Kobayogas.com – Hola lads, banyak alasan dan tujuan pemilik kendaraan dalam melakukan up grade atau peningkatan terhadap kendaraan kesayangannya, baik itu demi penampilan, demi performa maupun sekedar peace of mind…
KBY sudah pernah menerbitkan artikel seputar ban, yang pertama pemilihan ukuran lebar ban dan kedua modifikasi ringan ban depan Scoopy menggunakan ban depan milik New PCX, kini giliran penggantian ban milik Sniego New PCX yang akan KBY bahas, pemilihan merek, ukuran, alasan pemilihan dan pengaruh dari penggantian ban tersebut, baik dari sisi performa maupun konsumsi bbm.
Ketika artikel ini terbit, kedua ban New PCX ini sudah mengaspal sekitar 400 Km lebih, sengaja KBY tunda agar sharingnya bisa lebih paripurna apabila sang karet bundar sudah icip-icip aspal cukup jauh, kalau baru pasang langsung di share yaaa kurang afdal, wong belum dapat feedback-nya.
TUJUAN GANTI BAN LEBAR
Di mata KBY, New PCX sudah masuk kategori maxi scoot atau matik bongsor meskipun hanya entry level, dengan demikian sudah seharusnya memiliki ukuran ban yang lebih proporsional sesuai dengan dimensinya yang lebih bongsor dibanding skutik 150 cc lainnya. Ukuran ban standar All New PCX adalah 90/90/14 untuk depan dan 100/90/14 untuk belakang. Terlihat kurang proporsionalnya ban belakang jika dilihat dari arah belakang.
So, tujuan KBY mengganti ban milik New PCX adalah yang pertama agar terlihat lebih proporsional dan bodi terlihat “full”, yang kedua agar gigitannya lebih lengket ke aspal dan ketiga mendapatkan rasa aman di hati dan pikiran :D.
PEMILIHAN BAN
Banyak merek ban untuk New PCX dengan ukuran standar rata-rata untuk skutik kebanyakan yang sudah banyak beredar di Indonesia, sebut saja dari merek multristrada dengan tipe Corsa, lalu Gajah Tunggal dengan Zeneos tipe Scootz, Bridgestone dengan battlax BT39, FDR dengan Sport XR dan Sport XR Evo, IRC, Federal hingga Michelin dengan tipe Pilot Street bias.
Sniego layak mendapatkan yang terbaik, kepinginnya sih ban depan ukuran 100/80/14 dan belakang 130/70/14. Ban depan dengan ukuran yang diinginkan akhirnya KBY dapati pada Michelin Pilot Street dengan alur unik, bisa untuk depan, maupun belakang karena mempunyai dua arah rotasi. Di klaim handal baik pada trek becek apalagi kering, serta mampu digeber hingga 150 km/jam…Well it’s Michelin anyway ..Pasaaangg…
Giliran untuk ban belakang New PCX nih yang mumet, merk ternama seperti Battlax BT 93 dan Pilot Street maksimal hanya 100/70, Michelin M45 maksimal 110/80, Pirelli ada yang 120/70 tapi harganya kok agak-agak nggilani plus lokasi jauh, bakal ribet bawa pulang ban basiannya. So, singkatnya, memang tidak ada ukuran 130/70, adanya 120 langsung lompat ke 140.. Wah 140 mah beurat teuing euy…bakal hampos tenagana si Sniego, bakalan mopo (letoy).
Solusinya, thanks to FDR yang membuat ukuran 120/70/14 pada tipe Sport XR Evo. Sport XR Evo diklaim lebih ‘bersahabat’ dengan jalan dibanding Sport XR sebelumnya yang terkenal cukup licin ketika jalan basah terutama saat hujan baru saja turun. Sport XR Evo diklaim lebih baik pada semua kondisi jalan dengan handling dan durabilitas yang mengalami peningkatan serta cocok untuk sport touring…
Sport XR Evo diklaim dapat dipacu hingga 150 km/jam…Pasaanggg…
PEMILIHAN TOKO BAN
Dimana dipasang? Planet Ban (PB) aja.. memang ban-ban aneh seperti Pirelli, Metzeler serta ukuran di atas 120 tidak ditemui di PB, namun bagi KBY, PB adalah good deal karena dekat dengan rumah, tersebar di banyak tempat, free isian nitrogen sampe kenyang selama satu tahun dengan menunjukkan member card.
