Kobayogas.com – Holla lads…
Apa kabar? Sehat semua? Alhamdulillah kalau begitu hehehe. Lads, kali ini KBY boleh bahas dan sedikit sharing yang KBY tau dari roda empat ya? Yang mau KBY sharing kali ini adalah fungsi dari P-R-N-D-S-L dari transmisi matik si Kuro Motuba atau di mobil lain bisa juga menjadi P-R-N-D-D3-2-1 atau cukup P-R-N-D saja.
Transmisi matik pada Jazz lawas berkode chassis GD3 memang menggunakan CVT (Continously Variable Transmission). Secara singkat, sistem kerjanya sangat mirip dengan skutik CVT yang beredar di tanah air.
Keunggulan transmisi CVT ada pada kehalusannya, kita tidak pernah tau kapan si gigi naik atau turun saking halusnya, yang terasa hanya tahu tahu kecepatan semakin bertambah seiring naiknya jarum speedometer. Selain itu perubahan parameter tingkat giginya atau rasio giginya ada ratusan, karena si puli bisa membesar atau mengecil tergantung bacaan ECU. Dengan demikian kehalusan serta kenyamanan berkendara adalah tujuannya.
Kelemahannya juga ada, yaitu buat driver enthusiast, karakter transmisi CVT dirasa kurang sporty, saking smooth- nya, selain itu gejala engine brake juga minim. Membosankan kata segelintir orang. Terus gimana mengakalinya?
Asiknya, transmisi CVT di Jazz GD3 ini disertai dengan penambahan ECU di transmisinya, yang bisa membuat transmisinya seolah olah mempunyai 7 rasio gigi, disebut juga Virtual Gear … Dengan adanya fitur yang disebut Honda sebagai 7 Speed Steermatic ini maka si gerakan puli diset terbatas. Membesar atau mengecilnya si puli dibatasi oleh ECU sehingga seakan akan si transmisi mempunyai 7 tingkat kecepatan. Canggih? Jelas, Honda gitu loh hihihi…pertama dan satu satunya di kelasnya saat itu.
Bagaimana cara mengaktifkan virtual gear ini? Mudah sekali, tinggal menekan tombol 7 Speed yang berada di kanan bawah saat mobil berjalan dan posisi transmisi ada di D atau S maka 7 virtual gear tersebut akan aktif. Sebelumnya, kita pahami dulu konsep dari posisi tuas PRNDSL pada transmisi matik Honda Jazz ini.
Posisi P
Artinya Parking, digunakan saat mobil berhenti total/diam/ parkir.
Posisi R
Artinya Reverse, digunakan saat akan mundur.
Posisi N/ Neutral
Artinya Netral, dipakai saat berhenti sejenak seperti saat menunggu lampu merah.
Posisi D
Artinya Drive atau Mengemudi atau bisa juga (Ber) Jalan. Paling sering dipakai, posisi ini adalah sapu jagat, nanjak, menurun, kencang, pelan, santai, bisa digunakan di posisi ini. Pada AT konvensional, posisi D ini artinya seluruh gigi akan terpakai, tergantung dari kecepatan dan berapa gigi percepatan yang dimiliki, jika 4AT maka gigi 4 adalah yang tertinggi, jika 5AT maka gigi 5 adalah yang tertinggi dst.
Posisi S
Artinya Sport, posisi ini paling pas digunakan untuk ngebut, dalam arti saat menuntut akselerasi dan deselerasi lebih, menyusul, maupun digunakan saat di jalanan yang penuh tanjakan seperti puncak. Fungsi ini mirip-mirip D3 pada transmisi AT konvensional, hanya bedanya D3 terbatas perpindahan giginya s.d gigi 3 saja yang tertinggi.
Posisi L
Artinya Low, pada posisi ini ECU transmisi akan mengatur pola gerakan puli di posisi terendah yang seakan akan bekerja pada gigi 1 atau 2 di transmisi konvensional (non CVT). Digunakan saat menemui tanjakan terjal maupun turunan tajam. Fungsinya agar torsi tetap terjaga di tanjakan dan deselerasi berfungsi maksimal saat di turunan. Pada transmisi matik konvensional biasanya dilambangkan dengan angka 2 atau 1.
Nah sampai sini dulu pembahasan seputar fungsi dasar dari posisi PRNDSL transmisi CVT yang dimiliki Honda Jazz GD3 2005 i-DSI. Akan KBY lanjutkan di artikel selanjutnya ya seputar 7 Speed-nya..
Thanks for reading lads….enjoy ur sat nite, Man Utd has won, and FC Barcelona is on their way to the victory hehehe…
Baca juga artikel lainnya lads…
- First Impression All New Honda Civic 1.5 Turbo, No Replacement For Displacement No More..
