Kobayogas.com – Hola lads.. Honda Brio Satya merupakan hatchback termungil dari jajaran produk mobil Honda saat ini, kala performa standarnya ingin ditingkatkan inilah step-stepnya..
Ketika KBY membawa New Honda Beat ke lokasi tempat Ferboes bekerja untuk di tes beramai-ramai oleh blogger D’Gujubar, KBY berkesempatan untuk mencoba Honda Brio Satya milik om Cadox. Lumayan berkeliling untuk mendapatkan impresi berkendara hatchback LCGC milik Honda ini..
AGILE
Agile alias lincah adalah impresi awal ketika membawa sang Brio Satya ini.. posisi duduknya ergonomis khas Honda dan cukup takjub karena jok semi bucketnya cukup oke memeluk tubuh, hanya saja kualitas busanya memang terasa tipis, namanya juga budget car hehe..
Hatchback mungil ini mampu mentransfer putaran roda dengan baik alias feedback dari setir ke roda mampu diterjemahkan dengan baik.. meliak liuk di kepadatan lalu lintas sepertinya tugas yang ringan bagi Brio Satya ini..
BANTINGAN STIFF
Dengan wheelbase pendek, tidak dapat berharap banyak dari sisi kenyamanan, plus suspensinya yang cukup stiff memang nikmat bagi driver enthusiast namun kurang cocok bagi yang mencari kelembutan ayunan suspensi. Bantingan Honda Brio Satya mirip seperti si Kuro, Honda Jazz lawas KBY yang suspensinya sudah diganti menggunakan coil over Tanabe.. jadi bagi KBY sih fine-fine aja, tapi setiap orang kan ekpektasinya berbeza toh?
PERFORMA
Kita tidak akan bahas lebih dalam mengenai kualitas material plastik dari Honda Brio Satya ini, dengan level LCGC kualitas plastik dashboardnya memang tidak dapat dikatakan baik, so-so saja. Namun cukup tertolong dengan tampilan speedometer yang sophisticated.
Honda terkenal akan performa mesinnya yang mantap, apalagi meski ini mobil LCGC namun sudah disematkan teknologi i-VTEC (intellegent Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) di dalam mesinnya. Selain mesin, Honda juga memiliki ciri khas akurasi pada gerakan transmisi manualnya, geraka tuasnya pendek-pendek dan akurat seperti menggunakan quick shift, termasuk juga si Brio Satya E ini.. Membuat pekerjaan memindahkan gigi jadi menyenangkan.
Mesin i-VTEC nya terasa menyalak ketika RPM mendekati angka 5000, terasa besutan yang lebih ketika jarum bergerak mendekati angka tersebut. Untuk mesin 1,200 88 PS cc jelas tak dapat dipandang sebelah mata performa Brio Satya E ini..
MODIFIKASI
Merasa performanya belum cukup? Ya wajar saja kalau senang melakukan modifikasi, berikut KBY ada tips yang didapatkan dari tabloid otomotif untuk membuat performa Honda Brio Satya meningkat lagi.. yaitu dengan melakukan engine swap dengan milik Honda Jazz GE8! (untuk lebih lengkap silakan simak pictsnya ya)
5 Hal yang harus diperhatikan saat melakukan engine swap adalah:
- Throttle Body
- Camshaft
- Crankshaft Trigger
- Map Sensor
- Piggyback
Engine swap dengan 5 tahap penyempurnaan tersebut membuat tenaga Honda Brio Satya yang awalnya 88 PS menjadi 118 PS..! Lumayan dahsyat kan? Tertarik mencoba? 😀
Baca juga artikel lainnya lads…
- First Impression All New Honda Civic 1.5 Turbo, No Replacement For Displacement No More..
- Modifikasi Yamaha NMax, Lampu LED Tambahan Asyik dan Aman Buat Turing
- Modifikasi Yamaha Byson Banyumas, Konsep Ala Ninja 250FI!
- Ketika Honda Verza Memakai Sarung Movistar
- Review Modifikasi Honda PCX 150 Pakai Kanvas Kopling Pantekan, Tetap Irit Tenaga Responsif!
- Wah Honda Tiger Pakai Speedometer Yamaha X-Ride, Unik …
- Ini Dia Spesifikasi dan Hasil Dyno Yamaha NMax 180cc, Kompresi dan Tenaga Naik..
