Kobayogas.com – Hola lads, pada kesempatan yang sama, KBY bertemu dengan salah satu masterpiece buatan pabrikan Italy, Aprillia RSV Mille R
Ya saat itu KBY juga sekaligus salam kenal dengan Suzuki RGV R 250 VJ23 berlivery Lucky Strike, Kawasaki Leo Star 120 dan Honda RS125 yang rare.. Hanya tinggal RSV Mille R ini saja yang belum KBY ulas lads…
KBY sengaja tidak melakukan sesi test ride karena lokasinya juga tidak mengakomodir impresi berkendara dari RSV Mille R ini.. pun begitu, sudut ergonomi sempat KBY rasakan.. cekibrot lads…
DESAIN
Seperti halnya motor asal Italy lainnya, RSV Mille R mungkin butuh beberapa saat untuk mengagumi bentuk tubuhnya, ya Aprillia tetap lah Aprillia, desain sang motor 1000 cc ini meninggalkan jejak seni pada tubuhnya..
Meskipun motor ini dibuat pada permulaan awal abad millenium, namun dari sisi belakang, RSV Miller R tetap mempertahankan jejak klasiknya..lampu rem bulat dua buah menghiasi buntutnya yang lancip di belakang..
Lampu depannya RSV Miller R berbentuk kotak hexagonal alias 6 sudut, mirip dengan lambang ‘S’ -nya Superman.. Namun di dalamnya terdapat 3 buah headlamp dengan dua di atas sebagai lampu dekat dan di bawah lampu jauh..
Sementara dari samping, RSV Miller R terlihat penuh dengan sasis model delta box segede gaban, kokoh dan cocok membawa kapasitas mesin sebesar 1000 cc.. Banana swing arm aluminium berwarna silver turut menyumbang kegaharan desainnya..
Tak hanya sasis yang besar, muffler ala Bazooka juga terlihat mengintimidasi sosok RSV Miller R ini.. Ditambah lagi penampakan suspensi depan upside down dari showa berdiameter 43mm, dipadupadankan dengan brake set dari brembo…
ERGONOMI TINGGI
Seat height RSV Miller R ini adalah 810 mm, kebayang donk tingginya gimana hehe.. KBY pun jinjit nyaris super balet tanpa sepatu riding.. Pun begitu dengan sudut leaning nya, maju ke depan dan rebah, perut mentok tangki lads hehehe..
Menurut Kang Ovie sang pemilik dari RSV Mille R ini, si Mille akan sangat nikmat atau paling tidak, sangat pas jika digunakan di habitatnya, yaitu sirkuit.. wah mirip MV Agusta F3 donk ini mah.. Itulah salah satu alasan KBY tidak terlalu menggebu untuk mencoba si Mille di sekitar komplek.. wong pasti impresinya minim banget hehehe..
FITUR
Terdapat beberapa tampilan unik di seputar tangki maupun speedometer RSV Mille R ini.. misalnya logo world champion sebanyak 6 kali.. Lalu speedometer yang terbagi dalam 3 cluster paduan analog dan digital dengan RPM hingga 12 ribu tapi gada warna merahnya euy…
Nah itulah impresi awal KBY akan motor 1000 cc dari Aprillia, RSV Mille R ini lads.. semoga suatu saat bisa mencobanya di sirkuit… ngoooonngggg
Spesifikasi dari Aprillia RSV Mille R 2003
Four stroke, longitudinal 60°V twin, DOHC, 4 valves per cylinder | |
Capacity | 997.6 cc / 60.9 cu-in |
Bore x Stroke | 97 x 67.5 mm |
Cooling System | Liquid cooled |
Compression Ratio | 11.8:1 |
Lubrication | Dry sump |
Induction | Integrated electronic engine management system. Indirect multipoint electronic injection. Throttle body Ø57mm. |
Ignition | Digital electronic with two spark plugs per cylinder |
Spark Plug | NGK, DCP R9E |
Starting | Electric |
Max Power | 101.3 kW /137.7 hp @ 9500 rpm |
Max Torque | 107 Nm / 10.91 kg-m / 78.9 lb-ft @ 5500 rpm |
Clutch | Multiple disk in oil bath with patented PPC Claimed Horsepower: -assisted hydraulic control. |
Transmission | 6 Speed |
Final Drive | Chain, 40/16 (2.5) |
Primary Drive Ratio | 60:31 (1.935) |
Gear Ratio | 1st 34:15 (2.27) / 2nd 31:19 (1.63) / 3rd 26:20 (1.3) / 4th 24:22 (1.091) / 5th 24:25 (0.96) / 6th 23:26 (0.88) |
Frame | Box section sloping twin-spar aluminium alloy frame, two-chamber adjustable Ohlins Racing steering damper with one-piece mounting. |
Front Suspension | Showa Ø43 mm upside-down fork with adjustable compression rebound and preload |
Front Wheel Travel | 120 mm / 4.7 in |
Rear Suspension | Aluminium alloy double banana swing arm, APS progressive system linkage. Sachs hydraulic shock-absorber with adjustable rebound, compression, preload and length |
Rear Wheel Travel | 133 mm / 5.2 in |
Front Brakes | 2 x Ø320 mm discs, 4 piston calipers |
Rear Brakes | Single Ø220 mm disc, 2 piston caliper |
Front Tyre | 120/70 ZR17 |
Rear Tyre | 190/50 ZR17 |
Rake | 25° |
Trail | 102 mm / 4.0 in |
Dimensions | Length 2035 mm / 80.1 in
Width 730 mm / 28.7 in |
Wheelbase | 1418 mm / 55.8 in |
Seat Height | 810 mm / 31.9 in |
Dry Weight | 189 Kg / 416.6 lbs |
Fuel Capacity | 18 L / 4.7 US gal |
Reserve | 4 L / 1.1 US gal |
Standing ¼ Mile | 10.7 sec |
Acceleration 60-140 km/h | 10.2 sec |
Top Speed | 278.0 km/h / 172.74 mph |
Baca juga artikel lainnya lads…
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog
kan bisa ikut ngicip ni mtor y mang?