- Test Drive BMW 528i E39 1998 – Mewah, Bongsor, Lincah dan Kencang!
- First Impression Toyota All New Kijang Innova: Ini Bukan Kijang, Ini Innova! [Gallery]
- First Drive Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz, Memang [Sudah] Lebih Baik …!
- First Impression Sosok Honda BRV Tipe S Transmisi Manual – Gagah dan Keren Sesuai Ekpektasi
- All New Toyota Avanza, Bumper Tebal Menyeringai, Paras Makin Menawan?
- The Amazing For Real Suzuki Celerio 1.0, City Car Baru Dari Suzuki – Mampu Berjibaku Nih?
- Spy Shot New Toyota Avanza Facelift.. Bentuknya Mengingatkan Akan Sesuatu?
- Test Drive Nissan Serena @Parjo 2015 – Besar, Nyaman Dan Powerful
- First Drive: Nissan Navara NP300 VL MT – Tough.Smart Yet Luxurious
Posted by KobaYogas from WordPress for Android
Lebih tertarik ama lanjutan cerita Layla nih. Secara transmisi GD3 dah hapal….hahahha
SukaSuka
Wkwkkwwk…sssttt..layla mah pas kopdar aja gw ceritain wkwkkwk
SukaSuka
dulu belajar pake Escudo 2.0 matic (salah kayanya belajar pake mobil enak) PRD udah pasti ada, klo ga salah D ny ada 2, trus L diganti sama 1 dan 2… kalo ga salah ya, dah lama banget ….. tapi sampai saat ini buat ane masih enak manual, mungkin karena jarang nemu macet kaya di JKT kali ya….
http://macantua.wordpress.com/2013/10/26/riding-siang-hari-neraka-lalu-lintas/
http://macantua.wordpress.com/2013/10/26/strobo-sirine-masih-musim/
SukaSuka
D-nya ada dua berarti yg satu D3, terus ke 2 dan 1… memang itu sih yg standar di AT konvensional.
kalau jalan sering lancar enakan MT sih gimana juga, ada sensasi yg gak bakal di dapet di AT.
SukaSuka
Tah eta… Sensasinya beda kalau ga macet… Kalau macet sangat berbedaaaaaaa hahahahah
SukaSuka
Hahhahha leklok tuur
SukaSuka
Leuheung saukur leklok ma hahaha
SukaSuka
Naon deui atuh? Lalocot? Kekkeek
SukaSuka
Asa locot kbeh gkgkgk
SukaSuka
Huahhaha…silakan menikmati MT di jam jam sibuk jakarta
SukaSuka
Pastinya RIPUH.. Untung tiap ke Jkt dkasih supir gkgkgk mau manual plus macet bodo amat…
SukaSuka
Ni gaya lah wkwkwk
SukaSuka
nice info
SukaSuka
Hatur nuhunnn…
SukaSuka
kalo laila yg d bawah berapa speed ya?
SukaSuka
Tergantung tusukannya…#eh
SukaSuka
Ijin menyimak saja, karena belum bisa nyetir mobil…hehehehe
SukaSuka
Harus bisa nanti yah, sampeyan lanang loh hehehe…suatu saat dibutuhkan keahliannya…
SukaSuka
Hehheee, iya mas!! Moga-moga ada rezeky, so bisa buat beli mobil…hehehehe
SukaSuka
Hehee…belajar kan gak harus punya mobilna dulu, nanti punya mobil sendiri sudah siap/lancar, masa mobil sendiri dijadiin percobaan/latihan, sayang kan hehhe
SukaSuka
Hehehe, dulu pernah bisa mas. Berhubung ndak pernah pegang, sejak terakhir 2008(Jadi seperti mulai dari awal) 😀 hehehe
SukaSuka
Wah harusnya sih gak…nyetir motor atau mobil itu sama seperti sepeda dan having sex…sekali bisa gakan pernah lupa 😀
SukaSuka
Hahaha, semoga bisa seperti gitu mas. 😀
SukaSuka
aminnnn hehehe
SukaSuka
bang kobay…
beli dulu…baru bisa nyetir… 😉
* eh…salah,ya…
SukaSuka
hehhehe..ga salah jga sih, tapi kurang pas aja hehhee..
SukaSuka
itu tuasnya kyk manual yaa oms??hehehe.
setiap mau shifting, harus sembari menekan tombol kah??
SukaSuka
wkwkwkk…iya, rumah tuasnya yg ganti sama yg model manual, kalau pengoperasiannya sih ya masih matik, mayan kadang bikin bingung sama yang gak ngeh wkwkwkkw…
kalau aslinya sih di pinggir tuas ada huruf PRNDSL nya hehe
kalo shifting gak selalu pencet tuas, hanya ke beberapa posisi aja, spt dari P ke R, R ke P, N ke R, S ke L. boleh aja sih penct terus tapi kuatirnya bisa bablas ke posisi yg tidak diinginkan. misal dari S mau ke D eh malah bablas ke R.
