Kobayogas.com – Hola lads.. membaca artikel Kang Haji Taufik TMCBlog tentang Bocoran rancang bangun mesin baru Honda yang akan digunakan pada New Honda CB150 dan New Sonic 150 jadi mengingatkan KBY pada artikel lawas..
Terutama bagian yang disebut dengan down draft intake (manifold) .. Jadi ingat kalau KBY pun pernah bahas secara singkat akan teknologi ini.. Tidak khusus soal down draft, tapi sekaligus dengan forged piston, diasil cylinder, offset cylinder hingga deep oil pan..
Mengenal teknologi pada mesin motor – Teknologi lama yang jadi luar biasa
Wuihh KBY bahas teknis mesin? Gak salah? Salah lah kalau hasil pemikiran sendiri, mekanik juga bukan wkwkwk.. cuma tau makenya doang lads.. Artikel lawas itu hasil diskusi dengan salah satu praktisi mesin senior yaitu sumber yang sama dengan artikel TMC blog hehe..
Singkatnya, down draft intake bukan hal yang baru bagi mesin Honda karena sudah diterapkan pada mesin Honda Supra X dan Honda Karisma, namun tentang besaran sudut klep yang disebut TMCBlog, KBY yakin itu merupakan sesuatu yang baru yang memang didevelop disesuaikan dengan mesin untuk New Honda CB150 dan New Sonic 150 lads..
Jadi apa yang mau disampaikan pada artikel ini? Maksudnya sih menginfokan agar tidak terlalu euforia dengan kata-kata atau kalimat yang rumit/ teknikal lads.. Karena teknologi yang diterapkan bukan hal yang sama sekali baru bagi Honda. Lalu apakah TMC salah? Lha yang nyalahin beliau siapa? Sudah tugas beliau dan blogger lainnya menginformasikan apa yang dimilikinya.
Toh jika moge Honda bahkan memiliki kemiripan dengan teknologi lawas dari sebuah motor bebek Honda, hal yang sangat lumrah karena yang namanya teknologi itu terus menerus dikembangkan, dasar teknologinya sama namun dikembangkan dengan lebih baik dan lebih canggih. Bukan berarti itu mesin bebek di cangkokan ke mesin motor Honda lain loh wkwkwkwk.. ya kaleee..
Semoga bermanfaat lads…
Baca juga artikel lainnya ya lads, terima kasih sudah bantu sharing 🙂
- Heboh Nih Foto Polisi Gak Berani Nilang Mobil Plat Militer.. Benar Atau Salah?
- Gini Dong, Sudah Saatnya Pengelola Parkir Mengganti Barang Konsumen Yang Hilang!
- Akhirnya Saat Kecepatan Ninja H2S Disamai Beat dan Mio Kejadian Juga..
- Awas!! Modus Tipu-Tipu Website BPKB, Foto Para Blogger Dijadikan Alat Testimoni Palsu…
- Modifikasi: Pasang Parking Brake Lock Pada Honda PCX, Tunggu Dulu…
- Hati-Hati Maling Juga Incar Cover Filter dan Cover CVT Skutik Lads..
- Ban Yamaha NMax Sobek? Sabar Awal Agustus 2015 Sudah Ada Di Dealer Lads..
- Mesin New Honda CB150 dan New Honda Sonic 150, Mesin Teknologi Lawas Yang Disempurnakan..
- Nasib Spare Parts Kawasaki Ninja 150 2 Tak Setelah Diputuskan Discontinued..
- Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Saat Kendaraan Baru Datang ..
- Sisi Akomodasi Honda Vultus NM4 Indonesia, Banyak Ruang Penyimpanan..
- Blast From The Past.. Sepeda Motor Produksi Pertama Honda di Indonesia
- Italian Tune Up – Apa Dan Bagaimana Melakukannya..
- Dahsyat!! Gak Sampe 5 Menit, Honda Scoopy FI Gw Raib Digondol Maling..
- Teknologi Idling Stop System (ISS) – Antara Lampu Merah, Efisiensi dan Go Green
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
tweetme: @kobayogasblog
calon calon mekanik online ini (?)
