Kobayogas.Com – Hola lads, salam geber.. Meskipun tipenya sudah uzur namun tipe dari merek yang satu ini selalu menarik untuk di bahas.. BMW 528i E39 1998..
Pada satu kesempatan tugas dari kantor ke luar kota, gak jauh cuma ke Bandung, KBY pergi bersama klien yang memiliki BMW 528i E39 buatan tahun 1998. Ini yang kedua kalinya, biasanya disupirin empunya, namun kali ini KBY berinisiatif mengemudikannya..
DESAIN
Salah satu BMW dengan desain terbaik selain seri 318i E36 M43 menurut KBY. Desainnya long last, evergreen dan forever! Meski sudah berusia 18 tahun namun lihat sendiri, betapa aura mewah dan gagahnya masih bersinar hingga saat ini. Mantap kan sosok BMW 528i E39 ini?
Diluar dugaan, dengan bodi bongsor yang lebar dan panjang seperti itu ternyata para desainer BMW sudah sangat sukses membuat pengemudi tidak merasa terintimidasi oleh size nya ketika berada di dalam kabin. BMW 528i E39 ini tetap terasa ringkas, hanya seperti membawa mobil dengan ukuran medium seperti Toyota Altis atau Honda Civic. Kalaupun ada yang terlihat besar adalah ukuran setirnya.
HANDLING KHAS BMW!
Sayangnya, velg standar berukuran 15″ sudah dilengserkan dan diganti dengan ukuran 20″ yang sayangnya lagi, bukan tipe yang ringan. Akibatnya jelas, tenaga BMW 528i E39 buatan tahun 1998 yang sebesar 193 HP tersebut terasa dikebiri terutama di akselerasi. Terasa berat dan menghilangkan sensasi 1G pada kepala.. What a pity..
Yang bisa dikatakan luar biasa adalah handlingnya, meskipun bobot setir sudah menjadi lebih berat akibat pengaplikasian velg masif ukuran 20″ namun untuk berzig-zag, nyalip tipis serta berbelok cepat, bodinya penurut, diam tidak oleng, kaki-kakinya pun mantap.. Pengaruh dari adanya ASC (Automatic Stability Control) jelas memberikan dampak nyata terhadap kestabilan BMW 528i E39 ini..
FITURNYA BERLIMPAH
Kita bicara mobil buatan tahun 1998 lads, tapi soal fitur jangan ditanya deh.. Banyak banget kontrol elektronik di dalamnya. Jok BMW 528i E39 bagian kiri dan kanan sudah elektris, hanya tanpa memori. Pengaturan setir sudah teleskopik dan tilt juga dengan elektronik.
Fitur keselamatan BMW 528i E39 terdiri dari 4 buah Air Bags, ABS dan EBD plus ASC. Sudah ada MID, termasuk real time dengan tipe analog. AC digital Auto dual climate control. Yang unik tahun segitu Audionya memang masih menggunakan tipe kaset, belum CD hehe..
Interior BMW 528i E39 1998 ini khas mobil mewah eropa, plastik lembut dimana mana, dashboard dihiasi kayu walnut yang mewah.. Ergonomi? Jangan tanya lah BMW mah, driver oriented banget! Duduk di belakang juga enjoy. Bantingan suspensi mantap.. meski rim nya sudah 20″ dan ceper ternyata suspensinya masih bisa dikatakan halus.
Dalam keadaan sehat wal afiat, BMW 528i E39 bisa ditebus dengan harga antara Rp. 80-90 jutaan.. Memang bicara value produk sang BMW 528i E39 1998 ini lebih baik dari sebuah LCGC terbaru sekalipun. Hanya seperti biasa, mobil tua, eropa pula, perawatannya tentu tak semurah mobil baru yang nyaris bebas biaya hingga 2-3 tahun..