Itu saja? Ada lagi, harga memang bukan yang termurah, kalau mau capek nyari pasti akan nemu saja yang lebih murah lagi, tapi sekali lagi, alasan dekat rumah plus mekanik terlatih dengan mesin bongkar ban yang mengurangi resiko velg lecet menjadi pertimbangan utama KBY. Yang jelas KBY cukup terkesima dengan ketrampilan sang mekanik ketika bongkar pasang ban belakang Sniego. Satu lagi, dengan lokasi dekat rumah, ban basiannya bisa KBY titip dulu, lalu kembali membawa Scoopy buat angkut bannya 😀
HANDLING MENINGKAT?
Bisa dikatakan demikian, terutama untuk bagian depan terasa signifikan perbedaannya, tidak ada lagi gejala skid atau ngeloyor pada tikungan jika harus berbelok sedikit rebah. Apa setang menjadi lebih berat? sedikit ada perbedaan namun tidak terlalu ngaruh. Ban yang lebih lebar 20 mm di bagian belakang juga meningkatkan handlingnya, terasa lebih lengket meski hal itu lebih terasa signifikan pada bagian depan.
Dan tidak hanya handling New PCX yang meningkat, konsumsi BBM pun demikan alias lebih boros!! Ini adalah konsekuensi pemakaian ban tapak lebar, there’s a price that you should pay… Akselerasi awal pun terasa dikebiri dibanding sebelumnya. Namun untuk kecepatan tinggi, ya mantap! Konsumsi BBM dengan menggunakan Shell V-Power hanya mendapatkan 1:37 hitungan manual, sedangkan pada MID-nya menunjukkan 1:43,5.. Akan KBY bahas terpisah nanti.
HARGA
Berapa harga untuk masing-masing ban tersebut? Michelin Pilot Street KBY tebus dengan harga Rp. 370,000 sedangkan FDR Sport XR Evo ditebus seharga Rp. 297,000. KBY juga menggunkan cairan anti bocor dengan ukuran 500 ml merk X-Guard seharga Rp. 38,000 untuk ban belakang sahaja.
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Baca juga artikel lainnya lads…
- Modifikasi Yamaha NMax, Lampu LED Tambahan Asyik dan Aman Buat Turing
- Modifikasi Yamaha Byson Banyumas, Konsep Ala Ninja 250FI!
- Ketika Honda Verza Memakai Sarung Movistar
- Review Modifikasi Honda PCX 150 Pakai Kanvas Kopling Pantekan, Tetap Irit Tenaga Responsif!
- Wah Honda Tiger Pakai Speedometer Yamaha X-Ride, Unik …
- Ini Dia Spesifikasi dan Hasil Dyno Yamaha NMax 180cc, Kompresi dan Tenaga Naik..
- Modifikasi Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS, Ouput Hingga 30,9 HP!
- Modifikasi: Pasang Spion Yamaha MT25 Di Honda New PCX – From Competitor With Love..
- Sedap, Naik Kapasitas Mesin, Yamaha NMax Jadi Mudah Wheelie
- Pasang Spion Yamaha R25 Pada Yamaha NMax, Kok Lebih Sporty?
- Ini Bukan Karena Gak Keturutan, Modif All New CB150R Pakai Fairing Yamaha R25..
- Modifikasi Yamaha NMax, Pasang Windshield Model Kawasaki Versys
- Modifikasi Yamaha NMax, Yang Ringan Pasang Gantungan Belanjaan
- Modifikasi Yamaha Xabre – Ketinggian? Tenang Ada Lowering Kit Kok..