SukaSuka
horeee pertamax di blog eksis
SukaSuka
Wedeeewwwww….
Si Sonic kok mesinya selonjoran..??
SukaSuka
Gantinya si mikir sambil turu… 😀
Koplak, abis nabrak bemper plus nopol ketinggalan, kabur pisan 😄
http://motorrio.com/2015/07/22/kecelakaan-konyol-nabrak-pju-sampe-ambruk-terus-kabur/
SukaSuka
iya , sependapat memang setau saya teknologi yang dipakai honda itu enggak sepenhnya baru, tapi dari mobil lalu dipasang ke motor, misal injeksinya lalu disempurnakan, padahal injeksi honda udah kapan tau udah ada tapi baru dipake kapan :v , CMIIW
http://rayzspeed.com/upgrade-honda-revo-150-cc/
SukaSuka
kayanya mayoritas teknologi itu turunan dari yg di terapkan di mobil duluan, kan ?
SukaSuka
setau saya sih gitu mz 😀 , apa lagi honda kan jadi belum ada yg bisa di bilang baru sih, tapi dipakai kembali :v
SukaSuka
@Richard, hmmm, setau saya juga ada yg dari industri berat baru ke otomotif, misal bmw=pesawat-motor-mobil, subaru=pesawat-mobil, kawasaki, mitsubishi, rolls royce, dll
SukaSuka
PGM FI di terapin di Indonesia pertama di Honda Maestro, afaik, kalau ga salah sih tahun 1988. Dan namanya gak pernh ganti gant
SukaSuka
nah sudah diluruskan sama om kobay
SukaSuka
aduh kepotong… PGM FI gak pernah ganti nama meski kemudian di taro di roda dua, mau perkembangannya berlanjut ttp aja namanya PGM FI
SukaSuka
mang maaf bukannya kalo thn 1988 masih prestige accord.
maestro accord pertama kalo gak slh thn 90an akhir.
hehe
SukaSuka
Tq sudah dikoreksi.. Berarti awal taun 90 ya
SukaSuka
Maestro awal keluar 89 akhir setelah Prestige yg stoplamp nya nyambung hanya saja emang sering dibilang awal keluar 90…..tapi masih karburator baru tahun 92 pertengahan keluar yg PGMF1 sampai 94 sebelum masuk ke Cielo dengan CC yg naik juga…kalo dibilang duluan sih bukan Maestro tapi adiknya Genio/Estilo yg gantiin Grand Civic di medio yg sama.
SukaSuka
Loh Genio bukannya masih karbu ya om? tq
SukaSuka
hola, mantap om bener, Genio duluan 92… tq koreksinya ya, soalnya si Maestro ada stiker gede di kaca belakang, PGM-FI, itu yang ay inget 🙂
SukaSuka
lawas Di honda, tapi tekno baru bagi pabrikan lain ya Kan?
SukaSuka
comment of the day
SukaSuka
mmmm.. ya dan tidak sih tergantung produknya hehehe
SukaSuka
Biasa aja. Gk ada yg istimewa. Dan gk ada yg musti dibanggain.
oke gw bilang iya dech, biar lo senang dan menjilat Honda.
SukaSuka
Sori, bukn buat penulis blog ya..
SukaSuka
sbnernya dia ga mau jilat motor enakan jilat eskrim
tp ada sebagian dr fb baik h maupun y yg selalu mengagungkan kata kata jiplak atau plagiat atau pengekor itu yg membuat nya tmpk seperti menjilat
SukaSuka
Ya namanya juga. Teknologi kini ta pengembangan sebelumnya
Knalpot Bronx Ga Modal Kok Bangga??? – http://wp.me/p2XD22-2yM
SukaSuka
absen 😆
SukaSuka
Ah jadul… Ga sido tuku…
Review Xiaomi Mi 4i: http://wp.me/p1eQhG-1hA
SukaSuka
bajaaakkk
http://warungasep.net/2015/07/22/aksi-ekstrim-motor-naked-yang-nekad/
SukaSuka
motor 150cc kok di ributien…teknologinya mah ala kadarnya…true story…hehe
SukaDisukai oleh 1 orang
ga di pungkiri deh bahwa masyarakat indonesia memang msh bnyk yg mampu beli yg 150, jd wjrkan kan? apa hrs yg kelas moge yg di bahas teknologi nya?