Spesifikasi BMW 528i E39
Brand | BMW |
Model | 5er |
Generation | 5er (E39) |
Engine | 528i (193 Hp) |
Doors | 4 |
Power | 193 hp |
Maximum speed | 240 km/h |
Acceleration from standstill to 100 km/h | 7.5 sec |
Fuel tank volume | 70 l |
Front brakes | Ventilated discs |
Rear brakes | Disc |
ABS | yes |
Power steering | Hydraulic Steering |
Fuel consumption (economy) – urban | 13.6 l/100 km. |
Fuel consumption (economy) – extra urban | 7.2 l/100 km. |
Kerb Weight | 1500 kg. |
Max. weight | 2040 kg. |
Tire size | 225/60 VR15W |
Wheel rims size | R15 |
Mangga digeber lads.. Baca juga artikel artikel lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…
- Feel Alive With All New Mazda2: Kupas Tuntas Desain Ekterior dan Interior!
- First Drive Chevrolet Trax 1.4 Turbo, Mengupas Impresi dan Performa Awal!..
- Tematis All New Mazda2 GT: Review Harian Bersama Hot Hatch Dari Mazda..
- First Drive Honda Mobilio E MT, Tenaga Bagus Suspensi Nyaman..
- Test Drive BMW 528i E39 1998 – Mewah, Bongsor, Lincah dan Kencang!
- Gallery Foto Review Chevrolet Captiva Diesel VCDi AT.. Gagah, Stylish..
- Tes Drive Chevrolet Captiva Diesel VCDi AT – Torsinya Padat Banget!
- Test Drive New Mazda Biante Skyactiv G 2015 – MPV Bongsor dan Nyaman Dengan Handling Cekatan..
- First Drive Toyota All New Kijang Innova: A Quantum Leap..!!
- First Drive: Kia Sportage 2.0 Diesel CRDI – Torsi Mantap Handling Jempolan
- First Drive: Isuzu MU-X – SUV 7 Seater Lompatan Jauh Dari Panther
- First Drive Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz, Memang [Sudah] Lebih Baik …!
- Test Drive Nissan Serena @Parjo 2015 – Besar, Nyaman Dan Powerful
- Modifikasi: 5 Tahap Engine Swap Dalam Membuat Honda Brio Satya Menjadi 118 DK..!!
- Test Drive dan Kupas Tuntas Honda HR-V, Memang Penantang Kuat Di Kelas Compact SUV..
Kunjungi juga blog mang Saka di bawah ini ya.. http://www.sakahayangna.com
Contact me at…
email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com
pengen due mobil…
Subtitusi kabel kopling pas putus mendadak: http://wp.me/p1eQhG-1BP
SukaSuka
Joss semua
http://thegreenblog.net/2016/03/06/biaya-perawatan-berkala-kawasaki-ninja-150-l-tahun-2013-setelah-3-tahun-pemakaian/
SukaSuka
Geber…
http://nyuusnews.com/2016/03/08/inilah-waktu-8-kota-di-indonesia-yang-di-lewati-gerhana-matahari-total-9-maret-2016/
SukaSuka
Boil selera ngeropah 😂
http://traktordohc.com/2016/03/08/yamaha-xabre-ini-semakin-bengis-aja/
SukaSuka
Beli atuh …
SukaSuka
motuba lawas yang berkelas memang bmw tapi kok ndak sabar ngurusnya dimana info beredar sparepart langka nan mahal ditambah buoross IMHO CMIIW
http://gandem21.wordpress.com
SukaSuka
FBH ehh HFB naik Bengemweh
SukaSuka
om yogas makin keliatan tua euy, wkwkwkwk
SukaSuka
memang sudah tua hahahaha gak bisa boong
SukaSuka
Mang, kalo ada komunitasnya dan hidup dalam arti aktif terus, masa iya masih susah (dan mahal) perawatannya? soalnya bayanganku kalo ada komunitasnya ada aja yang paham buat ngakalin spare part biar lebih ekonomis tapi tetap josss 😀
SukaSuka
Susah sih gak, mahal iya.. Hehehe.. Tergantung Part bagian mana sih
SukaSuka
sempat kepingin yang 318i tapi ampyunnn cin ga kuat ngempaninnya
http://sijidewe.com/2016/03/08/yamaha-nmax-eropa-import-dari-indonesia-tapi-kok-beda-kapasitas/
SukaDisukai oleh 1 orang
biar barunya dulu suspensi terlalu empuk dan kecepatan tinggi steer terlalu ringan ditambah bila ban standart kalo kecepatan tinggi diatas 120 terasa mengayun,roda terasa kurang lengket,ganti Velk dan Ban bikin lebih stabil.yg paling menyenangkan Transmisinya.tetap lebih enakan Mercy.mungkin jaman itu ATPM BMW memilih versi PaHe yg dibawah Mercy.kalo sekarang sudah berimbang.