SukaSuka
Saya kapan yah…..
Rossi vs Pedrosa Part II
SukaSuka
Iya…,saya juga kapan..?
http://bakulkangkungjpr1.com/2015/10/11/raih-pole-di-motegiapakah-lorenzo-akan-kembali-tak-terkejar/
SukaSuka
Cuakep…
SukaSuka
Kompresinya rendah juga ya dibanding rival sekelasnya. Kirain RSV powernya mendekati 200hp, ga taunya koq 137hp aja ya…
SukaSuka
Bukannya paling kecil powernya, tp emang motor superbikes di jaman itu (ducati 996, honda vtr1000sp, yamaha r7, kawasaki zx7r, suzuki gsx750r, aprilia rsv1000 mile dan bimota sb8r) rata2 powernya 130 hp an… Hehehehehe
SukaSuka
tahun segituan ya emang segitu powernya bang. VFR1200 SBK aja powernya paling 130hp an on wheel. kalah jauh lah di bandingkan Moto2 yang tembus +140 RWHP.
SukaSuka
Busyet itu knalpot buat nimpuk fby mantep noh . . . 😆
SukaSuka
kalo muffler model kolong bagus tuh kayaknya kang hahaha tapi aku tetep demennya sama F3 😀 hahaha
SukaSuka
F3 josssss.. asal jangan tiap hari, modiaaarrrr wkwkwkkw
SukaSuka
mogeh brooo.. aku ma apaan 😆
http://sijidewe.com/2015/10/10/minum-air-dari-knalpot-widihhh-berani-coba-mas-bro/
SukaSuka
mang saran dong
klo mau ambil moge seken bagusnya taun brp y?
soalnya klo taun 90 an gitu moge masuk indo masih blum pake surat2 y ktanya, bgusnya ambil 2000 an keatas kah?
ini klo dilego brp y sekennya, dan moge sejenis kisaran brp?
hturnuhun
SukaSuka
Kalo kata temen kang, moge tahun 97an juga masih banyak yang full paper kok kang, bahkan kalo masih beruntung masih bisa dapat bandit 400 thn 97 full paper diangka 60 sampe 70an. Kalo mau yang ekstrim kadang ada yang mau lepas r6 90 atau r1 di angka 120an. Soalnya moge first user kebanyakan ambilnya bandit 400 atau yang mau advance dikit yamaha r series. Sekali lagi kata temen ane yak kang ane belum berani miara kang, serem bawanya sama perawatannya…
SukaSuka
Aku kapan ki…
Sangarnya Kawasaki ZX10R: http://wp.me/p1eQhG-1oB
SukaSuka
ada yang dari Pihak Agency sepertinya…
SukaSuka
keren lads http://macantua.com/2015/10/10/headlamp-sonic-untuk-naked-bikes-keren-pasti/
SukaSuka
Hadir mang
SukaSuka
Motor tua ya Om?
Dimensinya khas……. taun 90an
SukaSuka
Gede
http://lombokceplus.com/index.php/2015/09/30/485/
SukaSuka
kang usul ya klo review motor pas penjelasan design dbwhnya lngsng gmbr.. biar lbh jossss
SukaSuka
tuh kang
SukaSuka
Biar nyambung yah, boleeehh.. Tq masukannya
SukaSuka
Aku kapan ya
SukaSuka
Woh joss lads… 😀
SukaSuka
Ane prnh test ride om tapi yg Edward edition warna item knalpot dah arrow,brembo,ohlins.
gede bgt emg motor nya ane tinggi 168cm jinjit balet,panas pula radius puter stang juga seadanya..tnaga ? Sadis ane test cm gigi 1,2 saja
Di jual jg kata owner nya np 80 jeti hehehe
SukaSuka
Bengis .. serem euy.. tas tes dong mang .. hehehe..
SukaSuka
ciri khas komen blogger celamitan
aku kapan ya
wkkkkkk
SukaSuka
Moge keren.
Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan
https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic
SukaSuka
Itu knalpot apa reson mobil-_- wkwk
SukaSuka
Gede banget yah hahaha
SukaSuka
Bangettt wkwk
SukaSuka
ngeterek di komplek
http://www.goozir.com/2015/10/live-streaming-produk-ducati-2016.html
SukaSuka
FBA mode ON
SukaSuka
yg jelas ada pass beam dan switc engine off. kalo gak ada berarti bukan motor sport
SukaSuka
horang kayahh
SukaSuka
berat kayaknya nih
SukaSuka
Wah bener-bener langka ini motor!
SukaSuka
137hp ? Beda dikit sama 600cc ya
SukaSuka
2003 600cc berapaan ya horse powernya?
SukaSuka
500cc two stroke tahun 1986 aja cuma 95hp masbro.
RGV 500 1992 cuma 195hp, kalah jauh ama ZX10R sekarang.
NSR 500 1986 powernya cuma 170hp.
SukaSuka
nitip absen mangs hehee
SukaSuka