SukaSuka
absen pagi kang,,, inpoh yg menarik nih……
SukaSuka
terima kasih pndekar hehhe
SukaSuka
Nyimak aja dehh om.. siapa tau besuk punya Honda Jazz jg..hehe
SukaSuka
aminnnn daeng…
SukaSuka
waduh pke daeng… hahah
SukaSuka
Kan org MKS hehhehe
SukaSuka
Apa kareba? Hehhe
SukaSuka
baji-baji ji..hehe.. mks bisa tonji om
SukaSuka
Hahhaa kalau tonjinya gak paham hehhee…
SukaSuka
mayan… Nambah pengetahuan lagi, walopun belum kebeli… Hehe…
Itu tunggangan paling bawah pake CVT model apa ya bro kira2, kayaknya lebih halus deh…?
SukaSuka
iya sapa tau nnti punya kan? hehehe..
yang dibawah tuas transmisi tunggal mas wkwkwkwk
SukaSuka
Absen aja bang
SukaSuka
Silakaannn
SukaSuka
ane paling ngak suka transmisi matik toyota avanza,perpindahan giginya terasa banget
SukaSuka
Karena afaik sih, si avanza transmisinya blm mengusung Super ECT kaya di yasir, vios dan atasnya lagi…
Sehingga perpindahan giginya masihbterasa kasar
SukaSuka
blm pernah nyetir mobil secanggih ini 😦 ,paling banter baru kijang kapsul
SukaSuka
Hehe si om bisa aja daahh
SukaSuka
oke…belajar dulu sebelum beli mobilnya 😉
http://bakulkangkungjpr1.com/2013/10/27/kapan-waktunya-ganti-minyak-rem/
SukaSuka
Nahhhh… Biar mobil laen aja yg rusak..jgn mobil yg udah dibeli…#eh
SukaSuka
akhirnya pindah ke bilik sebelah, ekekekeke.. – bejanda… eh becanda ya mas…
SukaSuka
Eh yg mana nih, kasih tau donk biar bisa ikut ketawa nih kekekek
SukaSuka
bonuzznya loh mas, bonuz….dari pada bayar 10 juta, mending pindah saza… 😀 😀
SukaSuka
Oooo huahhahaha…mending ganti yah wkwkwk
SukaSuka
iya nih waktu itu merupakan selling point jazz dibanding swift sama yaris.
pernah punya juga dulu heheh.
tapi sayang kena penyakit gregel 😦
SukaSuka
Gregel tuh apa ya? Hehehe…
Jazz memang paket paling lengkap di kelasnya, dan HPM paham banget akan hal itu, jadi ngasih harganya gila….sebel
SukaSuka
agak ndut2an om kayak motor matik yang cvtnya rusak 😦
terus setelah itu pindah gigi kasar ternyata body valve rusak
ganti copotan singapore deh abisan part matik suka bikin copot jantung harganya kalo baru :p
intinya punya matik dijakarta sebisa mungkin periode kuras olinya jangan ikutin standar pabrikan deh. suka kelamaan. lebih bagus 30rb km udah dikuras, macet jakarta ngebikin pendinginan oli matik ga maksimal sama cepet ngerusak olinya 😀
SukaSuka
Wah kalo dah ndut2an dah parah tuh body valve-nya…untubg dah diganti copotan.
Olinya harus CVTF loh jangan oli matik ATF, cilaka kalau pake ATF mah, gakan cocok.
30rb? Ay aja 15rb dah ganti dari rekomen bukman yang 20rb…dan CVT jangan dikuras, tapping aja, ganti oli biasa…
SukaSuka
Mas broo…
oli apa yg cocok buat transmisi matic…
kebetulan mobil bini ane persis sama yg mass bro jelasin diatas…pake jazz 2007
SukaSuka
2007 masih menganut CBT transmisinya, maka wajib CVTF bukan yang lain, bisa merek Honda atau Eneos, ingat CVTF ya… jangan ATF, apapun kata yang jual…
SukaSuka
Sori CVT
SukaSuka
Thanks atas article nya… kebetulan saya biasa pake manual dan skrg lagi nunggu pesanan datang Mobilio Matic… jadi sembari belajar dulu, sempet ragu mau ambil matic tapi nginget jakarta yang selalu macet2an jadi memberanikan diri ambil matic…
Masih bingung nih butuh pencerahan :
1. Kalo misalnya di posisi D, dalam kecepatan 40km/jam (atau mungking kurang / lebih), tiba2 ngedadak nemu tanjakan terjal, apa bisa langsung pindah ke L tanpa mengurangi kecepatan / mengerem?