- Modifikasi Honda Jazz – Proses dan Tingkatan Modifikasi Pada Mesin (PART I)
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
KobaYogas from WordPress for Android
ngunu
http://nivikoko.com/2014/12/22/pemutihan-pajak-kendaraan-bermotor-khusus-jawa-timur-mulai-1-desember-2014-sampai-28-pebruari-2015/
SukaSuka
absen dulubr baca
http://www.goozir.com/2014/12/motor-yang-akan-launching-di-india-2015.html
SukaSuka
Cairan anti bocor??? Wew
http://warungasep.net/2014/12/22/yamaha-akan-mengupgrade-jupiter-z1-menjadi-125-cc/
SukaSuka
tapak lebar,, ibarat jari kaki jempol semua… 😀
http://mansarpost.com/2014/12/22/apa-siiiihh-dasar-hukum-iring-iringan-atau-konvoi-harus-didahulukan/
SukaSuka
itoe betoel adanja
SukaSuka
WOW
Penampakan suzuki gsr750 full aksesoris
http://monkeymotoblog.com/2014/12/22/wow-suzuki-gsr-750-biru-full-aksesoris-ini-keren-banget-sooobbbb/
SukaSuka
jiah pertamax coyyyyyy
http://nivikoko.com/2014/12/22/olimpiade-biologi-se-jawa-dan-bali-akan-diselenggarakan-di-uin-malang-segera-daftarkan-dirimu-sobb/
SukaSuka
amankan podium
http://nivikoko.com/2014/12/22/ada-lagi-sepatu-jaz-hujan-yang-mantap-buat-riding-musim-ujan-gene-cekidot-brot-model-dan-harganya/
SukaSuka
babat habisss
http://nivikoko.com/2014/12/22/mau-cari-spare-parts-dan-accesories-motormu-kunjungi-situs-www-blanja-com-mudah-lengkap-dan-murah/
SukaSuka
hajarrrrrr
http://nivikoko.com/2014/12/22/olimpiade-biologi-se-jawa-dan-bali-akan-diselenggarakan-di-uin-malang-segera-daftarkan-dirimu-sobb/
SukaSuka
luar biasaaaaaa
SukaSuka
kalo ay online mahh selalu pertamax coyy ini tandanya sekretaris gw lagi gak bawel. heehee
SukaSuka
hahaha
SukaSuka
buahahahhaah
SukaSuka
yess ganti ban gambot, tinggal ganti knalpot racing
http://orongorong.com/2014/12/22/kumpulan-aksi-free-style-motor-yang-lucu/
SukaSuka
Ciye, ciye,,
SukaSuka
ejiyeeee
SukaSuka
Ngemeng-ngemeng, spakbor depan Sniego nempel di tabung shock y Om, bkn di segitiganya, jd ikut gerak bareng roda ky motor semprot?
Y bnr ban di gedein nggak kuatir nabrak spakbor kalo kena lobang,asal pas ganti ban lbh gede msh nggak mentok spakbor..
SukaSuka
iya kayak beat karbu…saya gak suka yang nempel di atas… bebek banget hehe
SukaSuka
suneo ganti ban XD
SukaSuka
wihh
SukaSuka
michelin lebih ngegrip+soft drpd FDR bang, modif ban lebih besar bikin bbm lebih boros n usia pakai ban belakang lebih pendek
SukaSuka
pengennya semua Michelin tapi maksimal cuma ada 110 itu pun M45, M45 dah pake di skupi dan emg lebih boros wkkwkwkwk cuma 1:35
SukaSuka
waks michelin cuma ampe 110 ajah terpaksa ikutan pake FDR deh cos Pirelli n Battlax lumayan harganye bisa bikin lumayun cuma karena ban belakang btw buat cairan anti bocornya saya pake 1,5 botol buat masing2 ban depan & belakang biar maknyoss. saya lagi nungguin matic 150nya yamaha bang, tolong infonya klo ada bocoran
SukaSuka
Dol wae…
http://ardiantoyugo.com/2014/12/22/lets-ride-mencoba-handling-yamaha-yzf-r15/
SukaSuka
Eh jadi itu depan dan belakang beda merk ya bang?