SukaSuka
Mobil boros tapi raos 😀
SukaSuka
service mumet tenan klo yang pas pasan duitnya
sepeda motor listrik namanya kaok aneh Due R dan Due X, tapi jangan disepelekan bro.. >> goozir.com
SukaSuka
Cocok nih buat nyarter abg ke puncak
SukaSuka
enakan yg 325i e46 apalagi yg udah facelift tahun 2004.. bodinya lebih enteng, tapi mesin gede.. 180 km/h doang di tol mah ga kerasa..
#racun
#borostapiraos
#masukmallmasihdibukainpintu
SukaSuka
salah satu BMW yang paling ane demen, selain e46 sama e30 😀
SukaSuka
Bukannya ASC itu mengurangi liarnya pengendalian ? jadinya mestinya pengendalian jadi makin pasif bila ada ASC? Atau paling tidak ASC tidak membuat mobil makin lincah.
SukaSuka
lincah mah lincah, dibatasi kalau sudah mulai tekor traksinya, selama traksi optimal sih ASC gakan intervensi..
SukaSuka
cmw emang disainnya oke meskipun mobil udah berumur
SukaSuka
Ada teman beli bmw entah seri brp hanya 20 juta…
http://karismauyy.com/2016/03/08/wooohhh-gawat-pilot-ini-ancam-jatuhkan-pesawatnya-jika-ditinggalkan-sang-istri/
SukaSuka
Keknya seri 3 dibawah m40
SukaSuka
Model masih keren, kayak bmw yg digambar… Bukan yg lawas kotak gtu depannya. Tapi semua mati, mesin doang yg lumayan
SukaSuka
hoalaaahh
SukaSuka
M40 direview dong kang..catatan si boy
SukaSuka
Siapa ya yg punya
SukaSuka
Itu di poto yg lagi nyetir mukanya tegang banget ..
Kaya anak kecil nunggu panggilan sunat 😀
SukaSuka
nahan boker 😀
SukaSuka
Mobil mantap inii
Sayang velgnya kebesaran udah gitu model velg gx pas sama bentuk e39
Harusnya 18″ bakal keliatan lebih pas
Atau 19″ tp kasi tambahan add on bodykit biar gx terkesan cungkring…
Pengen elegan tp sayang malah jd kaya ricer
Yah tapi balik lagi ke selera pribadi masing2 aja XD
SukaSuka
model e ganteng coy
SukaSuka
velg nya ori apa kw tuch?
SukaSuka
fc na boros teu mang hehe 6 silinder gitu hehe
SukaSuka
18,9 per 100 km wkwkwkwk
SukaSuka
Masih lebih irit dari TLC saya yg 23 L/ 100 km, hehe.
SukaSuka
edannnn
SukaSuka
punya tmn 528i taun 97….matic tp untuk dapet 200km/jam nggak pake lama om….emang mantappp
SukaSuka
om gk ada artikel test drive Range rover evoque ? first impresion,fitur,spek lengkap. autobild berat buka versi mobilenya om.
SukaSuka
levelnya lom sampe, someday mungkin hehehe
SukaSuka
DOHC dah pasti kenceng bro
SukaSuka