Mesin New Honda CB150 dan New Honda Sonic 150, Mesin Teknologi Lawas Yang Disempurnakan..


Siapin cicilanmu ! :D

Siapin cicilanmu ! 😀

Kobayogas.com – Hola lads.. membaca artikel Kang Haji Taufik TMCBlog tentang Bocoran rancang bangun mesin baru Honda yang akan digunakan pada New Honda CB150 dan New Sonic 150 jadi mengingatkan KBY pada artikel lawas..

Terutama bagian yang disebut dengan down draft intake (manifold) .. Jadi ingat kalau KBY pun pernah bahas secara singkat akan teknologi ini.. Tidak khusus soal down draft, tapi sekaligus dengan forged piston, diasil cylinder, offset cylinder hingga deep oil pan..

Mengenal teknologi pada mesin motor – Teknologi lama yang jadi luar biasa

Wuihh KBY bahas teknis mesin? Gak salah? Salah lah kalau hasil pemikiran sendiri, mekanik juga bukan wkwkwk.. cuma tau makenya doang lads.. Artikel lawas itu hasil diskusi dengan salah satu praktisi mesin senior yaitu sumber yang sama dengan artikel TMC blog hehe..

Singkatnya, down draft intake bukan hal yang baru bagi mesin Honda karena sudah diterapkan pada mesin Honda Supra X dan Honda Karisma, namun tentang besaran sudut klep yang disebut TMCBlog, KBY yakin itu merupakan sesuatu yang baru yang memang didevelop disesuaikan dengan mesin untuk New Honda CB150 dan New Sonic 150 lads..

down draft throttle body

down draft throttle body

Jadi apa yang mau disampaikan pada artikel ini? Maksudnya sih menginfokan agar tidak terlalu euforia dengan kata-kata atau kalimat yang rumit/ teknikal lads.. Karena teknologi yang diterapkan bukan hal yang sama sekali baru bagi Honda. Lalu apakah TMC salah? Lha yang nyalahin beliau siapa? Sudah tugas beliau dan blogger lainnya menginformasikan apa yang dimilikinya.

Toh jika moge Honda bahkan memiliki kemiripan dengan teknologi lawas dari sebuah motor bebek Honda, hal yang sangat lumrah karena yang namanya teknologi itu terus menerus dikembangkan, dasar teknologinya sama namun dikembangkan dengan lebih baik dan lebih canggih. Bukan berarti itu mesin bebek di cangkokan ke mesin motor Honda lain loh wkwkwkwk.. ya kaleee..

Semoga bermanfaat lads…

Baca juga artikel lainnya ya lads, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog

Tentang Kobayogasblog

Nama: Yogas, panggilan sejak kuliah: Kobay. Lelaki charming yang pernah mampir di Bandung dan KL di jiran saat kuliah ini adalah penggemar otomotif sejak SD. Bekerja full time sebagai kuli dunia asuransi umum sejak 2004. Wanna share some things? Contact me @kobayogasblog@gmail.com or WhatsApp 081218044747 Thanks :)
Pos ini dipublikasikan di Agar Lads Makin Tahu, Diskusi, Honda, Sharing dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

44 Balasan ke Mesin New Honda CB150 dan New Honda Sonic 150, Mesin Teknologi Lawas Yang Disempurnakan..

  1. Richard GN berkata:

    calon calon mekanik online ini (?)

    Suka

  2. rayman95 berkata:

    iya , sependapat memang setau saya teknologi yang dipakai honda itu enggak sepenhnya baru, tapi dari mobil lalu dipasang ke motor, misal injeksinya lalu disempurnakan, padahal injeksi honda udah kapan tau udah ada tapi baru dipake kapan :v , CMIIW

    http://rayzspeed.com/upgrade-honda-revo-150-cc/

    Suka

    • Richard GN berkata:

      kayanya mayoritas teknologi itu turunan dari yg di terapkan di mobil duluan, kan ?

      Suka

      • rayman95 berkata:

        setau saya sih gitu mz 😀 , apa lagi honda kan jadi belum ada yg bisa di bilang baru sih, tapi dipakai kembali :v

        Suka

      • Robert berkata:

        @Richard, hmmm, setau saya juga ada yg dari industri berat baru ke otomotif, misal bmw=pesawat-motor-mobil, subaru=pesawat-mobil, kawasaki, mitsubishi, rolls royce, dll

        Suka

    • Kobayogas berkata:

      PGM FI di terapin di Indonesia pertama di Honda Maestro, afaik, kalau ga salah sih tahun 1988. Dan namanya gak pernh ganti gant

      Suka

    • Kobayogas berkata:

      aduh kepotong… PGM FI gak pernah ganti nama meski kemudian di taro di roda dua, mau perkembangannya berlanjut ttp aja namanya PGM FI

      Suka

      • ahonx berkata:

        mang maaf bukannya kalo thn 1988 masih prestige accord.
        maestro accord pertama kalo gak slh thn 90an akhir.
        hehe

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Tq sudah dikoreksi.. Berarti awal taun 90 ya

        Suka

      • sotoy nya fbh berkata:

        Maestro awal keluar 89 akhir setelah Prestige yg stoplamp nya nyambung hanya saja emang sering dibilang awal keluar 90…..tapi masih karburator baru tahun 92 pertengahan keluar yg PGMF1 sampai 94 sebelum masuk ke Cielo dengan CC yg naik juga…kalo dibilang duluan sih bukan Maestro tapi adiknya Genio/Estilo yg gantiin Grand Civic di medio yg sama.