========
Penjualan Triumph Indonesia Didominasi Varian Modern Classic http://klxadventure.com/2014/12/21/penjualan-triumph-indonesia-didominasi-varian-modern-classic/
SukaSuka
benul…
SukaSuka
Ane ga pernah isi lendir buat ban……..
kebayang gak itu lendir didalem ban,muter-muter…
lagian belum teruji secara klinis…
wakakaka..
SukaSuka
ane udah berasa manfaatnya bro di vixi. Ane nga sadar, bibir velg vixi peang akibat hajar lubang. Karena sudah tubeless, bocor halur deh.
Pas pagi ane lihat ini ban kotor kenapa ya…, pas di terhatikan, ternyata itu “lendir” yang keluar dari dalam, menutup lubang yang terbentuk.
niatnya itu velg mau di press biar nga peang , tp nga sempat sempat…,
cuma 1 yang kepikiran, itu “lendir” pas kena udara bebas jadi apa ya. Mengeras di ban seperti gel,atau masi berbentuk cairan, sehingga masi dapat digunakan lagi
SukaSuka
jadi semacam gel/karet yang menutup lobang
SukaSuka
hadir kang…
SukaSuka
Michelin licin lho kalau kena genangan air, saya pake michelin pilot juga depan belakang buat skywave. Kalau kering sih mantap, giliran hujan …. *not recommended
SukaSuka
kok gitu ya, ay gak soalnya om…fine2 aja…
SukaSuka
Bukannya sport XR evo lbh licin dibanding sport XR?
Kan compunt sport XR lbh soft dibanding evo..
Saya make keduanya & pernah ngebandingin dengan motor yg sejenis tp pake yg evo. Yg pake evo terasa lbh licin dengan ukuran ban yg sama..
SukaSuka
seharusnya sih gak, karena FDR sendiri klaim di websitenya kalau Evo lebih baik untuk all rounder, Sport XR lebih ke trek kering alias pendekatannya race…
So far sih ay pake ujan2an oke…
SukaSuka
menginspirasi
SukaSuka
Apik om..
ulah geng motor terbaru =>>http://mumet-ndhase.com/2014/12/22/luar-biasavandalisme-pun-merambah-ke-masjid-gan-diduga-ulah-geng-motor/
SukaSuka
juozzz…
SukaSuka
dah baca jemur lagi
http://www.goozir.com/2014/12/motor-yang-akan-launching-di-india-2015.html
SukaSuka
kasian scopy dibuat ojek ban sudah punya yg baru yg lama buat cadangan hadehhhhhh… malang nian scopy di duakan sama sniego alias pcx..
SukaSuka
loh malah dikasih yang baru, limpahan PCX hehehe
SukaSuka
duit mah cincay lah ya… wa seminggu dah cukup
SukaSuka
hahaha amiinnnn
SukaSuka
om ,ukuran velg pcx 150 ,depan berapa,,belakang berapa ??
SukaSuka
Cs1ku naik 1 step ngeden bingits mang 😦
http://samzurry.wordpress.com/2014/12/22/pesona-pantai-teluk-penyu-cilacap/
SukaSuka
syed kok langsung terasa ya
SukaSuka
Gak tau nih, mungkin gasruk spakbor depan
SukaSuka
aslinya apa sudah tubles kah??
SukaSuka
Sudah, bawaan pcx sudah tubeless
SukaSuka
mang charming.. harga pirelli buat matic brapa mang?
SukaSuka
750 rb sebiji
SukaSuka
velg nya ganti juga dong kang sayang pinggiran bannya ntar ga kepake
SukaSuka
nice suggestion, yang bagus dan enteng apa nih mang? ada masukkan?
