukaSuka
Wkwkwkw mksdnya buktikan 3 bulan lagi tuh gmn mang?/
SukaSuka
Beli sekarang ga boleh cash trus suruh nunggu 3 bulan dengan cara kredit….. Itu barang ada beneran ga sih?
kalau mau cepet liat barangnya kudu kasih bonus selesnya….. Bbbbhehhhh kacau jualannya
SukaSuka
Wakakakaa.. Udah coba cek dealer lain lom om? Jauh dikit siapa tau ada yg ready.. Di Bintaro tempat lek Ari pispot keknya bisa bantu cash tuh
SukaSuka
Sudah jajal 3 dealer… Yg satu parah salesnya sampe aku bikin artikel. Tapi aku kaburkan namanya.. Sudah ga boleh cash, minta tambah biar barang cepet dapet. Sementara ini mood beli nmax udah turun… Entah klo non abs turun dan ready stock
SukaSuka
Wooo…beneran yaaa…
#ééhh
—–
http://nyobamoto.com/2015/04/13/hattrick-marc-marquez-di-austin-2015-klasemen-poin-ketiga/
SukaSuka
Lha iyo 😂😂
SukaSuka
ga ada rasa “kick” ?
SukaSuka
Yg gw rasa gada..
SukaSuka
Yah… Ga niat lagi deh.. Ngarep sensasi vtec di motor kecil padahal..
SukaSuka
test aja siapa tau dpt
SukaSuka
Mgkin karena lsg betot terus..
SukaSuka
minjem kob!
.
.
.
bocor alus
Bocor alus CB 150 R kabarnya menggunakan dua Varian Mesin, standart dan warna gold, lalu knalpot close loop with O2 Sensor
SukaSuka
Pernah ketemu di jln, dan emang ini skutik gesit dan kenceng. Valuenya dapet, layak beli, tp susah belinya, wkwkwkwkkkkkk……. Duit cash di tgn aja gak menjamin cepet dpt unitnya. Dunia udah gila, wkwkwkkkkkkkk……..
SukaSuka
juos nan 😀
——————————
Kenali Sebelum Terlanjur
SukaSuka
VVA tu apa ciri khas ngorok om? berarti skydrive jg VVA ya… kan ngoroknya kuenceng….
SukaSuka
Wkwkwkkk… Bukan keknya. Itu suara mesin
SukaSuka
Komparasi lampu kapan ni???
http://awansans.wordpress.com
SukaSuka
segera
SukaSuka
gambarknya ngga ada bonusannya..
SukaSuka
wkwkwkkw nanti ay kasidah
SukaSuka
coba ketemu sport DOHC, di salip pas dia rada ngebut 100KPJ an. pasti di kejar dah…
*pengalamanpakemotorakiakiduatak
SukaSuka
wkwkwkwkwk, 2 tak aja tak salip… tp doi not in the mood keknya 😀
SukaSuka
jadi beli ga nih mang kobay.. ducati memang powerful dibanding yamaha http://www.goozir.com/2015/04/motogp-amerika-ducati-lebih-superior.html
SukaSuka
jadi dong…
SukaSuka
gimana pak yogas yahama nmax nya bagus tidak,
untuk cicilan yg ke 2 berikutnya tgl 15 april 2015 untuk pembayarannya bisa dilakukan di indomaret,pos,bank-bank terdekat terima kasih pak yogas.
SukaSuka
siap bapa, terima kasih info yang tak bermanfaatnya yaaa
SukaDisukai oleh 1 orang
akuuu kaafffaaanngg yaaaa??