2. Menurut article diatas, S = sport, buat ngebut, nah jdi kalo kita di tol sebaiknya pake D atau S kalo mau ngebut?
terima kasih
SukaSuka
Halo mas heru, terima kasih sudah mampir,…
1. Untuk pindah ke L maksimal kecepatan kalau tidak salah ada di 40, nanti dicek lagi ya di buku manual kalau mobilionya sudah datang
2. S memang buat ngebut tapi paling tepatnya ngebut dalam arti menyusul dan gas pol terus, tidak masalah juga sih di S terus, paling akan sedikit lebih boros bensinnya daripada di D.
Baiknya kalau sudah nyusul dan kecepatan ingin berkurang, pindah ke D saja.
Selamat menunggu mobilionya
SukaSuka
Oh okee… mengerti saya.. terima kasih ya mas atas responnya..
Salam,
SukaSuka
sip, anytime
SukaSuka
Kalo sepengalaman ane mending langsung gas terus aja om jangan kasih jeda, selama jalanan mulus & memungkinkan, kalo kita nanjak dari posisi diam atau pelan baru pake posisi L soalnya kita ga ada awalan jadi agak ngeden.. ✌
SukaSuka
kata orang biaya servis matic mahal, apa benar ya gan
SukaSuka
Kalau rusak iya. .pdahal mudah saja, oli ganti periodik
SukaSuka
Mas saya pernah coba honda jazz 2006, dgn 4 org penumpang, waktu ditanjakan parkiran gedung (dari start sampai ujung sektr 30meter) pindah dari D ke L, ditanjakan pertama tdk ada tenaga sempat turun dan mulai dari awal lagi (beruntung tdk ada lawan dibelakang), tanjakan kedua hilang tenaga / mesin ngelitik saat 5 meter lagi mau sampai (dipaksa gas).
bisa dijelaskan ada apa yak??
SukaSuka
kemungkinan, menurut opini saya yang sotoy ini, bisa jadi beban terlalu berat dan atau oli/ pelumas transmisi nya tidak memakai CVTF
SukaSuka
Ohh oli nya pengaruh juga ya.., utk khusus oli CVTF ini hny ada dibengkel honda atau tempat lain ada juga?, dan maksimum brapa liter?
SukaSuka
di bengkel lain ada, ingat Honda CVTF, beli segalon, pas
SukaSuka
pagi om,,, om aku masih belum ngerti ni cara penggunaan “7 Speed” nya (tombol yg terletak di Setir)… nah pertanyaanya, pada saat penggunaan 7Speed, Tuas Transmisi harus diletakkan pada posisi apa ya om ?? pada D/S. karna saya cari Tuas M (manual) tidak ada.. mohon pencerahannya ya om.
SukaSuka
bisa D atau S om… L gak bisa (untuk transmisi yang ada L nya ya)
SukaSuka
iya om yg ada L nya,,, thx ya om Pencerahannya. jd ga sia berguru/smedi ke GOA Kobayagus, jd nambah elmu. haha
SukaSuka
hahaha mangga, mksih dah mampir
SukaSuka
oya om lupa,, kalo pada saat pengoprasian 7Speed Mode / Manual, untuk perpindahan Giginya kira2 perlu mengurangi tekanan/injakan pada pedal Gas tidak?? (apakah pengoprasiannya sama ama mobil yg menggunakan Kopling)
SukaSuka
gak perlu, sambil gas pol tinggal maenin aja plus minus/ paddle shiftnya…
SukaSuka
thx om
SukaSuka
Ping balik: Top 5 Artikel Tahun 2014 Yang Sering Dilihat dan Dibaca Pengunjung | KobaYogas.COM
Ping balik: Pengetahuan Dasar Seputar Fungsi Transmisi Automatic Pada Roda 4 (Part 2 Selesai) | KobaYogas.COM
Numpang nanya gan..ane dr kalimantan..kalo honda city z oli transmisi metiknya pake oli ap gan?
SukaSuka
Pake ATF Z1 bro…
SukaSuka
Bos… gw ada jazz idsi 2004 klo posisi D dya koq ga mau pindah gigi naik ya… kyaknya mentok di 3 trs stlh itu di gas malah ngayun gas nya… sdh coba cuci girbox tp msh sama aja… kira2 apanya Ya… thx
SukaSuka
waduh keknya fatal itu mas, kalau dah di flush masih sama aja mah..
SukaSuka
Ping balik: Tips dan Trick: Mengemudi Mobil Transmisi Otomatis Agar Efisien | KobaYogas.COM
Ping balik: Liburan ke Cisarua Bogor Kena Macet Bersama Honda Jazz i-DSI CVT 2005 | KobaYogas.COM
Nice info gan, thanx
SukaSuka