“Tetapi yang bang admin lumayan tertarik pada pembahasan keunggulan Petal Disk Brake pada SUZUKI Satria F150 Fi. Menurut beliau (pemilik bengkel racing TRM -red) selain berfungsi sebagai pendinginan untuk rem cakram sendiri karena bentuknya seperti kipas, petal disk brake juga dapat membersihkan kaliper rem dari kotoran dan debu yang menyelinap diantara komponen disk brake saat musin hujan.”
“Dan keunikannya lagi menurut beliau, disk brake model petal dapat berfungsi sebagai rem ABS versi murah. Ini karena piringan cakram yang secara bergantian luas dan menyempit pada permukaannya, sehingga rem tidak akan terkunci penuh saat master rem ditekan. Hal ini juga dibuktikan oleh istri bang admin sendiri yang telah mengujicobakan kehandalan rem petal pada SUZUKI Satria F150 Fi beberapa waktu yang lalu.”
Nah gimana? Unik kan? Tanpa modul Anti-lock Brake System namun sang Satria FU injeksi ini memiliki disc brake alias rem cakram model petal yang dapat berfungsi sebagai rem ABS versi murah.. hihihi..Hebat deh.. bisa gak laku nih perusahaan pembuat modul ABS nantinya… š
Tapi intinya yang ingin disampaikan dari disc brake Satria FU injeksi yang bertipe wave alias bergelombang/ tidak bulat ini adalah, stabil performanya (kepakemannya) karena dengan permukaan yang variatif maka panas dari gesekan rem akan lebih cepat terbuang dibanding jenis bulat.. Kalau pakem atau tidak sih tergantung kanvas remnya juga..
Sebagai informasi tambahan, jika ingin memiliki rem ala ABS versi murah seperti pada Suzuki Satria FU injeksi ini gampang lads.. Tinggal latih tangan kanan (untuk rem depan) agar terbiasa mengocok tuas rem dengan cara tarik – lepas – tarik – lepas secepat mungkin sehingga kanvas rem tidak sempat mengunci dan ban pun tidak akan ngepot..
Kenapa harus begitu? Karena sistem ABS pun bekerjanya seperti itu, dengan tempo yang lebih cepat dalam satu detik.. jepit-lepas begitu seterusnya. Namun itu hanya terjadi saat sensor membaca adanya panic braking alias tekanan berlebih pada kinerja rem yang mengakibatkan rem serta roda mengunci..
Eh by the way kalau direm penuh kira kira tetep ngunci gak ya roda si Satria FU injeksi itu? š
Baca juga artikel artikel NEW PRODUCT lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…
- Yamaha Merespon Kabar All New CBR250R Dengan Yamaha R25-R?
- Bocor Nama Honda Supra 150, Confirmed Jadi Supra GTR150 Lads..
- First Impression All New Honda Civic 1.5 Turbo, No Replacement For Displacement No More..
- Lihat Langsung Yamaha MT-09 Tracer, Memang Gahar Lads.. !
- Sudah Kadung Bocor, AHM Akhirnya Tebar Video Teaser Honda Supra X150!
- Ini Dia Penampakan Honda Supra X150 Yang Sangat Jelas!
- Bocoran Headlamp All New Honda CBR250RR 2 Silinder, Klop Dengan Model Prototype!
- Nantikan New Toyota Sienta Di IIMS 2016, Harga Mulai Dari Rp. 230 Juta…
- Ini Dia Penampakan Lebih Jelas Honda Supra X150, Bagaimana Lads?
- Selamat! Kini Yamaha Mio Z Tampil Dengan Ban Lebih Lebar!
- Dengan Riding Mode dan Throttle By Wire, All New CBR250RR Akan Dihargai Rp. 80 Juta? Edan..
- Kalau Benar Suzuki Sport 150 Nanti Seperti Ini, Cilaka Tiga Belas..
- Iklan Yamaha Mio Z Sudah Mulai Ditebar.. Zagoan Berikutnya?
- Yamaha R15 Facelift Makin Tampan Dengan Warna Baru Yang Sporty Dan Shock Ohlins!
- World Premiere Debut All New CBR250RR 2 Silinder, Bulan Agustus Di Indonesia!