Maaf OOT gan, Dalam press release AHM menyebutkan data penjualan CBR series sebanyak 56.418 unit selama 3 bulan, benarkah???? Klik infonya dibawah ini:
SukaSuka
mungkin klo sudah ada yang jual camshaft racing, ato bisa modif sendiri untuk durasi & lift cam untuk VVA-nya bisa lbh advance dan nampol…cmiuw.. 😀
SukaSuka
120kpj di NMAX rasanya pasti mantep bingit, stabil
http://sejutaumat.com/2015/04/13/download-video-motogp-austin-2015/
SukaSuka
115 PCX aja anteng kok 🙂
SukaSuka
dahdir lads XD
SukaSuka
mambu
SukaSuka
punya gw gampang bgt tembus 120 lads
salam bebek goreng
SukaSuka
salam bebek kaleo 😀
SukaSuka
bikin ane galau aja om.. 😀
http://mansarpost.com/2015/04/13/honda-mengetes-ayago-cs150rs-bareng-cb150-dan-verza-150-jikalau-benar-mungkin-ini-alasannya/
SukaSuka
beli lah 🙂
SukaSuka
Beli nyang mana om.. 😀
SukaSuka
NMax
SukaSuka
beli nmx
ganti suspensi ohlins
ganti ban pirelli atau lainnya yg mahal punya
ganti knalpot akrapovic
ganti velg kalau mau
ganti spion kalau mau
mungkin udah seharga atau mungkin lebih murah dari pcx tapi udah dapat motor paket premium + vva + abs. ngilerrr
ini fakta bukan kobong-kobongan
SukaSuka
ohlins kurleb 6 juta-an baru, pirelli 1,5 an sepasang. akra ori kurleb 5 juta.. sudah 12,5… 27,4 + 12,5 = 39,9 jt. yeap… masuk akal 🙂
beruntunglah NMax itu lokal hehe
SukaSuka
ngiler bikin rusak iman
hahaha
SukaSuka
Kira-kira mending mana ya kang n-max atau klx 150 s
SukaSuka
waduh beda jauh atuh, saya juga bingung jawabnya
SukaSuka
wehh….
coba tes yang bokin ane tuch Om…wis tak obok2…… 😛
6K rev VVA manual Overide ( Syncronize with Engine temperature sensor manipulating)….
kurangnya cuma satu sementara ini ( sudah tes 1 minggu)……BBM bocorrrrrr…..max 35km/l…..hikssss
SukaSuka
wkwkwkwkkw
SukaSuka
N-max emang joss !
Teknologi VVekoq nya terasa lads !!!!
NP:masa tu motor seakan bilang “ayo pacul aku lads” wakakakakak
SukaSuka
macul om
SukaSuka
ngiler tenan , ,
mung sayange cicilan Rlimolas belum lunas
SukaSuka
Wah ngorok dan kasar ya sesuai lah sama harganya….
SukaSuka
Di kampung saya mBanjarnegara kok unit ready stock yah, tinggal bungkus bisa cash lagi. Cm sayang menkeu mintanya Sprint aja 😀
SukaSuka
Lancar Langgeng di Wangon kah??
SukaSuka
Bagus dong ente test ride Nmax punya konsumen langsung, bukan pinjaman pabrikan. Iya kan.
Artinya anda merasakan apa adanya, tul ga?
SukaSuka
ya memang harus apa adanya lah… wkwkkwwk
SukaSuka
Jiahh tenang bray, pcx pasti unggul.
NMax inferior.
kaya kasus NMax shock keras fbh yg refot, fby anteng aja bry maklum p*nt*t wis kebal kapalan.
YIMM ga perlu blogger bray, ga ada untungnya nanggapin blogger,
yang ga suka NMax shock keras ya udah jangan dibeli, geto aja refot.
Yamaha ms under 30% juga sante aja, ya ga bray?
Udh bray ga usah ngurusin YIMM ms makin mengkeret salah sendiri bray. Jgn ada yg beli motor Yamaha, beli aja Honda kencang nyaman dan irit.
Betul ga bray?
Lihat catatan blogger paling netral sejagat raya.
Dia berani ungkap kekurangan NMax secara gamblang, ga perduli itu motor pinjaman YIMM sekalipun tetap sisi kekurangan diungkapnya.
Dan tersebar keseluruh jagad blogsphere terungkap fakta kalau NMax adalah skutik terkeras.
Ini YIMM yang koplak kurang sajen ke blogger kali ya? Wkwkwkwkwk
Contohlah AHM unit yang dipinjam blogger selalu diberitakan yang bagusnya.
SukaSuka
Ping balik: Mesin Terbaik Ala Otomotif Award Disabet Honda Beat ISS, Kenapa Gak VVA NMax Ya? | KobaYogas.COM
Ping balik: Mengapa Memilih Yamaha NMax Non ABS? Simple..Because It’s Worth To Buy.. | KobaYogas.COM