SukaSuka
cemcho kayanya enteng uk 215-250
kalo power kayanya lebih berat dari cemcho tapi dia ada ukuran 3″ untuk yang blakang kang
SukaSuka
gak usah 3″ ah, chemco aja kali yak, power mah terkenal berat 😀
eh standarnya berapa si? longok longok adanya angka 2.15 kalau gak salah, itu kah?
SukaSuka
iya kayanya setandar pcx blakangnya 2,15″ kang
SukaSuka
Nabung ah biar keliatan lebih padat lagi belakangnya
SukaSuka
juooosss beli yang warna putih kang
SukaSuka
wah ga ampe satu juta.. bli ahh buat persiapan motor baru.. cuman bingung toko ban di cibubur kaga ada yang stok pirelli.. apa kejaksel yah hunting’a
SukaSuka
Mau gak mau ke selatan bro hehhee
SukaSuka
sini om ban ex sniego ane bayarin buat vario ane, abis pcx ane ngendon aja dirumah. setaun baru jalan 4000km, gak bisa tukeran huhuhu…
SukaSuka
Adanya belakang doang kalau mau, yg depan kan dipake scoopy
SukaSuka
oke deh, nanti ai japri via Whatsapp yaa 🙂
SukaSuka
sipppp
SukaSuka
130 ? malu dong sm vario gw yang 140 :p
SukaSuka
baca komplit ternyata 120…. huuuuuuuuuuuu :p
SukaSuka
130 gada, padahal cukupan banget 130 mah, 140? nyiksa 😀
SukaSuka
130 ada tp swalow, alurnya jelek. 140 sekalian ganti pelk 😉
SukaSuka
Swallow…kek sendal 😂😂
SukaSuka
Oia konsumsi bbmnya jadi berapa? Setelah pake 140 dan ganti velg
SukaSuka
waktu premium masih 6500 (yes gw pake premium :p). tiap 2 hari sekali ngisi 13rb, setelah apgret, ngisi 15rb 😦
SukaSuka
duh puyeng pake itungan isian 😀
SukaSuka
Kang nyobaan Maxxis gera. Tp kayanya cuma ada di RumahBanMotor di Fatmawati. Ane pake di ban blkg Yate 110/80 16″. Lengketnya sedap 😀
SukaSuka
Maxxis mah cepet habis, bannya vespa ta mah hehehe…iya pirelli juga dptnya disana…jauuuhh
SukaSuka
iya emang sih, krn komponnya soft. saya suka yg soft….dan kenyal soalnya
SukaSuka
sama, kenyal dan soft ada ujung di depannya 😀
Nah ban vespa itu lengket, asyik…
SukaSuka
juooosss beli yang warna putih kang
SukaSuka
atuh belang mang, depan belakang kamsudna? ah capek punya velg putih mah mang…cape nyucina hehe. dah pernah pake di mobil
SukaSuka
Ping balik: Tips dan Trik Mengendarai Motor Matik/ Skutik Dengan Efisien | KobaYogas.COM
Bro KBY, saya salah 1 silent rider blog nya ni. Btw mau nanya, kenapa untuk cairan anti bocor yg dipasang cuma ban belakang aja? Sebenrnya aman ga si bro aplikasi cairan gituan, karena pernah baca di blog ada yg bikin velg jadi berkarat?
SukaSuka
sepertinya saya udah sedikit menjelaskan yah kenapa belakang aja di artikel, atau belum? hehe
Alasan saya karena bagian belakang itu paling sering terkena impact paku dan sejenisnya, dibandingkan depan, pengalaman saya seperti itu.
Kalau soal karat, hmmm entahlah om, harus liat langsung sih benar apa gak nya
SukaSuka
Ping balik: Satu Tahun Bersama New Honda PCX 150, Apa Kekurangan dan Kelebihannya? | KobaYogas.COM
PCX maksimal muat ukuran ban berapa om?
SukaSuka
140 mepet keknya ya
SukaSuka