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
pertamax di juaragan asuransi.. jossss
SukaSuka
Joss
http://singindo.com/2015/11/30/surat-terbuka-marwa-balkar-untuk-donald-trump-di-like-oleh-mark-zuckerberg/
SukaSuka
roto petal udah tvs apache duluan…
Pesona wisata Pantai teleng Ria, Pacitan: http://wp.me/p1eQhG-1ru
SukaSuka
joss
SukaSuka
kek piringan cakram yang ada di bengkel modifikasi
SukaSuka
fungsinya apa sama dengan ABS versi N-Max???
SukaSuka
namanya ABS beneran pasti sama
SukaSuka
versi murah, apa tidak mengkesampingkan fungsi…. ???
SukaSuka
fungsinya seperti rem biasa kok.. ayo dibaca lagi..
SukaSuka
Jooosss.. jepit tahan jepit tahan…ohhh yesss
SukaSuka
awas muncraaaattt
SukaSuka
Sepertinya kaliper belakang udah nggak pakai Nissin ya om Kobay? Kunstruksinya sedikit berbeda terutama di baut kuncian kampasnya..
Atau mungkin desas desus itu benar,tentang campur tangan pihak Brembo buat pengereman FU injeksi..
SukaSuka
kan katanya bybre, anak perusahaan brembo
SukaSuka
Wah, kalau daya pengereman tidak stabil, apa nanti tidak bahaya di tikungan?
SukaSuka
masa sih, ngga yakin saya..
SukaSuka
wkwkwkwk
SukaSuka
ya ngga bisa atuh kang klo d blng abs.. di pnct lpas cpt juga jarak ngerem malah jauh..
SukaSuka
itu kata admin laskar suzuki loh.. ABS versi hemat š
SukaSuka
Lebar tipis lebar tipis, lebar lebih kuat mencengkramnya tipis lebih ringan cengkramanya gitu kan mang
SukaSuka
Suk kalau test ride nyoba ah..
#semoga ada yg ngundang
SukaSuka
ABS namanya aja “antilock”, ya ini kalo diperes tetep aja ngelock šš aya-aya wae uy
SukaSuka
Wkwkwkwwk
SukaSuka
kayak plat aftermarket yg merknya pe es em
SukaSuka
Wkwkwkwk jdi bingung sebenernya yg abs itu yg gimana sih
SukaSuka
wahh ABS KW KW
SukaSuka
Zeahaha… Admin laskar suzuki kdg agak berlebih dlm menyanjung inovasi suziku
http://78deka.com/2015/11/30/aki-kering-kw-gs-lumayan-awet-juga
SukaSuka
kan sesuai namanya hehehe..
SukaSuka
kalau bilang pake Petal Disc Brake sudah benar.boleh tanya keMbah Google apa”Kelebihan”Petal Disc Brake.tapi kalau dibilang Pake ABS versi Murah atau apa aja selama masih pake kata ABS itu “Salah”.coba aja Rem diSalju maka ABS berfungsi tapi Petal Disc Brake akan membikin Roda kaya papan Ski.
SukaSuka
baru tau saya
SukaSuka
Suzuki mulai ketularan penyakit tetangga sebelah yang suka membodohi konsumen. Mana ada rem ABS model gitu? Kalau panic braking ya pasti nge-lock beda dgn ABS asli. Yang kayak begini bisa membahayakan jiwa rider yang kurang ngerti, dikira sama aja begitu ngerem malah ndlosor…. Siapa yg mau tanggung jawab???
SukaSuka
hnaaaaahhh…
SukaSuka
ABS paling sederhana minim memiliki 2 sensor.(yg canggih lebih banyak).pertama”Sensor Kecepatan”fungsinya mematikan modul ABS bila kecepatan dibawah standart Pabrik(5-15km/jam)maksudnya saat parkir diturunan ABS off kalo buka tutup meluncur dong.dan roda slip di10km/jam oke aja.Sensor keDua”Sensor Rem Mengunci”saat Rem diInjak Sensor membaca bila Roda terkunci saat kecepatan diatas standart pabrik(5-15km/jam).disalju Tul dikit Roda terkunci.diIndonesia jalan becek tak beraspal.jadi Modul ABS akan On.