- Modifikasi Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS, Ouput Hingga 30,9 HP!
- Test Drive BMW 528i E39 1998 – Mewah, Bongsor, Lincah dan Kencang!
- Modifikasi: Pasang Spion Yamaha MT25 Di Honda New PCX – From Competitor With Love..
Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…
Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
KobaYogas from WordPress for Android
Keren josss nih tipsnya 🙂
SukaSuka
mantap kang, brio tenaganya emang ga main main, habis berapa tuh kira2?
SukaSuka
nah itu dia gak disebut hehehe
SukaSuka
engine swap…. makanan apa tuh?
SukaSuka
kerpik singkong 😀
SukaSuka
Lebih mantep lagi kalo bisa di cekokin K20A (kalo bisa lo ya). Tampilan full standar aja, biar jadi aliran street sleeper
SukaDisukai oleh 1 orang
D kaskus sempet gw baca tuh yang masukin gelondongan L15 ke brio.. Udah mau 130 dk kalo g salah
SukaSuka
B18C cukup Kang. Sikat turbo kalo kurang. 😀
SukaSuka
sekalian aja ganti engine H22 milik Honda Prelude kalo bisa sih, wkwkwkwk….
SukaSuka
no mesin di stnk gmn tuh? ko artikel saitonx g ada kang
SukaSuka
Kelupaan semalem hehe
SukaSuka
LCGC paling mantab..
SukaSuka
Kira’in engine swap tuh segelondongan mesin smua.
Ini sih nama’y substitusi part.
Berarti ni boil beda TB, ECU, Map, stroke ma camshaft doank tah?
SukaSuka
wkwk, kelebihan angka nickname. Pantesan kena mode terasi.
SukaSuka
Banyak yang beli ini mobil knapa ya?
SukaSuka
Ada tulisan hondanya..biarpun kl mau diliat finishingnya amburegul ameresyu
SukaSuka
bahrelway
SukaSuka
bli LCGC trus engine swap ? mending bli jazz seken sekalian :p
SukaSuka
nganu…ada kepuasan ngasepin ricer make jazz make mobil yg lebih kecil….
SukaSuka
dr pada swap apa gak mending dicolok keong racun aja masbro?? cmiuw… 😀
SukaSuka
preferensi masing masing mang hehe.. kalau saya lebih nyeni naturally aspirated alias N/A. Kalau colok keong racun mah install selesai.. hehehe
SukaSuka
engine swap tp memperhatikan 1.Throttle Body2.Camshaft3.Crankshaft Trigger4.Map Sensor5.Piggyback
gagal paham ane….bukane itu cm N/A
SukaSuka
engine swap kan emang N/A
SukaSuka
La bukane engine swap itu ganti mesin ?
SukaSuka
Iyak.. Coba baca dah yg ada di foto..hehe
SukaSuka
defeats the purpose of having a budget car, when your car and mods cost more than a regular jazz. tapi ya begitulah namanya hobby modif kadang2 susah diikutin nalar. hahahaha
SukaSuka
benul, jangan mobil, motor aja banyak hehehe… ninja modif seharga cbr 600 misalnya
SukaSuka
enakan buat makan hanamasa, kenyanggg
SukaSuka
kirain mau tutorial …pembaca kecewa
valentino rossi, Lemans dan pesaingnya
http://www.goozir.com/2015/05/valentino-rossi-le-mans-dan-pesaingnya.html
SukaSuka
gimana kang ruang gerak kepala luas maana sama hrv? wkwkwk
SukaSuka
Belakang luas HRV keknya deh
SukaSuka
yg gue suka dari brio itu handling dan desain depan nya…juga ergonomi bangku kemudi. juga smooth mesinya…
kalo masalah material plastik,, ngelus dada…
SukaSuka
Si Satya Diajak duel ama TATA VISTA di tol ampun ampunan om..VISTA hanya taluk ama Jazz untuk mobil di kelasnya..
SukaSuka
wowwww wonderful…
SukaSuka
Ping balik: Foto-Foto Honda BRV 7 Seater Yang Lebih Jelas Plus Spesifikasinya, Memang Gagah Lads..! | KobaYogas.COM
Wah seri L punya GE8? Pnp ga gan mountingnya? Pernah liat org thailand colok k20 di brio.. edan..
SukaSuka
PnP kalai gak lupa
SukaSuka