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        Loh Genio bukannya masih karbu ya om? tq

        Suka

      • Kobayogas berkata:

        hola, mantap om bener, Genio duluan 92… tq koreksinya ya, soalnya si Maestro ada stiker gede di kaca belakang, PGM-FI, itu yang ay inget 🙂

        Suka

  3. New Bonn Djovy berkata:

    lawas Di honda, tapi tekno baru bagi pabrikan lain ya Kan?

    Suka

  4. macantua.com berkata:

    Ya namanya juga. Teknologi kini ta pengembangan sebelumnya

    Knalpot Bronx Ga Modal Kok Bangga??? – http://wp.me/p2XD22-2yM

    Suka

  5. FЭЯY berkata:

    absen 😆

    Suka

  6. ardiantoyugo berkata:

    Ah jadul… Ga sido tuku…

    Review Xiaomi Mi 4i: http://wp.me/p1eQhG-1hA

    Suka

  7. who I am?? berkata:

    motor 150cc kok di ributien…teknologinya mah ala kadarnya…true story…hehe

    Disukai oleh 1 orang

    • rio berkata:

      ga di pungkiri deh bahwa masyarakat indonesia memang msh bnyk yg mampu beli yg 150, jd wjrkan kan? apa hrs yg kelas moge yg di bahas teknologi nya?

      Suka

      • Kobayogas berkata:

        kalau yang dibahas moge melulu cuma bisa angguk2 doang… dan betul kelas 150 memang paling rame serta paling laris, wajar kalau kadang smp tetek bengeknya dibahas

        Suka

      • Tachibana Rider berkata:

        moge masuk indo mahalnya amit” om,, bisa 2x lipat harga aslinya,, blm pajaknya. Lha klo di eropa masih terjangkau bahkan emg step by step SIM nya jg mengisyaratkan klo org tsb layak bawa moge..
        ..
        so dari price, mental, track dan rule di indo.. moge masih blm layak dimasyarakatkan. Banyak bingiiits yg perlu dibenahi sebelum memasyarakatkan moge cz nyawa taruhanya.
        ..
        150cc bisa dibilang plng kompatibel utk masyarakat kita saat ini, krn baik utk perjalanan jauh-dekat, load berat-ringan, jalan macet-longgar, style riding liar-kalem.. 150cc tetap stabil baik performa maupun kenyamanan dan masih safety meskipun dibuat beringas (cz ya seberapa beringas sih 150cc 😀 hahaaa).
        Coba naikin sedikit ke 250cc, masalh yg dihadapi dg kondisi seperti di atas sdh beragam lho, sedang klo diturnin ke 110cc jg hnya lebih nyaman untuk jarak dekat dan kemacetan.
        ..
        (analisa ane berdasarkan motor standar ya, klo udh upgrade gk usah dibahas, cz gak bsa dibuat parameter nya 😀 )

        Suka

  8. nyahok berkata:

    pengembangan teknologi Verza operstruk
    ωow…… 😆

    Suka

  9. RF berkata:

    Yg penting tidak direrepotkan dari teknologi itu
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

    Suka

  10. arlong berkata:

    teknologi engine 1 silinder cc kecil yg gak mainstream dan mungkin bisa dibilang baru adalah pake teknologi “rear-slanted” cylinder ala New Yamaha YZ 250/450F, lalu kalo enginenya DOHC bisa pake Rocker-Arm (tanpa roller, karna yg pake roller udah dipatentkan Honhon) seperti engine BMW S1000RR & All New YZF R1, kalo pake downdraft, ya bener2 Real-Downdraft bukan yg mirip2 atau “near” downdraft:v

    Disukai oleh 1 orang

  11. Hahaha berkata:

    Logis. Mana mungkin produk kelas mainstream dapet teknologi baru. Yang pertama nikmatin pasti top of the linenya duluan. Hwehwehwe.

    Suka

  12. vyzex berkata:

    selama masih pake bensin ya tetep wae teknologi jadul

    Disukai oleh 1 orang

  13. anak kecil berkata:

    Konsumen jadi kelinci percobaan . . . . . Lagi dan . . . Lagi

    Suka

  14. andhika27 berkata:

    “Bukan berarti itu mesin bebek di cangkokan ke mesin motor sport lain loh wkwkwkwk.. ya kaleee..”

    Suka

  15. felitokia berkata:

    Teknologi pastinya mulai dr yg jadul terlebih dahulu! teknologi muktahir skrg 10 thn kemudian jg jd jadul, tp pastinya trs menerus disempurnakan! inovasi tiada henti! selama ada dana tentunya! yg kehabisan dana ya terhenti inovasinya! qe…qe…qe….

    Suka

  16. DOHC aja yang nemuin Honda kok

    😀

    Suka

  17. blade-in berkata:

    Kemanfaatan tekniligi utu Dilihat hasil akhirnya. Lebih baik atau lebih buruk !!! Tidak semua pengembangan teknologi hasilnya lebih baik. Lihat kasus MM93 dengan sasis barunya! Menbuatnya mendapat gelar King of Ndlozor, bukan ?!

    Suka

  18. wtf170 berkata:

    kalo perumpamaan…teknologi new CB sejak jaman majapahit..kl vixion teknologi jaman batu…gitu ya?akakakaka

    Suka

  19. ubay berkata:

    Iya mang namanya juga sudut pandang

    Suka

Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)