SukaSuka
Setuju ada tapinya
Waktu lagi riding pakai nmax abs di daerah pegunungan berbatu (bukan aspal atau cor blok) ada gejala aneh
Pas tanjakan ga ada masalah kecuali shock breaker bikin badan bergetar
Tapi pas turunan, jalanan tanah berbatu
Pas rem ditekan tiba2 bunyi sensor berbunyi dan abs bekerja setiap melewati gundukan atau ban pas menghantam batu
Turunan memang agak curam
Saya kaget kok sensitif bgt abs nya
Saya test lg rem saya panteng alias rem di tekan stabil motor meluncur kebawah ketika melewati menghantam batu atau lubang pasti abs aktif
Berarti disini kerja abs bukan hanya panic brake dari ridernya tapi juga karena faktor eksternal tadi
Sory oot om kobay
Kalo untuk dari laskar suzuki itu cuma melebih lebihkan saja soal abs versi hemat, menurut saya yg mendekati hasil dari abs ya cbs nya honda bukan dari denyutannya tapi jarak pengereman lebih pendek, soal teknik pengereman cbs itu depan dulu lalu baru belakang. Ini juga meminimalisir ngesot
Pernah ngoba bang kobay, gunakan rem depan saja, rem belakang saja, keduanya ditekan bersama2, tekan depan dulu baru belakang, belakang dulu baru rem depan
Dan hasilnya jarak terpendek pengereman adalah rem depan dulu baru rem belakang
Test dulu memakai vario cbs dan variotech 110 dan hasilnya terbukti om
Kalo penasaran silakan di coba sendiri
Semoga bermanfaat
SukaSuka
Hehe si om dpt poin saya, intinya memang gada itu ABS versi murah tanpa diberikan modul… Itu gimmick Laskar aja.. Jgn smp kita jd terlena .
Om, menurut saya ABS Nmax itu terlalu sensitif, entah settingannya atau modulnya yg aneh.. Terutama sebelah kiri. Masa gak panic braking aja bergetar, apa gak pegel tuh rider kekkekekekeke.
Sejauh saya bawa motor ber ABS sih gada yg kek gitu ya.. Hanya saat dites panic braking aja baru terasa getar, itu pun gak sebanyak Nmax punya getarannya..
Itu kenapa ay gak pilih yg ABS hehe..
SukaSuka
Wah si om baru join Yah, welcome to my blog hehe.. Kalau sering baca si om pst tau kebiasaan saya mengerem seperti apa, yaitu selalu mengandalkan rem depan dulu hehehe
SukaSuka
setujuuuuu, om…
saya sudah riset sndiri, belajar panic braking scenario di dobel disc brake mx ane..
kira2 hasilnya memang pas dgn apa yg ente sampaikan..
sip..!
SukaSuka
Iya om kobay, saya juga hampir ga pernah pake rem belakang
Cuma kadang terdesak pake rem belakang waktu pas jalanan agak licin saja
Saya dah lama lho baca blog om kobay, hehew. Cuma kasus ini saya angkat lg
Oiya soal nmax itu benar terlalu sensitif tanpa panic brake dari ridernya saja abs bisa aktif sendiri
Kalau soal rem abs di wave disc oleh laskar wong gendeng itu ya menyesatkan
SukaSuka
benul, menyesatkan, itu kenapa saya angkat biar temen temen bisa saling sharing…
SukaSuka
Wah kalo ngocok ane ga terlalu pintar seperti empunya blog
SukaSuka
Ngoahahahahahaha.
SukaSuka
gw jago ngocok arisan mang ngah ngah ngah
SukaSuka
kalau Rem kita tanpa ABS ndak perlu repot2 mengocok tuas rem.ndak ada mamfaatnya bila mau bersaing dgn ABS yg berdenyut terProgram dgn perhitungan Pabrik dari hasil riset.tekan aja Tuas rem seperlunya bila dengar roda terkunci lepaskan dan Rem ulang secepatnya.begitu seterusnya.jadi Rem dilepas saat “Roda terkunci””dari suara dan perasaan roda slip”.bukan dikocok2 berirama.
SukaSuka
itu namanya sistem threshold, dan itu cara ay drpada sistem pulse macam ABS hehehe.. lebih seneng rem pol smp titik maksimalnya, lepas trus tarik lagi..
mobil motor sama aja hehe
SukaSuka
Pembodohan otomotif kah?
SukaSuka
Halah. Admi laskar suzuki kerjaan nya ngeles aja kaya bajaj. Over aja kalau kasi info ttg suzuki. Abs versi murah.ninja 250 juga bergelombang disc nya kgak di bilang abs versi murah.abs kok murah, Abs dr hongkong!!!!