SukaSuka
kalau yang dibahas moge melulu cuma bisa angguk2 doang… dan betul kelas 150 memang paling rame serta paling laris, wajar kalau kadang smp tetek bengeknya dibahas
SukaSuka
moge masuk indo mahalnya amit” om,, bisa 2x lipat harga aslinya,, blm pajaknya. Lha klo di eropa masih terjangkau bahkan emg step by step SIM nya jg mengisyaratkan klo org tsb layak bawa moge..
..
so dari price, mental, track dan rule di indo.. moge masih blm layak dimasyarakatkan. Banyak bingiiits yg perlu dibenahi sebelum memasyarakatkan moge cz nyawa taruhanya.
..
150cc bisa dibilang plng kompatibel utk masyarakat kita saat ini, krn baik utk perjalanan jauh-dekat, load berat-ringan, jalan macet-longgar, style riding liar-kalem.. 150cc tetap stabil baik performa maupun kenyamanan dan masih safety meskipun dibuat beringas (cz ya seberapa beringas sih 150cc 😀 hahaaa).
Coba naikin sedikit ke 250cc, masalh yg dihadapi dg kondisi seperti di atas sdh beragam lho, sedang klo diturnin ke 110cc jg hnya lebih nyaman untuk jarak dekat dan kemacetan.
..
(analisa ane berdasarkan motor standar ya, klo udh upgrade gk usah dibahas, cz gak bsa dibuat parameter nya 😀 )
SukaSuka
pengembangan teknologi Verza operstruk
ωow…… 😆
SukaSuka
Yg penting tidak direrepotkan dari teknologi itu
Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan
https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling
SukaSuka
teknologi engine 1 silinder cc kecil yg gak mainstream dan mungkin bisa dibilang baru adalah pake teknologi “rear-slanted” cylinder ala New Yamaha YZ 250/450F, lalu kalo enginenya DOHC bisa pake Rocker-Arm (tanpa roller, karna yg pake roller udah dipatentkan Honhon) seperti engine BMW S1000RR & All New YZF R1, kalo pake downdraft, ya bener2 Real-Downdraft bukan yg mirip2 atau “near” downdraft:v
SukaDisukai oleh 1 orang
Logis. Mana mungkin produk kelas mainstream dapet teknologi baru. Yang pertama nikmatin pasti top of the linenya duluan. Hwehwehwe.
SukaSuka
https://johnhendyofmars.wordpress.com/2015/07/22/pasang-arm-nouvo-di-soulgt-makin-cakep-dan-anteng/
SukaSuka
selama masih pake bensin ya tetep wae teknologi jadul
SukaDisukai oleh 1 orang
Konsumen jadi kelinci percobaan . . . . . Lagi dan . . . Lagi
SukaSuka
aduh nih orang korban kelinci percobaan ya
SukaSuka
“Bukan berarti itu mesin bebek di cangkokan ke mesin motor sport lain loh wkwkwkwk.. ya kaleee..”
SukaSuka
Teknologi pastinya mulai dr yg jadul terlebih dahulu! teknologi muktahir skrg 10 thn kemudian jg jd jadul, tp pastinya trs menerus disempurnakan! inovasi tiada henti! selama ada dana tentunya! yg kehabisan dana ya terhenti inovasinya! qe…qe…qe….
SukaSuka
DOHC aja yang nemuin Honda kok
😀
SukaSuka
Kemanfaatan tekniligi utu Dilihat hasil akhirnya. Lebih baik atau lebih buruk !!! Tidak semua pengembangan teknologi hasilnya lebih baik. Lihat kasus MM93 dengan sasis barunya! Menbuatnya mendapat gelar King of Ndlozor, bukan ?!
SukaSuka
kalo perumpamaan…teknologi new CB sejak jaman majapahit..kl vixion teknologi jaman batu…gitu ya?akakakaka
SukaSuka
Iya mang namanya juga sudut pandang
SukaSuka