SukaSuka
om, coca cola dulu biar adem nih hehee..
SukaSuka
Segerrrrrrrhhhhh akwakwakwak
SukaSuka
Abs versi murah? Ninja 250 juga bergelombang disc nya. Tapi kagak di bilang abs versi murah. Admin laskar susubasi selalu over kalo kasi info. Abs kok murah. Abs dr hongkong.
SukaSuka
Iya, kalo ini rem ABS, Asal Berhenti Syukur… Guyonan tahun ini nih…
SukaSuka
Wah suzukki ketularan ondah,,,lebaynya
SukaSuka
apa bukannya dikejer misil tapi masih bisa ngacir itu
ja uuuuh uh uh uh uh lebih lebay lagi namanya, blo
SukaSuka
wkwkwkwkk
SukaSuka
Istilah ABS murah kayaknya kurang pas ya,, mau gimanapun konstruksinya sistem rem nya nggk masuk ke sistem ABS mang , di kawasaki athlete juga dari dulu pakai disc brake kayak gtu,,,
SukaSuka
memang begitu saya setuju hehehe..
SukaSuka
Teorinya si masuk akal. Dgn permukaan disk yg bervariasi, maka kepakemannya juga bervariasi. Dari dulu memang banyak yg sdh make. Dan ABS versi murah berarti dari dulu sdh ditemukan. Coba kita tanya ahli sejarah roda 2, alias Kang Eno Anderson, sejak kapan permukaan cakram petal disk ini mulai trend, serta fungsi sebenarnya dari petal disk brake…
Kang Enooo… Ooohh Kang Eno… Alhamduuuuu-Lillaaaaahh… š
SukaSuka
jemur dulu kob
SukaSuka
pengGOBLOKan publik yg dilakukan oleh penyembah tuhan susuki
laskar sinting susuki
najis banget sama adminnya
SukaSuka
bingung mau komen apa. lalu abs nya dmana? kl mau dibilang murah yg fungsinya utamanya ga ilang donk. ya katanyalah abs krn dlam selang oli ada kabel yg ngatur kelistrikan rem bla bla bla… rasa2nya lebih masuk akal.
SukaSuka
Abs versi murah pun ttp butuh modul…kamana wae kemaren gw ke bandung di email teu bales
SukaSuka
Aduhhhh.. hilappp… ciakakakkaa…. ini hape saya aneh mang, ga bs push email. Bbm aja mst dibuka dulu baru pesan bs masuk. Rek dibanting 5 bln deui ka lunas. Punten pisan mang. Aslina hilap. Paingan kamari teh asa aya mu leungit. Ciakakakkaa…
SukaSuka
baaahhhh
SukaSuka
HUAHAHAHAHAHAHHA.
ninja 250 yang model piringannya juga bergelombang kayak gitu, pas panic brake juga kekunci tuh ban belakangnya.
SukaSuka
walau udah latihan tetep aja abs gk bakal bisa digantiin ama reflek kita.
ane selalu rem dengan cara kocok, tapi pas ane kaget secara reflek ane bakal rem tapi lupa kocok. dalam pikiran dah kepikir pasti jatoh, kalo kgk motor baret gua yg baret, dan der jatoh karena ban depan nge lock.
munafik lah yg bilang abs kgk penting banget (bilang aja kgk kuat karena harganya mahal)
salam motor non abs sejuta umat
SukaSuka
betul, tetep aja ABS itu lebih cepat kinerjanya… wkwkwkwk.. kecuali kita the Flash š
SukaSuka
jah , admin laskar sizuka kebanyakan dikocok kali ya, ada” pernyataannya, ntar kalo anak alay yang make motor asal panic brake gara” kemakan info dari tuh admin trus kecelakaan gimana… yang mau tanggung jawab siapa?
SukaSuka
ABS murah itu
Adalah derivatif dari Antilock Brake Sys, yg mengalami pergeseran,
jadi abreviasi abs kalau konteksnya kaya gini ya itu tadi
asal brenti syukur
SukaSuka
Ping balik: Penampakan Asik Suzuki Satria FU Injeksi Livery MotoGP SYuting Iklan Di Sentul.. | KobaYogas.COM